cover
Contact Name
Andri Syafrianto
Contact Email
andrisyafrianto@gmail.com
Phone
+628127828138
Journal Mail Official
lp2m@stmikelrahma.ac.id
Editorial Address
Jl. Sisingamangaraja No. 76 Mergangsan, Yogyakarta
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Fahma : Jurnal Informatika Komputer, Bisnis dan Manajemen
ISSN : 16932277     EISSN : 27152944     DOI : https://doi.org/10.61805
Jurnal FAHMA adalah jurnal yang memuat naskah ilmiah dari peneliti, akademisi, maupun praktisi, berupa hasil penelitian, tinjauan pustaka ( literature review ) dan/atau bentuk karya tulis ilmiah lainnya, yang khusus mengkaji bidang Ilmu Komputer antara lain sebagai berikut : Kecerdasan Buatan, Pembelajaran Mesin, Penambangan Data, Sistem Pakar, Sistem Pendukung Keputusan, Pemrograman Web, Komputasi Bergerak, Jaringan Komputer, Sistem Informasi, Sistem Basis Data, Sistem Keamanan, Strategi Bisnis, Ánalisis Bisnis, Bisnis Digital, Etika Bisnis, Model Bisnis, Strategi Manajemen, Manajemen Proses Bisnis, Manajemen Hubungan Pelanggan, Aplikasi Enterprise, Pemasaran Digital
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 20 No 2 (2022): Mei 2022" : 10 Documents clear
Implementasi Extreme Programming untuk Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan PKL-KTI Berbasis Web Zaidir; Indra Listiawan
Jurnal Informatika Komputer, Bisnis dan Manajemen Vol 20 No 2 (2022): Mei 2022
Publisher : LPPM STMIK El Rahma Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61805/fahma.v20i2.28

Abstract

Kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan Karya Tulis Ilmiah (KTI) pada program studi Teknologi Informasi Program Diploma, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) merupakan tahapan kegiatan untuk mendapatkan pengalaman nyata terkait keilmuan yang ditekuni. Pengelolaan administrasi PKL dan KTI mahasiswa saat ini masih dilakukan secara manual. Masalah yang ditemukan adalah proses administrasi PKL dan KTI tidak efisien, program studi kesulitan untuk melacak judul PKL dan judul KTI yang diusulkan, dosen pembimbing kesulitan melakukan monitoring kemajuan mahasiswa dalam melakukan PKL dan KTI, mahasiswa mengalami kendala untuk proses pengajuan proposal dan mendapatkan informasi tentang jadwal seminar PKL maupun ujian pendadaran serta dosen penguji tidak efektif dalam pemberian nilai. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sistem informasi pengelolaan PKL-KTI dengan fitur yang sesuai kebutuhan program studi. Sistem yang dihasilkan dapat digunakan untuk mempermudah layanan kepada mahasiswa terkait PKL-KTI mulai dari pegajuan proposal sampai penyerahan dokumen PKL-KTI. Sistem yang dihasilkan dapat meningkatkan kinerja program studi karena beberapa proses dilakukan secara otomatis dan pengolahan data tidak hanya tersentral di prodi. Ketersediaan informasi sangat memadai baik dari segi kuantitas maupun kualitas sehingga sangat membantu dalam pengambilan keputusan
Sistem Keamanan Rumah Berbasis Iot Dengan Nodemcu Esp8266 Menggunakan Sensor Pir Sebagai Pendeteksi Gerakan Sintia Ogi Nindiya Putri; Dini Fakta Sari; Edi Iskandar; Indra Yatini Buryadi
Jurnal Informatika Komputer, Bisnis dan Manajemen Vol 20 No 2 (2022): Mei 2022
Publisher : LPPM STMIK El Rahma Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61805/fahma.v20i2.29

