cover
Contact Name
Yolanda Presiana Desi
Contact Email
yolanda@mmtc.ac.id
Phone
+6281328338667
Journal Mail Official
jurnal.mik@mmtc.ac.id
Editorial Address
Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta Jl. Magelang Km. 6 Yogyakarta 55284
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi
ISSN : 26141272     EISSN : 27209857     DOI : https://doi.org/10.56873/jimik
Jurnal Ilmiah Manajamen Informasi dan Komunikasi menerima naskah-naskah berbasis penelitian di bidang manajemen informasi dan komunikasi antara lain bidang literasi informasi dan komunikasi, tata kelola informasi, public relations, corporate social responsibility, serta kajian-kajian ilmiah multidisiplin mengenai informasi dan komunikasi.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi" : 6 Documents clear
PROGRAM KEMITRAAN SEBAGAI IMPLEMENTASI CSR PT INDUSTRI KERETA API (PERSERO) (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF INDUSTRI BATIK MURNI DI KELURAHAN ORO-ORO OMBO, KECAMATAN KARTOHARJO, KOTA MADIUN) Merita Ratih Indriyana; Irawan Irawan
Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi
Publisher : Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56873/jimik.v2i1.48

Abstract

Program kemitraan PT INKA (Persero) didasarkan pada suatu komitmen PT INKA(Persero) mengenai kepedulian kepada usaha kecil yang ada di sekitar lokasi perusahaan PT INKA (Persero). Industri Batik Murni merupakan salah satu usaha kecil di kota Madiun yang mempunyai hambatan baik dari segi permodalan, pemasaran, dan manajemen pembukuan usaha. Melalui program kemitraan PT INKA (Persero), industri Batik Murni mengajukan diri sebagai mitra binaannya. Penelitian ini fokus pada program kemitraan PT INKA (Persero) dalam mengembangkan usaha industri Batik Murni sebagai tanggung jawab perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Objek penelitian adalah pelaksanaan program kemitraan PT INKA (Persero) dan subjek penelitian adalah salah satu mitra binaan PT INKA (Persero), yaitu industri Batik Murni. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman (1984) yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa program kemitraan PT INKA (Persero) sebagai implementasi CSR PT INKA (Persero). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program kemitraan PT INKA (Persero) merupakan CSR PT INKA (Persero) jika dilihat dari 8 indikator CSR yaitu: 1) leadership (kepemimpinan), 2) proporsi bantuan, 3) transparansi dan akuntabilitas, 4) cakupan wilayah, 5) mekanisme monitoring 6) pelibatan stakeholder, 7) keberlanjutan, dan 8) hasil nyata. Adapun kategori CSR PT INKA (Persero) melalui program kemitraan berada pada tataran legal responsibility (tanggung jawab hukum).
PERAN GOVERNMENT CHIEF INFORMATION OFFICER (GCIO) DALAM PELAYANAN INFORMASI PUBLIK (Studi Deskriptif di Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta) Eliyana Pertiwi; Sigit Purnomo
Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi
Publisher : Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56873/jimik.v2i1.38

Abstract

Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang, menyadari hal tersebut maka pemerintah mengeluarkan UU keterbukaan informasi publik (KIP). Hal tersebut untuk mewujudkan pemerintahan yang transparan, bersih dan berwibawa. Tanggung jawab pelayanan informasi publik diserahkan kepada pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) di setiap badan publik. Pada tahun 2016, PPID Dinas Kesehatan telah meraih penghargaan sebagai PPID paling terbuka dari seluruh SKPD pemerintah daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan memanfaatkan media website, meja informasi dan audio visual. Hal tersebut tidak lepas dari peran GCIO yang memiliki tanggung jawab pada teknologi informasi dan sistem komputer dalam mendukung tujuan bisnis organisasi/perusahaan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Government Chief Information Officer (GCIO) Dinas Kesehatan DIY dalam upaya mewujudkan pelayanan informasi publik yang cepat, tepat dan sederhana pada masyarakat. GCIO memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan pelayanan informasi publik yang lebih baik. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa peran GCIO belum dilaksanakan secara maksimal karena tenaga kerja yang dimiliki belum mempunyai kemampuan yang memadai dan juga jumlah kurang memenuhi.
Cover, Halaman Tim Redaksi, Daftar Isi Tri Anggraeni
Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi
Publisher : Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56873/jimik.v2i1.49

