cover
Contact Name
Abdul Fattah Nasution
Contact Email
cemarajournal2023@gmail.com
Phone
+6281362998968
Journal Mail Official
fattahlubis@cemarajournal.com
Editorial Address
YAYASAN CENDEKIA MADANI NUSANTARA Jl. Sempurna GG. Alinafiah No. 12 A Kelurahan Bakaranbatu Kec. Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara 21421 email : adminces@cemarajournal.com
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
Cemara Education and Science
ISSN : -     EISSN : 29874092     DOI : -
Focus and Scope Cemara Education and Science (CES) menerbitkan artikel-artikel di bidang pendidikan yang melaporkan penelitian empiris tentang topik-topik penting lintas konteks pendidikan, dalam hal desain dan temuan penelitian. Ruang lingkup Cemara Education and Science (CES) meliputi: Pendidikan Agama Islam Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Matematika Pendidikan Biologi Pendidikan Fisika Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan Kewarganegaraan Pendidikan Dasar dan Usia Dini Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Pendidikan Teknologi Informatika Bimbingan Konseling dan Penyuluhan Administrasi/Manajemen Pendidikan Komunikasi dan Dakwah Islam Ekonomi dan Bisnis Teknologi Informatika Humaniora dan Hukum Kajian Islam Psikologi Agribisnis Akuntansi Seni Matematika Pengabdian Masyarakat Ilmu Perpustakaan Tujuan jurnal ini adalah menerbitkan penelitian berkualitas yang berpotensi menginformasikan penelitian, kebijakan, dan praktik pendidikan lebih lanjut, dalam konteks atau paradigma penelitian apa pun. Oleh karena itu naskah harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut: Kerangka teoritis yang kuat. Pemahaman yang jelas tentang bagaimana sastra secara kritis berhubungan dengan topik yang diteliti. Desain dan analisis penelitian yang kuat. Analisis kritis dan rekomendasi untuk penelitian, kebijakan, dan praktik lebih lanjut Cemara Education and Science (CES) terbit empat kali dalam setahun yaitu pada Februari, Mei, Agustus, dan November
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 3 (2024): Vol II. Edisi III. Tahun 2024" : 15 Documents clear
Pendidikan Kualitas Guru: Fondasi Utama dalam Membangun Sistem Pendidikan yang Unggul: Kualitas Guru: Fondasi Utama dalam Membangun Sistem Pendidikan yang Unggul Astika, Lilis; Nurul Anjani Daulay; Wardah Kholilah Tanjung; Abdul Fattah Nasution
Cemara Education and Science Vol. 2 No. 3 (2024): Vol II. Edisi III. Tahun 2024
Publisher : Cendekia Madani Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62145/ces.v2i3.74

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pentingnya kualitas guru sebagai fondasi utama dalam membangun sistem pendidikan yang unggul. Hal ini karena guru merupakan salah satu komponen pendidikan yang menentukan berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar di lembaga pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Studi pustaka merupakan teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, literatur-literatur, catatan-catatan, dan laporan-laporan yang berkaitan dengan masalah yang dikaji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang berkualitas adalah guru yang mempunyai keterampilan dan pengetahuan di bidang pendidikan sehingga mampu melaksanakan tugas dan tugasnya sebagai guru dengan sebaik-baiknya. Guru yang berkualitas harus mempunyai empat kompetensi yaitu, kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial
Pendidikan Pembelajaran Tahsin Al-Quran Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tanjung, Asmi; Nafisa Nur Azza; Nurul Huda
Cemara Education and Science Vol. 2 No. 3 (2024): Vol II. Edisi III. Tahun 2024
Publisher : Cendekia Madani Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan gambaran yang jelas tentangpembelajaran baca tulis Al Qur’an dengan menggunakan tahsin Al-Qur’an melalui kegiatanekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam di MTS MISBAHUL ZDIKRI. Penelitian inimenggunakan Penelitian kualitatif Dangan berjenis kualitatif deskriptif. Metode yang digunakandalam penelitian ini ialah deskriptif. Subjek penelitian adalah wakil kepala sekolah bidangkesiswaan dan guru bidang PAI sebagai tujuan primer data penelitian. Hasil dari penelitian iniadalah masih banyak anak murid di sekolah tersebut yang tidak dapat membaca Al-Qur’an denganbaik dan benar, maka dari kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ)diharapkan dapat membantu siswadalam belajar membaca Al-Qur’an dengan baik dan dapat mengembangkan potensi minat dan bakatsiswa, baik itu dari segi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, sesuai dengan tujuan yangdikemukakan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam di Kementerian Agama Islam. Disampingitu kegiatan ekstrakurikuler PAI ini diharapkan mampu menanamkan nilai nilai pendidikan karaktersehingga terbentnya karakter siswa yang diinginkan seperti karakter religius, disiplin, cinta damai,kejujuran, tanggung jawab, dan kepedulian yang tinggi.
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Teknologi Artificial Intelegence (AI): Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Teknologi Artificial Intelegence (AI) Pamungkas, Fatuurahman; Abdul Fattah Nasution; Muhammad Abdillah Khairi; Muhammad Rizki Maulana
Cemara Education and Science Vol. 2 No. 3 (2024): Vol II. Edisi III. Tahun 2024
Publisher : Cendekia Madani Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62145/ces.v2i3.76

