cover
Contact Name
Humiras Betty Marlina Sihombing
Contact Email
lppmdarmaagung@gmail.com
Phone
+6282217442010
Journal Mail Official
lembagappmuda@gmail.com
Editorial Address
Jl. DR. TD Pardede No.21, Petisah Hulu, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20153
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL GLOBAL MANAJEMEN
ISSN : 20888325     EISSN : 27156001     DOI : 10.46930
Core Subject : Economy, Humanities,
ISSN Print : 2088-8325 Online ISSN 2715-6001 Journal of Management Study Program, Faculty of Economics, Darma Agung University.Contains scientific studies in the field of Human Resource Management, Marketing Management, Financial Management, General Management, International Economics, Management In formation Systems, Organizational Behavior and Business Ethics
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 1 (2022): JUNI" : 14 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN AIR BERSIH PADA PDAM TIRTA AGARA KUTACANE Lamminar Hutabarat; Yohana Yohana; Marselinus Kennedy Sihombing
JURNAL GLOBAL MANAJEMEN Vol 11 No 1 (2022): JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitass Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46930/global.v11i1.1572

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada pelanggan PDAM Tirta Agara di Desa Tanah Baru, Kecamatan Lawe Sigala-gala, Kabupaten Aceh Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Air Bersih Pada PDAM Tirta Agara Kutacane. Penelitian ini menggunakan 100 responden sebagai sampel penelitian dan teknik penentuan sampel menggunakan metode Sampel Jenuh. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif yaitu meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, pengujian hipotesis melalui uji-t dan uji koefisien determinasi (R2). Data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 11,052 + 0,545 X. Hasil uji parsial t menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh ditunjukkan nilai thitung (6.438) > ttabel (1,984) dan nilai signifikan (0,000 < 0,05). Dari uji determinasi R2 diketahui bahwa besarnya presentase pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap keputusan penggunaan sebesar 29,7% yang berarti tingkat kolerasi antara variabel kualitas pelayanan terhadap keputusan penggunaaan adalah rendah. Sedangkan sisanya 70,3% diterangkan oleh variabel yang lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN PADA EXECUTIVE CENTER POINT MEDAN Fauji Rahayu; Lebron Hasugian
JURNAL GLOBAL MANAJEMEN Vol 11 No 1 (2022): JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitass Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46930/global.v11i1.1565

Abstract

Faktor Budaya, Faktor Sosial dan Faktor Pribadi merupakan faktor yang terpenting yang mempengaruhi keputusan pembelian, semakin banyaknya kebutuhan fashion yang beraneka ragam maka semakin meningkatnya permintaan konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa sajakah faktor-faktor yang mendorong konsumen memutuskan untuk melakukan pembelian produk pakaian The Executive. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk menganalisis pengaruh dari faktor Kebudayaan, faktor Sosial, dan faktor Pribadi dalam keputusan pembelian produk pakaian The Center point Medan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dari sumber data primer. Penelitian ini menggunakan model analisis regresi linier berganda dengan menggunakan softwer SPSS (Statistics product and service sulutions) versi 20.0. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 96 konsumen. Hasil penelitian menunjukkan persamaa regresi linier berganda dimana Y = 0,244 + 0,458X1 + 0,004X2+ 0,024 X3. Dari persamaan tersebut dapat di interpretasikan bahwa variabel faktor budaya, faktor sosial dan faktor pribadi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Dan berdasarkan koefisien determinasi keputusan pembelian konsumen dapat dijelaskan dari hasil regresi sebesar 62,6% sedangkan sisanya yaitu 37,4% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti. Hal ini akan lebih baik lagi jika penentuan faktor budaya, faktor sosial dan faktor pribadi lebih sesuaikan dengan kebutuhan konsumen tersebut sehingga akan memajukan produk The Executive dan mampu bersaing dengan kompetitor lainnya dan agar konsumen lebih cenderung memilih produk The Executive.
PENGARUH DISIPLN DAN PELATIHAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA III MEDAN Sabar L.T. Simatupang; Putri Andayanti Ndruru; Media Zebua
JURNAL GLOBAL MANAJEMEN Vol 11 No 1 (2022): JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitass Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46930/global.v11i1.1557

