cover
Contact Name
Fatkhur Roji
Contact Email
fatkhur_roji@alaqidah.ac.id
Phone
+6281541379853
Journal Mail Official
journal@alaqidah.ac.id
Editorial Address
Jl. Kayu Manis Barat No.99, Kayu Manis, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13130
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
AL HASYIMIYYAH: JurnalL Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 2987839X     EISSN : 29875617     DOI : -
Artikel Hasil Syiar kepada masyarakat Islam dan Pelayanan Ilmiyah (Al Hasyimiyyah): Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STAI Al Aqidah Al Hasyimiyyah Jakarta (Jurnal PPKM) merupakan desiminasi hasil-hasil penelitian, seperti Participatory Action Research, Pengembangan Masyarakat Berbasis Riset, Riset Berbasis Masyarakat, Pembelajaran Layanan, Pengembangan Masyarakat. Jurnal PKM ini juga berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Studi Kegamaan, Pendidikan, Sosial, Ekonomi, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. dll
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
MEMBANGUN KELUARGA SAKINAH DI DUSUN III DESA PANTAI HURIP Hadi Muhammad
AL HASYIMIYYAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 1 (2023): AL HASYIMIYYAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : STAI AL AQIDAH AL HASYIMIYYAH JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mewujudkan keluarga Sakinah Mawaddah dan Warohmah adalah dambaan setiap insanmanusia. Betapa bahagianya kita mempunyai keluarga yang dipenuhi rasa saling mencintai,menyayangi, melindungi dan menghormati. Namun ternyata mewujudkan keluarga sepertiitu bukanlah pekerjaan membalik telapak tangan. Dibutuhkan usaha keras dan dukungan darisemua pihak dalam keluarga baik Ayah, ibu dan anak.Untuk Mencapai suatu keluarga sakinah, mawaddah dan warahmah seperti yang diharapkan nabi dan rasul mungkin tidaklah mudah tetapi jika ada kemauan untuk memperbaikinya bisa dimulai sekarang, Tanggung jawab terbesar adalah Ayah yang bertindak sebagai kepala keluarga. Peran Ayah sangat vital yang bertindak sebagainahkoda yang akan menggerakkan kemana kapal akan berlayar dan berlabuh. Ibu pun tidak kecil peranannya dalam pembangunan watak dan karakter anak-anak serta mengaturkeuangan keluarga. Akan tetapi, tidak jarang dari mereka menemukan jalan buntu, baik yang berkecupan secara materi maupun yang berkekurangan.
MENINGKATKAN PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI ISLAM DESA PANTAI HURIP BABELAN-BEKASI Shobari Ahmad
AL HASYIMIYYAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 1 (2023): AL HASYIMIYYAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : STAI AL AQIDAH AL HASYIMIYYAH JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan karakter menjadi isu penting dalam dunia pendidikan berkaitan dengan dekandensi moral yang terjadi ditengah masyarakat maupun di lingkungan sekolah yang semakin meningkat dan beragam. Adapun salah satu nilai-nilai pendidikan karakter yang harus dibentuk untuk mengatasi dekandensi moral yaitu membentuk karakter religius santri dan sikap peduli sosial santri. Untuk membantu santri dalam membentuk karakter religius dan sikap peduli sosial, kecakapan guru dalam menjalankan perannya turut andil dalam pembentukan karakter tersebut Manfaat penelitian ini yaitu manfaat teoritis dan praktis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. peningkatan ketekunan, dan triangulasi menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis model Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang telah diolah maka dapat disimpukan bahwa Guru di sangat berperan penting dalam membentuk Generasi islam Anak melalui pembimbingan, melatih, dan menasehati dalam membentuk karakter religius, mandiri, serta komunikatif
PENGAMALAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM LINGKUP PENDIDIKAN DASAR Ika Lestari
AL HASYIMIYYAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 1 (2023): AL HASYIMIYYAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : STAI AL AQIDAH AL HASYIMIYYAH JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan bermanfaat untuk membangun insan yang menekankan pada manusia yang berharkat, bermartabat, bermoral, dan memiliki jatidiri serta karaktertangguh baik dalam sikap mental, daya pikir maupun daya ciptanya. Namun demikian dalam proses pembelajarannya perlu memperhatikan pengembangan proses pembiasaan, kematangan moral, dan penguasaan pengetahuan kewarganegaraan untuk memperkuat pembangunan watak, seperti penghargaan (respect) dan tanggung jawab (responsibility) sebagai Warga negara demokratis dan taat hukum (democraticandlawfull). