cover
Contact Name
Abdul Gani Haji
Contact Email
aganihaji@usk.ac.id
Phone
+628121815214
Journal Mail Official
jipi@usk.ac.id
Editorial Address
Sektor Timur Darussalam, Perum Turki
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)
ISSN : 26140500     EISSN : 2620553X     DOI : https://doi.org/10.24815/jipi.v7i3.31681
JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA) aims to serve original articles on the latest issues and trends in high-quality research focused on technology-integrated science and/or science learning (chemistry, biology, physics, and environment). Technology integration includes learning media, curriculum, assessment processes and science learning outcomes, as well as the application of the latest technology in pure science research. The editors welcome submissions of papers on recent theoretical and experimental research related to: Results of theoretical and empirical research studies on science learning with integrated technology. We invite manuscripts that investigate science learning with the integration of web-based technology, Android, Arduino, nanotechnology, virtual labs, technological and pedagogical content knowledge research, STEM and/or STEAM, sociological issues, virtual reality, augmented reality, and other relevant issues. relevant to science learning. The results of research on the application of science learning media which focuses on studies related to the latest trends in the use of technology-based science learning media at all levels of education and in society. The results of research related to the implementation of the science learning curriculum (chemistry, biology and physics) have contributed to developing the latest trends in the implementation of the science learning curriculum with the integration of technology at all levels of education including science learning design, competency analysis and syllabus. The results of research related to the assessment of science learning processes and outcomes contribute to developing the latest trends in technology-integrated science learning assessment at all levels of education. The results of research related to science teacher education include original theoretical and empirical studies, including professional preparation of teachers, implementation of their work, and/or career development based on the latest technology. Research results related to technology-based science learning in everyday life outside the formal classroom. Papers should examine experiences in environments such as the community, home, internet, museums, and other aspects that develop interest, knowledge, and/or application of science. Science learning that emphasizes attention to aspects of problems and factors related to equality. Research results related to pure science research that is currently trending (chemistry, physics, biology and the environment).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2019): Juni 2019" : 6 Documents clear
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Persamaan Eksponensial Melalui Model NHT Amran Amran
JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA) Vol 3, No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jipi.v3i1.13802

Abstract

Matematika merupakan subyek penting dalam sistem pendidikan di seluruh negara di dunia. Matematika menjadi alat bantu ilmu lainnya secara teoritis maupun aplikasi. Dalam pembelajaran, guru harus mampu  memilih  model  yang  tepat agar tercapainya tujuan pembelajaran secara optimal. Saat ini masih ditemukan kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik dalam mempelajari matematika. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran NHT dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi persamaan eksponensial setelah penerapan model tersebut di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Adapun hipotesis tindakan penelitian ini adalah: “melalui model pembelajaran NHT dapat meningkatkan  hasil  belajar  peserta  didik  pada materi persamaan  eksponensial SMA Negeri 3 Banda Aceh”. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Banda Aceh tahun ajaran 2018-2019. Sampel penelitian ini adalah peserta  didik  kelas  X  MIPA 1  yang  berjumlah  33  orang.  Pengumpulan  data dilakukan  dengan  tes  di  setiap  akhir  siklus.  Kriteria  keberhasilan yang ditetapkan yaitu ≥ 85% dari peserta didik mendapat skor ≥ 76. Dari hasil yang diperoleh Pada siklis II terdapat 85% dari peserta didik mendapat nilai ≥ 76 dengan demikian menunjukan bahwa model NHT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi persamaan eksponensial di SMAN 3 Banda Aceh.
Pemahaman Nature of Science (NoS) Di Era Digital: Perspektif Dari Mahasiswa PGSD Tursinawati Tursinawati; Ari Widodo
JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA) Vol 3, No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jipi.v3i1.13294

Abstract

Hakikat IPA merupakan cara berpikir seseorang dalam memahami konsep-konsep ilmiah melalui metode ilmiah dengan berbagai tahapan dan metodologi yang sistematis sehingga dapat menghasilkan temuan atau ilmu pengetahuan, oleh sebab itu pentingnya pemahaman NOS dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) tentang pemahaman hakikat IPA atau nature of science (NoS) di era digital. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan metode survei. Sampel dari penelitian ini 61 orang mahasiswa PGSD yang berasal dari 27 responden Universitas Kuningan dan 34 responden Universitas Syiah Kuala. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik acak. Instumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket yang berisi 28 item pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum rata-rata tanggapan mahasiswa PGSD terhadap NoS di era digital memberikan tanggapan yang baik, hal ini ditunjukkan dengan memperoleh 68% berada pada kategori baik. Agar mahasiswa PGSD memiliki pemahaman NoS di era digital yang lebih baik maka hendaknya pendalaman konsep tentang hakikat IPA era digital menjadi prioritas dalam pembelajaran IPA di Perguruan Tinggi.
Pengembangan Handout Berbasis Literasi Sains Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Habibati Habibati; Muhammad Nazar; Putri Dewi Septiani
JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA) Vol 3, No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jipi.v3i1.13824

