cover
Contact Name
Muhammad Syamsussabri
Contact Email
jurnal.insanmulia@gmail.com
Phone
+6285205033979
Journal Mail Official
jurnal.insanmulia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Halmahera Raya, Kec. Selaparang, Kota Mataram, NTB, Indonesia 83124
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Journal of Science and Education Research
ISSN : -     EISSN : 28282361     DOI : https://doi.org/10.62759/jser
Journal of Science and Education Research (JSER) research paper in the field of all Education themes and all kinds of Science, Biological Science, Technology and Innovation, Environmental Studies, Climate Change, Agricultural, Rural Development, Urban Studies, etc.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 34 Documents
Kemampuan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui On The Job Training di MA NW Peseng Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Wahab Wahab
Journal of Science and Education Research Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan peningkatan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui on the job training di MA NW Peseng Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kepengawasan, yang dilakukan secara bertahap sampai mendapatkan hasil yang diharapkan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pada MA NW Peseng Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021 berjumlah 11 orang. Tindakan dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan (2x45’). Adapun alur penelitian tindakan kepengawasan adalah: perencanaan, tindakan, observasi kelas dan refleksi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan guru dengan menerapkan on the job training meningkat dan berpengaruh positif; (2) Peningkatan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dapat terlihat pada ketuntasan klasikal dan peningkatan hasil tes selama tiga siklus, yaitu pada siklus I sebesar 36,36% dan 68,53; pada siklus II sebesar 63,63% dan 71,78 dan pada siklus III sebesar 90,90% dan 76,53.
Hubungan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MIN Jelantik Suhirman Zohdi; Aenullael Mukarromah; Wiranda Bayu Aditama
Journal of Science and Education Research Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelajaran matematika adalah salah satu dari mata pelajaran yang dapat memberikan nilai-nilai yang terdapat di dalamnya. Mempelajari matematika dapat mempengaruhi emosi dalam diri peserta didik, hal ini dikarenakan peserta didik ada yang suka terhadap pelajaran matematika da nada pula yang tidak suka. Mempelajari matematika memberikan gambaran akan hubungan antara kecerdasan emosilan dengan hasil belajar matematika pada peserta didik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V MIN Jelantik.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto.  Uji prasyarat menggunakan uji normalitas. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi.  Penelitian ini menghasilkan perhitungan uji hipotesis regresi signifikan karena Fhitung>Ftabel yaitu 5.06   2.12 dengan sumbangan efektif (SE) sebesar 21,16%. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V MIN Jelantik.
Pendidikan dan Moral Pada Anak Usia Dini Aenullael Mukarromah
Journal of Science and Education Research Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan yang saat ini sedang kita laksanakan adalah bagian dari salah satu upaya untuk dapat menjadi pembawa perubahan perilaku anak agar dapat menjadi lebih baik, hal ini juga berkaitan pada cara mendidik moral bagi anak usia dini. Pendidikan moral yang diterapkan di sekolah harus benar-benar dilaksanakan dengan sungguh-sungguh agar dapat membangun generasi bangsa yang berkualitas. Guru di sekolah memiliki peranan yang besar agar dapat mewujudkan moral anak usia dini yang baik, walaupun pada dasarnya peran utama yang memiliki peran paling besar ada di tangan orang tua. Sekolah, masyarakat dan keluarga bertanggung jawab dalam mendidik anak-anak agar memiliki moral yang baik, cerdas dan tentunya pintar secara intelektual. Perkembangan moral pada anak dapat terlaksana secara langsung dengan mencoba dan peniruan yang baik agar mencapai hasil yang bagus.
Implementasi Strategi Active Learning dengan Metode Reading Aloud dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa SD Wiranda Bayu Aditama; Noviatul Widiani; Suhirman Zohdi; Aenullael Mukarromah
Journal of Science and Education Research Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Implementasi strategi active learning metode reading aloud bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak pada siswa kelas III SD. Data hasil penelitian melalui observasi diperoleh bahwa nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I yaitu, 38,5 dengan kriteria cukup aktif namun terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 48,5 dengan keriteria aktif. Data hasil belajar siswa melalui tes tulis pada siklus I dengan nilai rata-rata 79,16 dan siklus II adalah 83,47. Sedangkan skor ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I adalah 79,16%, dan siklus II adalah 87,5%. Adapun penelitian ini dinyatakan berhasil karena telah tercapainya indikator pembelajaran dan mencapai atau lebih dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selain itu, dapat disimpulkan ada peningkatan keterampilan menyimak siswa dengan menerapkan strategi active learning metode reading aloud siswa kelas III SD.
