cover
Contact Name
Imam Fahrur Rozi
Contact Email
imam.rozi@polinema.ac.id
Phone
+6285233139738
Journal Mail Official
jip@polinema.ac.id
Editorial Address
Politeknik Negeri Malang Jl. Soekarno Hatta No.9, Jatimulyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65141 Phone: (0341) 404424-404425 Fax: (0341) 404420
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Informatika Polinema (JIP)
ISSN : 26146371     EISSN : 2407070X     DOI : https://doi.org/10.33795/jip
The focus and scope of articles published in JIP (Journal of Informatics Polinema) encompasses the game technology, information system, computer network, computing, which covers the following scope: Game Technology Artificial Intelligence Intelligent System Machine Learning Image Processing Computer Vision Information Retrieval Machine Learning Information System Internet of Things Computer Security Technology Enhanced Learning Education Technologies Digital Forensic Wireless Sensor UI/UX research JIP (Jurnal Informatika Polinema) publishes comprehensive research articles and invited reviews by leading expert in the field. Papers will be selected that high scientific merit, impart important new knowledge, and are of high interest to computer and information technology.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 3 (2023): Vol 9 No 3 (2023)" : 12 Documents clear
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BARBERSHOP UNIT USAHA UNIDA GONTOR (U3) BERBASIS WEBSITE Dihin Muriyatmoko
Jurnal Informatika Polinema Vol. 9 No. 3 (2023): Vol 9 No 3 (2023)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v9i3.1274

Abstract

Kerapian mahasiswa dalam hal pakaian dan rambut merupakan hal yang sangat diperhatikan di Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor). Oleh karena itu Unit Usaha UNIDA Gontor (U3 Gontor) menyediakan tempat cukur bagi mahasiswa yang diberi nama Barbershop U3 Gontor. Permasalahan dalam manajemen Barbershop U3 Gontor saat ini adalah sering terjadinya kehilangan nota dan perbedaan rekap antara rekap nota dan rekap worksheet sehingga terjadinya kesalahpahaman data antara staff dan pegawai cukur. Dengan adanya fakta tersebut, peneliti merancang sistem informasi manajemen Barbershop U3 Gontor berbasis website. Tujuan dari penilitian ini untuk merancang sistem informasi manajemen Barbershop U3 Gontor. Sistem informasi manajemen ini dirancang untuk dapat mengatasi terjadinya perbedaan data nota dengan data excel yang menyebabkan kesalahan perekapan keuangan. Dalam sistem manajemen ini terdapat fitur laporan yang dapat mempermudah staff dalam merekap keuangan. Adapun dari metode perancangan sistem informasi manajemen menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) model waterfall yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu requirements, analysis, design, implementation, dan testing. Perancangan desain proses data menggunakan Use Case Diagram, flowchart, dan mockup . Perancangan databese menggunakan Data Flow Diagram (DFD) Level 1 dan Entity Relationship Diagram (ERD). Pada sistem ini dikembangkan menggunakan pemrograman bahasa PHP dengan framework Laravel dan database menggunakan MySQL. Sistem informasi manajemen ini diuji coba dengan menggunakan metode blackbox pada aplikasi Barbershop U3 Gontor. Hasil uji coba pada setiap halaman dan fungsi menunjukkan bahwa sistem dapat bekerja sesuai yang diharapkan dan hasil dari uji coba pengguna halaman home mendapatkan nilai rata-rata 4.48 sedangkan uji coba pengguna sistem informasi manajemen mendapatkan nilai rata-rata 4.40 dengan keseluruhan pada sistem ini mendapatkan predikat puas. Hasil dari penelitian ini menandakan bahwa adanya sistem informasi manajemen Barbershop U3 Gontor layak digunakan untuk mengelola data manajemen dan data transaksi agar dapat tercatat dengan rapi dan baik.
ANALISIS SENTIMEN KEBIJAKAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA SELAMA PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE Candra Bella Vista; Osa Mahanani Sihono; Annisa Taufika Firdausi
Jurnal Informatika Polinema Vol. 9 No. 3 (2023): Vol 9 No 3 (2023)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v9i3.1273

