cover
Contact Name
Ludovikus Bomans Wadu
Contact Email
actualinsight21@gmail.com
Phone
+6281233597270
Journal Mail Official
journallentera@gmail.com
Editorial Address
Jalan Abdurahman Saleeh Blok GJ2 Kedungkandang Kota Malang Jawa Timur, Malang, Provinsi Jawa Timur, 65148
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran
Published by Actual Insight
ISSN : 27765164     EISSN : 27755916     DOI : https://doi.org/10.56393/lentera.v3i2.1738
Core Subject : Education,
Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran menerbitkan beragam riset dari para ilmuwan, dosen, peneliti, guru, mahasiswa, dan para praktisi pendidikan. Naskah yang diterbitkan mencakup isu aktual dan problem terbaru tentang proses pembelajaran, desain pembelajaran, manajemen kelas, pendidikan tindakan kelas, kurikulum pendidikan, teknologi pendidikan, manajemen pendidikan, teknologi pendidikan, kajian kebijakan pendidikan, pendidikan sekolah dasar, pendidikan ekologis, dan pedagogi kritis. Jurnal ini mengajak para peneliti menggunakan ragam pendekatan, terutama dengan melakukan pendekatan multidisiplin, baik empiris maupun rasional teoritis dan dalam bentuk integrasi antara teori dan praktek dengan analisis data. Naskah yang dikirim menggunakan metodologi yang paling sesuai dengan pertanyaan penelitian, baik itu penelitian kelas, analitik big data, eksperimen pengajaran, survei lapangan, wawancara, dan dokumentasi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2023): Juni" : 5 Documents clear
Manajemen Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka - Program Magang Atau Praktik Kerja Dian Ayu Lestari; Atikah Dwi Lestari
Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2023): Juni
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lentera.v2i4.1293

Abstract

Merdeka belajar merupakan salah satu program dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka untuk meningkatkan Kompetensi mahasiswa untuk menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menempuh pembelajaran diluar perguruan tinggi. Yang salah satu programnya adalah magang atau Praktik Kerja yang memberikan pengalaman pembelajaran langsung ditempat kerja (experiantial learning) kepada mahasiswa. Tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk mengnalisa menajemen pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) program magang atau praktik kerja. Penulis menggunakan metodologi penelitian kualitatif dan data yang digunakan berasal dari studi literatur yang relevan seperti buku, jurnal, skripsi serta website yang dapat dipertanggung jawabkan kebenaran datanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) program magang atau praktik kerja terdiri dari tujuan, proses program magang, bobot sks dan penilaian. Capaian pembelajaran (learning outcomes) dari program magang kampus merdeka adalah meningkatkan soft skill, hard skill dan memperluas koneksi dalam dunia kerja.
Analisis Enkulturasi Nilai Budaya Sunda di Sekolah Dasar Negeri Wangiwisata Kecamatan Majalaya Leni Yulia; Setyaningsih Rachmania
Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2023): Juni
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lentera.v4i2.1554

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai budaya Sunda pada generasi muda khususnya siswa sekolah dasar di Sekolah Dasar Negeri Wangiwisata Kecamatan Majalaya. Sebagian besar tidak memahami dan tidak mengamalkan nilai budaya Sunda dalam kehidupan sehari-sehari baik itu di lingkungan masyarakat, sekolah, dan keluarga. Sedikitnya pemahaman tentang nilai budaya Sunda mendorong siswa yang sejatinya berjati diri berbudaya Sunda perlahan menjadi pribadi yang tidak mencintai budaya. Beberapa faktor seperti pesatnya modernisasi, kemajuan dan kecanggihan ilmu pengetahuan, pola asuh orang tua yang lebih memilih modern dan efisien menjadi penyebab menurunnya nilai budaya Sunda. Metode yang digunakan adalah metode kualitif yang dimana data yang dikumpulkan merupakan data kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Temuan penelitian, yaitu pola asuh sebagai program khusus yang diadakan di sekolah, dilaksanakan secara berkala memberikan signifikasi terhadap eksistensi nilai budaya Sunda di Sekolah Dasar Negeri Wangiwisata. Nilai budaya Sunda menjadi kesadaran dari semua pihak khususnya keluarga, sekolah, dan masyarakat menjadi pendorong serta garda terdepan dalam menjaga kelestarian nilai budaya Sunda.
Efektivitas Penggunaan Teknologi Informasi Berbasis Internet Terhadap Penyelesaian Pekerjaan Rumah Adriantoni Adriantoni; Wulandari Wulandari; Zulfahman Siregar
Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2023): Juni
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lentera.v3i1.1564

