cover
Contact Name
Abdul Fattah Nasution
Contact Email
cemarajournal2023@gmail.com
Phone
+6281362998968
Journal Mail Official
fattahlubis@cemarajournal.com
Editorial Address
YAYASAN CENDEKIA MADANI NUSANTARA Jl. Sempurna GG. Alinafiah No. 12 A Kelurahan Bakaranbatu Kec. Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara 21421 email : adminces@cemarajournal.com
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
Cemara Education and Science
ISSN : -     EISSN : 29874092     DOI : -
Focus and Scope Cemara Education and Science (CES) menerbitkan artikel-artikel di bidang pendidikan yang melaporkan penelitian empiris tentang topik-topik penting lintas konteks pendidikan, dalam hal desain dan temuan penelitian. Ruang lingkup Cemara Education and Science (CES) meliputi: Pendidikan Agama Islam Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Matematika Pendidikan Biologi Pendidikan Fisika Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan Kewarganegaraan Pendidikan Dasar dan Usia Dini Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Pendidikan Teknologi Informatika Bimbingan Konseling dan Penyuluhan Administrasi/Manajemen Pendidikan Komunikasi dan Dakwah Islam Ekonomi dan Bisnis Teknologi Informatika Humaniora dan Hukum Kajian Islam Psikologi Agribisnis Akuntansi Seni Matematika Pengabdian Masyarakat Ilmu Perpustakaan Tujuan jurnal ini adalah menerbitkan penelitian berkualitas yang berpotensi menginformasikan penelitian, kebijakan, dan praktik pendidikan lebih lanjut, dalam konteks atau paradigma penelitian apa pun. Oleh karena itu naskah harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut: Kerangka teoritis yang kuat. Pemahaman yang jelas tentang bagaimana sastra secara kritis berhubungan dengan topik yang diteliti. Desain dan analisis penelitian yang kuat. Analisis kritis dan rekomendasi untuk penelitian, kebijakan, dan praktik lebih lanjut Cemara Education and Science (CES) terbit empat kali dalam setahun yaitu pada Februari, Mei, Agustus, dan November
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2023): Vol I. Edisi I Tahun 2023" : 5 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP KEMAMPUAN BEPRIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMK IMELDA MEDAN Abdul Fattah Nasution; Marasamin Lubis; Siti Maulid Dina
Cemara Education and Science Vol. 1 No. 1 (2023): Vol I. Edisi I Tahun 2023
Publisher : Cendekia Madani Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendahnya ranking matematika berdasarkan penelitian TIMSS sehingga berpengaruh pada rendahnya kemampuan matematis, salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini lahir dari rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMK Imelda, Medan. Pada penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran STAD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X SMK Imelda, Medan. Penarikan kesimpulan pada penelitian ini dilakukan menggunakan uji Anova dengan populasi seluruh kelas X dan sampel berjumlah 35 siswa. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran STAD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X SMK Imelda, Medan. Dengan nilai rata-rata tes awal sebesar 53,8 dan tes akhir sebesar 75,03 atau sebesar 91%, dan Fhitung sebesar 319,406 > Ftabel sebesar 1,775
IMPLIKASI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN PERKEMBANGAN TARJIH MUHAMMADIYAH TAHUN 2015-2020 Ali Imran Sinaga
Cemara Education and Science Vol. 1 No. 1 (2023): Vol I. Edisi I Tahun 2023