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi seperti jaman sekarang menuntut manusia untuk selalu berinovasi dalam mengembangkan teknologi tepat guna yang dapat membantu memudahkan pekerjaan manusia dalam kehidupannya. Pemanfaatan teknologi internet untuk keamanan lingkungan atau kontrol. Penggunaan internet untuk berbagai keperluan sekarang yang disebut dengan IoT. Salah satu manfaat sistem IoT salah satunya dapat mengontrol dan memantau dari jarak jauh. Rumah adalah kebutuhan pokok bagi manusia untuk berlindung. Maraknya kasus pencurian yang terjadi ketika ditinggal berpergian maka sebuah rumah harus menyediakan rasa aman bagi pemiliknya. Berdasarkan hal tersebut diatas, akan dibuat sistem keamanan rumah yang dapat di monitoring dari manapun melalui smartphone yang dapat mendeteksi penyusup di dalam rumah. Cara kerjanya yaitu saat sistem keamanan dihidupkan, Nodemcu terhubung ke Blynk melalui internet. Kemudian dapat mengaktifkan dan menonaktifkan sistem ini menggunakan tombol pada antarmuka yang diatur di aplikasi Blynk. Setelah itu, saat gerakan ditangkap oleh sensor PIR, bel dan LED hijau diaktifkan. Kemudian, smartphone juga menerima notifikasi push melalui aplikasi Blynk. Kemudian, sistem ini akan kembali normal setelah beberapa saat. Selain itu, waktu dapat diubah dengan preset di sensor PIR. Lampu LED merah menyala saat sistem beroperasi secara normal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terciptanya prototype Sistem Keamanan Rumah Berbasis IoT Dengan Nodemcu ESP8266 menggunakan Sensor Pir sebagai Pendeteksi Gerakan dan berdasarkan hasil pengujian, sensor PIR dapat mendeteksi gerakan pada jangkauan jarak 1 sampai 5 meter
Analisis Keterlambatan Pelayanan Komplain Nasabah Bank Menggunakan Metode Critical Path Method Wahyu Widodo; Bagus Hermansyah
Jurnal Informatika Komputer, Bisnis dan Manajemen Vol 20 No 2 (2022): Mei 2022
Publisher : LPPM STMIK El Rahma Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61805/fahma.v20i2.30

Abstract

Adanya keluhan Nasabah atas keterlambatan Service Level Agrement ( SLA) apabila tidak dapat ditangani akan menimbulkan perselisihan yang pada akhirnya merugikan nasabah maupun Bank. Salah satu usaha untuk mengantisipasi keterlambatan penyelesaian masalah adalah dengan melakukan percepatan SLA aktifitas user dengan Leveling SLA.Tujuan penelitian dapat membantu Manajemen Bank dalam mengambil keputusan untuk menyelesaikan permasalahan dengan Analisa What If menggunakan Metode Critical Path Method. Dalam penyelesaiannya dibuat Kategori Leveling, Leveling dibagi menjadi HIGH Level, Medium Level dan Low Level, Manajemen dapat lebih tepat dan cepat didalam menyelesaikan permasalahan pada Leveling SLA tersebut pada setiap kasus yang terjadi dimasing masing wilayah cabang
Sistem Informasi E-Voting Pemilihan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STMIK El-Rahma Berbasis Web Herdiesel Santoso
Jurnal Informatika Komputer, Bisnis dan Manajemen Vol 20 No 2 (2022): Mei 2022
Publisher : LPPM STMIK El Rahma Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61805/fahma.v20i2.31

Abstract

Pada masa pandemi covid 19, kemahasiswaan STMIK El Rahma menunda pemilihan umum ketua BEM karena pembatasan kegiatan di kampus. Peranan teknologi informasi diperlukan pada proses pemungutan suara agar pemilih dapat memberikan suaranya dimana saja tanpa harus datang ke tempat pemungutan suara. Tujuan penelitian adalah membuat sistem informasi e-voting pemilihan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Stmik El-Rahma Berbasis Web. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metodologi pengembangan perangkat lunak menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC), yang terdiri dari tahapan analisis kebutuhan sistem, desain sistem dan software, implementasi dan testing, serta evaluasi dan perbaikan sistem. Hasil pengujian menggunakan back box testing menunjukan bahwa tidak ditemukan adanya ketidak sesuaian fungsi input dan output baik ketika dijalakankan pada perangkat web maupun mobile
Penentuan Prioritas Pengerjaan Servis Telepon Seluler Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Achmad Rijal baihaqy; Yanuar Nurdiansyah; Muhammad Arief Hidayat
Jurnal Informatika Komputer, Bisnis dan Manajemen Vol 20 No 2 (2022): Mei 2022
Publisher : LPPM STMIK El Rahma Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61805/fahma.v20i2.32

