cover
Contact Name
Muhammad Syamsussabri
Contact Email
jurnal.insanmulia@gmail.com
Phone
+6285205033979
Journal Mail Official
jurnal.insanmulia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Halmahera Raya, Kec. Selaparang, Kota Mataram, NTB, Indonesia 83124
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Journal of Science and Education Research
ISSN : -     EISSN : 28282361     DOI : https://doi.org/10.62759/jser
Journal of Science and Education Research (JSER) research paper in the field of all Education themes and all kinds of Science, Biological Science, Technology and Innovation, Environmental Studies, Climate Change, Agricultural, Rural Development, Urban Studies, etc.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2024): Journal of Science and Education Research" : 6 Documents clear
Analisis Peran Komunikasi Oraganisasi IPNU-IPPNU Ranting Jambangan Candi Sidoarjo Untuk Meningkatkan Kinerja Organisasi Abdullah Fahim; Wahyu Eko Pujianto
Journal of Science and Education Research Vol. 3 No. 1 (2024): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui peran komunikasi pada organisasi untuk meningkatkan kinerja organisasi pada IPNU-IPPNU Desa Jambangan di Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. Komunikasi dalam organisasi adalah proses penting untuk menghubungkan anggota organisasi satu sama lain. Komunikasi yang efektif dapat membantu anggota organisasi untuk memahami tugas dan tanggung jawabnya dengan lebih baik. Untuk Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif, yaitu suatu proses pengumpulan data deskriptif berupa data gejala hasil observasi atau wawancara yang dikumpulkan dalam bentuk dokumen, dan juga dokumentasi selama proses penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi organisasi mempunyai peran yang signifikan untuk meningkatkan kinerja organisasi IPNU-IPPNU Desa Jambangan, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo.
Analisis Pola Komunikasi IPNU-IPPNU di Desa Kesambi dalam Mengembangakan Organisasi Rizky Oktavian Ramadhan; Wahyu Eko Pujianto
Journal of Science and Education Research Vol. 3 No. 1 (2024): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Suatu komunikasi sangatlah penting bagi suatu organisasi. Kesuksesan organisasi sangat dipengaruhi oleh masing-masing individu yang mempunyai kapabilitas dan kompetensi serta kerjasama antar kader atrau anggota dalam organisasi. Sangatlah diperlukan sebuah komunikasi untuk menjalin kerjasama agar tercapai tujuan tersebut. Dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui tentang pola komunikasi dari sebuah organisasi kepemudaan yaitu IPNU/IPPNU Ranting Kesambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu wawancara dengan ketua IPNU Ranting Kesambi yaitu saudara Muwafiq serta observasi. Dari penelitian ini menghasilkan solusi dari sebuah permasalahan komunikasi yang terjadi di organisasi IPNU/IPPNU Ranting Kesambi, yaitu dengan cara suatu pendekatan yang dilakukan oleh para senior untuk menjalin sebuah keterikatan antar anggota dan juga dengan menambah waktu untuk berinteraksi satu sama lain agar tidak ada rasa kecanggungan antar kader.
Efektivitas Pelatihan Public Speaking dalam Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Berbicara di Depan Umum Lulu Nazma Lailatul Muchlis; Wahyu Eko Pujianto
Journal of Science and Education Research Vol. 3 No. 1 (2024): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Meningkatkan Soft skill mahasiswa merupakan investasi yang layak dilakukan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan public speaking yang dilaksanakan dalam meningkatkan keterampilan public speaking mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan public speaking yang dilaksanakan efektif dalam meningkatkan keterampilan public speaking Mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan ide, pemikiran atau informasi dengan baik, serta meningkatnya rasa percaya diri mahasiswa dalam berbicara di depan umum. Sebagai seseorang mahasiswa perlu untuk melakukan pengembangan diri dengan mengkuti pelatihan public speaking yang terdapat praktiknya, bukan hanya teori saja. Dengan memiliki public speaking yang baik, membuat seseorang mampu mengembangkan keterampilan berbicara dan meningkatkan kepercayaan diri. Hasil positif yang dicapai dalam menumbuhkan rasa percaya diri dan membentuk generasi berkarakter kuat menunjukkan potensi pengembangan lebih lanjut dan optimalisasi program pelatihan public speaking ini.