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan handout berbasis literasi sains pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit, menguji kelayakan bahan ajar handout berbasis literasi sains dan mengetahui tanggapan guru dan peserta didik terhadap handout yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan kualitatif dan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 MAN 1 Banda Aceh yang terdiri dari 25 orang laki-laki dan 1 orang guru kimia. Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket validasi kelayakan handout berbasis literasi sains dan angket tanggapan guru dan peserta didik terhadap handout berbasis literasi sains. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket penilaian kelayakan handout dan lembar angket tanggapan guru dan peserta didik. Teknik analisis data dihitung dengan menggunakan rumus persentase yang diperoleh dari lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata kelayakan handout berbasis literasi si sebesar 92% dengan kriteria sangat layak. Hasil persentase tanggapan guru terhadap handout berbasis literasi sains sebesar 80% dengan kriteria baik dan hasil persentase rata-rata tanggapan peserta didik sebesar 80% dengan kirteria baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah handout berbasis literasi sains pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.
Studi Morfologi Koloni Bakteri Udara Di Lingkungan Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri Bengkulu Ahmad Walid; Naintyn Novitasari; Kusuma Wardany
JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA) Vol 3, No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jipi.v3i1.12974

Abstract

 Abstrak. Kualitas udara sangat harus diperhatikan bagi setiap makhluk hidup. Ada beberapa faktor yang dapat membuat kualitas udara menurun salah satunya mikroorganisme. Mikroorganisme udara bisa disebabkan akibat banyaknya aktivitas manusia dan kondisi fisik dari lingkungan tersebut Fakultas Tarbiyah dan faktor tersebut Masalah dalam ini (1) Bagaimana morfologi koloni bakteri udara di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri Bengkulu?; (2) Bagaimana pemahaman mahasiswa terhadap morfologi koloni bakteri udara di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri Bengkulu? Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui morfologi koloni bakteri udara di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri Bengkulu; (2) Untuk mengetahui pemahaman mahasiswa terhadap morfologi koloni bakteri udara di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian diketahui: (1) 15 jenis koloni bakteri udara pada ruang berAC, kemudian 8 jenis koloni bakteri udara pada ruang non AC, dan 11 jenis koloni bakteri udara pada ruang terbuka dengan ciri-ciri koloni yang berbeda-beda
Karakteristik Biochar Hasil Pirolisis Ampas Tebu (Sacharum Officanarum, Linn) Dan Aplikasinya Pada Tanaman Seledri (Apium Graveolens L) Diena Asyifa; Abdul Gani; Ratu Fazlia Inda Rahmayani
JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA) Vol 3, No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jipi.v3i1.13292

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang mengolah ampas tebu (Sacharum officanarum, Linn) menjadi biochar melalui proses pirolisis dan aplikasinya pada tanaman seledri (Apium graveolens L.). Penelitian dilakukan untuk mengetahui karakteristik biochar hasil pirolisis ampas tebu serta aplikasinya pada tanaman seledri. Jenis penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian bersumber dari sampel ampas tebu yang diperoleh dari pedagang air tebu di sekitar jalan Rukoh. Penelitian dilakukan dengan mengolah ampas tebu menjadi biochar dengan proses pirolisis dan dilanjutkan dengan mengkarakterisasi biochar seperti rendemen, kadar air, kadar abu, kadar C/N, nilai pH serta aplikasinya terhadap tanaman seledri. Hasil yang didapatkan yaitu: (1) Rendemen biochar yang dihasilkan dari ampas tebu pada proses pirolisis sebesar 18,34%, (2)Hasil  kadar air biochar sebesar 10,2%, (3) Kadar abu yang dihasilkan dari biochar sebesar 1 gram sebesar 68%, (4)Kadar C pada biochar sebesar 55,66% dan kadar N sebesar 0,40% sedangkan kadar C/N rasio yaitu 139.15, (5)Nilai pH pada biochar ampas tebu yaitu 5,196 dan (6)Hasil analisis sidik ragam dari aplikasi biochar yang telah dilakukan pada tanaman seledri yaitu menunjukkan tidak nyata. Dengan demikian disimpulkan bahwa karakteristik biochar yang didapatkan lebih tinggi dari Standar Nasional Indonesia
Komunikasi Matematik Dalam Pembelajaran Dengan Menggunakan Pendekatan Realistik Herwati A
JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA) Vol 3, No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jipi.v3i1.13450

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pendekatan realistik dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematika. Subjek ini melibatkan sebanyak 69 siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tembilahan Indra Giri Hilir Riau. Sebanyak 35 siswa (19 laki-laki 16 perempuan) untuk pembelajaran yang menggunakan pendekatan realistik dan 34 siswa (19 laki-laki 15 perempuan) untuk kontrol. Pengumpulan data dilakukan sebanyak dua kali yaitu pada ujian pretes dan postes yang menggunakan waktu selama delapan minggu. Ujian komunikasi matematika meliputi aspek drawing, mathematical expression, dan written texts. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi matematika aspek drawing, mathematical expression, dan written texts. Kemampuan komunikasi matematika lebih tinggi apabila menggunakan pendekatan realistik dibandingkan dengan tanpa realistik. Pendekatan realistik memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjadi lebih aktif dalam pengajaran dan pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik memberikan peluang kepada siswa untuk mengungkapkan ide matematika dalam bentuk tulisan maupun lisan. Siswa leluasa menuliskan konsep-konsep matematika yang diperolehnya dan berpendapat secara matematika.

Page 1 of 1 | Total Record : 6