cover
Contact Name
Aam Ali Rahman
Contact Email
jpesp@upi.edu
Phone
+6281321300687
Journal Mail Official
jpesp@upi.edu
Editorial Address
Jalan Dr Setiabudhi No 229. Kota/Kabupaten, Kota Bandung. Kode Pos, 40154. Telepon, 022-2013163. Faximile, 022-2001135
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Physical Education and Sport Pedagogy
ISSN : 27769860     EISSN : 27769852     DOI : https://doi.org/10.17509/jopes
This journal facilitates academic articles, book reports, and literature reviews. It aims to develop scientific discussion related to Physical Education and Sport Pedagogy. General discussion and essential findings are welcomed to create sustainability of worldwide learning education It covers Physical Education and Characters, Innovation in Teaching and Learning of Physical Education, Values Education in Physical Education, Physical Education Technologies, Education and Curriculum in Physical Education and Health Education. Aims and Scopes It covers Physical Education and Characters, Innovation in Teaching and Learning of Physical Education, Values Education in Physical Education, Physical Education Technologies, Education and Curriculum in Physical Education and Health Education.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2023)" : 6 Documents clear
Pengaruh Modifikasi Media Latihan Menggunakan Pipa Air Terhadap Kemampuan Shooting Dalam Olahraga Petanque Pada Atlet Petanque Sumedang Tahun 2023 Elsa Listi Lestari; Dadang Budi; Angga Nugraha
Journal of Physical Education and Sport Pedagogy Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jopes.v3i1.63712

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum konsistennya kemampuan shooting atlet dalam pertandingan shooting game dalam petanque. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi media latihan menggunakan penghalang berupa  pipa air terhadap peningkatan kemampuan shooting atlet petanque Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain two group pretest postest design. Instrumen yang digunakan untuk tes kemampuan shooting adalah permainan nomor shooting figure 1,2,3,4, dan 5 dengan jarak 6 meter, 7 meter, 8 meter, dan 9 meter. Subjek dalam penelitian ini adalah atlet petanque Sumedang  yang berjumlah 20 atlet. Sampel yang diambil dari hasil purposive sampling. Tujuan penelitian ini dapat di jadikan bahan keberhasilan pelaksanaan latihan shooting terhadap pengaruh modifikasi media latihan menggunakan penghalang berupa pipa air terhadap peningkatan kemampuan shooting atlet petanque Sumedang, sehingga bahan modifikasi ini dapat di aplikasikan sama pelatih demi mencapai keberhasilan atlet. Populasi dari penelitian ini adalah atlet petanque Sumedang dengan jumlah 20 atlet dan di jadikan sample penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan instrument yaitu tes shooting. Data diambil dari tes awal dan tes akhir. Berdasarkan hasil pengolahan data, besarnya peningkatan kemampuan hasil pengaruh modifikasi media latihan menggunakan penghalang berupa pipa air terhadap peningkatan kemampuan shooting atlet petanque Sumedang dengan metode eksperimen ini di buktikan dengan uji peningkatan yang menunjukan hasil yang signifikan. Pada taraf nyata (20-1) = 19 (α) = 0,05 (thitung ttabel yaitu 137,5 1,729). Dengan demikian modifikasi latihan shooting memberikan pengaruh yang signifikan ketepatan shooting petanque pada atlet petanque Kabupaten Sumedang.
Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Keterampilan Passing Bawah Muhammad Zaenudin; Ayi Suherman; Tedi Supriyadi
Journal of Physical Education and Sport Pedagogy Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jopes.v2i2.38319

