cover
Contact Name
Dina Mardiana
Contact Email
edumediapkbdb@gmail.com
Phone
+6281352898098
Journal Mail Official
edumediapkbdb@gmail.com
Editorial Address
Redaksi EduMedia JURNAL PENDIDIKAN DASAR & MENENGAH Pusat Kajian Bahasa Daerah dan Budaya. Jalan G. Obos VIII, Menteng, Palangka Raya (73112). Kalimantan Tengah.
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Edumedia
ISSN : -     EISSN : 29866871     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal EduMedia adalah jurnal ilmiah nasional yang diharapkan menjadi pintu gerbang publikasi penelitian di bidang pendidikan dan pengajaran yang membahas hasil penelitian pada satuan pendidikan di sekolah dasar dan sekolah menengah (termasuk vokasi). EduMedia akan memfasilitasi para guru pada tingkat satuan pendidikan di sekolah dasar dan menengah (termasuk vokasi) serta para peneliti dan praktisi di bidang pendidikan dan pengajaran secara umum yang ingin mempublikasikan karya dan hasil penelitian mereka pada sebuah terbitan dalam bentuk jurnal ilmiah terindeks nasional. Berikut ruang lingkup naskah yang menjadi fokus EduMedia untuk dipublikasikan: 1. Penelitian terkait praktik pembelajaran di sekolah dasar dan menengah, serta di sekolah kejuruan 2. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 3. Penggunaan media yang inovatif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran 4. Pembelajaran dengan berbantukan komputer 5. Pembelajaran daring, hybrid, dan blended 6. Teknik evaluasi belajar 7. Tes & penilaian hasil belajar 8. Pendidikan luar sekolah 9. Manajemen persekolahan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Pada Materi Teks Prosedur Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Krisnopenti
Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah: EduMedia Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah | EduMedia
Publisher : Pusat Kajian Bahasa Daerah dan Budaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas IX pada materi teks prosedure dengan menggunakan model demonstrasi di SMPN 1 Parenggean. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan proses penelitian: (1) pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi; (2) merencanakan bentuk tindakan pada siklus II berdasarkan hasil refleksi siklus I. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IX SMPN 1 Parenggean semester ganjil pada tahun ajaran 2022/2023, yang berjumlah 24 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama hanya 13 orang peserta didik yang mencapai nilai KKM, sedangkan 11 orang yang nilainya tidak mencapai KKM. Siklus kedua menunjukkan semua mencapai KKM. Gambaran hasil belajar teks prosedur menggunakan demonstrasi telah berlangsung baik dan dapat menunjang peningkatan belajar peserta didik. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu 51,3 pada siklus I dengan ketuntasan siswa sebesar 45,8% dan pada siklus II 70,1 dengan ketuntasan siswa 100 %. Oleh karena itu disarankan kepada guru dalam mengajarkan materi teks prosedur hendaknya boleh menggunakan model pembelajaran demonstrasi.
Analisis Kesulitan Belajar Menentukan Ide Pokok Teks Bacaan Pada Siswa Kelas IV di SDN-1 Napu Sahur Mita Permata Sari; Dina Mardiana
Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah: EduMedia Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah | EduMedia
Publisher : Pusat Kajian Bahasa Daerah dan Budaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi sebuah permasalahan tentang ketidakberhasilan siswa kelas IV di SDN-1 Napu Sahur Kabupaten Katingan dalam memahami isi teks bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa di kelas IV SDN-1 Napu Sahur pada materi menentukan ide pokok teks bacaan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif (deskriptif kualitatif) yang menggunakan teknik analisis data interaktif (analysis interactive model) dari Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami siswa dalam menentukan ide pokok mencakupi: (1) siswa tidak paham konsep ide pokok, dan (2) siswa tidak mampu menerapkan keterampilan membaca pemahaman dengan baik. Dari hasil analisis data ditemukan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal mencakupi ketidakmampuan siswa menguasai materi ide pokok karena motivasi belajar siswa yang rendah, minat membaca siswa kurang dan kemampuan membaca yang masih rendah. Adapun faktor eksternal penyebab kesulitan belajar siswa tersebut mencakupi sarana dan prasarana sekolah yang kurang memadai, kurangnya persiapan guru sebelum mengajar, penggunaan strategi pengajaran yang kurang tepat, serta kurangnya perhatian dan motivasi dari orang tua.
Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Perkalian Menggunakan Teknik Jarimatika Pada Siswa Kelas IV Di SDN-4 Menteng Palangka Raya Chairul Afif; Dina Mardiana
Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah: EduMedia Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah | EduMedia
Publisher : Pusat Kajian Bahasa Daerah dan Budaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatan hasil belajar Matematika pada materi Operasi Hitung Perkalian dengan menggunakan teknik jarimatika pada siswa kelas IVc di SDN-4 Menteng Palangkaraya Tahun Pelajaran 2022/2023. Untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IVc SDN-4 Menteng Palangkaraya peneliti menggunakan teknik Jarimatika. Metode penelitian tindakan kelas ini dialksanakan dengan tahapan (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IVc yang berjumlah 32 orang, yang terdiri dari 15 laki-laki dan 17 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisi dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari 56% dengan nilai rata-rata kelas 63,7 sebelum dilakukannya tindakan, meningkat menjadi 69% dengan nilai rata-rata kelas 72,8 pada siklus I dimana terjadi peningkatan sekitar 13% setelah dilakukannya tindakan, kemudian meningkat menjadi 88% dengan nilai rata-rata kelas 82,5 pada siklus II Terjadi peningkatan sekitar 19% dari siklus I. Hasil belajar siswa kelas IVc SDN-4 Menteng Palangkaraya mengalami peningkatan dengan menerapkan teknik Jarimatika pada mata pelajaran Matematika materi “Operasi Hitung Perkalian”.
Teaching Recount Text Using TED Talks Video to Enhance Students’ Speaking Skill at the Secondary School Dira Savira; Iwan Fauzi
Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah: EduMedia Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah | EduMedia
Publisher : Pusat Kajian Bahasa Daerah dan Budaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Speaking is one of the basic skill skills in English language learning in addition to reading, speaking, and listening. Speaking skill is needed to help students to communicate and socialize with other people. This study is to find out the effect of teaching recount text using TED Talks Video on students’ speaking skill at the secondary school. Pre-experimental research with one group pre-test and post-test design was used in this study. The subjects were taken from the eleventh graders of secondary school in Kalimantan Tengah by using purposive sampling. The subjects were taught to speak personal recount texts using TED Talks Video. The instrument used to collect the data was the oral test to each student. The result showed that there is a significant effect of teaching recount text using TED Talks Video on students’ speaking skill at the secondary school.
Penggunaan Media Audiovisual Film untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dongeng pada Siswa Kelas III SDN-3 Menteng Palangkaraya Sri Wahyuni; Sapriline
Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah: EduMedia Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah | EduMedia
Publisher : Pusat Kajian Bahasa Daerah dan Budaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada masalah rendahnya minat belajar siswa terhadap pembelajaran menyimak dongeng. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya nilai hasil belajar siswa pada keterampilan menyimak dongeng di sekolah dasar. Siswa merasa pembelajaran menyimak dongeng yang seharusnya menarik menjadi pembelajaran yang membosankan karena hanya dilaksanakan dengan metode ceramah. Padahal pembelajaran menyimak cerita, seperti dongeng dapat dilakukan guru melalui penggunaan media audiovisual film dongeng anak. Penelitian bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa pada kemampuan menyimak dongeng di kelas III SDN-3 Menteng Palangkaraya melalui penggunaan media audiovisual film dongeng anak. Metode penelitian yang diterapkan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada subjek penelitian berjumlah 15 siswa kelas III di SDN-3 Menteng Palangkaraya tahun pelajaran 2022/2023. Waktu penelitian ini dimulai dari tahap persiapan hingga pelaporan hasil penelitian dilakukan selama 6 bulan, yakni mulai bulan Maret s.d Agustus 2022. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dalam menyimak dongeng di setiap siklus. Ketuntasan belajar di siklus I hanya 60% dengan rata-rata kelas mencapai 69, dan meningkat setelah dilakukan perbaikan pada siklus II yaitu 93% tuntas dengan nilai rata-rata kelas mencapai 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audiovisual film dongeng anak secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak dongeng pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SDN-3 Menteng tahun pelajaran 2022/2023.
Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I di SDN Percobaan Palangka Raya: The Use of Big Book Media to Improve Reading Ability for Beginners of First Grade Students at SDN Percobaan Palangka Raya Novelia Kristina; Netto W.S. Rahan
Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah: EduMedia Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah | EduMedia
Publisher : Pusat Kajian Bahasa Daerah dan Budaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to improve initial reading skills through Big Book media in class I students of Experimental Elementary School in Palangka Raya, Central Kalimantan Province. This type of research is collaborative classroom action research. This research model uses the Kemmis and Mc Taggart models. The subjects of this study were class I A students consisting of 26 students. Data collection techniques in this study used observation, tests and documentation. Qualitative data collection instruments used observation sheets and quantitatively used reading ability tests. The data analysis technique used is quantitative and qualitative descriptive data analysis. This study shows that the use of Big Book media can improve the initial reading ability of class I A students. The increase in initial reading ability is evidenced by the class average score of the pre-action 53.8 cycle I 69.0, and cycle II 80.0. The percentage of achieving an average score in reading ability increased in the pre-action by 23%, the first cycle was 69%, and the second cycle was 93%. This shows that from cycles I to II, the average reading ability of students has increased and it can be concluded that the application of Big Book media can improve students' reading abilities.
