cover
Contact Name
Muh. Arafah
Contact Email
jurnalibfperbankan@gmail.com
Phone
+6285255658626
Journal Mail Official
islamicbanking@iain-bone.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Bone Polewali Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone Provinsi Sulawesi Selatan 92721
Location
Kab. bone,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Islamic Banking and Finance
ISSN : 28284402     EISSN : 29639034     DOI : https://doi.org/10.30863/ibf
Core Subject : Economy,
Journal IBF (Islamic Banking and Finance) is a scientific journal managed by Islamic banking, the Bone State Islamic Institute of Religion. This journal focuses on major studies in Islamic Finance, Islamic Banking, finance, Islamic Financial Technology, Islamic Accounting and relevant fields of science.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2023)" : 5 Documents clear
KECERDASAN KEUANGAN PENGUSAHA MUSLIM BUGIS DALAM PRAKTIK PENGELOLAAN USAHA PEDULI MASLAHAH Nur Anizah; Sitti Nikmah Marzuki
Islamic Banking and Finance Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/ibf.v3i1.5214

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan keuangan pengusaha Muslim Bugis pada UMKM binaan Dinas Perindustrian Kabupaten Bone.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dari aspek metodologinya dan pendekatan keilmuan dibidang ilmu ekonomi islam. Dalam mengumpulkan data digunakan metode wawancara, data yang digunakan yaitu sembilan pengusaha Muslim Bugis pada UMKM binaan Dinas Perindustrian yaitu masing-masing tiga dari Kecamatan Tanete Riattang, Tanete Riattang Barat dan Tanete Riattang Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengusaha Muslim Bugis pada UMKM binaan Dinas Perindustrian Kabupaten Bone memiliki tingkat kecerdasan keuangan pada tingkat middle class (kelas menengah). Hal ini dilihat dari cashflow pengusaha Muslim Bugis, dari pendapatannya disisihkan untuk pembelian investasi berupa aset, sisanya dikeluarkan untuk beban usaha, dan  biaya konsumsi lainnya. Sedangkan dalam praktik pengelolaan usaha peduli maslahah, dilihat dari aspek manfaat fisiknya, pengusaha Muslim Bugis lebih mengedapankan fungsi produk dari pada profit, dan menjamin kualitas produk. Sedangkan dari aspek non-fisik, pengusaha Muslim Bugis sangat memperhatikan kehalalan produknya, pendapatannya juga disisihkan untuk ZISWAF dan kegiatan sosial lainnya,  selain itu dapat memberikan lapangan pekerjaan kepada orang lain, sehingga pengusaha Muslim Bugis dalam praktik pengelolaan usahanya  sesuai dengan maslahah, yang dapat memelihara agama, diri, akal, keturunan dan harta.
KONTRIBUSI USAHA GETAH PINUS DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MUSLIM (Studi Pada Desa Rappa Kec. Tonra Kab. Bone) Nur Fatma Inna; Jumarni Jumarni
Islamic Banking and Finance Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/ibf.v3i1.5215

Abstract

Penelitian  Jurnal iniberjudul “Kontribusi Usaha Getah Pinus Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Muslim (Studi Pada Desa Rappa Kec. Tonra Kab. Bone). Kajian dalam penelitian ini adalah seberapa besar kontribusi usaha getah pinus dalam meningkatkan perekonomian Masyarakat Muslim di Desa Rappa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adalah seberapa besar kontribusi usaha getah pinus dalam meningkatkan perekonomian Masyarakat Muslim di Desa Rappa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah Data Primer yakni data yang diperoleh secara langsung dari subjek yang diteliti yakni pekerja usaha getah pinus. Data Sekunder yakni data yang berfungsi sebagai pelengkap data primer. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data digunakan untuk menganalisis data, penulis menggunakan metode analisis deskriptif, yaitu gambaran secara sistematis, factual dan akurat mengenai fenomena pelaksanaan pengelolaan usaha getah pinus oleh masyarakat muslim di Desa Rappa Kec. Tonra Kab. Bone. (2) faktor pendorong  dan penghambat dalam mengelola usaha getah pinus yaitu: modal, musim, tempak pengeloaan, jarak lokasi, tingkat kebutuhan masyarakat, umur sedapan, keulekan kerja dan manajemen waktu. Implikasinya bagi penulis yaitu menambah wawasan penulis dalam hal kontribusi usaha getah pinus dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat. Dan setiap kepala keluarga memiliki kewajiban untuk memenuhui kebutuhan keluarganya dan harus sesuai dengan ajaran islam yaitu untuk kesejahtaraan atau kemaslahatan masyarakat.Menambah wawasan penulis terkai faktor- faktor yang mendorong sekaligus dapat juga menjadi penghambat dalam pengelolaan usaha getah pinus.
IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING MIX 7P PADA PRODUK iB HIJRAH HAJI (STUDI BANK MUAMALAT KCP BONE) Novita Sari
Islamic Banking and Finance Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/ibf.v3i1.5211

