cover
Contact Name
Achmad Rozi
Contact Email
enggus.eroy@gmail.com
Phone
+6281394487174
Journal Mail Official
info@desantapublisher.com
Editorial Address
Kalodran Pasar Rt.09/01 Kel. Kalodran Walantaka
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
(Indonesian of Interdisciplinary Journal)
Published by Desanta Publisher
ISSN : 27453537     EISSN : 30253705     DOI : -
DESANTA (Indonesian Interdisciplinary of Journal) adalah Jurnal berkala Ilmiah yang diterbitkan oleh Desanta Publisher. Desanta diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu setiap bulan September dan Maret. Desanta terbit berdasarkan SK no. 0005.27453537/JI.3.1/SK.ISSN/2020.09 - 15 September 2020 (mulai edisi Vol. 1 No. 1, September 2020) dan e-ISSN = 3025-3705 berdasarkan SK Nomor : 30253705/II.7.4/SK.ISSN/09/2023 tANGGAL 14 September 2023.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 71 Documents
Kondisi dan Masalah Perekonomian Indonesia Sebuah Kajian Tatang Budiman
DESANTA (Indonesian of Interdisciplinary Journal) Vol. 1 No. 1 (2020): September 2020
Publisher : Desanta Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kondisi perekonomian Indonesia pada tahun 2006 diharapkan menjadi titik awal perbaikan ekonomi untuk mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi di atas 6 %, dimana seperti yang telah diketahui pada tahun-tahun sebelumnya hanya tercapai antara 4 – 5 %. Pemerintah dalam beberapa ulasan menyebutkan kondisi yang optimis dalam memandang perekonomian pada tahun 2006, yaitu dengan sasaran menurunkan jumlah penduduk miskin maupun pengangguran terbuka. Pandangan optimis pada ini ternyata belum cukup didukung semua pihak, dimana perekonomian Indonesia masih dianggap cukup beresiko oleh analis ekonomi. Disebutkan walau cadangan devisa Indonesia tahun 2006 & 2007 sudah termasuk tinggi, antara US$ 35 milyar s/d US$ 50 milyar, namun belum menjamin semuanya. Permasalah perekonomian tetap dianggap menjadi penghalang bagi bertumbuhnya ekonomi Indonesia, termasuk juga sebagai penghambat bagi pembangunan nasional & penanaman modal asing (FDI / Foreign Direct Investment). Artikel ini disebut sebagai kajian karena membahas & menyebutkan beberapa perspektif tentang topik terkait dalam hubungannya dengan artikel pendukung, laporan publlik maupun jurnal ilmiah yang telah tersedia untuk diakses secara umum.
Keterkaitan Spasial dan Kebebasan Memilih Dalam Konteks Pilkada Tangsel 2014 Titha Mazya Moralitha
DESANTA (Indonesian of Interdisciplinary Journal) Vol. 1 No. 1 (2020): September 2020
Publisher : Desanta Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekalipun kebebasan memilih itu dijamin dalam undang-undang negara bahkan internasional, tetapi keputusan dalam memilih itu tak terlepas dari banyak faktor yang mempengaruhinya. Keterkaitan spasial, termasuk faktor kependudukan, juga bukan satu faktor yang berdiri sendiri dalam menjadi penentu keputusan seseorang. Dalam dinamika politik-pemilu, kebebasan memilih yang terdapat dalam slogan luber, pada kenyataanya dapat dipengaruhi oleh berbagai hal. Kebebasan yang sejatinya merupakan prasyarat mutlak terwujudnya masyarakat yang demokratis bersisian dengan otoritas kelembagaan yang memberi hak kepada negara untuk menerapkan kekuasaan terhadap individu-individu dan membuat keputusan yang mengikat mereka.
