cover
Contact Name
Raden A. A. Asnawi
Contact Email
jurnalmanisfebis@gmail.com
Phone
+6282399472808
Journal Mail Official
jurnalmanisfebis@gmail.com
Editorial Address
Faculty of Economics and Business - Pattimura University Ir. M. Putuhena Street, Poka-Ambon City, 97233, Maluku Province, Indonesia
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
Manis : Jurnal Manajemen dan Bisnis
Published by Universitas Pattimura
ISSN : 25977830     EISSN : 26140160     DOI : https://doi.org/10.30598/manis.7.1.2023
Core Subject : Economy, Science,
Manis: Jurnal Manajemen dan Bisnis is an academic journal published by the Pattimura University S1 Management Study Program Unpatti in collaboration with APSMBI. Manis aims to promote innovative thinking in the field of management and other related fields. This journal focuses primarily on promoting research results related to the business environment in Indonesia. The journal focuses on the following topics: General Management, Marketing Management, Financial Management, Human Resource Management, Operations Management, and Business.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2023): MANIS: Jurnal Manajemen dan Bisnis" : 5 Documents clear
PENGARUH ARTIKULASI MANFAAT PRODUK, KUALITAS RELASIONAL, RADAR KOMPETITIF TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA PEMASARAN Reka Bugis; Aisah Asnawi; Etvin Rizal Tamher; Siska Jeanete Saununu
Manis: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 7 No 1 (2023): MANIS: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/manis.7.1.1-16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan Pengaruh Artikulasi Manfaat Produk, Kualitas Relasional dan Radar Kompetitif Terhadap Keunggulan Bersaing dan Dampaknya Pada Kinerja Pemasaran Pemasar Pakaian di Kota Piru Seram Bagian Barat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan data primer serta diukur dengan skala likert. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 68 responden pemasar pakaian di pasar rakyat kota piru seram bagian barat. Penelitian ini menggunakan metode analisis PLS-SEM yang diolah dengan program SmartPLS versi 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa artikulasi manfaat produk (X1) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing (Z), sementara kualitas relasional (X2) dan radar kompetitif (X3) memiliki pengaruh yang signifikan. Selain itu, keunggulan bersaing (Z) juga memiliki dampak yang signifikan pada kinerja pemasaran (Y).
ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE RGEC Gillian Evon Pattipeilohy; Stenly J Ferdinandus; Restia Christianty
Manis: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 7 No 1 (2023): MANIS: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/manis.7.1.17-34

Abstract

Penelitian ini diakukan untuk mengetahui tingkat kesehatan bank pada PT. Bank Centrsl Asia Tbk. pada tahun 2017-2022 dengan menggunakan metode RGEC yaitu Risk Profile, Good Corporate Gvernance, Earning, dan Capital yang di atur dalam Surat Edaran Bank Indonesia nomor 13/24/DPNP. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dan data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari laporan keuangan tahunan PT. Bank Central Asia Tbk. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisi data deskriptif dengan menganalisa laporan keuangan menggunakan metode RGEC. Hasil peniliain tingkat kesehatan bank dengan menggunakan metode RGEC PT. Bank Central Asia menyimpulkan bahwa pada semua rasio dari ke empat aspek dari tahun 2017-2022 berada pada kondisi yang ‘Sangat Sehat’ hanya pada rasio NPL tahun 2021 dan rasio di tahun 2017-2019 berada dalam kondisi yang ‘Sehat’. Dan tingkat kesehatan PT. Bank Central Asia Tbk. selama periode 2017-2022 menduduki Peringkat Komposit 1 dengan predikat ‘Sangat Sehat’
PERAN STRATEGIK KEUNGGULAN OMNICHANNEL TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM DI KOTA AMBON Dona Peilouw; Rainier H Sitaniapessy
Manis: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 7 No 1 (2023): MANIS: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/manis.7.1.35-44

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Orientasi Pasar terhadap Strategi Omnichannel pada UMKM di Kota Ambon, Pengaruh Orientasi Teknologi terhadap Strategi Omnichannel pada UMKM di Kota Ambon dan Pengaruh Strategi Omnichannel terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM di Kota Ambon. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif. Pada penelititan ini terdapat 112 Responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket/kuesioner yang sudah di uji hasilnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa.1). Orientasi Pasar berpengaruh positif signifikan terhadap Strategi Omnichannel pada UMKM 2). Orientasi Teknologi berpengaruh positif signifikan terhadap Strategi Omnichannel pada UMKM di Kota Ambon 3). Strategi Omnichannel berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM di Kota Ambon.
PENGARUH ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB), EMPLOYEE EMPOWERMENT DAN SELF EFFICACY TERHADAP KINERJA KARYAWAN Asifa Nabila Ridwan; Gerrit Pentury; Saleh Tutupoho; Felix Chandra
Manis: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 7 No 1 (2023): MANIS: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/manis.7.1.45-58

Abstract

Pada penelitian ini membahas tentang bagaimana pengaruh Organizational Citizenship Behavior, Employee Empowerment dan Self Efficcacy Terhadap Kinerja Karyawan” ( Penelitian pada Karyawan Perusahaan umum badan logistik pangan kantor wilayah Maluku dan Malut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh Organizational Citizenship Behavior, Employee Empowerment dan Self Efficcacy terhadap kinerja karyawan. Dengan jumlah populasi sebanyak 51 dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh Alat uji analisis yang digunakan adalah SPSS 24. dengan metode analisis diskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Organizational Citizenship Behavior, Employee Empowerment dan Self Efficcacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan
PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR FOOD AND BEVERAGE Laura Imnana; Steven Siaila; Meiske Wenno
Manis: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 7 No 1 (2023): MANIS: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/manis.7.1.59-71

Abstract

Penelitian ini diakukan untuk; (1) mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor food and beverage di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021 (2) mengetahui pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor food and beverage di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling (kriteria). Sampel yang digunakan merupakan anggota dari semua populasi yang berjumlah 14 perusahaan sub sektor food and beverage di Bursa Efek Indonesia 2019-2021. Penelitian ini menggunakan model regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) profitabilitas berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan (2) Leverage berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5