Abstract

Pwnggunaan telepon seluler terkadang kita dapat tidak sengaja merusaknya. Kita dapat dapat memperbaiki atau membeli yelepon seluler baru. Telepon seluler dapat diperbaiki di gerai dari merek telepon seluler tersebut atau gerai-gerai kecil yang dapat meperbaikinya. Jika memilih gerai yang meperbaiki telepon seluler, kemungkinan akan terdapat antrean dari telepon seluler pelanggan lain. Kita bisa juga menunggu lagi jika suku cadang masih kosong. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, dibuatlah Sistem Pendukung Keputusan. Menggunakan metode Simple Additive Weighting yang dapat digunakan untuk menentukan prioritas pengerjaan telepon seluler. Penerapan Simple Additive Weighting menggunakan tiga kriteria dengan bobotnya untuk menentukan prioritas pengerjaan telepon seluler. Tiga kriteria tersebut adalah 1)hari setelah masuk antrean, 2)tingkat kerusakan, dan 3)adanya suku cadang. Dengan adanya sistem, pengguna dapat menentukan prioritas pengerjaan telepon seluler yang dzapat dikerjakan pertama.
Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Pada Kucing Dengan Metode Certainty Factor Wiwi Widayani; Isnaini Solikhah; Andri Syafrianto
Jurnal Informatika Komputer, Bisnis dan Manajemen Vol 20 No 2 (2022): Mei 2022
Publisher : LPPM STMIK El Rahma Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61805/fahma.v20i2.33

Abstract

Kucing adalah hewan peliharaan yang rentan terkena penyakit. Pemilik hewan peliharaan kucing sebagian besar awam pada penyakit dan gejala-gejala yang menyeranghewan peliharaan mereka. Ketersediaan dokter hewan yang relatif masih sedikit dan biaya besar yang harus dikeluarkan untuk pergi ke dokter hewan menjadi salah satu alasan pemilik kucing enggan mengobati hewan peliharaan mereka ketika muncul gejala-gejala terserang suatu peyakit. Perkembangan kecerdasan buatan dalam teknologi komputer membuat suatu celah yang memungkinkan dibuatnya suatu aplikasi sistem pakar untuk diagnosa penyakit hewan berdasarkan gejala yang teramati. Dengan alasan itulah, pada penelitian ini dikembangkan aplikasi sistem pakar diagnosis penyakit kucing menggunakan mesin inferensi forward chaining dan certainty factor. Pertama-tama, mesin inferensi forward chaining akan mencocokkan gejala-gejala yang teramati dan melakukan inferensi berdasarkan rule-rule yang sudah dibuat sebelumnya. Setelah itu, probabilitas penyakit akan dihitung menggunakan metode certainty factor. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan 10 sampel, didapatkan 9 sampel menghasilkan kesimpulan yang sama dengan pakar dan 1 hasil yang berbeda
Digitalisasi Model Bisnis Sebagai Upaya Perusahaan Menghadapi Dunia Digital Dedy Ardiansyah
Jurnal Informatika Komputer, Bisnis dan Manajemen Vol 20 No 2 (2022): Mei 2022
Publisher : LPPM STMIK El Rahma Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61805/fahma.v20i2.34

Abstract

Dunia digital ditandai dengan perubahan ekonomi, perusahaan dan masyarakat menjadi serba digital. Aktivitas ekonomi yang didukung internet, produk menjadi digital serta aktivitas masyarakat yang senantiasa menggunaan internet, menjadikan perusahaan harus menyiapkan diri menghadapi perubahan tersebut. Digitalisasi bisnis dilakukan dengan tahap: Tampilan organisasi, Komunikasional interaksi, Transaksi komersial, Nilai dan mitra terintegrai. Sedangkan model binis terdiri dari 4 komponen yaitu : Strategi perusahaan, Permintaan pelanggan, Penciptaan nilai. Digitalisasi model bisnis dilakukan agar perusahaan dapat menghadapi dunia digital yaitu dengan mengelola cara berinteraksi dengan pelanggan (Business to Consumer/B2C). Wirtz mengusulkan model 4C, meliputi: content, commerce, contex dan connection.
Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Pegawai Pada Fifgroup Dengan Metode Simple Additive Weighting Untung Subagyo; Fajar Santoso
Jurnal Informatika Komputer, Bisnis dan Manajemen Vol 20 No 2 (2022): Mei 2022
Publisher : LPPM STMIK El Rahma Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61805/fahma.v20i2.35