Pengaruh Insentif dan Budaya Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pada Divisi Project Development Pt. Krakatau Steel (Persero) Kota Cilegon Mela Sandra
DESANTA (Indonesian of Interdisciplinary Journal) Vol. 1 No. 1 (2020): September 2020
Publisher : Desanta Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh insentif terhadap produktivitas kerja, untuk mengetahui pengaruh budaya kerja terhadap produktivitas kerja dan untuk mengetahui pengaruh insentif dan budaya kerja terhadap produktivitas kerja pada Divisi Project Development PT. Krakatau Steel (Persero) Kota Cilegon. Penelitian ini mempergunakan metode penelitian kuantitatif, metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berdasarkan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang ditetapkan. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 6000 karyawan, sampel dihitung berdasarkan rumus Slovin, berdasarkan hasil perhitungan tersebut dengan pembulatan maka sampel ditetapkan sebanyak 44 responden/karyawan pada pada Divisi Project Development PT. Krakatau Steel (Persero) Kota Cilegon. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Fhitung adalah sebesar 15,983 dengan keputusan Fhitung > Ftabel (15,983 > 3,204) dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara insentif (X1) dan budaya kerja (X2) terhadap produktivitas kerja (Y) pada tingkat signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara insentif (X1) dan budaya kerja (X2) terhadap produktivitas kerja (Y) pengelolaan rumput laut di Divisi Project Development PT. Krakatau Steel (Persero) Kota Cilegon. Hasil penelitian diperoleh terdapat pengaruh yang signifikan antara insentif (X1) terhadap produktivitas kerja (Y) di Divisi Project Development PT. Krakatau Steel (Persero) Kota Cilegon – Banten, terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya kerja (X2) terhadap produktivitas kerja (Y) di Divisi Project Development PT. Krakatau Steel (Persero) Kota Cilegon – Banten dan terdapat pengaruh antara insentif (X1) dan budaya kerja (X2) terhadap produktivitas kerja (Y) di Divisi Project Development PT. Krakatau Steel (Persero) Kota Cilegon – Banten.
Jawara Dalam Perubahan Sosial Di Masyarakat Banten Athoullah Salim
DESANTA (Indonesian of Interdisciplinary Journal) Vol. 1 No. 1 (2020): September 2020
Publisher : Desanta Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jawara merupakan bagian dari struktur sosial yang ada di masyarakat Banten yang selalu mengabdi pada masyarakat Banten, karena di bangun untuk membela akan nilai kebenaran dan keadilan, karena dalam struktur sosial yang ada di masyarakat Banten sebelum di obrak-abrik oleh penjajah adalah: (1). Ulama yang mempunyai peran menjaga kewibawaan Agama (Islam) dan menjadi rujukan bagi semua masyarakat di dalam mengisi tataran kehidupannya, (2). Umaro yang mempunyai peran untuk menjalankan pemerintahan Banten termasuk di dalamnya adalah Sulthan, para santri/golongan terdidik yang kalau di manifestasikan pada saat sekarang ini adalah masyarakat terpelajar, abdi Negara dan sebagainya, (3). Jawara masyarakat Banten yang pernah nyantri pada Ulama dan mempunyai kelebihan (supernatural/metafisika) yang akan mengayomi masyarakat lemah dan membela kepentingan agama dan keadilan masyarakat Banten. Namun, struktur sosial tersebut berubah setelah alih kepemimpinan (masa penjajahan) dari kesulthanan ke kolonial Belanda. Bangsa belanda mengubah seenaknya struktur sosial dari Ulama-Umaro-Jawara yang menjadi Jawara-Umaro-Ulama akibat politik etisnya yang di terapkan pada warga Pribumi yang mendarah daging sampai sekarang. Pada saat sekarang ini Jawara berjuang untuk negara dengan doktrin "bela diri, bela Bangsa, bela Negara", perilaku politik mereka tidak lepas dari kepentingan ekonomi. Ini terlihat dari makna bela diri yang difahami sebagai "jihad untuk mengejar kepentingan materi". Dengan demikian nilai (value) yang mereka kejar sebenamya adalah kepentingan ekonomi. Untuk kepentingan ekonomi itu, mereka berusaha mempertahankan legitimasi kepemimpinan mereka yang diperoleh dari budaya lokal. Karena sumber legitimasi kepemimpinannya berasal dari budaya lokal, maka tipe kepemimpinan mereka bisa digolongkan kepada tipe otoritas tradisional. Adanya otoritas tradisionalnya itu menjadi semakin kuat karena mereka mampu menguasai lembaga-lembaga strategis di bidang ekonomi dan politik, seperti Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Daerah, Kadin Daerah dan lain sebagainya (ekonomi) dan wakil gubernur, walikota, lurah (politik), serta beberapa organisasi kepentingan lainnya. Dengan penguasaan tersebut perilaku politik jawara akhirnya mendapat legitimasi struktural.