Abstract

Sebagai upaya memulihkan pembelajaran setelah pandemi covid-19, Kemendikbudristek mengeluarkan kebijakan memperbolehkan pembelajaran secara tatap muka di semester genap tahun ajaran 2022 secara terbatas. Keadaan tersebut tidak bertahan lama karena setelah kegiatan pembelajaran tatap muka dilaksanakan, angka covid naik kembali. Sehingga banyak opini pro dan kontra terkait pembelajaran tatap muka di tengah kenaikan kasus covid dan kemunculan berbagai varian virus covid. Twitter sebagai salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menyampaikan opini. Opini mengenai pembelajaran tatap muka selama pandemi covid-19, sempat menduduki trending topic di Indonesia dalam beberapa waktu. Hal ini membuka peluang untuk dilakukan analisis sentimen terkait pembelajaran tatap muka (ptm). Pada penelitian ini penulis melakukan analisis sentimen pada data Twitter terkait pembelajaran tatap muka (ptm) menggunakan metode Support Vector Machine (SVM) dan fitur TF-IDF untuk mengekstraksi sebuah data opini untuk melihat kencondongan kalimat tersebut bernilai positif, negatif, atau netral. Penerapan tahap preprosesing menggunakan cleaning, case folding, tokenzing, dan stopword removal. Pengujian dilakukan untuk mencari nilai akurasi, precision, recall, dan, f-measure berdasarkan rasio data latih dan data. Rasio yang digunakan sebagai perbandingan adalah 60:40, 70:30, 80:20, dan 90:10. Hasil pengujian menunjukkan bahwa menggunakan perbandingan data latih dan data uji 90:10 mendapatkan akurasi tertinggi sebesar 73%.
AUDIT SISTEM INFORMASI AKADEMI KEBIDANAN AR-RAHMA MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 M SAID ABDURROHMAN KUNTA MARDLIAN AMAN; Bambang Sugiantoro
Jurnal Informatika Polinema Vol. 9 No. 3 (2023): Vol 9 No 3 (2023)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v9i3.876

Abstract

Akademi Kebidanan Ar-Rahma adalah Perguruan Tinggi Swasta di Gempol Pasuruan Jawa Timur, memiliki Sistem Informasi Akademik atau SIAKAD yang memanfaatkan teknologi informasi dalam bidang akademik. Untuk mengukur Kualitas SIAKAD yang sudah ada maka dilakukan Audit Sistem Informasi Akademik AKBID Ar-Rahma Pasuruan menggunakan kerangka kerja COBIT 5. Dalam COBIT telah ada standar kerangka kerja domain berisi berbagai proses TI yang menunjukan kegiatan yang terkendali dan sistematis. Audit ini difokuskan pada domain DSS (Deliver, Service and Support) pada Framework COBIT 5. Hasil audit teknologi informasi AKBID Ar-Rahma menunjukan bahwa apability level existing pada proses control domain DSS secara menyeluruh terletak pada rentang level 0 (incompleted process) sampai level 1 (performed process), artinya Tata Kelola SIAKAD AKBID Ar-Rahma berada dalam penerapan untuk mencapai tujuan bisnisnya. Agar dapat meningkat pada level berikutnya maka Upaya yang harus diterapkan pada level target atau level 2 yaitu mengidentifikasi, mengawasi, mengelola semua aktivitas proses bisnis, dan meningkatkan berbagai level implementasi aktivitas level 1
IMPLEMENTASI VIRTUAL SEKOLAH UNTUK PROFIL SEKOLAH DENGAN MEMANFAATKAN KAMERA 360 DERAJAT Nico Yohanes Saputra Nico; Latipah
Jurnal Informatika Polinema Vol. 9 No. 3 (2023): Vol 9 No 3 (2023)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v9i3.1227

Abstract

Inovasi perkembangan teknologi yang semakin pesat, telah menghasilkan berbagai macam aplikasi yang mencakup Virtual tour. Meskipun sekarang ini sudah dimanfaatkan untuk memperkenalkan suatu lokasi, penggunaan aplikasi Virtual tour sebagai informasi dari profil sekolah di Indonesia masih terbilang sangat minim. Penelitian yang berjudul “Implementasi Virtual Sekolah untuk Profil Sekolah dengan Memanfaatkan Kamera 360 Derajat” ini bertujuan untuk membuat sebuah profil sekolah yang di dalamnya berisi informasi dari pihak institusi dengan konsep aplikasi virtual tour berbasis website yang dapat di tampilkan secara visual di SMPN 4 Sidoarjo, dengan pandangan 360 derajat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yaitu suatu metode yang menekankan pada 6 tahap pengembangan multimedia untuk membangun perangkat lunak multimedia. Terdapat 71 room scene, 197 hotspot marker dan 10 elemen pois dari beberapa lokasi pada institusi SMPN 4 Sidoarjo. Profil sekolah dapat diakses melalui website resmi SMPN 4 Sidoarjo demi memudahkan pengunjung untuk menampilkan informasi secara visual dari institusi SMPN 4 Sidoarjo.
ANALISIS SENTIMEN ULASAN PENGGUNA BSI MOBILE PADA GOOGLE PLAY DENGAN PENDEKATAN SUPERVISED LEARNING Amalia Anjani Arifiyanti; Nurisa Rahma Shantika; Anggy Oktaviana Syafira
Jurnal Informatika Polinema Vol. 9 No. 3 (2023): Vol 9 No 3 (2023)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v9i3.1003