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Metode tersebut dipilih karena penulis ingin memperoleh informasi secara langsung dari guru Sekolah Dasar mengenaicara mengajar yang digunakan oleh guru. Pembelajaran Tematik merupakan pembelajaran yang Terpadu yang mengkaitkan Beberapa mata pelajaran, kelebihan dari pembelajaran Tematik yaitu lebih berpusat Kepada siswa jadi siswa dapat lebihaktif dan mendapat pengalaman yang bermakna, dan juga pembelajaran tematik memaki prinsip belajar sambil bermain Sehingga suasana belajar lebih menyenangkan. Fungsi dari pembelajaran PKn yaitu Dapat membantu siswa untuk memahami hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara, dapat membentuk karakter yang lebih baik dan bertanggungjawab, dan dapat menumbuhkan rasa nasionalisme siswa kepada NKRI. Pendidikan kewarganegaraan adalah salah satu upaya Pendidikan yang menyangkut Pembentukan dan perkembangan pribadi dan anak didik atau dengan kata lain. Dengan merupakan salah satu cara untuk membentuk watak bangsa Indonesia serta Membentuk kepribadian manusia Indonesia yang seutuhnya sesuai dengan nilai-nilai Yang terkandung dalamsila-sila Pancasila dan UUD 1945
PENDIDIKAN KEWARGANEGAARAAN DALAM PENDEKATAN PENDIDIKAN DALAM KELUARGA Junaidi Ahmad
AL HASYIMIYYAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 1 (2023): AL HASYIMIYYAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : STAI AL AQIDAH AL HASYIMIYYAH JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Family is the first environment experienced by a human child when born into the world. In subsequent developments, the family is also the main environment in the formation of the personality of a human child. The early days of growth spent more in the family environment. So it is in the family that a human child experiences the first and foremost educational process. All forms of family behavior, especially both parents, both verbal and deed, both in the nature of teaching, exemplary and habits applied in family social life, will influence the pattern of further development of children’s behavior. Therefore, parents must be able to instill a good and correct education in their children from an early age, so that the further development of the child‘s behavior can reflect a noble personality, which is beneficial to themselves, their religion, their family,society and nation. ABSTRAKKeluarga merupakan lingkungan pertama yang dialami seorang anak manusia ketika dilahirkan ke dunia. Dalam perkembangan selanjutnya keluarga juga merupakan lingkungan utama dalam pembentukankepribadian seorang anak manusia. Masa-masa awal pertumbuhannya lebih banyak dihabiskan di dalam lingkungan keluarga. Maka di dalam keluargalah seorang anak manusia mengalami proses pendidikan yang pertama dan utama. Segala bentuk perilaku keluarga, khususnya kedua orang tua, baik lisan maupun perbuatan, baik yang bersifat pengajaran, keteladanan maupun kebiasaan kebiasaan yang diterapkan didalam kehidupan sosial keluarga, akan mempengaruhi pola perkembangan perilaku anak selanjutnya. Oleh karena itu, orang tua harus mampu menanamkan pendidikan yang baik dan benar kepada anak sejakusia dini, agar perkembangan perilaku anak selanjutnya dapat mencerminkan kepribadian yang luhur,yang bermanfaat bagi dirinya sendiri, agama, keluarga juga masyarakat dan bangsanya.
KONSEP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN: Pendekatan Sosiologi, Bagaimana Agama Mempengaruhi dan Dipengaruhi oleh Perubahan Sosial Idris Muhammad
AL HASYIMIYYAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 1 (2023): AL HASYIMIYYAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : STAI AL AQIDAH AL HASYIMIYYAH JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sosiologi adalah ilmu yang berusaha mengambarkan bagaimana keadaan masyarakat lengkap dengan struktur, lapisan serta berbagai gejala social lainnya yang saling berkaitan. Dengan ilmu itu, suatu fenomena sosial dapat dianalisa dengan faktor-faktor yang mendorong terjadinya hubungan, mobilitassosial sertakeyakinan-keyakinan yang mendasari terjadinya proses tersebut. Dengan ilmu sosiologi dapat dilihat gejala sosial yang ada di masyarakat dengan fenomena sosial yang timbul seiring dengan perkembangan masyarakat, yang saling memengaruhi. Pendekatan sosiologi dan sejarah merupakanpendekatan yang sering dilakukan dalam mengamati, menjelaskan, dan menganalisis masyarakat. Denganmenggunakan pendekatan ini, kita dapat memahami bagaimana fenomena sosial terbentuk, bagaimanainteraksi sosial terjadi, bagaimana struktur sosial mempengaruhi individu dan kelompok, serta bagaimanamasyarakat berubah seiringwaktu. Masyarakat pada umumnya mengalami perubahan, baik dalam tatanansosial,budaya, ekonomi, hukum maupun agama. Dikarenakan agama memiliki pengaruh yang kuat dalammembentuk pemahaman, nilai-nilai, dan norma-norma dalam masyarakat. Maka saya putuskan untukmenkaji Konsep Pendekatan Sosial dalam Bagaimana Agama Mempengaruhi dan Dipengaruhi Oleh Perubahan Sosial. Agama dapat mempengaruhi pandangan individu dan kelompok terhadap isu-isu sosial, seperti keluarga, etika, moralitas, gender, dan keadilan. Namun, agama juga bisa berubah seiring perubahan sosial, dengan interpretasi ulang terhadap teks suci atau adaptasi terhadap nilai-nilai baru yang muncul.
