cover
Contact Name
Intan Maulina
Contact Email
intanmaulina1509@gmail.com
Phone
+6281377776163
Journal Mail Official
pengabdianpendidikanindo@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sugeng, Kompek Griya Makmur 7, No D29.
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Pengabdian Pendidikan Indonesia (PPI)
ISSN : 30263654     EISSN : -     DOI : 10.47709/ppi
Core Subject : Education,
Jurnal Pengabdian Pendidikan Indonesia (PPI) bertujuan untuk mempublikasikan hasil pengabdian di bidang pendidikan yang berfokus pada penerbitan artikel yang berkualitas dan bermanfaat bagi perkembangan pendidikan. Artikel yang diserahkan akan ditinjau oleh komite teknis Jurnal. Semua artikel yang dikirimkan harus berupa laporan asli atau hasil kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya, eksperimental atau teoritis, dan akan direview oleh reviewer. Artikel yang dikirim ke jurnal PPI tidak boleh dipublikasikan di tempat lain. Naskah harus mengikuti pedoman penulis yang disediakan oleh PPI dan harus ditinjau serta diedit sebelum dilakukan publikasi. PPI diterbitkan oleh Information Technology and Science (ITScience), sebuah Lembaga Penelitian di Medan, Sumatera Utara, Indonesia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 02 (2023): Artikel Riset Periode Desember 2023" : 10 Documents clear
Meningkatkan Kreativitas dan Kepercayaan Diri Siswa/i Sekolah Dasar Melalui Metode Fun Learning Resliana Hutahaean; Berlianti Berlianti; Rini Yanti Sinaga
Pengabdian Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 02 (2023): Artikel Riset Periode Desember 2023
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/ppi.v1i02.3003

Abstract

Pengembangan kreativitas sangat penting dikembangkan sejak usia dini karena kreativitas sangat berpengaruh sekali dalam pengembangan aspek-aspek perkembangan anak pada bangku Sekolah Dasar, apabila kreativitas anak tidak dikembangkan sejak dini maka kemampuan kecerdasan dan kelancaran dalam berfikir anak akan ikut berpengaruh juga. Sedangkan membangunkan kepercayaan diri pada sangat penting untuk dibangun dalam fase pertumbuhan dan perkembangan anak. Karena dengan cara ini, seorang anak bisa tampil lebih imajinatif,kreatif, bahagia, ceria dan empatik. Kedua sikap ini berperan sama penting seiring perkembangan dan pertumbuhan anak. Untuk mendukung dan menumbuhkan sikap ini bagi Siswa/i UPT SD Negeri 060938, maka dilaksanakan melalui metode Fun Learning dengan recreation group (kelompok rekreasi). Metode ini merupakan salah satu jenis kelompok dalam tahap penyelesain masalah pada social group work. Dalam kelompok rekreasi maka kelompok anak akan diberikan permainan dan edukasi yang mampu mengembangkan kedua sikap yang diharapkan dalam pengabdian ini. Tahapan pelaksanaanya sesuai dengan tahapan pertolongan yang pekerjaan sosial yang secara umum digunakan yaitu engagement (pendekatan), assessment, perencanaan, implementasi, evaluasi, dan terminasi. Pelaksanaan kegiatan ini diadakan dalam 4 bulan. Di akhir pelaksanaan program, siswa-siswi ini terus diupayakan mampu melanjutkan pengembangan kreativitas dan pengembangan diri sikap ini melalui kegiatan mereka selama di Sekolah Dasar.
Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa/i Sekolah Dasar Melalui Program Merdeka Belajar – Kampus Mengajar (MBKM) Piter H.D Tampubolon; Berlianti Berlianti
Pengabdian Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 02 (2023): Artikel Riset Periode Desember 2023
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/ppi.v1i02.3011