Abstract

STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS LPP TVRI JAKARTA DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN KARYAWAN (EMPLOYEE RELATION) Dwi Korina Relawati
Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi
Publisher : Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56873/jimik.v2i1.39

Abstract

TVRI Pusat Jakarta beroperasi dengan sumber daya yang bermodalkan manusia yang membutuhkan pembinaan employee relationship sebagai upaya lembaga dalam mempertahankan eksistensinya dalam persaingan lembaga penyiaran yang semakin ketat dan beragam. Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi internal Humas LPP TVRI Jakarta dalam menjalin employee relation tatkala lembaga TVRI Jakarta menghadapi permasalahan terkait dengan hubungan interpersonal dalam organisasi yang berdampak terhadap produktivitas dan kreativitas program produksi di TVRI Jakarta. Penelitian ini dilakukan di TVRI Jakarta khususnya di Divisi Humas dan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi internal dalam pembinaan employee relation yang dilakukan oleh TVRI Jakarta dipengaruhi oleh budaya organisasi, praktik, dan kebijakan yang berlaku. Strategi komunikasi internal diimplementasikan dengan cara heart to heart menyampaikan pesan untuk menanamkan kesadaran dan mengarahkan cara berpikir atau bersikap karyawan. Perwujudan dari strategi komunikasi internal Humas TVRI Jakarta adalah melalui taktik komunikasi internal dengan cara penghargaan, empati, dan pendekatan personal. 
AKTIVITAS MEDIA RELATIONS JOGJA CITY MALL DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF Anindita Shavira; Bambang Sujarwadi
Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi
Publisher : Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56873/jimik.v2i1.45

Abstract

Jogja City Mall sebagai salah satu pusat perbelanjaan di Yogyakarta selalu berusaha untuk mencapai citra yang diharapkan. Demi mencapai semua itu, membutuhkan komunikasi yang baik kepada publik. Public relations dengan menggunakan media massa berusaha membuat informasi yang berharga dari Jogja City Mall dapat tersebar luas ke publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas media relations di Jogja City Mall dalam membangun citra positif, yaitu kesan yang baik dari masyarakat terhadap kredibilitas perusahaan. Penelitianini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Jogja City Mall melakukan aktivitas media relations yang meliputi: konferensi pers, press release, pers briefing, special event, pers interview, press luncheon, dan pers tour yang mampu memotivasi masyarakat untuk berkunjung ke Jogja City Mall. Dalam menjaga hubungan baik dengan wartawan, Jogja City Mall bekerja sama dengan berbagai media melalui kedekatan pribadi. Citra Jogja City Mall saatini sebagai mall modern telah mampu mencapai visinya. Namun, Jogja City Mall belum sepenuhnya mampu menunjukkan sisi “Spirit of Jogja” sebagai visinya.
STRATEGI PEMASARAN MELALUI BROSUR Claudia Ayu Mahardhika Ekanto; Sintar Nababan
Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi
Publisher : Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56873/jimik.v2i1.40

Abstract

Strategi pemasaran sangat penting untuk menghadapi persaingan bisnis. Penelitian ini mengkaji perancangan brosur sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan target bisnis melalui publikasi brosur. Brosur cleon adalah publikasi di bidang telekomunikasi, khususnya layanan internet di Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah agar cleon dapat merancang brosur yang lebih kreatif atau menarik sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan keuntungan dalam layanan internet. Metode penelitian yang digunakan adalahmetode penelitian kualitatif dengan analisis perancangan desain grafis dan analisis taksonomi. Sumber data diperoleh melalui wawancara dengan pegawai Cleon, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Perancangan brosur mengunakan teori Perancangan Desain yang terdiri atas beberapa tahap, diantaranya tahap pra-desain (menentukan strategi, konsep, desain dannaskah), proses desain (menentukan tipografi, warna dan layout) dan pasca desain (Final Art Work). Hasil penelitian menunjukkan bahwa brosur dapat meningkatkan keuntungan lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya, karena perancangan brosur meruapakan salah satu strategi pemasaran efektif untuk menarik perhatian konsumen. Brosur dapat mempengaruhi pelanggan agar tertarik dengan produk maupun jasa yang ditawarkan dimana brosur merupakan permainan yang full colour atau soft dilengkapi dengan ilustrasi dan layout yang menarik.

Page 1 of 1 | Total Record : 6