Strategi Kehumasan dalam Instansi Pemerintah Firmansyah, Budi
AL HASYIMIYYAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 2 (2023): AL HASYIMIYYAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : STAI AL AQIDAH AL HASYIMIYYAH JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap lembaga dan Organisasi mempunyai tujuan yang ingin dicapai sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan lebih dahulu, seberapa jauh keberhasilan atau tidaknya tergantung dari usaha dan kemampuan pengelola lembaga dan organisasi itu sendiri, kita menyadari humas bagian yang tidak dapat diabaikan dan penting perannya serta bagian yang tidak dapat dipisahkan bagi pembangunan bangsa, eksistensi Humas pada setiap lembaga/Instansi merupakan suatu keharusan fungsional dalam rangka memperkenalkan kegiatan dan aktivitas kepada masyarakat, Humas merupakan suatu alat untuk memperlancar jalannya interaksi serta penyebaran informasi kepada khalayak melalui berbagai media seperti pers,radio,televisi dan lain-lain, menurut penulis dalam rangka membangun kesadaran masyarakat perlu adanya komunikasi yang sehat kepada masyarakat serta dengan strategi komunikasi yang efektif dan efisien sehingga mereka mendukung dan menyetujui apa yang diharapkan. Penerapan strategi dalam praktek kehumasan merupakan hal yang sangat penting untuk dapat diterima maksud dan tujuan seperti halnya yang dilakukan oleh humas pemerintah Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta yaitu Bimbingan dan penyuluhan kepada Masyarakat untuk berperan serta dalam memelihara dan menjaga kebersihan lingkungan, pelayanan informasi kebersihan kepada instansi pemerintah/swasta, pemberdayaan masyarakat dibidang kebersihan,pemberian izin tertentu atau rekomendasi serta pembinaan kepada setiap bentuk usaha yang bergerak dibidang pelayanan kebersihan,pemberian izin tertentu atau rekomendasi serta pembinaan kepada setiap bentuk usaha yang bergerak dibidang pelayanan kebersihan.
PELATIHAN DAKWAH DALAM MEMBENTUK PROFESIONALISME DAI DI PONDOK PESANTREN DDI BABURRIDHA SAWERE BULUKUMBA SULAWESI SELATAN Syafruddin, Syafruddin
AL HASYIMIYYAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 2 (2023): AL HASYIMIYYAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : STAI AL AQIDAH AL HASYIMIYYAH JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di era globalisasi saat ini, dakwah Islam menghadapi banyak hambatan yang dapat berpengaruh pada kemajuan dakwah. Salah satu hambatan yang terjadi di lingkungan pondok pesantren adalah kurangnya perhatian santri dan santriwati terhadap komponen-komponen yang mendukung keberhasilan dakwah, seperti retorika dan penguasaan materi, serta kurangnya penyesuaian dengan kondisi masyarakat yang menjadi objek dakwah. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang dapat menjadi senjata untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Kegiatan pengabdian terhadap masyarakat dengan tema "Training Dakwah dalam Membentuk Profesionalisme Dai bagi Santri dan Santriwati DDI Baburridha" diadakan untuk membantu santri dan santriwati menjadi dai yang profesional dalam berdakwah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah dan metode praktek. Hasil dari kegiatan ini adalah santri dan santriwati dapat berdakwah dengan profesional, yaitu mampu mengaplikasikan komponen-komponen penting yang mendukung keberhasilan dakwah sehingga masyarakat dapat mengambil manfaat dari dakwah yang disampaikan.
