cover
Contact Name
Ahmad Mukhlasin
Contact Email
hazharialvan2193@gmail.com
Phone
+6285712383804
Journal Mail Official
hazharialvan2193@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kemerdekaan Barat No 17 Kesugihan Kidul Kabupaten Cilacap Jawa Tengah
Location
Kab. cilacap,
Jawa tengah
INDONESIA
Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam
ISSN : -     EISSN : 27751775     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap. Jurnal ini mengkhususkan diri pada pengkajian bidang dakwah dan komunikasi. Jurnal HUJJAH terbit dua kali dalam setahun.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2022)" : 5 Documents clear
MENEPIS ISU RADIKALISME DALAM AJARAN ISLAM Ismah Ismah
Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol. 6 No. 1 (2022)
Publisher : Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52802/hjh.v6i1.253

Abstract

Tampaknya Paham ekstrimisme dan radikalisme masuk bidang pengajaran dan pendidikan Islam, Agama dipahami menjadi hitam putih serta menolak keberagaman dan memebentuk sikap merasa paling benar. Penulisan ini hendak menyampaikan bahwa radikalisme yang muncul di indonesia memiliki sejarah dan latarbelakngnya, dari beberpa perspektik antara lain tinjuan teologi sejarah politik, sosiologi dan psikologis. Diharapkan jika kita dapat mengenali akar persoalan tumbuhnya radikalisme tersebut kita dapat membangun sistem terutam dalam bidang penyampaian ajaran keislaman tidak lagi disisipi paham radikalisme.
ANALISIS ISI KUANTITATIF PESAN DAKWAH ADI HIDAYAT DALAM VIDEO YOUTUBE KAJIAN DAKWAH : TUJUH AMALAN MENDAPATKAN SURGA FIRDAUS Harun Arrosyid; Umi Halwati
Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol. 6 No. 1 (2022)
Publisher : Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52802/hjh.v6i1.257

Abstract

Dakwah secara istilah merujuk pada pemaknaan aktifitas keagamaan dan sebagai aktifitas sosial. Bagi umat islam, dakwah menjadi sarana untuk peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Adanya youtube memberikan kemudahan bagi masyarakat dibelahan bumi mana saja yang ingin mengikuti kajian dakwah pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis teks dialog pada video kajian tujuh amanalan mendapatkan surga firdaus. Penelitian dilakukan dengan cara menghitung frekuensi dan presentase masing-masing kategori pesan dakwah yang terdapat dalam dakwah Adi Hidayat dalam video youtube kajian dakwah: Tujuh Amalan Mendapatkan Surga Firdaus pada Video YouTube dalam channel Adi Hidayat Official. Hasil penelitian didapatkan pesan aqidah yang terdapat dalam video kajian dakwah yaitu pesan aqidah sebesar 36,4% yang sebagian besar membahas tentang keimanan, pesan syariah sebesar 36,4% yang sebagian besar membahas tentang sholat, pesan akhlak sebesar 27,2% yang sebagian besar membahas tentang sifat amanah.
STRATEGI DAKWAH ERA NEW NORMAL DALAM MEMELIHARA SILATURAHIM JAMAAH HAJI AL-BARAKAH PERSPEKKTIF AKSIOLOGI KEILMUAN DAKWAH Masiran Masiran
Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol. 6 No. 1 (2022)
Publisher : Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52802/hjh.v6i1.301

Abstract

Strategi dakwah kini harus mampu untuk berkolaborasi dengan media sehingga dakwah yang sudah dilakukan dari zaman Rasulullah SAW dapat terus kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pada saat ini kita sudah memasuki era new normal. Setelah beberapa bulan terakhir kita kedatangan tamu yang tak kasat mata yang membuat situasi tidak karuan dengan adanya virus yang sangat mematikan, bahkan (WHO) menetapkan virus ini sangat berbahaya, sehingga dampak sosial sangat berpengaruh pada kegiatan keseharian dan dialihkan kerumah masing-masing. Salah satunya kegiatan dakwah guna memelihara silaturahim jamaah haji Al-Barakah yang dilakukan secara rutin setiap bulan menjadi terhambat. Sampai pada akhirnya pemenrintah Republik Indonesia menerapkan new normal, yang dimana kegiatan-kegiatan masyarakat boleh berjalan seperti biasa, tetapi harus tetap mematuhi protokol kesehatan seperti rajin cuci tangan, wajib mengenakan masker, dan jaga jarak. Selain itu, bisa juga dengan mengajak masyarakat untuk terus mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan sadar akan ujian dan cobaan yang diberikan oleh Tuhan.
STRATEGI PUBLIC RELATIONS MI YA-BAKII 01 KESUGIHAN DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN PERIODE 2016 – 2021 Miftachul Wafa azhar
Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol. 6 No. 1 (2022)
Publisher : Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52802/hjh.v6i1.319