Abstract

Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi tentunya akan membawa perubahan dalamkehidupan khususnya dalam dunia pendidikan yang juga akan terus berkembang. Pasal inibertujuan untuk menjelaskan peran teknologi pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan diera progresif ini. Oleh karena itu, kita berharap para teknolog pendidikan tidak lagi ragu dantertarik untuk beradaptasi dan mampu memanfaatkan teknologi dengan segala manfaatnya dalamkehidupan pendidikan. Dalam penulisan artikel ini kami menggunakan metode telaah dokumen(library research), dimana para peneliti mengumpulkan dokumen-dokumen terkait penelitian daribuku, majalah, artikel ilmiah, dan dokumen data serta pemberitaan media massa denganmendeskripsikan dan menginterpretasikan data. Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkanbahwa teknologi pendidikan diciptakan untuk. memecahkan permasalahan pembelajaran dengancara memfasilitasi dan memberikan alternatif dan inovasi baru dalam dunia pendidikan. Dengandemikian, teknologi pendidikan dapat memfasilitasi tercapainya atas tujuan pendidikan.
Peran Rohani Islam (Rohis) Dalam Membentuk Perilaku Keberagamaan Pada Peserta Didik Di Sma Negeri 1 Medang Deras Kharissa Nazilah Rahma; Nurul Ila
Cemara Education and Science Vol. 2 No. 3 (2024): Vol II. Edisi III. Tahun 2024
Publisher : Cendekia Madani Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62145/ces.v2i3.78

