cover
Contact Name
Ahmad Abdul Qiso
Contact Email
lp2m.iaiqi@gmail.com
Phone
+6285326789745
Journal Mail Official
qiso.ahmad93@gmail.com
Editorial Address
Jln. Lintas Timur Km. 36 Indaralaya Ogan Ilir, Sumatera Selatan
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Contemplate: Jurnal Ilmiah Studi Keislaman
ISSN : -     EISSN : 27741942     DOI : https://doi.org/10.53649/contemplate
Core Subject : Religion, Education,
Focus and scope Journal Contemplate: Jurnal Studi-studi Keislaman This journal covers the study of social sciences, religion, education, and economics, which integrates Islam-based science disciplines. Islamic Religion Education Sociology of Religion Religious Traditions Religious Moderation Study of the Qur’an and Hadith and other relevant topics.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2020): Juni 2020" : 6 Documents clear
INTERNALISASI NILAI-NILAI QUR’ANI DALAM KEPRIBADIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL ITTIFAQIAH INDRALAYA Ahmad Abdul Qiso
CONTEMPLATE: Jurnal Ilmiah Studi Keislaman Vol 1 No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Al-Qur'an Al-Ittifaqiah Indralaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53649/contemplate.v1i1.463

Abstract

Membentuk kepribadian yang baik dan unggul (muthmainnah) di tengah terjadinya inkonsistensi nilai-nilai dan merebaknya perilaku-perilaku amoral saat ini menjadi suatu keharusan jika ingin melahirkan pribadi-pribadi yang dapat bersaing dan bertanding di tengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, serta ikut andil aktif dalam pembangunan dan perkembangan negara, agama, dan bangsa tanpa menaggalkan nilai-nilai keimanan dan akhlakul karimah. Adapun solusi yang penulis tawarkan untuk melahirkan pribadi-pribadi yang baik dan unggul tersebut adalah internalisasi nilai-nilai Qur’ani. Berangkat dari kenyataan tersebut maka penelitian ini akan menjawab tiga rumusan masalah berikut: (1) Apa program-program internalisasi nilai-nilai Qur’ani di pon-pes Al Ittifaqiah?; (2) Bagaimana kepribadian santri?; dan (3) Program apa yang paling efektif dalam mempengaruhi kepribadian santri?. Dengan menggunakan metode kualitatif serta pendekatan fenomenalogis dan psikologis yang berlokasi di Pondok Pesantren Al Ittifaqiah Indralaya Sumatera Selatan, penulis menyimpulkan: (1) Terdapat 11 program internalisasi nilai-nilai Qur’ani di pon-pes Al Ittifaqiah; (2) Dalam aspek hard skill, santri penghafal Al-Qur’an memiliki kepribadian yang lebih baik dan unggul, sedangkan dalam aspek soft skill, santri non penghafal Al-Qur’an lebih baik dan unggul; dan (3) Program yang paling efektif dalam proses internalisasi nilai-nilai Qur’ani adalah program tahfidzul Qur’an.
STRATEGI MANAJEMEN MUTU SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL QUR’AN AL ITTIFAQIAH INDRALAYA Ferry Haryadi
CONTEMPLATE: Jurnal Ilmiah Studi Keislaman Vol 1 No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Al-Qur'an Al-Ittifaqiah Indralaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53649/contemplate.v1i1.464

Abstract

Dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa, menyebarluaskan ilmu pengetahuan, memberikan solusi dan opsi kepada masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu, dengan biaya yang terjangkau. Hal ini sejalan dengan pentingnya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan terkait pula dengan kepentingan mengembangkan potensi daerah sebagai implementasi otonomi daerah, sehingga mampu memberdayakan dan meningkatkan kualitas masyarakat dan kualitas umat. Maka dari itu pentingnya meningkatkan mutu perguruan tinggi, khususnya dalam hal ini Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Qur’an Al Ittifaqiah (STITQI). Untuk itu peneliti melakukan penelitian dengan judul” “Strategi Manajemen Mutu Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Studi Kasus Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Qur’an Al Ittifaqiah Indralaya)” Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif, karena datanya berupa ungkapan kata-kata dan tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis, tetapi hanya menggambarkan suatu gejala atau keadaan yang diteliti secara apa adanya serta diarahkan untuk memaparkan fakta-fakta, kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengungkapkan gejala suatu tradisi tertentu yang secara fundamental tergantung pada pengamatan manusia dalam kawasannya sendiri dan berhubungan dengan orang-orang tersebut dalam bahasannya dan peristilihannya. Kasus yang diteliti adalah “Strategi Manajemen Mutu Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Studi Kasus Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Qur’an Al Ittifaqiah Indralaya)” Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum STITQI bisa menerapkan menejeman mutu yang baik, yaitu dari keenam dimensi strategi menejemen mutu yang ada hanya dua yang belum terpenuhi, yaitu pada pengembangan Lembaga Bahasa Asing yang belum bisa berjalan, kemudian dalam hal akreditasi karena hanya Prodi PAI saja yang sudah akreditasi B, sedangkan PIAUD sendiri masih C, untuk prodi lain seperti ekonomi Islam dan Ushuluddin sama sekali belum terkakreditasi, dan ini menjadi faktor penghambat dalam meningkatkan mutu Lembaga STITQI, disisi lain untuk sarana dan prasarana sendiri meskipun sudah memadai, namun khusus untuk perpustakaan koleksi yang dimiliki masih sangat minim terutama soal referensi buku umum dan jurnal Internasional. Sedangkan dimensi lain seperti tenaga pengajar, pelayanan, Lembaga penjamin mutu, serta kerjasama dengan pihak terkait, sudah berjalan dengan baik
ARTIKULASI ISLAM MODERNIS-KONTEMPORER: ANALISIS PEMIKIRAN AMIN ABDULLAH Komaruddin Sassi
CONTEMPLATE: Jurnal Ilmiah Studi Keislaman Vol 1 No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Al-Qur'an Al-Ittifaqiah Indralaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53649/contemplate.v1i1.465