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan teknologi informasi berbasis internet terhadap penyelesaian pekerjaan rumah pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Padang Pariaman. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Padang Pariaman Tahun Ajaran 2018/2019. Populasinya adalah 496 peserta didik dan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Stratified Proposional Random Sampling. Pengumpulan data yang diambil melalui angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui banyaknya peserta didik yang menggunakan teknologi informasi berbasis internet yaitu 134 peserta didik, banyaknya peserta didik yang menggunakan teknologi informasi berbasis internet terhadap penyelesaian pekerjaan rumah yang diberikan guru pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Padang Pariaman adalah sebanyak 89 peserta didik dengan efektivitasnya sebesar 65,78% dikategorikan efektif.
Kajian Media Sosial Sebagai Wadah Literasi Digital Dalam Aktivitas Baca-Tulis Ekspresif Syifa Rosyada Pitriani; Nada Dhiya Ulhaq
Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2023): Juni
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lentera.v3i1.1653

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengguna media sosial yang memiliki permasalahan banyak mengekspresikan pengalaman emosionalnya dengan berbagai cara, di antaranya memanfaatkan teknologi informasi (ICT) seperti platform media sosial. Hal ini terjadi karena mereka sudah mampu menyentuh teknologi pada masa kini dan melakukan aktivitas baca-tulis bukan hanya pada media cetak saja. Mereka lebih memilih meluapkan pengalaman emosionalnya di media sosial yang kadang kala tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi di kemudian hari. Untuk merespons hal tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan mengkaji media sosial sebagai wadah literasi digital dalam kagiatan baca-tulis ekspresif. Metode yang digunakan deksripsi kualitatif. Ditemukan hasil bahwa media sosial kini dapat menjadi wadah literasi digital yang memadai dalam aktivitas baca-tulis ekspresif. Dengan adanya aktivitas baca-tulis ekspresif, para penggiatnya merasakan dampak berupa berkurangnya tingkat kecemasan/ stres, merasa lebih tenang, tidak merasa sendiri, perasaan terwakilkan, hingga ada yang berhasil menemukan titik terang dari hasil menulis. Begitu pun dengan aktivitas membaca tulisan-tulisan ekspresif yang sama halnya membantu pembaca dalam mengatasi berbagai emosi dan perasaan yang ada.
Analysis of Students’ Ability to Rearrange Jumbled Sentences into an Effective Procedure Text Feby Feby
Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2023): Juni
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lentera.v3i1.1654

Abstract

An explanation of how something is accomplished through a series of steps or actions is given in a procedure text. It has features of language, general structure, and text arrangement. The goal of this study was to find out whether or not students could successfully rearrange a collection of sentences into a process text. Descriptive research methodology was used. Students of vocational high school Kartika 1-2 Padang's second year made up the study's population. Forty students made up the samples. Utilizing proportional stratified random sampling, the sample was taken. The researcher used a writing test instrument called a scrambled sentence test to get the data for this study. According to the results, it can be said that the second-year students at vocational high school Kartika 1-2 Padang had a fair amount of aptitude for organizing sentences into an effective procedural text. Therefore, the teacher should go over the process text materials and encourage the pupils to learn more about procedure text.

Page 1 of 1 | Total Record : 5