Abstract

Menciptakan generasi muda yang aktif, cerdas, dan kreatif, tentunya di perlukan generasi muda yang memiliki wawasan luas dan minat belajar yang tinggi. Peneliti merancang program Literasi berupa Pojok Baca untuk meningkatkan minat baca sisiwa/I dengan melakukan kegiatan yang menarik, juga lingkungan belajar yang produktif, nyaman, dan menyenangkan. Program literasi yang dilakukan berfokuskan dengan membuat sudut baca atau pojok baca yang menarik, agar siswa/siswi memiliki ketertarikan untuk membaca. Teknik pengumpulan data yang di pakai dalam penelitian ini menggunakan teknik Observasi. Metode yang dilaksanakan pada pengabdian ini menggunakan metode intervensi pada ranah Mezzo. Metode group work di gunakan sebagai bagian dari metode intervensi, karena dengan memanfaatkan kelompok sebagai metode terapi, membangun interaksi dan relasi, dan mengembangkan potensi individu – individu agar mampu mengatasi permasalahan di dalam kelompok. Dalam melaksanakan kegiatan ini melakukan tahapan-tahapan intervensi yang dilakukan, seperti: engagement (Pendekatan), Assesment, Perencanaan, Intervensi, Evaluasi, dan terminasi. Peneliti berinovasi untuk merancang suatu program sebagai bentuk pengabdian melalui Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang berguna untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan upaya meningkatkan minat baca siswa/I di SD 060937 Peneliti merancang program Literasi berupa Pojok Baca untuk meningkatkan minat baca sisiwa/I dengan melakukan kegiatan yang menarik, juga lingkungan belajar yang produktif, nyaman, dan menyenangkan. Dimana siswa/I sebelum memulai pembelajaran, siswa/I diajak untuk membaca buku yang mereka punya untuk siswa/I baca, lalu di rangkum dalam buku, serta di presentasikan apa yang telah mereka pelajari dari buku yang mereka baca.
Pengaruh Broken Home terhadap Akivitas Belajar Seorang Siswa Kelas VI SDN 064033 Parang II, Kwala Bekala Refy Tasya Br Sidebang; Fajar Utama Ritonga
Pengabdian Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 02 (2023): Artikel Riset Periode Desember 2023
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/ppi.v1i02.3012

Abstract

Keluarga merupakan lingkungan utama bagi perkembangan dan pembentukan pribadi seorang anak. Namun, fenomena broken home, di mana orang tua tidak tinggal bersama dalam satu rumah tangga, telah menjadi isu yang semakin memprihatinkan dalam masyarakat modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh keluarga broken home terhadap aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keluarga broken home memiliki pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa. Siswa yang berasal dari keluarga broken home cenderung menunjukkan tingkat aktivitas belajar yang lebih rendah dibandingkan dengan siswa dari keluarga utuh. Hal ini mungkin disebabkan oleh kurangnya dukungan emosional dan pengawasan yang akurat dari orang tua, serta perpecahan keluarga yang dapat memengaruhi konsentrasi dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa keterlibatan orang tua dalam mendukung aktivitas belajar siswa dapat mengurangi dampak negatif keluarga broken home. Orang tua yang tetap aktif dalam kehidupan pendidikan anak mereka dan memberikan dukungan emosional yang kuat dapat membantu siswa mengatasi tantangan yang muncul akibat situasi keluarga yang tidak stabil. Penemuan ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pengaruh keluarga broken home terhadap aktivitas belajar siswa dan implikasinya terhadap pendidikan. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar untuk pengembangan program intervensi yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa yang berasal dari keluarga broken home.
Penerapan Metode Belajar Fun Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN 060934 Medan Johor Yola Vingky Sitohang; Bengkel Ginting
Pengabdian Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 02 (2023): Artikel Riset Periode Desember 2023
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/ppi.v1i02.3016

Abstract

Prestasi siswa sangat dipengaruhi oleh motivasi dalam diri siswa, dimana motivasi yang tinggi dapat mendorong siswa untuk belajar dengan giat, mengatasi rintangan, dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sekolah yang menjadi tempat dilaksanakannya PKL yaitu SDN 060934 Medan Johor. Metode pembelajaran yang seringkali terkesan kaku dan monoton menyebabkan siswa SDN 060934 Medan Johor merasa jenuh saat belajar, dimana mempengaruhi kualitas belajar siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, praktikan menerapkan metode pembelajaran fun learning pada siswa SDN 060934 Medan Johor. Pembelajaran dengan metode fun learning mampu menciptakan pembelajaran yang hangat dan menyenangkan melalui elemen-elemen yang menarik selama proses pembelajaran, dimana dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Metode yang digunakan praktikan untuk melaksanakan program adalah metode Intervensi Groupwork oleh Zastrow, dimana dibagi ke dalam enam tahapan yaitu Intake/Engagement, Assesment, Perencanaan, Rencana Aksi dan Implementasi, Evaluasi, dan Terminasi. Implementasi pembelajaran menggunakan metode fun learning di SDN 060934 Medan Johor yaitu dengan cara (a) menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, (b) menggunakan media menarik dan interaktif, (c) menggunakan media menarik dan interaktif, (d) proyek aktif, (e ) menggunakan permainan edukatif, (f) memberi reward, (g) melibatkan wali kelas/guru.
Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa/i Sekolah Dasar Melalui Program Merdeka Belajar – Kampus Mengajar (MBKM) Piter H D Tampubolon; Berlianti Berlianti
Pengabdian Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 02 (2023): Artikel Riset Periode Desember 2023
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/ppi.v1i02.3017

