cover
Contact Name
Reza Akbar
Contact Email
rezaakbaraplus@gmail.com
Phone
+6281254504942
Journal Mail Official
glorespublication@gmail.com
Editorial Address
Jalan Tabrani Desa Saing Rambi Komplek Adenia 4A, Sambas Kalimantan Barat, Indonesia, Kode Pos 79460. Email: glorespublication@gmail.com / admin@glorespublication.org
Location
Kab. sambas,
Kalimantan barat
INDONESIA
Sosiosaintika
ISSN : -     EISSN : 29865697     DOI : https://doi.org/10.59996
Sosiosaintika focuses on the subject of social sciences. The scope of articles published by Sosiosaintika includes studies in the fields of law, Anthropology, Sociology, Communication Studies, Economics, Education, Geography, History, Political Science, Social Psychology, and other social sciences.
Articles 16 Documents
Manajemen Bimbingan Konseling dalam Metode Penyelesaian Pelanggaran Siswa Tahap Satu dan Dua di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pangandaran Nunung Nurjanah; Tia Fitriani
Sosiosaintika Vol. 1 No. 1 (2023): SOSIOSAINTIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/sosiosaintika.v1i1.27

Abstract

Manajemen bimbingan konseling diregulasikan untuk membantu dalam penyelesaian permasalahan dengan efektif dan efesien, berdasarkan kriteria permasalahan yang terjadi. Hal ini supaya pengambilan keputusan bisa sesuai dengan tingkatan pelanggaran dan ketertiban pengambilan keputusan dari kebijkan yang ditetapkan oleh pihak lembaga. Metode penelitian ini menggunakan sistem pendekatan kualitatif deskriptif dan pengumpulan data dengan sistem wawancara, observasi, studi pustaka, dan studi kasus. Manajemen bimbingan konseling yang dilakukan dalam penyelesaian masalah terdapat tiga tahapan. Tahapan yang pertama menggunakan sistem analisis, pengambilan keputusan, dan pengawasan. Ketiga tahapan tersebut digunakan dalam penyelesaian konflik tingkat 1 dan 2.
Kebijakan Pengurus Santri Putra dalam Optimalisasi Sorogan di Pesantren Babakan Jamanis Pangandaran Acep Ridwan Maulana
Sosiosaintika Vol. 1 No. 1 (2023): SOSIOSAINTIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/sosiosaintika.v1i1.28

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Kebijakan Pengurus Santri Putra dalam Optimalisasi Kegiatan Sorogan Bagi Santri di Pondok Pesantren Babakan Jamanis Pangandaran. Sorogan merupakan salah satu aktivitas yang mendukung kegiatan pembelajaran santri di pondok pesantren. Kebijakan tentang sorogan harus diinisiasi oleh divisi pendidikan dan diamini oleh rois (pimpinan santri) beserta jajarannya. Hal-hal yang mesti diatur diantaranya mekanisme sorogan, penentuan kelompok sorogan, penjaringan guru sorogan serta target capaian sorogan dalam jangka waktu tertentu. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik etnografi. Dengan memadukan tiga instrumen, peneliti berikhtiar untuk mendapatkan data autentik dan orisinil dari penelitian ini. Adapun ketiga instrumen itu adalah wawancaran, observasi partisipatif dan dokumentasi. Maka berdasarkan hasil penelitian, didapatkan kesimpulan bahwa divisi pendidikan selaku badan yang bertanggungjawab tentang sorogan sudah melaksanakan tugasnya dengan baik. Sudah lahir beberapa kebijakan yang mulai terasa dampaknya. Namun, kebijakan ini harus dikawal oleh semua pihak agar hasilnya dapat dirasakan dengan optimal.
Pengelolaan Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Disiplin Siswa Di SMP Negeri 3 Pangandaran Nova Merisa
Sosiosaintika Vol. 1 No. 1 (2023): SOSIOSAINTIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/sosiosaintika.v1i1.29