Abstract

Sampel penelitian 135 responden karyawan PT. Perkebunan Nusantara III Medan. Jenis Penelitian Explanatory Research. Hasil regresi linier berganda Y = 3,326 + 0,357X1 + 0,695X2, menunjukkan variabel disiplin berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan dengan nilai t-hitung 3,105 > t tabel 1.656. variabel pelatihan menunjukkan nilai t-hitung 3,105 > 1,656 hal ini hal ini menunjukkan bahwa pelatihan berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan. Hasil F hitung sebesar 237,052 > nilai F-tabel 2,67, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel disiplin dan pelatihan secara simultan berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan. Sedangkan nilai koefisien determinasi diketahui Adjusted R Square yang diperoleh adalah sebesar 0,924 (92,4%), artinya disiplin dan pelatihan mampu menjelaskan produktivitas kerja karyawan yang menggambarkan pengaruh oleh variabel lain untuk produktivitas kerja karyawan pada PT.Perkebunan Nusantara III Medan. Saran yang yang diberikan, agar pada PT. Perkebunan Nusantara III Medan untuk lebih kedisiplinan dan pelatihan karyawan agar tercapainya tingkat produktivitas kerja yang maksimal.
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, JENJANG KARIER DAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN PADA PT. ISUINDOMAS PUTRA MEDAN Manotar Silaban; Fiktor Menus Waruwu; Veramika Br Sembiring
JURNAL GLOBAL MANAJEMEN Vol 11 No 1 (2022): JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitass Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46930/global.v11i1.1601

Abstract

Perusahaan perlu meningkatkan semangat kerja karyawan dengan cara seperti menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, jenjang karier yang jelas atau pasti bagi karyawan dan pemberian reward atas kinerja yang telah dicapai bagi karyawan. Lingkungan kerja ialah segenap objek yang ada di antara pekerja yang dapat mengetahui dirinya dalam melakukan tugas-tugas yang ditempatkan misalnya kebersihan, musik dan lain-lain. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui atau menganalisis pengaruh lingkungan kerja, jenjang karier dan pemberian reward terhadap semangat kerja karyawan. Penelitian yang dipakai yakni penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel lingkungan kerja, jenjang karier dan pemberian reward berpengaruh positif dan siginifikan baik secara parsial maupun secara serempak terhadap semangat kerja karyawan pada PT. Isuindomas Putra Medan. Nilai Adjusted R Square sebesar 55,9% menunjukkan bahwa 55,9% kemampuan variabel lingkungan kerja (X1), jenjang karier (X2) dan pemberian reward (X3) berpengaruh terhadap semangat kerja (Y) karyawan pada PT. Isuindomas Putra Medan sedangkan sisanya 44,1% merupakan pengaruh variabel bebas lain yang tidak dijelaskan atau tidak diteliti oleh peneliti dalam penelitian ini seperti motivasi, gaya kepemimpinan
PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE SEDAAP (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DARMA AGUNG MEDAN ) Kartini Sihombing; Sharman Ndruru
JURNAL GLOBAL MANAJEMEN Vol 11 No 1 (2022): JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitass Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46930/global.v11i1.1573

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Sedaap Pada Mahasiswa Universitas Darma Agung Medan. Penelitian ini menggunakan data Primer. Dalam penelitian ini data Primer diperoleh dengan cara memberikan kuesioner dengan mengajukan sejumlah pertanyaan mengenai kualitas produk dari Mie Sedaap. Dan menggunakan Data Sekunder yang diperoleh melalui dokumen yang dipelajari melalui buku, jurnal, majalah, dan internet untuk mendukung penelitian, dengan menggunakan sampel sebanyak 86. Variabel Independen dalam penelitian ini terdiri dari kualitas produk. Variabel dependen dalam penelitian ini terdiri dari kualitas produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil dari uji analisis regresi linear sederhana pada penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Produk berpengaruh positif terhadap Keputusan pembelian dapat dilihat dari hasil analisis regresi sederhana yaitu : Y =12,386 + 0,653X yang dimana nilai konstanta sebesar 12,386 nilai koefisien regresi Kualitas Produk mempunyai pengaruh yang positif yang berarti jika Kualitas Produk meningkat sebesar satu satuan maka Keputusan Pembelian akan meningkat sebesar 0,653 satuan. Penelitian ini menggunakan SPSS, Uji secara parsial nilai signifikan 0,00 < 0,05 dan nilai t hitung 11,679 > t tabel 1,98 maka hipotesis diterima dan ada pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Koefisien Determinasi R Square sebesar 0,619 berarti 61,9% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kualitas produk. Sedangkan 38,1% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PENGARUH CITRA INSTITUSI TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH AKADEMI PARIWISATA DAN PERHOTELANDARMA AGUNG MEDAN Agnes Asrina Laso; Runggu Besmandala Napitupulu; Lusiana Marbun
JURNAL GLOBAL MANAJEMEN Vol 11 No 1 (2022): JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitass Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46930/global.v11i1.1564