Abstract

Ulasan pengguna merupakan salah satu bentuk timbal balik dari pengguna yang sepatutnya dianalisis oleh pihak pengembang agar dapat digunakan sebagai dasar pengembangan aplikasi. Analisis sentimen dari ulasan pengguna dapat menjadi salah satu cara untuk mengetahui sentimen pengguna terhadap aplikasi. Analisis aplikasi m-banking Bank Syariah Indonesia yaitu BSI Mobile dilakukan dengan pendekatan klasifikasi dengan menggunakan supervised machine learning. Pada penelitian ini, model klasifikasi yang dibuat dengan algoritma Multinomial Naïve Bayes menghasilkan hasil evaluasi terbaik dengan nilai ROC area sebesar 0,84%. Hasil ini mengungguli hasil evaluasi SVM, Decision Trees, dan KNN. Namun sayangnya model klasifikasi yang dihasikan ini kurang mampu dalam memprediksi sentimen negatif sehingga ke depannya perlu peningkatan performa model klasifikasi untuk memperbaiki akurasi prediksi.
PERBANDINGAN BERBAGAI METODE STEGANOGRAFI PADA CITRA DIGITAL Ratih Kartika Dewi; Rinaldi Munir
Jurnal Informatika Polinema Vol. 9 No. 3 (2023): Vol 9 No 3 (2023)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v9i3.1336

Abstract

Topik keamanan informasi selalu menarik untuk dibahas. Steganografi merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk meningkatkan keamanan informasi yang banyak dikembangkan saat ini serta memiliki tujuan menyembunyikan keberadaan pesan untuk menghindari kecurigaan dari pihak lain. Penyisipan pesan ke dalam media pembawa tidak membuat kualitas media pembawa itu berubah dan media yang telah disisipi pesan tidak dapat dibedakan secara kasat mata dengan media aslinya. Media digital yang banyak digunakan dalam steganografi saat ini adalah citra. Oleh karena itu, penelitian ini menyediakan perbandingan metode steganografi pada citra digital, sehingga diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai karakteristik citra setelah disisipi pesan menggunakan berbagai algoritma steganografi. Pada bagian akhir paper ini juga akan dibahas mengenai tantangan dan peluang penelitian lanjutan.
SISTEM MANAJEMEN AKUAKULTUR BIOFLOK MENGGUNAKAN LoRa BERBASIS IoT Mohamad Fathurahman; Zulhelman; Muhammad Arif Rahman
Jurnal Informatika Polinema Vol. 9 No. 3 (2023): Vol 9 No 3 (2023)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v9i3.1188

Abstract

Teknologi akuakultur bioflok merupakan metode menjaga kualitas air dalam budidaya ikan. Penjagaan kualitas air dilakukan dengan mengubah nitrogen anorganik menjadi nitrogen organik yang tidak bersifat toksik menggunakan bakteri. Bakteri ini dapat mengkonversi limbah organik menjadi kumpulan mikroorganisme berbentuk flok yang dimanfaatkan oleh ikan sebagai sumber makanan. Namun metode bioflok memerlukan pemantauan air secara teratur untuk menjaga kualitas air. Oleh karena itu pada penelitian ini dirancang bangun sebuah sistem yang dapat menjaga kualitas air pada kolam ikan bioflok berdasarkan suhu air, TDS air, dan pH air menggunakan komunikasi Long Range agar dapat memantau dan mengontrol kolam dari jarak jauh. Alat yang digunakan untuk komunikasi Long Range adalah LoRa RFM95W. Hasil pengujian pengiriman data menggunakan LoRa dalam keadaan LOS dapat diterima hingga jarak 300 meter dengan nilai RSSI adalah -100dBm. Semua sensor dapat bekerja dengan baik seperti sensor suhu air, TDS air, dan pH air yang dapat membaca perubahan nilai yang terjadi pada air kolam bioflok tiap waktu. Selain itu, pemberian pakan ikan secara otomatis dapat dilakukan sesuai jadwal yang ditentukan dengan bantuan modul RTC. Respon yang diberikan saat kondisi air tidak dalam batas normal juga dapat berjalan baik dengan menyalakan buzzer dan menampilkan notifikasi pada aplikasi.
PENGELOMPOKKAN KEPUASAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEDOIDS Akhmad Alfan Fauzi; Sri Lestanti; Zunita Wulansari
Jurnal Informatika Polinema Vol. 9 No. 3 (2023): Vol 9 No 3 (2023)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v9i3.1255