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana manajemen kurikulum merdeka mandiri meningkatkan kedisiplinan siswa di SMPN 3 Pangandaran dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat peningkatan kedisiplinan siswa di SMPN 3 Pangandaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang melibatkan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah, Wakil Direktur Kurikulum, guru PAI dan siswa kelas 7 SMPN 3 Pangandaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru untuk meningkatkan disiplin diri siswa kelas 7 melalui kebijakan belajar mandiri yaitu: 1) Masuk ke kelas pelajaran pertama di awal waktu; 2) selalu melakukan tindakan yang ditentukan; 3) Selalu mengevaluasi pembelajaran; dan 4) menjalin komunikasi yang baik dengan siswa dan orang tua. Peningkatan kedisiplinan di kalangan siswa kelas 8 dapat dilihat dari berbagai hal, misalnya saat siswa datang, melakukan mogok kelas, berpakaian seragam rapi, menyelesaikan kegiatan yang ditugaskan secara bergiliran. Faktor pendukung pertumbuhan tersebut antara lain: Menciptakan komunikasi yang baik antara guru dengan guru atau guru dengan direktur, suasana sekolah yang positif, lingkungan keluarga, motivasi belajar. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: wali murid, kurangnya kerjasama yang baik antar guru.
Peningkatan Sarana dan Prasarana Pendidikan di MTs YPP Babakan Jamanis melalui Bantuan Renovasi Rina Marliani
Sosiosaintika Vol. 1 No. 1 (2023): SOSIOSAINTIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/sosiosaintika.v1i1.30

Abstract

Lembaga pendidikan akan terpelihara dan jelas kegunaannya dengan Pengelolaan sarana dan prasarana sangat penting. Dalam pengelolaan pihak sekolah harus dapat bertanggung jawab terhadap sarana dan prasarana, pihak sekolah pun harus ikut memelihara dan memperhatikan sarana dan prasarana sekolah yang sudah ada. Maka dengan adanya sarana dan prasarana di sekolah siswa dapat belajar dengan maksimal. Karena sarana dan prasarana merupakan salah satu faktor pendukung agar pembelajaran bisa dilaksanakan secara optimal dan efektif. Contohnya di MTs YPP Babakan Jamanis. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui tujuan renovasi lembaga pendidikan di MTs YPP Babakan Jamanis, terutama dalam meningkatkan sarana dan prasarana madrasah. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dan informasi dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, kepala sekolah berperan aktif dalam mengelola sarana dan prasarana madrasah. Pembangunan madrasah dilakukan guna memajukan tsanawiyah yang dulunya identik dengan bangunan yang kumuh, yang tidak refresentatif, tidak nyaman dipakai untuk pembelajaran, menjadi tsanawiyah yang memiliki suasana pembelajaran atau suasana kelas yang kondusif, refresentatif bagi siswa sehingga bisa betah untuk belajar. Karena salah satu faktor pendukung di samping banyaknya faktor lain adalah bangunan yang nyaman.
Manajemen Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Mutu Sekolah di SMP Plus Ma’arif NU Pangandaran Alfi Maulia Rahmah
Sosiosaintika Vol. 1 No. 1 (2023): SOSIOSAINTIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/sosiosaintika.v1i1.31

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen Kepala Sekolah dalam meningkatkan efektifitas dan mutu sekolah SMP Plus Ma’arif NU Pangandaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif analisis naratif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepala Sekolah SMP PLUS MA’ARIF NU PANGANDARAN dapat meningkatkan efektifitas dan mutu sekolah berdasarkan poin berikut: pengelolaan kepegawaian, pengelolaan kemuridan, Pengelolaan gedung dan halaman, dan Tugas Kepala Sekolah Dalam Bidang Supervisi.
Pengelolaan Manajemen Kelas yang Efektif di SMPN 3 Cimerak Rika Yunita
Sosiosaintika Vol. 1 No. 1 (2023): SOSIOSAINTIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/sosiosaintika.v1i1.32