Peran Organisasi Mahasiswa Dalam Pembentukan Sikap Demokratis (Studi Kasus pada Organisasi HIMAMASDA) Aisya Ayuni Astutik; Wahyu Eko Pujianto
Journal of Science and Education Research Vol. 3 No. 1 (2024): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan bagaimana peran organisasi mahasiswa dalam pembentukan sikap demokratis. Sikap demokrasi didasarkan pada pengembangan pandangan demokrasi mahasiswa. peran organisasi Himpunan Mahasiswa Manajemen UNUSIDA atau biasa yang dikenal dengan HIMAMASDA, berkontribusi terhadap pembentukan sikap demokrastis dalam mendidik mahasiswa tentang nilai demokrasi dalam menjaga eksistensi bangsa. Dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian yang mencirikan atau menggambarkan item penelitian berdasarkan fakta yang nyata atau yang sebenarnya disebut penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah 1) bagaimana membentuk sikap demokratis melalui fungsi organisasi HIMAMASDA melalui musyawarah seluruh anggota organisasi mahasiswa. 2) Hambatan yang dirasakan oleh pengurus HIMAMASDA adalah masih adanya keterbatasan dana dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. 3) Penyelesaian hambatan memerlukan pelaksanaan penilaian rutin untuk mengukur efektivitas program yang telah ditetapkan dan, jika diperlukan, menerapkan langkah-langkah perbaikan. Hal ini akan menjamin bahwa program dilaksanakan sesuai rencana dan mencapai tujuan yang dimaksudkan.
Peningkatan Kinerja Organisasi untuk Menciptakan Kepemimpinan Tranformasional Melalui Ujian Kenaikan Tingkat Pada Organisasi Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa PAC Candi Khoirun Nisa; Wahyu Eko Pujianto
Journal of Science and Education Research Vol. 3 No. 1 (2024): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ujian kenaikan tingkat pada organisasi pencak silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa PAC Candi merupakan salah satu sarana untuk menciptakan kepemimpinan transformasional. Ujian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kemampuan dan kematangan anggota organisasi, serta membentuk jiwa kepemimpinan yang tangguh. Adapun sasaran dari ujian tingkat ini yaitu anggota Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa PAC Candi. Ujian tingkat ini dimulai dari UPS (Ujian Pengambilan Sabuk), lalu UKT (Ujian Kenaikan Tingkat) dari polos ke putih, dari putih ke kuning, dari kuning ke merah, dari merah ke biru, dari biru ke coklat, dan terakhir dari coklat ke hitam. Tentunya setiap tingkat memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Ujian yang dilakukan yaitu ujian tulis, ujian lisa, ujian fisik & mental, hafalan jurus, dan kegiatan keagamaan lainnya seperti tahlil dan mengaji serta materi kebangsaan, NU, dan Pagar Nusa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ujian kenaikan tingkat merupakan sarana yang efektif untuk meningkatkan kinerja organisasi dan menciptakan kepemimpinan transformasional. Peningkatan kinerja organisasi ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu ujian kenaikan tingkat yang memiliki tingkat kesulitan berbeda-beda yang dapat mengukur tingkat kemampuan dan kematangan anggota organisasi. Penyampaian materi organisasi tentang aswaja dan wawasan kebangsaan juga dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman anggota organisasi. Proses ujian yang melibatkan berbagai aspek seperti fisik, teknik, mental, dan spiritual, yang dapat membentuk anggota menjadi pribadi yang tangguh dan memiliki jiwa kepemimpinan.
Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Anggita Putri Mauliza; Ati Sukmawati; Pinton Setya Mustafa
Journal of Science and Education Research Vol. 3 No. 1 (2024): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan pelaksanaan kerjasama guru dan orang tua dalam membentuk sikap disiplin siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah (MI). Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada MIN 3 Kota Mataram kelas I. Pengumpulan data dari penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ragam bentuk kerjasama guru dan orang tua dalam membentuk kedisiplinan yang terdapat di MIN 3 Kota Mataram adalah membuat grup Whatsapp; mengadakan surat menyurat antara sekolah dan orang tua; dan melibatkan orang tua dalam perencanaan karakter disiplin. Selanjutnya, pelaksanaan hasil dari kerjasama tersebut melahirkan tata tertib beserta tindak lanjutnya, adanya kesadaran orang tua untuk peduli dengan sikap disiplin anaknya, sehingga memudahkan guru untuk mengontrolnya di kelas. Kesimpulkan dari penelitian ini yaitu telah terdapat ragam bentuk kerjasama guru dan orang tua untuk menumbuhkan kedisiplinan siswa kelas I. Hasil kerjasama tersebut memberikan dampak yang baik, dimana karakter disiplin pada anak kelas I MI dapat ditumbuhkan dengan optimal dari keterlibatan orang tua dan guru yang saling berkoordinasi dengan baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 6