Abstract

To continue to exist and be able to compete with conventional banks, marketing strategies from Islamic banks are needed that can be welcomed and enthusiastically received by the public. In marketing science, known as the0concept0of0the0marketing0mix0for market penetration steps, marketing products to the market requires several strategies which include several 7 elements consisting of:0product,0price,0place and0promotion,0people,0physical0evidence0and0process. Bank Muamalat, as the first sharia bank in Indonesia that was able to survive during the monetary crisis, is one of the Recipient Banks for Hajj Pilgrimage Deposits (BPS-BPIH) registered at the SISKOHAT Ministry of Religion of the Republic of Indonesia. This study0aim0to0determine0how implementation the marketing mix 7P strategy of iB Hijrah Hajj in Muamalat Bank Sub Branch of Bone. This0type0of0research0is field0research using qualitative0research0methods0and0escriptive approach. that is collected0through observation, interview and0documentation techniques which are then processed and analyzed with the methods0of data reduction, data presentation0and drawing conclusions. The Marketing Mix 7P strategy at Muamalat KCP Bone bank has been implemented properly, starting from Product: more practical, comfortable, lightweight, seems popular and easy to remember with the word "Haji" in the product name. Price: initial deposit cheap pilgrimage departure fees can start from Rp. 10,000. Place: strategic promotional locations such as mosques, campuses, residents' houses, Promotion: approach religious figures, take advantage of the customer's family network. People: marketing staff employees are equipped with education and training so that form qualified and skilled human resources. Physical Evidence: view of the office layout that is clean and comfortable because it is equipped with a purple sofa as Bank Muamalat's distinctive color. Process: procedures, services and mechanisms starting from the opening of the iB Hijrah Hajj savings account until it is finished, which is carried out carefully and transparently
CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (LKS) Zulkifli Zulkifli; Febriani Febriani
Islamic Banking and Finance Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/ibf.v3i1.5212

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Bentuk PelaksanaanCorporate Social Responsibility (CSR) Di lembaga keuangan syariah (LKS)Metodepenelitian menggunakan studi literatur, yaitu pengumpulan data pustaka, denganmelakukan penelusuran terhadap penelitian yang pernah dibuat sebelumnya maupundari publikasi lembaga terkait. Ruang lingkup atau objek penelitian ini yaitucorporate social responsibility (CSR) di lembaga keuangan syariah (LKS).Hasil Penelitian yaitu Bentuk Pelaksanaan Corporate Social Responsibility(CSR) Di lembaga keuangan syariah (LKS) yaitu 1) Kepatuhan Syariah 2). Keadilandan kesetaraan Kegiatan operasional. 3). Bertanggung jawab dalam bekerja 4).Jaminan kesejahteraan 5). Jaminan kelestarian alam 6). Setiap tindakan Bantuankebajikan atau social.
DIVERSIFIKASI PRODUK MURABAHAH DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA KSPPS GUMARANG AKBAR SYARIAH MATARAM Fenti Fifi Yanti; Agus Mahmud; Nurul Susianti
Islamic Banking and Finance Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/ibf.v3i1.5213

Abstract

This study aims to see the diversification carried out by KSPSS Gumarang Akbar Syariah Mataram in increasing customers or prospective members and increasing competitive advantage. Diversification in the form of product diversification aimed at meeting market needs and maintaining excellence in the midst of intense competition. Based on the results of the study, it shows that the diversification of Murabahah Products is in the form of Murabahah Bil Wakalah Products. The difference in terms of the margin obtained from Murabahah Bil Wakalah products is 1.3%, while for Murabahah financing it is 1.5%. Judging from the data on the significant increase in the number of customers from the use of Murabahah contracts as many as 84, 102 and 120 customers in 2019-2021, accompanied by innovations carried out, the number of customers using innovative products was 112,117,143 customers/members in 2019-2021. This is a promising opportunity to increase the advantages of KSPPS Gumarang Akbar Syariah Mataram.

Page 1 of 1 | Total Record : 5