Abstract

Citra Institusi merupakan sejumlah kepercayaan, dan kesan yang terbentuk dibenak masyarakat tentang perusahaan/institusi, dimana citra institusi yang baik akan memberikan dampak yang baik bagi kemajuan perusahaan/institusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Citra Institusi Terhadap Keputusan Memilih Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung Medan. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 108 orang yang terdiri dari Mahasiswa/mahasisiswi angkatan 2018-2020 Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara menyebarkan link kuesioner secara online. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan program SPSS 22. Bentuk persamaan dari analisis ini adalah Y= a+bX+e, setelah data dianalisis dengan bantuan SPSS, persamaan regresi yang yang diperoleh yaitu Y= 15,357 + 0,322 X, dengan nilai koefisien determinasi (R2)adalah 0,793 yang artinya bahwa kontribusi yang diberikan Citra Intitusi terhadap Keputusan Memilih Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung Medan adalah sebesar 79,3%. Berdasarkan hasil uji statistik (Uji t) diperoleh nilai t hitung > t tabel (3,275 > 1,659) dengan tingkat signifikasi 0,001 < 0.05 yang artinya dapat disimpulkan bahwa Citra Institusi berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Memilih Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung Medan. Bagi pihak Akademi Pariwisata dan Perhotelan Medan disarankan agar tetap mempertahankan citra institusinya saat ini dan terus melakukan inovasi dan peningkatan untuk tetap menghasilkan citra yang baik dalam masyarakat.
PENGARUH PROMOSI DAN POTONGAN HARGA TIKET PESAWAT TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PT. MANUMADI TOUR AND TRAVEL BALI Pandapotan Na Uli Sun Siregar; Eva Omega Sihombing; Melisa Pasaribu
JURNAL GLOBAL MANAJEMEN Vol 11 No 1 (2022): JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitass Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46930/global.v11i1.1558

Abstract

Sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling diperoleh 80 konsumen yang melakukan perjalanan pada tahun 2021 untuk dijadikan sampel. Hasil (uji t) dimana variabel promosi (0,62) lebih besar dibandingkan dengan dari alpha 5% (0,05) atau thitung = 1,895 (n - k = 80 - 2 = 78) < ttable 1,990. Untuk potongan harga (0,00) lebih kecil dibandingkan dari pada alpha 5 % (0,05) atau thitung = 11,321 (n - k = 80 - 3 = 77) > ttable 1,991. Hasil (uji F) dimana nilai signifikansi F lebih kecil dari 5 % (0,05) atau nilai Fhitung = 98,880 > Ftable 3,12 (df1 = k - 1 = 3 - 1 = 2) sedangkan (df2 = n - k (n - k = 80 - 3 = 77). Kesimpulan dari penelitian ini Promosi (X1) dan Potongan Harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen (Y) pada PT. Manumadi Tour and Travel Bali.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA HOTEL PARDEDE INTERNASIONAL MEDAN Lely Lasro Ariska Manik; Mira Antasari Bancin
JURNAL GLOBAL MANAJEMEN Vol 11 No 1 (2022): JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitass Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46930/global.v11i1.1602