Influence Of Earning Per Share (Eps) And Price Earning Ratio (Per) On Stock Prices On Food And Beverages Companies Listed On The Indonesia Stock Exchange In 2015-2019 Zaenuddin Haji
DESANTA (Indonesian of Interdisciplinary Journal) Vol. 1 No. 1 (2020): September 2020
Publisher : Desanta Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The Price of Share effect by Earning Per Share (EPS) and Price Earning Ratio (PER). Earning per share is reflection of performance and business of corporation, and Price Earning Ratio (PER) is market price of share devide by earning per share. Increase of EPS and PER is very attractive for investor decision to buy and hold of the share. Food and beverage company is one of several company wich establish and exist during crisis, eventuallly of economic crisis. The formulation of study are: how the effect of EPS to price of share; how the effect of PER to price of share; and how the effect of EPS and PER to price of share simultaneously on food and beverage company whose listed on IDX for the 2015 – 2019 period. And among of 18 company only 9 company who can to be sample with purpose sample method. The research used multiple regression linear for partial and simultant influence both dependend variable to independent variable, and the result shown below; a) The result of this study partially have an effect between EPS to price of share of F&B company on 2015 – 2019 period, where t count (12,332) above t table (2,01669) ; b) Have an effect partially between PER to price of share, where t count (9,455) above t table (2,01669); c) Simultaneously there are an influence between EPS and PER to Price of Share on F&B company on IDX listed for the 2015-2019 period, wichever t count (76,102) above t table (3,21); d) Variant that occur in EPS and PER variables can affect the stock price variable by 61,5 %, while the remaining 38,5 % is influence the other variable.
The Impact Of Diorama’s Use Of Media On Learning Results Cognitive Science Matter In Ecoseries Class V Sdn Singapadu To Curug City Attack Banten In 2020/2021 Killing Buffen Umi Hanifah
DESANTA (Indonesian of Interdisciplinary Journal) Vol. 1 No. 1 (2020): September 2020
Publisher : Desanta Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine whether there is an influence from the use of DIORAMA media on the cognitive learning outcomes of ecosystem material in class V SDN Singapadu Curug Serang City Banten in 2020-2021. The type of research used by the researcher is quantitative research, experimental method with the type of pre-experimental design (non-design). The form taken is a one-goup pretest-posttest design. The instrument used in this study is a test with 20 multiple choice questions. questions and observations of students and teachers. The population of students studied in this study were 20 students with 8 male students and 12 female students. Based on the results of the study, it can be seen that the results of cognitive science learning before being treated using the DIORAMA media and tested using the pre-test the average value was 38.30. This value is included in the low category and the majority of students' pre-test learning outcomes are in the low category, namely 65% ​​or as many as 13 students. This is possible because children are less interested in the simple picture media used by the teacher. Meanwhile, after being treated using DIORAMA media and doing a post-test, it can be seen that the average score of students changed to 65.95, and this is included in the medium category. The highest score is 87.00 (very high category). And the lowest value is 47.00 (low category). The majority of students' post-test learning outcomes are in the moderate category, which is 55% or as many as 11 students. So it can be concluded that this study has the effect of using the DIORAMA media on the cognitive learning outcomes of ecosystem material for the fifth grade students of SDN Singapadu Curug Serang Banten City in 2020-2021 because it has an increase in the value of learning outcomes as much as 40%.
The Effect Of Discipline And Work Ethics On Employee Commitments In The Public Works And Spatial Planning Dinas In Serang District Shiva Rahmawati; Achmad Rozi
DESANTA (Indonesian of Interdisciplinary Journal) Vol. 1 No. 2 (2021): Maret 2021
Publisher : Desanta Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research is to know the influence of work discipline on employee commitment, the influence of work ethic on employee commitment, and the influence of discipline and work ethic together with the commitment of employees in the public works department and Serang District space. Based on the research results can be formulated for the value of GIS. The discipline of the employee's commitment is 0.00 < 0.05 and the T-Calculate value is 7.156 > 1.991 There is a discipline influence on the employee's commitment and for the value of GIS. The work ethic of the employee's commitment 0.134 > 0.05 and the value of T- calculate 1.516 < 1.991 smaller than the T-table for the influence of discipline and work ethic on employee commitment is 0.00 > 0.05 and calculate value 64.359 > 3.144 large Bee table of T-tables then there is a simultaneous influence of discipline and work ethic of employee commitment and a value of the double coefficient of determination (R2) R Square of 0.625. This can mean that the work ethic (X1) and work discipline (X2) variables affect 62.6% of the employee's commitment (Y) while the remaining 37.4% is influenced by other factors.
