cover
Contact Name
T Heru Nurgiansah
Contact Email
therunurgiansah@gmail.com
Phone
+6281322551635
Journal Mail Official
therunurgiansah@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Puri Nirwana Bangunjiwo No.A-5 Dusun Kenalan Kelurahan Bangunjiwo Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production
Published by CV. Rayyan Dwi Bharata
ISSN : 30257794     EISSN : 30257786     DOI : https://doi.org/10.57235
Core Subject : Economy,
MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production dengan nomor ISSN terdaftar 3025-7794 (Cetak) dan 3025-7786 (Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian pada lingkup semua bidang ekonomi, manajemen, bisnis. MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production diterbitkan 1 tahun 2 kali terbit pada bulan Maret dan September.
Articles 5 Documents
Pengaruh Sistem Transaksi Keuangan Brilink Terhadap Kepuasan Pelanggan Novita Hatuluayo
MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production Vol 1, No 1 (2023): September 2023
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/mantap.v1i1.1198

Abstract

Agen BRILink merupakan salah satu inovasi layanan Bank BRI, dimana Bank BRI menjalani kerja sama dengan nasabah dalam bentuk kemitraan. Masalah dalam Penelitian ini yaitu apakah sistem transaksi keuangan brilink berpegaruh terhadap kepuasan pelanggan di negeri liang. Adapun Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk menginvestigasi dan menganalisis pengaruh sistem transaksi keuangan BRILink terhadap kepuasan pelanggan, khususnya berdasarkan pada dimensi pengaruh BRILink yang terdiri dari variabel- variabel: manfaat, kenyamanan, dan keamanan terhadap kepuasan pelanggan pada agen BRILink negeri liang. Penelitian ini bersifat kuantitatif, dengan menggunakan metode explanatory research (penelitian penjelasan). Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner. Sampel pada penelitian ini adalah 50 pelanggan pada agen BRILink dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 20. Berdasarkan hasil penelitian dengan regresi linier berganda secara statistik sistem transaksi keuangan BRILink yang terdiri dari tiga dimensi sistem transaksi keuangan yaitu manfaat, kenyamanan, dan keamanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada agen BRILink negeri liang kecamatan salahutu kabupaten Maluku tengah.
Construction for Arisan Ukhuwah Basic Profit and Loss Sharing KSPPS Ya Umi Maziyah Assa’adah Eni Kusrini
MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production Vol 1, No 1 (2023): September 2023
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/mantap.v1i1.1199

Abstract

Arisan Ukhuwah Profit and Loss Sharing is economic sharia activity free from the element s of usury. This arisan make a profitable contribution for UMKM perpetrator. Arisan management system use sharia economic. This research implemented in KSPPS Ya Umi Maziyah Assa’adah. This research using a descriptive qualitative approach. Research results show that arisan participants pay one hundred thousand rupiah every month until twenty four months. During the arisan payment period, KSPPS Ya Umi Maziyah Assa’adah manage the arisan money to activities of entrepreneurial. After that arisan drawn together. The money will be handed over after twenty four months of payments. Profit and loss sharing to arisan participants as much 14% and KSPPS Ya Umi Maziyah Assa’adah 86%. Besides that arisan participants get a raffle prize from KSPPS Ya Umi Maziyah Assa’adah. This arisan activities provide and advantage for arisan participants and entrepreneurial surrounding.
Analysis of Internal Control of Cash Receipt and Disbursement Functions Martin Martin
MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production Vol 1, No 1 (2023): September 2023
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/mantap.v1i1.1200