Abstract

Gaya kepemimpinan merupakan gaya pemimpin berperan dan/atau bagaimana pemimpin memotivasi anggotanya untuk meraih tujuan yang telah ditentukan. Sedangkan kinerja karyawan adalah pencapaian dan integritas yang telah diperoleh setelah mengakhiri seluruh beban dan kepercayaan yang di berikan dalam jangka waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mencari apakah gaya kepemimpinan mempunyai kontribusi atas Kinerja Karyawan di Hotel Pardede Internasional Medan. Variabel penelitian di dalam kerangka berpikir ada 2 (dua) yaitu : Variabel X (Gaya Kepemimpinan) dan Variabel Y (Kinerja Karyawan). Populasi penelitian adalah karyawan Hotel Pardede Internasional Medan. Sampel berjumlah 40 responden dan metode pengambilan data yang dipakai adalah daftar pertanyaan (Quesioner) dan wawancara. Analisis regresi linier sederhana adalah teknik analisa data yang digunakan dengan menggunakan bantuan SPSS. Bentuk persamaan dari analisis ini adalah Y= a+bX+e, setelah data dianalisis dengan bantuan SPSS, persamaan regresi yang diperoleh yaitu: Y= 38,448+0.349X berdasarkan koefisien determinasi R2 = 83,3%. Hasil hasil uji Statistik (Uji t), diperoleh nilai thitung > ttabel (2,646>2,042) dengan tingkat signifikansi (0,000 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa Gaya Kepemimpinan berkontribusi atas Kinerja Karyawan di Hotel Pardede Internasional Medan. Disarankan agar Hotel Pardede Internasional Medan lebih meningkatkan Gaya Kepemipinan yang baik agar tetap tercapainya Kinerja karyawan.
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PADA KANTOR BALAI BESAR PELAKSANAAN JALAN NASIONAL SUMATERA UTARA Jonner Lumbangaol; Wilson Pramono Hutagalung; Dorcas Togatorop
JURNAL GLOBAL MANAJEMEN Vol 11 No 1 (2022): JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitass Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46930/global.v11i1.1595

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji tentang Analisis Laporan Keuangan Pada Kantor Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data merupakan cara bagaimana dapat memperoleh data mengenai variabel-variable tertentu, yakni melalui: Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Analisis keuangan menggunakan rasio keserasian belanja Kantor Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatera Utara yaitu pada tahun 2017 sebesar 209%, pada tahun 2018 terjadi penurunan sebesar 101% dan pada tahun 2019 sebesar 70,9%, kemudian pada Tahun 2020 mengalami kenaikan menjadi 101% namun ditahun 2021 kembali menurun menjadi 37 % terlihat bahwa belanja langsung masih sangat mendominasi sehingga dapat dikatakan bahwa Kantor Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatera Utara dalam membelanjakan dana APBNnya lebih memperioritaskan belanja langsungnya dibandingkan dengan belanja tidak langsung. Analisis keuangan menggunakan rasio efesiensi pada Kantor Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatera Utara bahwa adanya ketidak signifikan terhadap rasio efisiensi namun masih tergolong rendah dan stabil. Dimana pada tahun 2017 untuk rasio efisiensi sebesar 36%, tahun 2018 sebesar 25% dan 2019 sebesar 36%, tahun 2020 sebesar 39% dan tahun 2021 sebesar 44 %. Penurunan ini meskipun masih jauh dari 100% harus mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah karena hal ini berhubungan dengan kinerja Kantor Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatera Utara dalam menjalankan tugas.
PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR LURAH GUNG LETO KABANJAHE, KARO Alexander Ginting; Dahlia Gulto
JURNAL GLOBAL MANAJEMEN Vol 11 No 1 (2022): JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitass Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46930/global.v11i1.1566

Abstract

Penelitian ini adalah untuk melihat apakah kepemimpinan mempengaruhi kinerja pegawai di Kantor Lurah Gung Leto Kabanjahe, Karo. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 36 responden dengan jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan metode regresi lurus sederhana dan sumber informasi dalam penelitian ini adalah informasi awal, dengan menggunakan metode pengumpulan informasi dalam bentuk kuesioner data berupa kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan diantaranya adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis yaitu dengan menggunakan uji parsial (uji t) dan koefisien determinaN (R²). Pada pengujian regresi linear sederhana diperoleh nilai Y = 0,376 + 2,150(X), yang artinya setiap kenaikan satu satuan pada variabel kepemimpinan maka kinerja akan mengalami kenaikan sebesar 2,150. Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa H1 diterima dan Ho ditolak, yang artinya variabel kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja, berikut hasil pengujian koefisien determinan (R²) diperoleh nilai nilai Adjusted R Square 0,538 atau 53,8%, yang artinya 53,8% variabel kepemimpinan memprediksi variasi kinerja, dan sisanya 46,2%dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan pada penelitian ini. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, maka dari itu penting untuk mempertahankan kinerja pegawai yang sudah baik yang didukung oleh kepemimpinan yang baik pula, karena pemimpinlah yang mengatur dan memerintah bawahannya, serta pimpinan lebih memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab pegawai untuk memberikan arahan yang jelas kepada pegawai agar tidak terjadi kesalah pahaman.

Page 1 of 2 | Total Record : 14