Abstract

MTs Darussalam Kademangan merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Kebiasaan siswa mulai berubah, tidak ada lagi bersosialisasi, bersenda gurau, berdiskusi, serta bekerja kelompok sesama siswa. Dengan adanya permasalahan tersebut, perlu dibuat kelompok – kelompok yang merupakan kualifikasi dari hasil evaluasi pembelajaran untuk memetakan hasil penilaian proses pembelajaran dengan menggunakan algoritma K-Medoids. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kepuasan siswa terhadap proses pembelajaran Daring di masa pandemi Covid-19. Sehingga metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Mendeskripsikan hal tersebut maka digunakan teknik survei. Teknik survei adalah suatu bentuk kegiatan yang sudah menjadi kelaziman bagi masyarakat ilmiah. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas 8 dan 9 MTS Darussalam Kademangan. Dan yang menjadi objek penelitian adalah mengetahui tingkat kepuasan terhadap pembelajaran Daring sebagai aktivitas proses pembelajaran sekolah bagi siswa Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan: 1. Pengelompokkan kepuasan siswa dalam pembelajaran daring menggunakan algoritma K-Medoids menghasilkan 5 cluster. Cluster yang terbentuk antara lain: 10 anggota berada pada cluster 0 dengan kategori sangat puas, 7 anggota berada pada cluster 1 dengan kategori puas, 17 anggota berada pada cluster 2 dengan kategori cukup puas, 67 anggota berada pada cluster 3 dengan kategori tidak puas, dan 91 anggota berada pada cluster 4 dengan kategori cukup puas.
PERANCANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DI MTS SUNAN KALIJOGO NGADRI Toni Hardian; Sri Lestanti; Sabitul Kirom
Jurnal Informatika Polinema Vol. 9 No. 3 (2023): Vol 9 No 3 (2023)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v9i3.1171

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak besar bagi pendidikan sehingga proses pembelajaran terkendala dan dilakukan secara daring. Dampak tersebut juga dirasakan oleh guru dan siswa di MTs Sunan Kalijogo Ngadri. Oleh karna itu, guru kesulitan melakukan pembelajaran dan siswa bosan dengan aplikasi E-Learning yang disediakan oleh Kemenag. Dengan adanya permasalahan tersebut, perlu dibuatkan aplikasi Learning Management System (LMS) yang dapat dengan mudah digunakan oleh para guru dan dapat meningkatkan motivasi para siswa dengan menggunakan metode R&D yang didukung oleh metode pengembangan software menggunakan model waterfall. Model waterfall terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Testing, dan Maintenance. Setelah dilakukan pengujian menggunakan pengujian black box tidak ada kendala pada aplikasi, dan tingkat kelayakan aplikasi yang diperoleh dari hasil persentase kuesioner para guru memiliki nilai persentase rata-rata sebesar 95,3%, siswa 87,8% dan pengujian ahli 84%. Dari hasil pengujian tersebut, aplikasi ini masuk kategori “Layak”. Aplikasi ini sangat membantu para guru dalam proses pembelajaran dengan tampilan yang mudah dijalankan dan memiliki fitur perangkingan kelas yang dapat dilihat oleh seluruh siswa di kelas, dengan adanya sistem perangkingan dapat meningkatkan daya kompetitif para siswa. Aplikasi ini sudah memenuhi aspek kelayakan berdasarkan pengujian aplikasi menggunakan black box, validasi guru, siswa dan ahli.
SISTEM KENDALI PENGANGGURAN DAN INFORMASI LOWONGAN KERJA PADA DINAS KETENAGAKERJAAN KABUPATEN MALANG Kadek Suarjuna; Muhammad Shulhan Khairy; As’ad Alfan Jauhari
Jurnal Informatika Polinema Vol. 9 No. 3 (2023): Vol 9 No 3 (2023)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v9i3.1278