Abstract

Cash is the company's most liquid asset and plays a significant role in funding the company's operations compared to other investments, so cash control is needed within the company. Companies with organizational management where internal controls can control errors in carrying out the profession to protect cash from misuse efforts from when cash is received until it is disbursed. LP3M Superior Polytechnic is a private tertiary institution whose primary income is the payment of student tuition fees. The research method uses the descriptive analysis method. The test results show that the cash receipts internal control system is effective, contrary to the cash disbursement internal control. At the same time, the internal control system for cash disbursements has not been effective because there are still elements of Internal Control within the company that have not been fully implemented, including placing the cashier in the same room as other employees, which should be separate and have a separate room as accounting control.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Audit Badan Pengawas Keuangan Republik Indonesia Nisfu Nisfu
MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production Vol 1, No 1 (2023): September 2023
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/mantap.v1i1.1201

Abstract

Di Indonesia, pertanyaan tentang kualitas audit seringkali muncul sehubungan dengan kasus di mana nama auditor disebutkan secara tidak jelas. Sejalan dengan temuan audit BPK atas kerugian bank bantanua likuidtas Otto Hasibuan dan Sjamsul Nurasalim di Indonesia. Ia terus mengatakan bahwa BPK tidak independen dalam kasus ini. Lantara melakukan penyidikan sesuai dengan permintaan KPK agar mereka mengakui peristiwa yang dimaksud. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana tingkat keahlian, kehandalan, dan integritas auditor berhubungan dengan kualitas audit di kantor BPK Perwakilan Kepri. Mayoritas responden dalam penelitian ini adalah sekitar 40 auditor yang bekerja di Kantor BPK Perwakilan Kepri. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam pengambilan sampel statistik menggunakan ukuran sampel yang kecil, sekitar 40 responden. Data primer yang digunakan, dan metode analisisnya meliputi statistik deskriptif, asumsi klasik, dan analisis regersi linier berganda untuk mendukung hipotesis yang telah ditetapkan sebelumnya. Studi saat ini menghasilkan temuan bahwa variabel pelit integritas memiliki pengaruh yang signifikan secara statistik terhadap kualitas pemeriksaan di Kantor BPK Perwakilan Kepri. Namun secara statistik tidak terdapat korelasi yang signifikan antara pengalaman kerja auditor dengan status akuntabilitas di Kantor BPK Perwakilan Kepri. Namun secara bersamaan variabel pengalaman auditor, kejujuran, dan integritas berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit di Kantor BPK Perwakilan Kepri. Hasil analisis diketahui bahwa variabel bebas dapat mengungkapkan variabel terikat sebanyak 44,6%, dan variabel bebas juga dapat mengungkapkan variabel bebas lainnya sebanyak 55,4% di luar cakupan penelitian ini.
Sistem Pembagian Tanah Lingko Lodok Ditinjau dari Hukum Adat dan Hukum Agraria Iqra Muliayati Bayna; Armansyah Prasakti
MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production Vol 1, No 1 (2023): September 2023
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/mantap.v1i1.1202

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui sistematika pembagian tanah dalam bentuk Lingko Lodok berdasarkan hukum adat manggarai, 2) untuk mengetahui alur pembagian tanah menurut hukum adat Manggarai, 3) untuk mengetahui bagaimana keberadaan hukum adat dalam pembagian tanah ditinjau dari hukum agraria pertanahan. Pembahasan a. Sistem pembagian tanah lingko lodok di tinjauh dari hukum adat: Sistem pembagian tanah lingko lodok di laksanakan dengan hukum adat manggarai yaitu; 1. Lilik compang,teing hang, lilik compang yang dilanjutkan dengan teing hang merupakan ritual yang dilakukan untuk mengundang kehadiran tuhan dan para leluhur dalam upacara pembagian tanah selain itu teing hang juga merupakan sebuah ungkapan rasa syukur serta memohon perlindungan tuhan dal leluhur agar proses pembagian tanah berjalan dengan lancar sesuai keinginan. tente teno, merupakan upacara penentuan lodok pada suatu lingko yang akan dibagi, ukur moso, werus langang : penentuan garis batas kepemilikan tanah. B. sistem pembagian tanah lingko lodok ditinjau dari hukum agrarian pertanahan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2023 2023