Abstract

Permasalahan yang selalu terjadi pada kegiatan praktek mata pelajaran pendidikan jasmani atau olahraga di sekolah dasar ditemukan masih banyaknya siswa kurang dalam menguasai teknik dasar dalam cabang olahraga tersebut dan peran pendidik khususnya guru olahraga dalam pemanfaatan atau penerapan media berbasis teknologi maupun non teknologi dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, ditambah pembelajaran dari tahun sekarang yang mengharuskan kegiatan pemberian pendidikan melalui sistem daring. Hal ini mengefektifkan pembelajaran online, akibat virus Covid-19 yang masih melanda. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 1 Tambelang Kota Cirebon. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan media audio visual terhadap timgkat keterampilan siswa dalam passing bawah bola voli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen (One group pre-test post-test). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan passing bawah dengan menggunakan media dinding. Hasil tersebut dapat dilihat dari perhitungan data pretest dan posttest, P-Value One Sample T-Test sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 artinya Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan media pembelajaran audio visual terhadap keterampilan passing bawah bola voli. Pengaruh media pembelajaran audio visual ini.
Pengaruh Modifikasi Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Shooting Three Point Dalam Permainan Bola Basket Pada Siswa Kelas X Rpl Smk Korpri Sumedang Dea Firman Nur Hidayat; Sheila Dwi Loviani; Sandra Jaganda Marbun
Journal of Physical Education and Sport Pedagogy Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jopes.v3i1.63713

Abstract

Tujuan umum yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh data tentang peningkatan hasil belajar shooting three point bola basket pada siswa putra kelas X RPL SMK KORPRI Sumedang. Sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh modifikasi permainan ular tangga terhadap hasil belajar shooting three point dalam permainan bola basket. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini untuk menguji kebenaran hipotesis yang telah diajukan adalah metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini siswa putra kelas X RPL SMK KORPRI Sumedang yang berjumlah 20 orang dan penulis menggunakan sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes shooting sebanyak 15 kali percobaan. Setelah mendapat perlakuan dengan modifikasi permainan ular tangga terjadi peningkatan yang signifikan. Peningkatan tersebut terlihat dari nilai rata-rata dan perhitungan uji t. Kemampuan tes awal shooting bola basket sebelum perlakuan (pre-test) memperoleh nilai rata-rata sebesar 7,7 sedangkan setelah mendapat perlakuan (post-test) sebesar 11,25. Dengan demikian nilai rata-rata tes akhir sangat meningkat (signifikan). Kemudian hasil perhitungan dan uji signifikansi pada siswa putra kelas X RPL SMK KORPRI Sumedang menunjukan adanya peningkatan yang berarti dalam hasil belajar shooting three point bola basket, karena didapat harga Thitung sebesar 13,65. Harga Thitung tersebut kemudian dibandingkan dengan Ttabel. Dengan taraf nyata (a) 0,05 dan dk = 19 diperoleh Ttabel sebesar 1,729 yang dimana lebih kecil dari pada Thitung = 13,65, sehingga hipotesis nol ditolak. Dengan demikian, belajar shooting three point dengan menggunakan modifikasi permainan ular tangga terhadap hasil belajar shooting three point dalam permainan bola basket pada siswa putra kelas X RPL SMK KORPRI Sumedang peningkatannya sangat berarti (signifikan). Sehingga dapat disimpulkan bahwa belajar shooting three point dengan menggunakan modifikasi permainan ular tangga sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar shooting three point dalam permainan bola basket pada pada siswa putra kelas X RPL SMK KORPRI Sumedang.
Model Pembelajaran Inquiri Berbasis Daring Dalam Pembelajaran Penjas Terhadap Kemandirian Belajar Pada Masa Covid-19 Juhrodin Juhrodin; Nuriska Subekti; Agus Mulyadi
Journal of Physical Education and Sport Pedagogy Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jopes.v3i1.63579

Abstract

Penelitian ini mendalami dampak model pembelajaran inkuiri berbasis daring pada pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Penjas) selama pandemi COVID-19. Pandemi ini mengubah lanskap pendidikan global, memaksa institusi pendidikan untuk beralih ke pembelajaran daring. Mata pelajaran Penjas, yang melibatkan aspek fisik, keterampilan, dan pemahaman tentang kesehatan, menghadapi tantangan untuk menjaga keterlibatan siswa serta mendukung kemandirian belajar mereka. Pendekatan inkuiri berbasis daring menawarkan solusi dengan melibatkan siswa secara aktif dalam eksplorasi mandiri, mulai dari bertanya, mengumpulkan informasi, hingga mencapai pemahaman. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Quasi-Experimental Design di SMA Negeri 10 Tasikmalaya, dengan satu kelas sebagai kelompok treatment (Kelas X.1) dan kelas lain sebagai kelompok kontrol (Kelas X.2). Hasil analisis Independent Samples Test menunjukkan perbedaan signifikan dalam kemandirian belajar antara kedua kelompok, dengan Kelas X.1 mencapai rata-rata skor 28.14, sementara Kelas X.2 hanya mencapai 3.67. Penemuan ini menegaskan bahwa model pembelajaran inkuiri berbasis daring efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa Penjas selama pembelajaran jarak jauh. Implikasinya jauh lebih dalam daripada sekadar peningkatan skor; ini mencerminkan perkembangan substansial dalam keterampilan dan sikap siswa. Dengan demikian, penelitian ini memperkuat keberhasilan pendekatan inkuiri berbasis daring sebagai strategi pembelajaran yang relevan dan efektif, terutama dalam menghadapi situasi sulit seperti pandemi, membuka pintu bagi pengembangan pendekatan serupa di masa depan.
Profil Minat dan Motivasi Siswa Kelas IV dan V dalam Pembelajaran Penjasorkes di SDN Sukasirna I Wahyu Afiq Rizaldi; Anin Rukmana; Yogi Akin
Journal of Physical Education and Sport Pedagogy Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jopes.v2i2.37673