Model Terpadu Pendekatan Direct Instruction-Komunikatif dalam Program Pelatihan Publikasi Karya Ilmiah: The Integrated Model of Direct Instruction--Communicative Approach in the Training Program of Scientific Work Publication Simpun; Dina Mardiana; Kuswari; Ichyatul Afrom; Kristiana Natalina; Yeny Wulandari; Andre Kurniawan
Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah: EduMedia Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah | EduMedia
Publisher : Pusat Kajian Bahasa Daerah dan Budaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this qualitative-conceptual research is to describe a literature on the result of the development of an integrated model of the direct instruction and communicative approach. The integrated direct instruction-communicative approach is applied in a training program for publication of scientific papers in ICT-based or OJS-based in scientific journals for classroom teachers in Central Kalimantan Province. This activity was carried out in July 2023 and involved 30 classroom teachers from various primary schools in Central Kalimantan Province. The development model design of integrated approach between direct instruction and communicative approach used Borg and Gall Research and Development method covering to the third stage, namely product development. In its application, the integrated approach of direct instruction and communicative approach includes the modeling phase and the strategy of communicative competence. From the results of the integrated model development applied, it was found that the classroom teacher's knowledge and skill increased when evaluated, that is by obtaining an average score of 82 with a completion percentage of 91%. Thus, it can be concluded that the integrated approach of direct instruction and communicative approach is very relevant to be used in the training program of scientific paper publication for classroom teachers of primary schools in Central Kalimantan Province.
Evaluasi Model Countenance Stake Dalam Program Pelatihan Bagi Guru SD Mengaplikasikan Metode Pengajaran Bahasa : The Evaluation of Stake Countenance Model in a Training Program for Primary School Teachers by Applying Language Teaching Method Dina Mardiana; Wagiran; Subyantoro
Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah: EduMedia Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah | EduMedia
Publisher : Pusat Kajian Bahasa Daerah dan Budaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This educational evaluation research aims at evaluating the training program in PKMS activity carried out at SD Muhammadiyah Pahandut, Palangkaraya. The training was provided to improve the ability of eleven classroom-teachers by using language teaching method in the learning of Indonesian language and literature at the elementary school. Evaluation of the program was carried out by a team of evaluators using the countenance stake model. Data were collected using techniques i.e., observation, document review, and interview. Then, being analyzed using case study analysis techniques by the descriptive qualitative method. From the results of the program evaluation, an average score of 4.8 was obtained, and it was categorized as a good quality of the implementation in the educational program. By the evaluation activity, the evaluator team has proven that the evaluation of the countenance Stake model can be carried out on an educational training program by a lecturer team from the university to the activity of community service (PKM).
The Correlation Between Self-Confidence and English Speaking Achievement of the Secondary School Students Putrika Oktaria
Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah: EduMedia Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah | EduMedia
Publisher : Pusat Kajian Bahasa Daerah dan Budaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In the foreign language (FL) learning process, self-confidence is also important especially when speaking the language because self-confidence is the basis of student motivation to attain a success of FL learning. In fact, some students still feel afraid and not confident when learning English, especially in speaking English. One of their fear is afraid of being laughed by their schoolmates. These problems then make students inactive in the FL learning process. So, they do not want to participate either to ask questions, answer questions from the teacher and also express opinions to talk in classroom interaction. The objective of this study is to examine the correlation between students’ self-confidence and English speaking achievement of the secondary school students. The method used in this study was correlational research design. Samples were taken by purposive sampling technique. There were 37 students (18 male students and 19 female students) taken as the sample who were in the tenth graders of high school. To collect the data, the researchers used a questionnaire to measure students' self-confidence, and they also used a speaking test by a speech monologue made by students to determine speaking achievement. The results show that the correlation between self-confidence and English speaking achievement is r=0.346 and p<0.05 which means there is a positive correlation between both variables.
Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Cerita Pada Siswa Kelas III di SDN-4 Menteng Palangkaraya: The Use of Picture-Series Media to Improve Learning Outcomes of Story Writing for Third-Graders of Primary School at SDN-4 Menteng Palangkaraya Clara Lunsabiani; Fauziah Bestari; Sulistya Wati
Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah: EduMedia Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah | EduMedia
Publisher : Pusat Kajian Bahasa Daerah dan Budaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This classroom action research was carried out with the aim of improving Indonesian language learning outcomes in Story Writing material using series of picture media for class IIIc students at SDN-4 Menteng Palangkaraya for the 2022/2023 academic year. To improve Indonesian language learning outcomes for class IIIc students at SDN-4 Menteng Palangkaraya, researchers used the serial-story writing technique. This classroom action research method is carried out in stages (1) planning, (2) action, (3) observation, (4) reflection. The subjects of this research were 29 students of class IIIc, consisting of 16 males and 13 females. The data collection techniques used were tests, observation, interviews and documentation which were then analyzed using descriptive qualitative. The results of the research show that the percentage of completeness of student learning outcomes has increased, before the action was taken 66% were complete with an average class score of 63.6. In cycle I there was an increase of 73% completion with an average grade of 68, in cycle II there was an increase of 90% completion with an average grade of 76. Thus, it can be concluded that the learning outcomes of class IIIc students at SDN-4 Menteng Palangkaraya have increased by using series of picture media in the Indonesian language subject of "Story Writing".

Page 1 of 1 | Total Record : 10