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana Strategi Public Relations MI YA-BAKII dalam mengembangkan pendidikan pada periode 2016-2021. 2) Bagaimana pengelolaan guru, karyawan dan stake holder dalam upaya mengembangkan MI YA-BAKII 01 Kesugihan. 3) Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan pendidikan MI Ya-BAKII. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi Public Relations MI Ya-Bakii 01 Kesugihan dalam mengembangkan pendidikan periode 2016-2021, mengetahiu factor-faktor pendukung dan penghambat dalam strategi public relations MI Ya-Bakii 01 Kesugihan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, strategi public Relations yang di terapkan MI Ya-Bakii 01 Kesugihan antara lain; mempromosikan MI Ya-Bakii 01 Kesugihan kepada masyarakat, bekerjasama dengan instansi atau lembaga lain, mengelola internal dan eksternal public, memberikan tas gratis kepada calon siswa baru, di adakannya acara morning tea oleh kepala madrasah setiap satu bulan dua kali, mengajak wali kelas untuk selalu berkomun9kasi dengan wali murid dan acara siraman rohani oleh kepala madrasah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi public relations MI Ya-Bakii 01 Kesugihan seperti yang disebutkan diatas mampu membawa MI Ya-Bakii 01 menjadi madrasah yang di minati oleh masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya untuk menyeolahkan di madrasah tersebut.
LITERASI DIGITAL DAN GEN-Z: PROTOTIPE KONSEP LITERASI MODERAT SEBAGAI MEDIA SMART DAKWAH Anas Azhimi Qalban; Gina Farhanah Jauza; Iif Alfiatul Mukaromah
Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol. 6 No. 1 (2022)
Publisher : Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52802/hjh.v6i1.381

Abstract

Gen-Z yang merupakan kelompok generasi yang terlahir kisaran tahun 1998-2009. Gen-Z terlahir dan tumbuh kembang sejalan dengan makin pesatnya teknologi informasi. Era Society 5.0 memberikan kemudahan semua akses informasi terhadap kehidupan masyarakat tentunya berpengaruh juga terhadap Gen-Z kaitannya dengan literasi digital dan keimanan mereka. Berdasarkan hasil survey dari 159 orang Gen-Z kisaran umur 19-24 Tahun sangat erat kehidupan mereka dengan penggunaan teknologi informasi. Educare merupakan konsep gerakan Lirat atau literasi moderat berbasis smart dakwah dalam rangka menyebarluaskan informasi melalui tulisan khususnya islami dan umumnya general yang dapat diterima oleh masyarakat dalam rangka pengembangan sosial ekonomi serta pendidikan masyarakat. Menghadapi era society 5.0 konsep membangun gerakan literasi moderat melalui one day one page berbasis smart dakwah dapat membantu meregenerasikan masyarakat dalam berliterasi dan cakap terhadap teknologi. Gen-Z menjadi salah satu subjek dalam pendekatan bagi alternatif penyelesaian literasi di era society 5.0 dengan mengedepankan nilai agama, pendidikan, dan sosial. Untuk itu, pendekatan melalui program Literasi Moderat, patut diupayakan. Harapannya Educare sebagai konsep literasi moderat di era society 5.0 dapat menjadi solusi dalam menjawab perkembangan zaman serta dapat membantu memberikan motivasi nilai agama, pendidikan, dan sosial terhadap Gen-Z

Page 1 of 1 | Total Record : 5