Abstract

Kualitas dari kinerja pegawai adalah salah satu faktor yang mendukung peningkatan produktifitas dari suatu perusahaan. Oleh karena itu pegawai yang memiliki kinerja yang tinggi dapat meningkatkan produktifitas perusahaan. Perusahaan dapat memberikan sebuah apresiasi dan penghargaan kepada pegawai yang berprestasi untuk memotivasi pegawai yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja dari pegawai. Dengan melakukan penilaian kinerja pegawai, perusahaan dapat mengetahui prestasi yang diperoleh pegawai. FIFGROUP Yogyakarta merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan kredit sepeda motor baru, elektronik, emas, umroh, haji dan dana tunai. Dalam perjalanannya penilaian kinerja pegawainya masih dilakukan secara manual sehingga masih terkesan subyektif. Oleh karenanya dibutuhkan sebuah metode penilaian kinerja karyawan yang lebih baik dan obyektif berupa Sistem Pendukung Keputusan. Sebuah Sistem Pendukung Keputusan berbasis web dikembangkan dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dan menggunakan lima kriteria, yaitu masa kerja, absensi, pencapaian kinerja, pendidikan terakhir, dan pengembangan diri. Sistem Pendukung Keputusan menghasilkan nilai dan peringkat dari masing-masing pegawai. Sehingga nilai dan peringkat ini bisa dijadikan referensi bagi perusahaan untuk mengetahui kinerja pegawai di FIFGROUP.
Penerapan Metode Webqual 4.0 Untuk Analisis Kualitas Website STMIK El Rahma Terhadap Kepuasan Pengguna Minarwati; Intan Hidayah
Jurnal Informatika Komputer, Bisnis dan Manajemen Vol 20 No 2 (2022): Mei 2022
Publisher : LPPM STMIK El Rahma Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61805/fahma.v20i2.36

Abstract

Kualitas sebuah website menjadi faktor penting yang harus diperhatikan dalam sebuah institusi, karena website sebuah institusi merupakan gambaran dari institusi tersebut di dunia maya. Untuk mengetahui kualitas sebuah website maka perlu dilakukan pengukuran kualitas website berdasarkan penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas website yang dimiliki oleh STMIK El Rahma Yogyakarta. Penelitian ini menggunkan metode pengukuran kualitas website yaitu metode Webqual 4.0 yang merupakan salah satu metode atau teknik pengukuran kualitas website berdasarkan persepsi pengguna akhir yang penilaiannya disusun atas 4 variabel yaitu kemudahan penggunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi, serta mempengaruhi terhadap kepuasan pengguna. Metode Webqual dipilih karena kelebihan Webqual adalah dapat digunakan untuk menganalisis kualitas beberapa website, baik website internal maupun website eksternal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengukur pengaruh hubungan antara kualitas layanan website dengan kepuasan pengguna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan pengguna website STMIK El Rahma Yogyakarta dipengaruhi oleh kualitas website, terutama kualitas kemudahan kegunaan (Usability). Kualitas kegunaan merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam memberikan rasa kepuasan bagi penggunanya. Kualitas informasi dan kualitas interaksi masih perlu ditingkatkan agar mendapatkan kualitas website terbaik dan dapat menambah rasa kepuasan pengguna
Klasifikasi Kepuasan Layanan Akademik Di STMIK El Rahma Menggunakan Metode Algoritma Naive Bayes Suparyanto
Jurnal Informatika Komputer, Bisnis dan Manajemen Vol 20 No 2 (2022): Mei 2022
Publisher : LPPM STMIK El Rahma Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61805/fahma.v20i2.37

Abstract

Kepuasan layanan terhadap mahasiswa adalah suatu kondisi dimana harapan, permintaan, dan keperluan mahasiswa terpenuhi. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan mahasiswa, karena dapat memberi dampak positif berupa meningkatkan pujian positif untuk layanan yang diberikan. Pada saat ini makin meningkat kesadaran mahasiswa akan perlunya kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak kampus. Mahasiswa akan membandingkan pelayanan yang diharapkan dengan pelayanan yang diterima, tujuan penelitian ini untuk mengklasifikasi kepuasan mahasiswa dengan menerapkan teknik data mining bermetode algoritma naïve bayes. Metode naïve bayes yang diterapkan dalam penelitian ini untuk menghitung probabilitas terbesar pada variable independent yang telah ditentukan. Seperti aplikasi, ketepatan waktu, kenyamanan dalam kuliah, dan keramahan layanan. Klasifikasi ini adalah puas dan tidaknya mahasiswa, hasil penelitian ini adalah sebuah sistem yang dapat membantu mahasiswa untuk mengevaluasi terhadap pelayanan tenaga kependidikan, sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi pihak kampus untuk meningkatkan pelayanan pada paramahasiswa

Page 1 of 1 | Total Record : 10