Abstract

Perkembangan teknologi informasi pada saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hai ini berpengaruh terhadap kebutuhan sumber daya manusianya yang juga semakin meningkat. Akibatnya tingkat pengangguran saat ini semakin meningkat. Hampir sebagian besar perusahaan sekarang ini menggunakan sistem yang telah terkomputerisasi, yang otomatis menuntut seseorang untuk dapat menggunakan sistem tersebut dengan baik. Hal tersebut dapat mendorong terjadinya peningkatan kebutuhan seseorang untuk dengan cepat dan mudah mengajukan diri atau melamar ke suatu perusahaan atau instansi yang nantinya jika jumlah lamaran meningkat, perusahaan membutuhkan lebih banyak waktu untuk memilah lamaran mana yang telah memenuhi persyaratan perusahaan, karena perusahaan pastinya membutuhkan sistem manajemen yang baik. Oleh karena itu Sistem pengambil keputusan dengan memanfaatkan metode SAW (Simple Additive Weighting) untuk menentukan nilai dari tes lamaran pekerjaan dan metode Fuzzy Logic. perankingan pelamar. Jika suatu perusahaan menerima calon pekerjaan lebih dari satu, sistem dapat merekomendasikan peringkat calon pekerjaan dengan memberikan rekomendasi sesuai dengan hasil nilai Tes Potensi Akademik (TPA) di kalangan masyarakat.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 10 No. 2 (2024): Vol 10 No 2 (2024) Vol. 10 No. 1 (2023): Vol 10 No 1 (2023) Vol. 9 No. 4 (2023): Vol. 9 No. 4 (2023) Vol. 9 No. 3 (2023): Vol 9 No 3 (2023) Vol. 9 No. 2 (2023): Vol 9 No 2 (2023) Vol. 9 No. 1 (2022): Vol 9 No 1 (2022) Vol. 8 No. 4 (2022): Vol 8 No 4 (2022) Vol. 8 No. 3 (2022): Vol 8 No 3 (2022) Vol. 8 No. 2 (2022): Vol 8 No 2 (2022) Vol. 8 No. 1 (2021): Vol 8 No 1 (2021) Vol. 7 No. 4 (2021): Vol 7 No 4 (2021) Vol. 7 No. 3 (2021): Vol 7 No 3 (2021) Vol. 7 No. 2 (2021): Vol 7 No 2 (2021) Vol. 7 No. 1 (2020): Vol 7 No 1 (2020) Vol. 6 No. 4 (2020): Vol 6 No 4 (2020) Vol. 6 No. 3 (2020): Vol 6 No 3 (2020) Vol. 6 No. 2 (2020): Vol 6 No 2 (2020) Vol. 6 No. 1 (2019): Vol 6 No 1 (2019) Vol. 5 No. 4 (2019): Vol 5 No 4 (2019) Vol. 5 No. 3 (2019): Vol 5 No 3 (2019) Vol. 5 No. 2 (2019): Vol 5 No 2 (2019) Vol. 5 No. 1 (2018): Vol 5 No 1 (2018) Vol. 4 No. 4 (2018): Vol 4 No 4 (2018) Vol. 4 No. 3 (2018): Vol 4 No 3 (2018) Vol. 4 No. 2 (2018): Vol 4 No 2 (2018) Vol. 4 No. 1 (2017): Vol 4 No 1 (2017) Vol. 3 No. 4 (2017): Vol 3 No 4 (2017) Vol. 3 No. 3 (2017): Vol 3 No 3 (2017) Vol. 3 No. 2 (2017): Vol 3 No 2 (2017) Vol. 3 No. 1 (2016): Vol 3 No 1 (2016) Vol. 2 No. 4 (2016): Vol 2 No 4 (2016) Vol. 2 No. 3 (2016): Vol 2 No 3 (2016) Vol. 2 No. 2 (2016): Vol 2 No 2 (2016) Vol. 2 No. 1 (2015): Vol 2 No 1 (2015) Vol. 1 No. 4 (2015): Vol 1 No 4 (2015) Vol. 1 No. 3 (2015): Vol 1 No 3 (2015) Vol. 1 No. 2 (2015): Vol 1 No 2 (2015) Vol. 1 No. 1 (2014): Vol 1 No 1 (2014) More Issue