cover
Contact Name
daryanto setiawan
Contact Email
daryantosetiawannew@gmail.com
Phone
+6281397503456
Journal Mail Official
bashirahjurnal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Medan-Tg.Morawa Km. 13 Gg. Darmo Desa Bangun Sari Kec. Tg. Morawa Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
Bashirah : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
ISSN : 27210588     EISSN : 29617944     DOI : https://doi.org/10.51590/bashirah.v4i1
Bashirah: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Sekolah Tinggi Agama Islam As-Sunnah Deli Serdang. Bashirah mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan analisis reflektif dari para akademisi dan praktisi untuk pengembangan teori dan pengenalan konsep-konsep baru di bidang komunikasi dan dakwah, berupa manuskrip yang mengangkat tema meliputi: Ilmu Komunikasi Komunikasi Penyiaran Islam Komunikasi Dakwah Manajemen Dakwah Bimbingan Penyuluhan Islam Dakwah dan Media Public Speaking Komunikasi Organisasi Media Massa Media Sosial Computer Mediated Communication Artikel lainnya yang mendekati peran dakwah di media dan masyarakat dari sudut pandang sejarah, psikologi, sosiologi, atau antropologi.
Articles 21 Documents
Metode Dakwah Dalam Akun Muhammadnuzuldzikri Di Media Sosial Instagram Muhammad Hanin Hasan Basri
Bashirah Vol 4 No 1 (2023): Bashirah
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51590/bashirah.v4i1.281

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode dakwah dalam akun muhammadnuzuldzikri di media sosial instagram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif melalui pendekatan analisis isi (content analysis). Teknik pengumpulan data dilakukan secara koding data. Teori yang digunakan di dalam penelitian ini adalah use and gratification theory. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode dakwah dalam akun muhammadnuzuldzikri di media sosial instagram berupa metode dakwah melalui poster, video gelar wicara (talk show), video spektrum dan video motion grapich. Dimana setiap dari konten yang disajikan melalui metode dakwah tersebut mengandung pesan-pesan ibadah, muamalah dan akhlak. Menyajikan konten-konten yang dibutuhkan oleh setiap Muslim dalam perkara agama Islam sesuai Al-Qur’an dan Hadis Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam.
Analisis Metode Dakwah Rasulullah ﷺ Dalam Surah Ali Imran Saddam Rais Qadafi
Bashirah Vol 4 No 1 (2023): Bashirah
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51590/bashirah.v4i1.291

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode dakwah Rasulullah ﷺ dalam surah Ali Imran ayat 159. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif melalui pendekatan kepustakaan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah studi pustaka melalui kitab-kitab tafsir dan buku-buku yang relevan dengan penelitian ini. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode dakwah Rasulullah ﷺ dalam surah Ali Imran ayat 159 berupa metode dakwah dengan lemah lembut, memaafkan kesalahan mad’ū memohonkan ampunan untuk mad’ū dan musyawarah. Walaupun Rasulullah ﷺ mendapatkan luka yang serius disebabkan kesalahan para sahabatnya, namun Rasulullah ﷺ tetap berdakwah kepada mereka dengan lembut, memaafkan, memohonkan ampunan untuk mereka dan mengajak mereka bermusyawarah dalam segala perkara yang terjadi pada mereka.
Analisis Pengelolaan Akun Dakwah Pimpinan Salam TVPada Media Online Instagram Muslim Maslan; Andri Irawan
Bashirah Vol 3 No 2 (2022): Bashirah
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51590/bashirah.v3i2.292

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan akun dakwah Salamtelevisi di media online instagram. Pada penelitian ini, digunakan jenis penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan tiga jenis teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengelolaan pada akun dakwah salamtelevisi telah dilakukan sesuai dengan unsur-unsur dan fungsi-fungsi pengelolaan. Akan tetapi terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki agar akun dakwah salamtelevisi dapat berkembang dan menarik bagi akun- akun lain, di antara hal yang harus diperbaiki ialah tidak sering melakukan kuis giveway dan promosi akun dalam menaikkan jumlah pengikut, fokus kepada satu akan saja untuk dikelola, menggunakan aplikasi yang tidak dibajak dan meningkatkan kesadaran diri dalam mengelola akun dakwah salam televisi
ANALISIS FILM UPIN DAN IPIN MENURUT KOMUNIKASI ISLAM MUSIM 15 MENYAMBUT BULAN RAMADHAN Muhammad Rizkan Fadli
Bashirah Vol 3 No 2 (2022): Bashirah
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51590/bashirah.v3i2.295