Publisher : Cendekia Madani Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Era Revolusi Industri 4.0 telah membawa beberapa perubahan dan kemudahan segala sudut kehidupan manusia termasuk dalam hal menentukan suatu keputusan. Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah tidak lepas dari pengaruh itu. Situs internet telah membantu proses analisis produk hukum (fikih) dengan beberapa aplikasi on line. Pembahasan kasus hukum dari beberapa pakar/ulama Muhammadiyah sangat membantu mengumpulkan, menganalisis, dan menyimpulkan data dari aplikasi Alquran, Hadis, dan beberapa Kitab-kitab yang lain sehingga dengan cepat menetapkan suatu keputusan. Hasil Pembahasan hukum tersebut dipublikasikan pada majalah bulanan ‘Suara Muhammadiyah’ dan direkapitulasi dalam buku ‘Tanya Jawab Agama” Majelis Tarjih Muhammadiyah yang sudah berjumlah 8 (delapan) jilid.  Selain itu, info tentang hukum baru ini dapat dipublikasikan dalam website tajih.or.id yang dimiliki oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah sehingga mudah mendapatkan respon, saran, dan kritikan dari masyarakat yang kemudian direspon kembali oleh Majelis Tarjih tersebut
PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI LEMBAGA PENDIDIKAN INDONESIA Meyniar Albina; Asmidar Efendi; Alumni Harahap; Wahdini Rizky Amali Siregar; Lilis Siti Sahara; Rian Arianda
Cemara Education and Science Vol. 1 No. 1 (2023): Vol I. Edisi I Tahun 2023
Publisher : Cendekia Madani Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pendidikan multikultural di lembaga pendidikan Indonesia. Dicantumkan beberapa pemikiran-pemikiran para ahli dan temuan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian perpustakaan (library search). Pendidikan multikultural merupakan sebuah filosofi pluralisme budaya yang didasari prinsip-prinsip persamaan (equality) ke sistem pendidikan untuk saling menghormati, menerima dan memahami komitmen moral demi keadilan sosial
PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP MINAT PENDIDIKAN MASYARAKAT DI DESA LALANG Ali Daud Hasibuan; Nuri Fadhilah; Nurul Annisa; Nurul Hidayah; Putri Amanda; Rahmayanti Hasibuan
Cemara Education and Science Vol. 1 No. 1 (2023): Vol I. Edisi I Tahun 2023
Publisher : Cendekia Madani Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat layanan informasi terhadap minat pendidikan di Desa Lalang Tanjung Pura. Adapaun penelitian ini dilakukan dengan pendekatan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode observasi, wawancara, deskriptif, dan dokumentasi. Peneliti melakukan penelitian di Desa Lalang, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa layanan informasi sangat berguna mengembangkan minat pada pendidikanmasyarakat ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini berarti bahwa dengan melakukan layanan informasi, meningkatkan minat masyarakat untuk mengambil keputusan terhadap kepentingan peserta didik (Klien)
Pengaruh Model Pembelajaran Phair Check Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas VIII di MTs Raudatul Uluum, Rantauprapat Siti Maulid Dina; Rosmawati
Cemara Education and Science Vol. 1 No. 1 (2023): Vol I. Edisi I Tahun 2023
Publisher : Cendekia Madani Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendahnya keterampilan menulis cerpen merupakan suatu kendala dari pencapaian tujuan pendidikan bahasa Indonesia, sehingga sudah selayaknya para calon pendidik maupun pendidik melakukan evaluasi pada pembelajaran dengan metode penelitian. Adapun tulisan ini lahir dari penelitian yang bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran phair check terhadap keterampilan menulis cerpen siswa di MTs raudatul Uluum, Rantauprapat. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII sebagai populasi dan kelas VIII-A sebagai sampel penelitian yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengambilan keputusan pada penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kuantitatif, yang harus memiliki syarat uji normalitas dan homogenitas untuk mengambil keputusan dengan menggunakan uji t pada spss 20.0. Hasil penelitian ialah adanya pengaruh model pembelajaran phair check terhadap keterampilan menulis cerpesn siswa di kelas VIII MTs Raudatul Uluum, Rantauprapat dengan Thitung > Ttabel, yakni 2,744 > 2,037, memiliki selisih poin 45,21 antara nilai rata-rata tes awal sebesar 33,33 dan tes akhir sebesar 78,55, dan besar pengaruh senilai 18%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5