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar perserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spriritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang di perlukan dirinya dan masyarakat. Untuk menciptakan generasi muda yang aktif, cerdas, dan kreatif, tentunya di perlukan generasi muda yang memiliki wawasan luas dan minat belajar yang tinggi. Peneliti merancang program Literasi berupa Pojok Baca untuk meningkatkan minat baca sisiwa/I dengan melakukan kegiatan yang menarik, juga lingkungan belajar yang produktif, nyaman, dan menyenangkan. Program literasi yang dilakukan berfokuskan dengan membuat sudut baca atau pojok baca yang menarik, agar siswa/siswi memiliki ketertarikan untuk membaca. Literasi adalah suatu kemampuan individu dalam mengolah dan memahami informasi ketika melakukan kegiatan membaca dan menulis. Dimana literasi merupakan kemampuan seseorang dalam membaca, menulis, berhitung serta memecahkan masalah dalam kehidupannya sehari-hari.  Dimana untuk meningkatkan minat baca siswa/I dengan melakukan Pojok Baca. Dengan memotivasi keinginan membaca siswa/I SD 060937 Medan Johor dengan menggunakan sudut kelas sebagai tempat yang nyaman, menyenangkan dan mudah di akses siswa/I SD 060937 untuk meningkatkan minat baca. Dengan kehadiran program yang di lakukan yaitu Pojok Baca siswa/I di SD 060937 memiliki antusias untuk membaca. Dengan akes untuk membaca yang mudah di temukan, lingkungan belajar yang nyaman, juga temapat untuk belajar yang menarik siswa/i. selain menciptakan Pojok Baca, penulis juga merancang program Literasi. Metode yang dilaksanakan pada pengabdian ini menggunakan metode intervensi pada ranah Mezzo. Metode group work di gunakan sebagai bagian dari metode intervensi, karena dengan memanfaatkan kelompok sebagai metode terapi, membangun interaksi dan relasi, dan mengembangkan potensi individu – individu agar mampu mengatasi permasalahan di dalam kelompok. Dalam melaksanakan kegiatan ini melakukan tahapan-tahapan intervensi yang dilakukan, seperti: engagement (Pendekatan), Assesment, Perencanaan, Intervensi, Evaluasi, dan terminasi.
Strategi Menciptakan Motivasi Siswa/i di SMP Negeri 40 Medan Melalui Program MBKM Putri Syahrani Adawiyah; Arief Marizki Purba; Hartati Sitepu
Pengabdian Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 02 (2023): Artikel Riset Periode Desember 2023
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/ppi.v1i02.3020

Abstract

Kampus Merdeka Program persiapan karier yang komprehensif untuk mempersiapkan generasi terbaik Indonesia Kampus Merdeka adalah bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang memberikan seluruh mahasiswa kesempatan untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai langkah persiapan karier. Rencana hidup adalahusaha-usaha yang dilakukan untuk mewujudkan rencana hidup yang diinginkandan mengupayakan hal-hal untuk dapat mengatasi kegagalan yang akan dihadapi.Perencanaan, sebagai salah satu strategi dalam memanajemen hidup, merupakansalah satu cara individu dalam mengendalikan dan mengatur hidupnya.
Gerakan Literasi di SDN 060936 Melalui Program Pojok Baca Egidya Oktarin; Hairani Siregar; Nurazizah Kaloko
Pengabdian Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 02 (2023): Artikel Riset Periode Desember 2023
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/ppi.v1i02.3021

Abstract

Literasi merupakan kemampuan dasar seseorang yang harus dikuasai dalam mengolah dan mencari informasi. Lingkungan literasi merupakan hal yang dibutuhkan peserta didik untuk menunjang lingkungan yang mendukung program atau pembiasaan literasi di sekolah. Penerapan pojok baca sendiri dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Pojok baca dapat menjadi awal terbentuknya lingkungan literasi di lingkungan sekolah khususnya di setiap kelas. Dalam menceritakan kembali siswa diarahkan untuk terampil dalam berbicara sekaligus melakukan apresiasi sastra. Metode yang dilaksanakan pada pengabdiaan ini menggunakan metode intervensi pada ranah mezzo. Metode group work ditetapkan sebagai bagian dari metode intervensi karena dengan memanfaatkan kelompok sebagai metode terapi, membangun interaksi dan relasi, dan mengembangkan potensi individu-individu agar mampu mengatasi permasalahannya melalui dan di dalam kelompok. Tahapan intervensi yang dilakukan seperti engagement (pendekatan), assessment, perencanaan, intervensi, evaluasi, dan terminasi. Teknik analisis yang digunakan adalah kualitatif deskriptif.Subjek pada kegiatan ini adalah siswa kelas V dan 4 di SDN 060936 Medan Johor. Pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan dengan pengaplikasian pojok baca dan pembimbingan menganalisis cerita serta menceritakan kembali. Hasil dari kegiatan pengabdian ini dapat menanamkan kepada siswa untuk menciptakan dan meningkatkan budaya membaca dan kebiasaan berbagai hal yang berhubungan dengan gemar membaca.
Perspektif Budaya Luar terhadap Suku Atoni/Dawan Irmina Pinem; Yessika Angelin Manurung; Cici Manik; Sintiya Br Ginting4; Murni Situmorang
Pengabdian Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 02 (2023): Artikel Riset Periode Desember 2023
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/ppi.v1i02.3128