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pesan-pesan yang disampaikan yangterkandung dalam film Upin dan Ipin Menyambut Bulan Ramadhan dan untuk menganalisis pesan-pesan yang akan ditimbang dalam komunikasi Islam yang terkandung dalam Upin dan Ipin Menyambut Bulan Ramadhan Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif Analisis konten dan pendekatan yang digunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis Miles and Huberman. dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pesan Pesan-pesan yang terkandung dalam film Upindan Ipin Menyambut Bulan Ramadhan dapat dianalisis baik untuk diteladani dan ada juga yang tidak cocok untuk diteladani Dimana Penulis naskah memasukkan beberapa pesan yang terpenting berupa keyakinan dan akidah seorang muslim, Pesan ibadah, Ilmu yang merupakan landasan setiap orang dalam melakukan sesuatu baik ibadah maupun muamalah. Pesan tentang hubungan sesama manusia Menjaga hubungan baik dan buruk dengan seksama juga diangkat oleh penulis naskah. Dan Penulis naskah memasukkan beberapa pesan yang tidak patut dicontoh bahkan harus dihindari berupa keyakinanyang salah dalam bermuamalah kepada yang non muslim, Pesan ibadah masih terdapat ibadah-ibadah yang tidak ada dicontohkan oleh nabi Saw. Maka anggapan yang mengatatakan bahwa upin dan ipin adalah film yang islamy, maka pernyataan ini ini belum dibenarkan secara sepenuhnya.
Strategi Komunikasi Pembina Yayasan YPPT Al Qodri dalam Merekonstruksi Pondok Pesantren Mahad Tahfidz Al Qodri Desa Bandar Klippa Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Edi Gunawan
Bashirah Vol 4 No 1 (2023): Bashirah
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51590/bashirah.v4i1.296

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pembina yayasan YPPT Al Qodri dalam Merekonstruksi pondok pesantren Mahad Tahfidz Al Qodri Desa Bandar Klippa Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif berupa kata-kata tertulis dari hasil pengamatan. Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan di dalam penelitian ini adalah Harold laswell. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi pembina yayasan YPPT Al Qodri dalam merekonstruksi pondol pesantren Mahad Tahfidz Al Qodri dilakukan dengan cara musyawarah, penunjukan ketua tim lapangan, dan kerja sama dengan sekolah lain.
Persepsi Masyarakat Muslim Desa Serba Jadi Dusun IV Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Tentang Komunikasi Kelompok Geng Motor Aji Gusti Arjaya Aji; Candra Gunawan
Bashirah Vol 3 No 2 (2022): Bashirah
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51590/bashirah.v3i2.300

Abstract

This study aims to determine how the perception of the Muslim community in Serba Jadi Hamlet IV Village, Sunggal District, Deli Serdang Regency about motorcycle gang group communication. This research was conducted in Serba Jadi Village, Hamlet IV, Sunggal District, Deli Serdang Regency. In this study, researchers used a one-sample quantitative method. The sample of this research is the Muslim community of Serba Jadi Hamlet IV Village, totaling 35 people. The results showed that the Muslim community of Serba Jadi Hamlet IV Village, Sunggal District, Deli Serdang Regency had a bad perception of motorcycle gang group communication, which was at most 65%, this was in accordance with the researcher's hypothesis. It can be seen from the one sample t test that has been carried out, where t count (-6.176) < t table (-1.689) with an error rate of 5%, it can be concluded that Ho is accepted and Ha is rejected. With the acceptance of Ho and the rejection of Ha, it can be stated that most people have a bad perception of motorcycle gang group communication at most 65%.
Metode Dakwah Orang Tua Pada Anak di dalam Alquran Muhammad Luqman El Hakim; Dasa Syawal Syahputra
Bashirah Vol 3 No 2 (2022): Bashirah
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51590/bashirah.v3i2.301

Abstract

This study aims to determine the methods of parental Da’wah to children according to the Qur’an. This type of research is content analysis research and the approach used is a qualitative approach with a descriptive method. The data collection technique used is data coding. From this study it can be concluded that the methods of parental da’wah to children according to the Qur’an iss spread over 5 letters with a total of 14 samples of verses using 5 methods of da’wah, namely mau’izhah hasanah, testament, advice, exhortation, and discussion. The method of da’wah mau’izhah hasanah is the highest with 4 verses from 14 samples with a percentage of 28,57%. Followed by the da’wah testament method with 3 verses from 14 sample verses with a percentage of 21,43%, the da’wah method of advice with 3 verses from 14 samples with a percentage of 21,43%, then the exhortation da’wah method with 3 verses from 14 sample verses with a percentage of 21,43%, and the least is the discussion da’wah method with 1 verse fro 14 sample verses with a percentage 7,14%.
Etika Komunikasi Islam Di Dalam Kitab Fiqhul Akhlak Wal Muamalat Bainal Mukminin Mushthafā al-‘Adawī Bukhari; Taufik Hidayat
Bashirah Vol 4 No 1 (2023): Bashirah
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51590/bashirah.v4i1.303