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya perilaku keberagamaanpeserta didik yang kurang terpuji saat di sekolah hingga selain di area sekolah. karakterkurang terpuji tersebut tidak hanya di lakukan peserta didik kepada teman sebayanya saja,mereka juga kerap kali bertingkah buruk kepada guru, melafalkan kalimat tidak patut sertatidak mengucapkan salam saat masuk kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipelaksanaan kegiatan ROHIS pada mewujudkan karakter keberagamaan peserta didik diSMA Negeri 1 Medang Deras, untuk mengetahui perilaku keberagamaan siswa dari peranROHIS di SMA Negeri 1 Medang Deras, serta guna memahami anasir penunjang sertapenghalang dari peran kegiatan ROHIS dalam membentuk perilaku keberagamaan pesertadidik di SMA Negeri 1 Medang Deras.Berdasarkan determinasi dalam riset ini, adalah riset kualitatif yaitu denganmelakukan pengamatan, interview dan studi kepustakaan. Analisa data dalam riset iniberupa: reduksi data, display data, kesimpulan dan vertifikasi. Faktor pendukungnya yaitupeserta didik, pementor, dan dukungan dari orangtua. Faktor penghambatnya yaitukurangnya dana, waktu dan partisipasi peserta didik.
Adaptasi Dan Strategi Masyarakat Nelayan Dalam Pengelolahan Sumber Daya Pesisir (Di Desa Suka Maju Kec. Tanjung Tiram) Nurhalimah, Nurhalimah; Nuriza Dora
Cemara Education and Science Vol. 2 No. 3 (2024): Vol II. Edisi III. Tahun 2024
Publisher : Cendekia Madani Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji dan menganalisis tentang Adaptasi dan strategi masyrakat nelayan dalam mengelolahsumber daya pesisir di desa suka maju kecamatan tanjung tiram. Yaitu dimana pengelolahan ikan yang menjadiikan asin,kemudian pengelolahan daun nipa yang menjadi atap rumah dan yang terakhir pengelolhan buah nipayang sama dengan kolang kaling. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji dan menganalisis Adaptasi dan stategimasyarakat kehususnya para nelayan yang ada didesa Suka Rame Kecematan Tanjung Tiram dalam mengelolahsumber daya pesisir pantai yang. Dalam penelitian ini, penelitian menggunakan metode kualitatif dengan metodeetnografi, karena etnografi mengkaji tentangtradisi kebudayaan, dimana dari dilakukan adaptasi mereka dapatmenumbuhkan strategi baru dalam mengelolah hasil perairan mereka yang dimana mereka membuat ikan asinyang tidak hanya dapat di konsumsi pada saat konsisi cuaca yang bagus dan cerah saja tapi dikondisi yang musimhujan pun masih bisa mengkonsumsi ikan. Sesuai dengan tujuan penelitian ini tentang adaptasi dan strategimasyarakat nelayan dalam pengelolaan sumber daya pesisir didesa suka maju kecamatan tanjung tiram. Penelitianini mengunakan Metode kualitatif yang dimana berupa surveiyaitu pengamatan secara langsung terhadap objekdi lapangan dan mengumpulkan data melalui wawancara langsung dengan responden yang berpedoman padakuisioner yang telah disediakan. Tujuan penelitian ini untuk melihat cara masyarakat didesa suka majukecamatan tanjung tiram dalam beradaptasi dilingkungan perairan dengan memanfaatkan sumber daya perairandi desa tersebut.
Efektivitas Pembelajaran Daring Dengan Pembelajaran Tatap Muka Muhajid, Tamimi; Zoe Zarka Syafiq; Malik Ubaidillah; Abdul Fattah Nasution
Cemara Education and Science Vol. 2 No. 3 (2024): Vol II. Edisi III. Tahun 2024
Publisher : Cendekia Madani Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran adalah suatu proses yang melibatkan serangkaian tindakan guru dansiswa berdasarkan interaksi yang terjadi dalam situasi pendidikan menuju suatu tujuan.Interaksi atau interaksi antara guru dan siswa merupakan syarat utama dalam mengajar.Interaksi dalam proses belajar mengajar mempunyai arti yang luas. Metode penelitian yangdigunakan penulis adalah metode penelitian kualitatif dengan metode studi kepustakaan,atau studi kepustakaan, dengan menggunakan data dan penelitian terdahulu. Tujuanpenulisan ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran tatap muka danpembelajaran daring. Kelebihan yang mampu di peroleh akan adanya pola pembelajransecara daring ialah penggunaan teknologi dan juga membiasakan dengan terusmengembangkan pola kehidupan yang terus menerus berkembang. Kompetensi yang harusdimiliki oleh guru menjadi tuntutan akan keberlangsungan pemberian pembelajaran dilembaga pendidikan.
Optimalisasi Mutu Pendidikan Melalui Kinerja Guru Alfi Hafifah Habibah; Abdul Fattah Nasution; Salsabila Yasmin
Cemara Education and Science Vol. 2 No. 3 (2024): Vol II. Edisi III. Tahun 2024
Publisher : Cendekia Madani Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62145/ces.v2i3.81

Abstract

Perubahan zaman yang terus dinamis menuntut perbaikan kualitas institusi sekolahharus dilakukan. Optimalisasi mutu pendidikan merupakan tantangan utama dalammeningkatkan standar pembelajaran di berbagai tingkat pendidikan. Mutu pendidikanmenjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan efektivitas sistem pendidikan. Sedangkankinerja guru memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk mutu pendidikan.Kunci keberhasilan ini terletak pada kinerja guru sebagai agen utama dalam prosespendidikan. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dan menganalisisupaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru guna mencapaioptimalisasi mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi pustakadengan mengumpulkan sejumlah buku-buku serta artikel yang berkenaan dengan masalahdan tujuan penelitian.
Strategi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Proses Belajar Mengajar Di Kelas Amelia, Amelia; Abdul Fattah Nasution; Lola Amalia Sibarani; Wardah Sahrani Sibarani; Yusuf Ali Ahmad Harahap
Cemara Education and Science Vol. 2 No. 3 (2024): Vol II. Edisi III. Tahun 2024
Publisher : Cendekia Madani Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62145/ces.v2i3.82