Abstract

Pengabdian ini merupakan kegiatan wawancara yang dilakukan dengan penuh wawasan dengan Suster, seorang anggota Suku Dawan yang telah mewariskan budaya dan tradisi mereka dari generasi ke generasi. Dalam wawancara ini, Suster berbagi cerita dan pengalaman pribadi tentang adat istiadat, kepercayaan, serta nilai-nilai yang mendefinisikan Suku Dawan. Dalam wawancara ini Suster berbagi kisahnya tentang kepindahannya ke wilayah ini, tantangan yang dihadapinya selama proses adaptasi, serta bagaimana dia menjaga identitas budaya aslinya sambil mengintegrasikan diri ke dalam komunitas lokal serta cara berkontribusi pada keharmonisan sosial. Wawancara ini memberikan wawasan tentang pengalaman individu dari suku pendatang dan pentingnya dialog lintas budaya dalam masyarakat multikultural.
Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Canva dalam Pembuatan Media Pembelajaran kepada Guru Sekolah Dasar 035937 Tanjung Beringin Irmina Pinem; Maryanti Sitohang; Surtiati Handayani
Pengabdian Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 02 (2023): Artikel Riset Periode Desember 2023
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/ppi.v1i02.3254

Abstract

Proses pembelajaran dapat dilakukan antara lain melalui pengembangan media dan sumber belajar yang relevan dengan Kompetensi Dasar (KD), materi, dan karakteristik siswa. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat memotivasi peserta didik untuk aktif belajar, berpikir kreatif, dan bersikap kritis sejalan dengan tuntutat KD. Untuk itu, guru dituntut memiliki kemampuan mendesain dan memanfaatkan media pembelajaran yang tepat, efisien, dan menyenangkan, sehingga menarik minat dan motivasi siswa. Media yang menyajikan pesan dan informasi secara jelas dan dikemas secara menarik, akan berdampak pada peningkatan kualitas proses dan hasil belajar siswa
Pembelajaran Matematika yang Seru dan Menyenangkan dengan Metode Ice Breaking dan Mathmagic Tri Astindari; Dyan Yuliana; Irma Noervadila; Anisyah Aulia Masruro
Pengabdian Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 02 (2023): Artikel Riset Periode Desember 2023
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/ppi.v1i02.3289

Abstract

Sebagian besar peserta didik merasa bosan bahkan ada yang sampai tertidur di kelas karena merasa materi yang diberikan sulit dan membosankan. Selain itu, cara mengajar pendidik masih menggunakan metode konvensional yang hanya terpusat pada pendidik, sehingga peserta didik kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Agar tidak menjadi masalah (problem) yang berkelanjutan kepada adik-adik kelasnya nanti, maka perlu diberikan metode yang efektif dan sesuai. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang pembelajaran Matematika yang seru dan menyenangkan kepada peserta didik kelas X AKL 1 SMKN 2 Situbondo serta mengajarkan metode ice breaking dan mathmagic dalam bentuk permainan (game). Kegiatan ini dilaksanakan di ruang kelas X AKL 1 yang berlangsung selama 1 hari yaitu Sabtu, 10 Juni 2023 jam 09.00 WIB s/d selesai. Narasumber sebanyak 2 orang memberikan materi tentang strategi belajar matematika yang seru dan menyenangkan, serta pengenalan metode Ice Breaking dan mathmagic yang dapat diimplementasikan pada pelajaran Matematika di kelas X AKL 1. Hasil dari kegiatan ini yaitu meningkatkan pengetahuan dan pengalaman bagi peserta didik kelas X tentang metode yang efektif digunakan dalam pelajaran Matematika, sehingga kegiatan pembelajaran menjadi seru dan menyenangkan, serta dapat menghilangkan persepsi negatif peserta didik terhadap pelajaran Matematika.

Page 1 of 1 | Total Record : 10