Abstract

Tulisan ini berupaya menganalisis artikulasi pemikiran Islam modernis-kontemporer Amin Abdullah dalam bidang rekonstruksi pendekatan kajian agama (Islam) dan rekonstruksi pola hubungan antaragama. Pokok masalah yang dianalisis diidentifikasi ke dalam beberapa pertanyaan berikut: Pertama, bagaimana artikulasi pemikiran Islam modernis-kontemporer Abdullah. Kedua, bagaimana tipologi pendekatan yang digunakan Abdullah dalam merekonstruksi pendekatan terhadap kajian agama dan pola hubungan antaragama pada masyarakat multikultural dan multiagama. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan pendekatan deskriptif analisis bahwa pemikiran Abdullah dengan menggunakan acuan pendekatan berpikirnya Ian G. Barbour, Edward Scillebeeckx, Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Milton K. Munitz, dapat dikatakan dalam pendekatan kajian agama Abdullah bercorak dialog-integratif, dan dalam rekonstruksi pola hubungan antaragama bercorak pluralisme de jure. Sedangkan kategorisasi tipologi pemikiran Abdullah dalam kajian agama dan pola hubungan antaragama tersebu tergolong modernis-kontemporer.
URGENSI MAQASID SYARIAH DALAM MERESPON PERUBAHAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Muhammad Machsun
CONTEMPLATE: Jurnal Ilmiah Studi Keislaman Vol 1 No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Al-Qur'an Al-Ittifaqiah Indralaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53649/contemplate.v1i1.466

Abstract

Perubahan dan perkembangan merupakan suatu keniscayaan. Pada zaman globalisasi ini jauh lebih kompleks dan sudah barang tentu memerlukan respons yang lebih beragam dan akomodatif, dan dengan menggunakan perangkat teknologi Informasi guna mencari, mengeksplorasi, menganalisis serta menggali dan mengekstraksi nilai guna sebanyak mungkin bagi kehidupan manusia. Dan urgensi Maqashid al-Syari’ah disini adalah sebagai standar control agar tujuan dibangunnya suatu peradaban yang dikemudian dikenal dengan istilah revolusi industri 4 .0 tidak khilangan arah (tetap bermuara pada nilai tauhid).
PENERAPAN KURIKULUM ANTI KORUPSI DI SEKOLAH Paizaluddin
CONTEMPLATE: Jurnal Ilmiah Studi Keislaman Vol 1 No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Al-Qur'an Al-Ittifaqiah Indralaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53649/contemplate.v1i1.467

Abstract

Penerapan kurikulum anti korupsi di sekolah merupakan sebuah pemikiran strategis yang diharapkan mampu mengatasi masalah korupsi yang sudah mengakar di Indonesia saat ini. Namun demikian jika penerapan kurikulum anti korupsi tersebut tidak dilakukan dengan metode yang tepat, maka akhirnya bukan solusi yang didapat melainkan akan mendatangkan masalah baru di dunia pendidikan Indonesia. Penanaman dan pembiasaan nilai-nilai kejujuran dalam proses pembelajaran dan dalam keseharian kebersamaan guru dan siswa di sekolah merupakan tawaran pemikiran yang strategis guna menumbuhkan kepribadian yang jujur dalam setiap diri siswa. Kejujuran yang tertanam dalam pribadi siswa inilah yang dapat melahirkan manusia-manusia Indonesia masa depan yang anti korupsi.
KURIKULUM SEBAGAI UJUNG TOMBAK PENDIDIKAN DALAM MEMPERSIAPKAN GENERASI BANGSA Sukatin; Pahmi
CONTEMPLATE: Jurnal Ilmiah Studi Keislaman Vol 1 No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Al-Qur'an Al-Ittifaqiah Indralaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53649/contemplate.v1i1.468

Abstract

Kurikulum merupakan aspek yang sangat penting dalam pendidikan, tidak lepas dari posisi dan hubungan antara pendidikan dan kurikulum. Seiring dengan perkembangan zaman, kurikulum juga berubah, dan perubahan yang terjadi berdampak besar terhadap perkembangan siswa di Indonesia. Perubahan kurikulum tidak dapat dipisahkan dari upaya memajukan siswa; 1. Dalam ranah kognitif; 2. Dalam domain afektif; 3. Dalam domain Psychomotor. Sehingga kurikulum dapat dianggap sebagai tolok ukur dalam memajukan siswa, karena bentuk dan desain pendidikan menentukan perkembangan siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 6