Abstract

Penelitian pada artikel jurnal ini bertujuan untuk mengetahui strategi penggunaan media pembelajaran interaktif dalamproses belajar mengajar dikelas. Strategi pembelajaran interaktif dirancang untuk menjadikan suasana belajar mengajarkreatif dan inovatif. Media interaktif memiliki peran yang sangat penting dalam pembelajaran karena dapat membantu gurudalam memudahkan penyampaian materi pembelajaran dan menghasilkan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.Peran guru sebagai pendidik sangat penting dalam proses belajar mengajar karena dapat memudahkan penyampaianinformasi kepada peserta didik dan menjadikan proses belajar lebih aktif dan menyenangkan.Pembelajaran interaktifmerupakan sebuah terobosan dalam dunia pendidikan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan minat belajar pesertadidik dengan menggunakan media pembelajaran interaktif diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu upaya untukmeningkatkan hasil belajar peserta didikdi sekolah.
PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI OPTIMALISASI MANAJEMEN DIKLAT Mela Safitri Situmorang; Abdul Fattah Nasution; Arimbi Syahkila Simangunsong; Khoirun Nisa
Cemara Education and Science Vol. 2 No. 3 (2024): Vol II. Edisi III. Tahun 2024
Publisher : Cendekia Madani Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62145/ces.v2i3.83

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan sumber daya manusia melalui optimalisasi manajemen diklat. Penelitian ini merupakan jenis riset kepustakaan atau studi pustaka, yang melibatkan pengumpulan, membaca, mencatat, dan mengolah data dari berbagai sumber literatur seperti buku, majalah, dan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui manajemen pelatihan adalah proses yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kompetensi karyawan dalam sebuah organisasi. Proses ini penting untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan kualitas kerja. Manajemen pelatihan yang efektif tidak hanya meningkatkan kompetensi karyawan tetapi juga dapat meningkatkan kepuasan kerja dan loyalitas karyawan, yang pada akhirnya berkontribusi pada keberhasilan organisasi secara keseluruhan.
TANTANGAN GURU BIMBINGAN KONSELING PADA KURIKULUM MERDEKA Dinda Salsa Sabillah; Chairunisa; Fiky Maulana
Cemara Education and Science Vol. 2 No. 3 (2024): Vol II. Edisi III. Tahun 2024
Publisher : Cendekia Madani Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62145/ces.v2i3.84

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh guru bimbingan konseling (BK) dalam implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia. Pendahuluan penelitian ini menyoroti pentingnya peran guru BK dalam mendukung perkembangan peserta didik melalui berbagai fungsi, seperti pengelolaan program, bimbingan, penilaian, konseling, konsultasi, dan koordinasi. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai literatur yang relevan, termasuk jurnal akademik, buku, dan sumber-sumber terpercaya lainnya. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tantangan utama yang dihadapi oleh guru BK meliputi keterbatasan sumber daya, beban kerja tinggi, kurangnya pelatihan khusus, serta kesulitan dalam membangun kerjasama dengan guru mata pelajaran dan orang tua. Selain itu, adaptasi terhadap teknologi dan keberagaman karakteristik siswa juga menjadi kendala signifikan. Untuk mengatasi tantangan-tantangan ini, penelitian merekomendasikan peningkatan sumber daya dan infrastruktur, pelatihan berkelanjutan, penguatan komunikasi dan kerjasama lintas sektor, pendekatan individual yang fleksibel, dan pemanfaatan teknologi. Implementasi strategi-strategi ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas peran guru BK dalam Kurikulum Merdeka, membantu siswa mengatasi berbagai masalah, dan mencapai potensi maksimal mereka.

Page 1 of 2 | Total Record : 15