cover
Contact Name
Yolanda Presiana Desi
Contact Email
yolanda@mmtc.ac.id
Phone
+6281328338667
Journal Mail Official
jurnal.mik@mmtc.ac.id
Editorial Address
Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta Jl. Magelang Km. 6 Yogyakarta 55284
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi
ISSN : 26141272     EISSN : 27209857     DOI : https://doi.org/10.56873/jimik
Jurnal Ilmiah Manajamen Informasi dan Komunikasi menerima naskah-naskah berbasis penelitian di bidang manajemen informasi dan komunikasi antara lain bidang literasi informasi dan komunikasi, tata kelola informasi, public relations, corporate social responsibility, serta kajian-kajian ilmiah multidisiplin mengenai informasi dan komunikasi.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi" : 7 Documents clear
STRATEGI PUBLIC RELATIONS (PR) DALAM REBRANDING NEW SAPHIR HOTEL YOGYAKARTA Fathiyyah Fairuz; Sintar Nababan
Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi
Publisher : Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56873/jimik.v1i1.43

Abstract

Karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui strategi PR dalam rebranding New Saphir Hotel. Rebranding merupakan perubahan identitas pada perusahaan sebagai representasi baru membangun awareness dan persepsi publik yang positif terhadap identitas hotel yang baru. Teori Muzellec digunakan sebagai acuan rebranding dan Teori Rosady Ruslan dipakai sebagai acuan strategi PR. Pendekatan yang digunakan pada karya ilmiah ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Dari pengumpulan data tersebut, diperoleh hasil bahwa New Saphir Hotel telah melaksanakan enam strategi PR dalam rebranding, yaitu event, publications, media relation, information, lobbying and negotiation, dan corporate social responsibility. Strategi yang dinilai paling efektif ialah publications yang menggunakan media promosi cetak seperti brosur dan flyer, koran, dan radio. Sementara strategi yang kurang efektif adalah corporate social responsibilitih karena program ini dilaksanakan belum rutin atau sustainable.
AUDIT KEAMANAN SISTEM INFORMASI PADA RS MATA DR.YAP YOGYAKARTA MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 Rifki Dimas Krisdiyawan; RB Hendri Kuswantoro
Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi
Publisher : Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56873/jimik.v1i1.44

Abstract

Rumah Sakit Mata "Dr.YAP" Yogyakarta merupakan instansi yang memanfaatkan sistem informasi manajemen rumah sakit sangat memerlukan perlindungan keamanan terhadap data pasien yang ada dalam sistem informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat keamanan sistem informasi berdasarkan penerapan Framework COBIT 5 pada Sistem lnformasi Manajemen Rumah Sakit Mata "Dr.YAP" Yogyakarta. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan kuesioner serta teknik analisis data menggunakan capability level pada COBIT 5 Framework pada domain Align, Plan, Organize (AP013) dan Delivery, Service, Support (DSS OS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan keamanan pada Sistem lnformasi Manajemen Rumah Sakit Mata "Dr.YAP" Yogyakarta sudah hampir memenuhi keseluruhan aspek dalam domain APO 13 (Manage Security) dan DSS 05 (Manage Security Services) COBIT 5 Framework dibuktikan dengan tingkat kapabilitas yang dicapai pada domain APO 13 yaitu 2,59 berada pada level 3 {Esteblished Process) yang menunjukan bahwa pengelolaan keamanan sistem informasi telah dikelola dengan baik dan masih terus dikembangkan agar semakin mapan. Sedangkan pada domain DSS 05 mencapai angka 3,09 berada pada level 3 {Established Process). Pengelolaanlayanan keamanan sistem informasi telah dikelola dengan baik dan masih terus dikembangkan agar semakin mapan.
Cover, Halaman Tim Redaksi, Daftar Isi Tri Anggraeni
Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi
Publisher : Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56873/jimik.v1i1.51

Abstract

STRATEGI MEDIA RELATIONS DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN DI PT. TELKOMSEL REGIONAL V JATENG & DIY Nursabrina Pradelia Setiani; Irawan Irawan
Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi
Publisher : Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56873/jimik.v1i1.46

Abstract

Adanya media relations pada perusahaan adalah untuk menjalin relasi dengan media, guna mengetahui kondisi pasar dan publik (audience). Pada perusahaaan Telekomunikasi Selular (Telkomsel}, fungsi dan peran PR dijalankan oleh Corporate Communications. Tujuan penelitian untuk mengetahui tentang strategi media relations dalam meningkatkan citra perusahaan yang dijalankan oleh corporate communications PT. Telkomsel regional V Jateng- DIV. Metode  penelitian adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan Strategi Media Relations berorientasi kepada: Mengelola Relasi, Mengembangkan Strategi, dan Mengembangkan Jaringan. Fokus utama Telkomsel dalam menyusun Strategi Media Relations adalah aware dan terbuka dengan media. Simpulan dari penelitian ini ialah penerapan Media Relations di PT. Telkomsel Regional V Jateng - DIV berhasil menciptakan citra yang baik bagi media dan berdampak positif bagi perusahaan.
LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENGRAJIN GERABAH DI DESA WISATA KASONGAN KABUPATEN BANTUL Rina Setya Riawati; Bambang Sujarwadi
Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi
Publisher : Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56873/jimik.v1i1.41