Abstract

Etika dalam berkomunikasi sangat dibutuhkan namun banyak orang saat ini ketika berbicara dengan orang lain tidak menggunakan etika di dalamnya sehingga menimbulkan masalah dengan orang lain. Hal inilah yang melatar belakangi peneliti untuk meneliti etika komunikasi Islam di dalam kitab Fiqhul akhlak wal muamalat bainal mukminin Mushthafā al-‘Adawī. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui etika komunikasi Islam yang terdapat dalam Kitab Fiqhul akhlak wal muamalat bainal mukminin Mushthafā al-‘Adawī. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif melalui pendekatan analisis isi (content analysis). Teknik pengumpulan data dilakukan secara koding data. Dari hasil penelitian tersebut etika komunikasi Islam yang terdapat dalam Kitab Fiqhul akhlak wal muamalat bainal mukminin Mushthafā al-‘Adawī berjumlah 45 dalam tiga bentuk yaitu anjuran, perintah dan larangan. Etika komunikasi Islam dalam bentuk anjuran ada tiga tempat yaitu sebelum berbicara dengan 6 etika, saat berbicara dengan 22 etika, dan sesudah berbicara dengan 1 etika. Sedangkan dalam bentuk perintah ada 4 etika. Dan dalam bentuk larangan ada 12 etika. Dan qaulan sadida mendominasi qaul dengan 16 etika dari semua etika yang telah disebutkan.
Prinsip Komunikasi dalam Al-Qur'an Surat yusuf Ayat 1-20 rojali
Bashirah Vol 3 No 2 (2022): Bashirah
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51590/bashirah.v3i2.304

Abstract

Abstrak Adapan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prinsip-prinsip komunikasi yang baik dan efektif agar para da’i dan komunikator dapat menyampaikan informasi baik itu berbentuk pesan, ajakan satau dakwah, agar apa yang di sampaikan dapat di fahami dan di mengerti serta di aplikasikan, adapun Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif melalui pendekatan analisis isi (content analysis). Teknik pengumpulan data dilakukan secara koding data. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa banyak terdapat prinsip-prinsip komunikasi pada surah Yusuf tersebut yang seharusnya dapat menjadi pegangan dan panduan dalam menyampaikan suatu informasi berupa pesan maupun dakwah antara dai dengan madu antara komunikator dengan komunikan sehingga dapat menghasilkan nilai-nilai yang efektif dalam penyampaian pesan suatu informasi. Al-Qur’an yang merupakan pedoman bagi kehidupan umat Islam pada umumnya, sepertiga dari isi kandungan ayat Al-Qur’an adalah kisah dan sejarah orang-orang terdahulu, di antara kisah yang ternama dan disoroti oleh banyak manusia ialah kisah nabi Yusuf alaihissalam, yang mana di dalam kisah tersebut banyak kita mendapati pelajaran-pelajaran penting di dalam bermuamalah dan berkomunikasi diantaranya dapat kita jumpai prinsip-prinsip komunikasi yang terdapat dalam surat Yusuf Kata kunci: prinsip komunikasi dalam Al-Qur’an surah Yusuf ayat 1-20.
Analisis Pesan-Pesan Dakwah dalam Hadis Mu'az Radiallahu’anhu dalam Kitab Ṣahih Bukhari Andri Azhar Manurung
Bashirah Vol 4 No 1 (2023): Bashirah
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51590/bashirah.v4i1.309

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan-pesan dakwah dalam hadis Mu’az Radiallahu’anhu dalam Kitab Ṣahih Bukhari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan pendekatan yang digunakan pendekatan deskriftif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah koding data. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pesan-pesan dakwah yang ada di dalam hadis Mu’az dalam kitab Ṣahih Bukhari meliputi pesan akidah, syariah (ibadah dan muamalah), dan akhlak. Dimana yang mendominasi pesan diantara tiga pokok ini ialah pesan syariah, yang berjumlah 14 hadis dari 25 sampel yang diambil, berupa 7 hadis atau 28% berisi pesan ibadah dan 7 hadis atau 28% berisi pesan dakwah muamalah, kemudian pesan dakwah akidah sebanyak 8 hadis atau 32%, dan yang terakhir pesan akhlak sebanyak 3 hadis atau 12%.

Page 1 of 3 | Total Record : 21