Hubungan Kompetensi Operator Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Dengan Kinerja Pelayanan Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cilegon Mahfudoh Mahfudoh; Hendriyani Hendriyani
DESANTA (Indonesian of Interdisciplinary Journal) Vol. 2 No. 1 (2021): September 2021
Publisher : Desanta Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubugan kompetensi operator sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) dengan kinerja pelayanan pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kota Cilegon.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian asosiatif dan komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cilegon. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah sample jenuh dengan jumlah responden sebanyak 34 responden. Kompetensi operator sistem informasi administrasi kependudukan (X) dapat dikatakan kategori “Baik” indikator tertinggi yaitu nilai (19,83%) dan indikator terendah dari variabel ini yaitu minat (9,33%). Kinerja pelayanan (Y) dapat dikatakan kategori “Baik” indikator tertinggi yaitu kemudahan dan keadilan (20,24%) dan indikator terendah dari variabel ini yaitu profesionalisme petugas (19,63%). Kompetensi operator sistem informasi administrasi kependudukan (X) terhadap kinerja pelayanan (Y) diperoleh hasil bahwa kompetensi operator sistem informasi administrasi kependudukan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pelayanan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yaitu Diketahui bahwa nilai thitung > ttabel yaitu (11,989 > 2,036) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00 (0,00 < 0,05) berdasarkan hasil tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi operator sistem informasi administrasi kependudukan (X) terhadap kinerja pelayanan (Y). Hasil dari uji koefisien dertiminasi yang dilakukan pada kompetensi operator sistem informasi administrasi kependudukan (X) terhadap kinerja pelayanan (Y) diperoleh nilai R Square sebesar 0,818. Hal ini dapat diartikan bahwa variabel kompetensi operator sistem informasi administrasi kependudukan (X) mempengaruhi sebesar 81,8% terhadap kinerja pelayanan (Y) sedangkan sisanya yaitu sebesar 19,2% dipengaruhi oleh faktor lain.
Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Setelah Right Issue Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Elis Badariah
DESANTA (Indonesian of Interdisciplinary Journal) Vol. 2 No. 1 (2021): September 2021
Publisher : Desanta Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan sebelum dan sesudah right issue. Variable yang akan dianalisis adalah kinerja keuangan yang meliputi, Current Ratio (CR), Return on Asset (ROA) dan Net Profit Margin (NPM). Sampel penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan perbankan yang melakukan right issue pada tahun 2010-2017 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data-data keuangan perusahaan yang diambil adalah satu tahun sebelum dan satu tahun sesudah pelaksanaan right issue. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan analisis uji beda berpasangan (paired sample t-test) apabila data terdistribusi normal dan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test apabila data terdistribusi tidak normal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Right Issue berpengaruh terhadap ROA dan NPM sedangkan untuk variable Current Ratio tidak terdapat pengaruh setelah dilaksanakannya Right Issue.
Analisis SWOT Untuk Meningkatkan Kinerja SDM Pada UMKM di Kota Serang Provinsi Banten Ade Jamaluddin; Ranthy Pancasakti
DESANTA (Indonesian of Interdisciplinary Journal) Vol. 2 No. 1 (2021): September 2021
Publisher : Desanta Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Evaluasi strategi dalam menghadapi pasar yang dinamis dapat mendukung suatu organisasi untuk mampu bersaing, bahkan mampu memenangkan persaingan. Namun, meskipun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki fleksibilitas dan ketahanan yang tinggi dalam perekonomian, beberapa keterbatasan seperti kemampuan finansial dan sumber daya manusia membuat UMKM harus dapat menentukan strategi yang tepat dalam mencapai keunggulan bersaing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan kinerja SDM pada UMKM di Kota Serang Provinsi Banten melalui penerapan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threatments). Kebaruan dalam penelitian ini adalah belum ditemukan penelitian sebelumnya yang membahas analisis SWOT untuk meningkatkan kinerja SDM pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Serang Provinsi Banten. Batasan dalam penelitian ini yaitu melakukan analisis SWOT untuk meningkatkan kinerja SDM pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Serang Provinsi Banten. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan data primer dan sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh dari pengamatan langsung di lapangan dan data yang diperoleh dari hasil wawancara dan pengisian kuesioner oleh responden pilihan. Temuan hasil penelitian menjelaskan bahwa dalam peningkatan kinerja SDM pada UMKM di Kota Serang Provinsi Banten telah disusun dan dilaksanakan dengan baik oleh para UMKM. Strategi peningkatan kinerja ini telah tertuang juga dalam aplikasi Sistem Informasi Monitoring Program Ketahanan Pangan UMKM (SIKEPANG). Kata Kunci Analisis SWOT; Strategi Peningkatan Kinerja; UMKM