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK} memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat. Namun perkembangannya yang tidak merata menimbulkan kesenjangan hidup bagi masyarakat perkotaan dan pedesaan. Kasongan merupakan salah satu desa wisata yang berkembang dan memiliki pangsa pasar tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi teknologi informasi dan komunikasi pengrajin gerabah di desa wisata tersebut yang diukur dengan 1 dimensi, yaitu dimensi pengetahuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi lapangan, dan dokumen. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa pengrajin gerabah desa wisata Kasongan termasuk dalam dimensi pengetahuan yang cukup baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar pengrajin memiliki handphone. Sebagian lain mempunyai media komunikasi seperti, televisi, radio, atau komputer.Secara umum pengrajin sudah mengetahui yang dimaksud dengan internet. Ada indikasi bahwa faktor-faktor karakteristik kelompok umur dan tingkat pendidikan, berhubungan dengan tingkat literasi TIK pengrajin gerabah Kasongan. Upaya-upaya seperti penyuluhan tentang materi literasi TIKmenjadi pilihan terbaik untuk diterapkan di lingkungan pengrajin gerabah Kasongan guna meningkatkan tingkat literasi tersebut.
IMPLEMENTASI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) DALAM MEMPERKUAT BRAND SWARAGAMA GROUP YOGYAKARTA Yolanda Presiana Desi; Melia Helena
Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi
Publisher : Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56873/jimik.v1i1.47

Abstract

Perkembangan media baru menyebabkan jumlah pendengar radio semakin menurun setiap tahunnya. Penurunan jumlah pendengar serta banyaknya jumlah stasiun radio saat ini membuat perusahaan radio siaran menyusun strategi komunikasi pemasaran terintegrasi untuk mempertahankan pendengarnya. Penelitian studi kasus ini mendeskripsikan bagaimana implementasi strategi komunikasi pemasaran terintegrasi {IMC} Swaragama Group dalam memperkuat brand sebagai "top of mind'' radio di Yogyakarta. Saat ini Swaragama Group memiliki enam unit usaha yaitu Swaragama FM, JogjaFamily, PBS FM Serang, MyMagz, Swaragama Training Center (STC), dan Swaragama Production (SPro!). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi IMC yang digunakan Swaragama Group adalah periklanan, promosi penjualan, acara (event), humas, penjualan personal, pemasaran langsung, danpemasaran interaktif (internet marketing). Penerapan ketujuh saluran komunikasi pemasaran terintegrasi tersebut dinilai berhasil memperkuatbrand Swaragama Group.
ANJANGSANA SEBAGAI STRATEGI MELAKSANAKAN CSR DI PT. TIRTAINVESTAMA AQUA KLATEN Sigit Purnomo
Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi
Publisher : Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56873/jimik.v1i1.42

Abstract

Dewasa ini kelangsungan hidup sebuah korporat cenderung ditentukan oleh faktor-faktor Profit, People, Planet and Procedure (4P). Sehingga hidup matinya sebuah korporat juga ditentukan oleh adanya hubungan baik antara korporat dengan masyarakatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Public Relations (PR) PT. Tirtainvestama (PT.TIV) Aqua Klaten dalam melaksanakanprogram Corporate Social Responsibility (CSR) dengan melakukan Anjangsana untuk mengeliminasi atau meniadakan tindakan demo dengan berbagai persoalan masing-masing elemen masyarakatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti melakukanobservasi partisipasi dan wawancara mendalam dengan dua orang narasumber sebagai subjek penelitian. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa masa krisis yang ditimbulkan oleh berbagai demo di perusahaan ini terkait dengan masalah konservasi, pertanian, air bersih, dan sanitasi lingkungan, perbaikan jalan, perizinan produksi, maupun kepentingan bisnis. Krisis ini dapat diselesaikan atau diredam dengan kegiatan Anjangsana oleh PR perusahaan. Dengan melakukan kegiatan Anjangsana, PR dapat melakukan komunikasi empatik dan prinsip kesetaraan dengan warga masyarakat terdampak. Sehingga dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa program-program CSR yang meliputi 6 (enam) program dari 13 (tiga belas) program dapat terlaksana di perusahaan dengan baik. Hal ini berdasarkan pengamatan langsung di lapangan, bahwa program-program CSR-nya sangat membantu masyarakat, baiksecara sosial, ekonomi bahkan kelestarian lingkungan alam.

Page 1 of 1 | Total Record : 7