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengelolaan manajemen kelas, perencanaan, faktor pendukung dan penghambat serta meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sekolah, yaitu para guru dan manajemen pengelola di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Cimerak. Setiap guru, masing-masing punya cara sendiri dalam mengelola kelas. Namun secara garis besar, setiap guru hampir melakukan hal yang sama dalam pengelolaan kelas. Misalnya dalam perencanaan, pendekatan dan evaluasi. Metode yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif grounded theory. Metode ini dSSimulai dari suatu pernyataan yang masih kabur dan akhirnya menghasilkan teori yang dikumpulkan dari berbagai data. Dalam metode analisis data peneliti menggunakan metode Analisa data menurut creswell. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti tentang pengelolaan manajemen kelas  di SMPN 3 Cimerak diperoleh hasil bahwa dalam mengelola kelas setiap guru menggunakan cara yang berbeda tetapi dengan tujuan yang sama. Pengelolaan kelas adalah keterampilan guru dalam menciptakan serta memelihara gangguan yang terjadi saat proses belajar-mengajar. Perencanaan yang sesuai dengan RPP, melakukan pendekatan terhadap anak yang sedikit bermasalah dan evaluasi terhadap kemampuan pemahaman peserta didik serta evaluasi pengelolaan kelas yang dilakukan rutin setiap bulan.
Penerapan Enterprise Risk Management Sektor Konstruksi Terhadap Nilai Perusahaan Aula Nurul Ma'rifah; Umi Rohmah; Khairul Anwar
Sosiosaintika Vol. 1 No. 1 (2023): SOSIOSAINTIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/sosiosaintika.v1i1.34

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Enterprise Risk Management (ERM) terhadap nilai perusahaan pada sektor konstruksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan enterprise risk manegement berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan sektor konstruksi. Hal tersebut dikarenakan nilai t hitung > t tabel (1,599 > 0,67874). Semakin baik diterapkan ERM maka semakin meningkat nilai perusahaan.
Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMK Nu Al-Itqon Cimerak Imron Rosadi
Sosiosaintika Vol. 1 No. 1 (2023): SOSIOSAINTIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/sosiosaintika.v1i1.123

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah yang baik akan menciptakan terselenggaranya program dan kegiatan sekolah dengan baik pula. Perannya yang signifikan antara lain berkaitan dengan persoalan manajerial yang pada pokoknya adalah mengelola sumber daya yang dimiliki di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah di SMK NU AL ITQON Cimerak dalam meningkatkan kinerja guru dalam persoalan efektifitas pembelajaran di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian bercorak kualitatatif. Lokasi penelitian berada di SMK NU AL ITQON Cimerak. Data penelitian ini berupa pernyataan dari hasil wawancara dengan pihak-pihak yang memiliki otoritas seperti kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan para guru. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah di SMK NU AL ITQON Cimerak yaitu menggunakan gaya kepemimpinan secara demokratis. Selain itu, kinerja guru di SMK NU AL ITQON Cimerak sudah cukup baik. Selain itu, kepemimpinan kepala sekolah berperan positif terhadap kinerja guru untuk mewujudkan efektivitas pembelajaran. Ini disebabkan oleh kemampuan kepala sekolah untuk mengorganisasikan sumber daya yang ada di sekolah, menjalin hubungan yang baik dengan para guru, mengarahkan, dan mengayomi sehingga pembelajaran di sekolah berjalan efektif.
Analisis Efektivitas Peran Balai Latihan Kerja (BLK) di Kabupaten Sambas Muhammad Azhar; Januri
Sosiosaintika Vol. 1 No. 2 (2023): SOSIOSAINTIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/sosiosaintika.v1i2.135

Abstract

Kabupaten Sambas merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki potensi sumber daya manusia yang besar, namun seringkali menghadapi tantangan dalam menghadirkan lapangan kerja yang memadai bagi penduduknya. Untuk mengatasi hal ini, pemerintah daerah dan berbagai pihak terkait telah melibatkan Balai Latihan Kerja (BLK) sebagai salah satu lembaga yang bertugas memberikan pelatihan dan keterampilan kepada masyarakat. Penduduk Kabupaten Sambas mengalami kenaikan yang signifikan sejalan dengan jumlah pemuda dan pencari kerja yang kian meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan data dan informasi mengenai mengenai dampak pelatihan terhadap efektivitas peran BLK pelatihan di UPTD Balai Latihan Kerja Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sambas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan data primer berupa hasil wawancara dan data Primer yaitu hasil wawancara dari kantor BLK di Kabupaten Sambas mengenai Efektivitas Peran BLK di Kabupaten Sambas Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa tidak semua pelatihan yang ada di kantor BLK Kabupaten Sambas itu berjalan efektif.
Dampak Pelatihan Menjahit di BLK di Kabupaten Sambas Enzelina Puspita Sari; Anggun
Sosiosaintika Vol. 1 No. 2 (2023): SOSIOSAINTIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/sosiosaintika.v1i2.136