PELATIHAN BACA TULIS AL-QUR’AN UNTUK GENERASI PENCINTA AL-QUR’AN DI RPTRA BANDAR KEMAYORAN EL, Rizqi Imam Fadilah
AL HASYIMIYYAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 2 (2023): AL HASYIMIYYAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : STAI AL AQIDAH AL HASYIMIYYAH JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pelatihan baca tulis Al-Qur’an yang dirancang untuk generasi pencinta Al-Qur’an. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an di kalangan generasi muda, serta menumbuhkan rasa cinta dan keterikatan yang mendalam terhadap kitab suci Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini mencakup pendekatan teori dan praktik, dengan penekanan pada tajwid, makhraj, dan tahsin bacaan. Selain itu, program ini juga melibatkan berbagai kegiatan interaktif seperti diskusi kelompok, tadarus bersama, dan ceramah motivasi yang bertujuan untuk membangun semangat keislaman dan moralitas tinggi.Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan baca tulis Al-Qur’an peserta. Evaluasi dilakukan melalui tes awal dan tes akhir, serta pengamatan langsung selama proses pelatihan. Selain peningkatan teknis, pelatihan ini juga berhasil menumbuhkan minat dan kecintaan yang lebih besar terhadap Al-Qur’an. Partisipan menunjukkan komitmen yang lebih tinggi dalam mempelajari dan mengamalkan ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pelatihan baca tulis Al-Qur’an ini diharapkan dapat menjadi model yang efektif dalam upaya pembentukan generasi pencinta Al-Qur’an yang berilmu, berakhlak, dan beriman kuat. Implementasi program ini di berbagai lembaga pendidikan Islam dapat memberikan kontribusi positif dalam memperkuat fondasi keislaman generasi muda.
PELATIHAN BACA TULIS QUR’AN (BTQ) KEPADA SANTRI ASRAMA YATIM DAN DHUAFA MIZAN AMANAH KEBON BAWANG Achmad Ferdian Risjedin Sumigar
AL HASYIMIYYAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 2 (2023): AL HASYIMIYYAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : STAI AL AQIDAH AL HASYIMIYYAH JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Al-Qur’an merupakan sumber ajaran Islam yang pertama dan yang paling utama menurut kepercayaan umat Islam dan diakui kebenarannya. Merupakan firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril sebagai pedoman hidup manusia. Dalam membacanya memerlukan ilmu agar tidak salah dan merubah kandungan makna yang terdapat di dalamnya. Baca Tulis Qur’an (BTQ) merupakan suatu pelajaran yang mempelajari bagaimana cara kita membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidahnya. Metode Pengabdian ini menggunakan Participatory Action Research (PAR) merupakan salah satu model penelitian yang mencari sesuatu untuk menghubungkan proses penelitian ke dalam proses perubahan sosial. Proses pengumpulan data dilakukan dengan berbagai cara, seperti terjun langsung ke lapangan, wawancara, observasi, dan analisis data. Asrama Yatim dan Dhuafa Mizan Amanah Kebon Bawang memiliki kurang lebih 20 santri yang didominasi oleh laki-laki 17 anak dan 3 perempuan. Mayoritas mereka sudah bisa membaca Al-Qur’an namun masih terdapat beberpa kekeliruan dalam membedakan huruf dan makhorijul hurufnya. Ilmu tajwid yang mereka kuasai pada bab hukum mim mati atau tanwin. Dan mayoritas mereka sudah bisa menulis huruf arab namun untuk menyambung huruf arab mereka masih dalam tahap belajar.
Menggali Potensi Bandeng Rorod: Upaya Pemberdayaan dan Pelestarian Kuliner Tradisional Raden Roro, Vemmi Kesuma Dewi
AL HASYIMIYYAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 2 (2023): AL HASYIMIYYAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : STAI AL AQIDAH AL HASYIMIYYAH JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini mengkaji kemungkinan pemberdayaan dan pelestarian budaya bandeng rorod tradisional. Dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan analisis literatur, hasilnya menunjukkan bahwa bandeng rorod memiliki potensi besar sebagai produk kuliner berkelanjutan. Untuk mendorong pemberdayaan dan pelestarian budaya, produk lokal harus dipromosikan, resep baru diciptakan, dan para pelaku di industri kuliner lokal diberi pelatihan. Penelitian ini mendukung keberlanjutan industri kuliner lokal dan meningkatkan pemahaman tentang warisan kuliner tradisional. Kata kunci: ikan bandeng, bandeng rorod, bandeng isi

Page 1 of 1 | Total Record : 10