Abstract

Minat dan motivasi merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan dalam pencapaian yang ingin dituju oleh setiap orang. Sama halnya dengan mengikuti pembelajaran di sekolah, yaitu  siswa harus memiliki minat dan motivasi untuk  mencapai tujuannya. Dalam pembelajaran penjasorkes siswa harus memiliki minat dan motivasi untuk mencapai tujuan pembelajaran, kemungkinan berhasil siswa akan semakin besar, jika minat dan motivasi siswa itu tinggi. Penelitian ini  bertujuan  untuk mengetahui  profil minat dan motivasi siswa kelas IV dan V dalam pembelajaran Penjasorkes di SDN Sukasirna I. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskripsi dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa di SD Negeri Sukasirna I. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel siswa kelas IV berjumlah 17 siswa dan siswa kelas V berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket atau kuisioner. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa  minat siswa dalam pembelajaran penjasorkes dengan persentase 81,2% pada kategori tinggi. Sedangkan motivasi siswa dalam pembelajaran penjasorkes yaitu 81,7% dengan kategori tinggi.
Penerapan Media Bambu Rainbow untuk Meningkatkan Kemampuan Passing Atas Bola Voli Kelas VI Sekolah Dasar Reta Putri; Tatang Muhtar; Muhamad Nur Alif
Journal of Physical Education and Sport Pedagogy Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jopes.v2i1.37029

Abstract

Penelitian ini diawali ditemukannya permasalahan di lapangan dalam pembelajaranrpassing atas bola voli dimana diantaranya siswa dalam melakukan gerakan  atas tidak pas antara perkenaan bola dengan tangan juga saat mengoper bola kepada temannya masih belum sampai, media pembelajaran yang tidak memadai dan guru yang kurang kreatif. Tujuan peneliti yakni untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan kinerja guru, aktivitas siswa dan hasil belajar  siswa dari penerapan media bambu rainbow untuk meningkatkan kemampuan  atas kelas VI sekolah dasar. Metodecpenelitian;yangcpeneliticgunakan yaitu  metode penelitian tindakan kelas dengan desain yang digunakan model Kemmis dan Taggart. Untuk mencapai hasil penelitian yang diharapkan peneliti menggunakan instrumen yang terdiri dari lembar penilaian IPKG 1 dan IPKG 2, observasi aktifitas siswa, observasi hasil belajar siswa, catatan lapangan dan format wawancara yang diberikan kepada guru dan siswa yang diteliti. Ada tiga siklus yang dilakukan dalam penelitian ini, tahapannya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi Tahap pertama yang dilakukan adalah tes awal kepada siswa agar peneliti mendapat gambaran, dengan persentase yang didapat pada data awal  siswa yang lulus sebanyak 2 orang siswa atau 18%, selanjutnya pada siklus I meningkat menjadi 4 orang siswa atau 36%, dalam siklus II ada kenaikan sebanyak 5 orang siswa atau 45% dandpada siklus III berhasil meningkat hingga 11 orang siswa atau 100%. Simpulan dalam penelitian yang dilakukan kepada pada siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Cikole Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang dengan menggunakan media Bambu Rainbow dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan  passing atas pada siswa hasilnya meningkat.

Page 1 of 1 | Total Record : 6