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan memberikan gambaran serta informasi tentang dampak dari program pelatihan menjahit pada peserta didik yang diselenggarakan oleh UPTD BLK Kabupaten Sambas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik survei deskriptif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel total dengan jumlah responden sebanyak 16 responden. Teknik pengumpulan data reduksi data, display data, kesimpulan. Data yang diambil merupakan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak BLK yang berada di BLK Sambas dan peserta sebanyak 16 peserta melalui wawancara via online tanpa tatap muka menggunakan Kuesio terkait dengan Dampak Pelatihan Menjahit Di BLK Terhadap Masyarakat Di Kabupaten Sambas. Pelatihan menjahit yang ada pada BLK Sambas memberikan banyak dampak bagi peserta yang mengikuti pelatihan. Dilihat dari indikator pengetahuan dan keterampilan, dimana pada pengetahuan dan keterampilan secara kumulatif dipersentasikan sebesar 100% memiliki penguasaan yang cukup baik pada bidang menjahit. Pelatihan menjahit juga memberikan dampak positif bagi peserta pelatihan dimana peserta dapat menggunakan dan mengoperasikan mesin jahit, mesin obras dan mesin neci, lalu peserta dapat membuat pola dasar, cara menjahit hingga menjadi sebuah baju, peserta juga dapat membawa hasil pakaian yang sudah dibuat selama pelatihan berlangsung. Pelatihan menjahit yang ada pada BLK Sambas memberikan banyak dampak bagi peserta yang mengikuti pelatihan antara lain: peserta dapat menggunakan dan mengoperasikan mesin jahit, mesin obras dan mesin neci, lalu peserta dapat membuat pola dasar, cara menjahit hingga menjadi sebuah baju, peserta juga dapat membawa hasil pakaian yang sudah dibuat selama pelatihan berlangsung.Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan memberikan gambaran serta informasi tentang dampak dari program pelatihan menjahit pada peserta didik yang diselenggarakan oleh UPTD BLK Kabupaten Sambas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik survei deskriptif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel total dengan jumlah responden sebanyak 16 responden. Teknik pengumpulan data reduksi data, display data, kesimpulan. Data yang diambil merupakan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak BLK yang berada di BLK Sambas dan peserta sebanyak 16 peserta melalui wawancara via online tanpa tatap muka menggunakan Kuesio terkait dengan Dampak Pelatihan Menjahit Di BLK Terhadap Masyarakat Di Kabupaten Sambas. Pelatihan menjahit yang ada pada BLK Sambas memberikan banyak dampak bagi peserta yang mengikuti pelatihan. Dilihat dari indikator pengetahuan dan keterampilan, dimana pada pengetahuan dan keterampilan secara kumulatif dipersentasikan sebesar 100% memiliki penguasaan yang cukup baik pada bidang menjahit. Pelatihan menjahit juga memberikan dampak positif bagi peserta pelatihan dimana peserta dapat menggunakan dan mengoperasikan mesin jahit, mesin obras dan mesin neci, lalu peserta dapat membuat pola dasar, cara menjahit hingga menjadi sebuah baju, peserta juga dapat membawa hasil pakaian yang sudah dibuat selama pelatihan berlangsung. Pelatihan menjahit yang ada pada BLK Sambas memberikan banyak dampak bagi peserta yang mengikuti pelatihan antara lain: peserta dapat menggunakan dan mengoperasikan mesin jahit, mesin obras dan mesin neci, lalu peserta dapat membuat pola dasar, cara menjahit hingga menjadi sebuah baju, peserta juga dapat membawa hasil pakaian yang sudah dibuat selama pelatihan berlangsung.

Page 1 of 2 | Total Record : 16