Analysis of Strengthening of Soil Subsidence on Land in Tanjung Priok Aco Wahyudi Efendi
Journal of Science and Education Research Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Land subsidence is land subsidence in a vertical direction with respect to a specific elevation reference surface, such as B. Mean Sea Level (MSL) or a reference ellipsoid area. Subsidence is a natural phenomenon that often occurs in built-up areas, such as large cities that sit on top of a layer of sediment. This analysis assesses the stability and integrity of the building and obtains parameters in unstable areas and it is hoped that data will be available that can represent the soil conditions and their relevance to development. Also information about the effects of changes in the field due to development, such as e.g. B. Ground stability, and awareness of the possibility of excessive ground subsidence which may adversely affect the structure of the building above. The results of the decrease from tests on geoelectric trajectories with loading according to the construction conditions gave a decrease value of 6.78-7.8 cm, with the largest stress analysis on the ground 1000-1200 kN/m2 in the deepest soil layer at an altitude of 1000- 1200kN/m2 is -20-25m. Chemichal (epoxy resin) reinforcement method can inhibit the subsidence rate by 0.20 meters against the subsidence analysis results of 0.24 meters. The reinforcement method using compaction grouting can inhibit the subsidence rate by 0.21 meters versus the subsidence analysis results of 0.24 meters.
Implementasi Quantum Learning Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas III Sekolah Dasar Wiranda Bayu Aditama; Suhirman Zohdi; Aenullael Mukarromah; Ahmad Mujaddid
Journal of Science and Education Research Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Implementasi Quantum Learning dilakukan dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas III di salah satu SD Kecamatan Cakranegara. Data hasil penelitian melalui observasi menunjukkan bahwa nilai rata-rata aktivitas siswa menulis karangan narasi pada siklus I 60 keriteria cukup aktif pada siklus II 70 dengan keriteria aktif dengan demikian ada peningkatan pada siklus II. Data hasil belajar siswa melalui tes tulis pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 57,1 dan siklus II adalah 85 hasil belajar juga mengalami peningkatan. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut dapat dikatakan mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata yang signifikan dari siklus I ke siklus II sebesar 27,9. Selain itu, skor ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I adalah 60%, dan siklus II adalah 85,7%. Ketuntasan belajar secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 45,7%. Penelitian tindakan kelas ini dinyatakan tuntas karena tercapainya seluruh indikator pembelajaran melebihi atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan menerapkan pembelajaran quantum learning siswa kelas III SD meningkat.
Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Aenullael Mukarromah; Meyyana Andriana
Journal of Science and Education Research Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah sebagai lingkungan mikrosistem memiliki pengaruh yang kuat pada subjek didik. Sekolah menjadi bentuk dari pendidikan formal. Peran guru sangatlah penting di lingkup pendidikan. Peranannya banyak diperlukan dalam mendidik, seorang guru ketika mengajar diharapkan dapat memberikan banyak andil kepada peserta didik. Pada realita yang ada ditunjukkan dan yang ada di lapangan memberikan gambaran bahwa bahwa dengan menggunakan media pembelajaran pada saat mengajar kepada peserta didik, mereka lebih memahami juga mengerti pelajaran yang diberikan oleh guru dengan sangat mudah. Guru akan mendapatkan kemudahan dalam mengajar apabila mampu menggunakan media pembelajaran yang berperan sebagai alat bantu ketika guru mengajar, karena fungsi dari media pembelajaran disamping sebagai alat bantu pengajaran juga menjadi salah satu dari cara bagi peserta didik agar lebih menjadi aktif. Namun tidak menutup kemungkinan jika ada sebagian guru yang tidak bisa membuat bahkan menggunakan media pembelajaran untuk mengajar sebagai alat bantu dalam mengajar peserta didik. Ada beberapa permasalahan yang mengakibatkan guru tidak bisa mengembangkan serta menggunakan media pembelajaran untuk mengajar. Penelitian ini menggunakan study library untuk mengumpulka teori dan sebagai jawaban pada pembahasan yang berkaitan tentang media pembelajaran.
Implementasi Model Inquiry Learning dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas IX MTs Al-Falah Pancordao Lombok Tengah NTB Sri Mariatun; Wahab Wahab
Journal of Science and Education Research Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi melalui implementasi inquiry learning model siswa kelas IX MTs Al-Falah Pancordao Lombok Tengah. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus melalui 4 prosedur, yaitu: (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil belajar Biologi dianalisis secara kuantitatif dengan memberikan nilai pada hasil belajar siswa. Data-data tersebut dianalisis mulai dari siklus satu dan siklus dua untuk dibandingkan dengan teknik deskriptif presentase. Hasil perhitungan dikonsultasikan dengan tabel kriteria deskriptif prosentase, yang dikelompokkan dalam 5 kategori, yaitu amat baik, baik, cukup, kurang, dan sangat kurang. Hasil observasi dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat, dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Kesimpulan menunjukkan bahwa dengan implementasi inquiry learning model terbukti dapat meningkatkan hasil belajar Biologi materi hukum pewarisan sifat Mendel pada siswa kelas IX MTs Al-Falah Pancordao. Hal tersebut ditandai dari ketercapaian indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas dan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar Biologi dari siklus I sebesar 67,90 dan 81,33 pada siklus II. Sedangkan untuk pencapaian ketuntasan belajar klasikal, siklus I sebesar 67,65% dan siklus II sebesar 90%. Aktifitas siswa dalam mengikuti pembelajaran juga terlihat semakin meningkat dari rata-rata sedang menjadi baik bahkan amat baik. Demikian juga aktifitas guru semakin meningkat yakni mampu mengelola proses pembelajaran Biologi lebih aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
Pengaruh Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Kelas 5 MIN 2 Lombok Tengah NTB Suhirman Zohdi; Aenullael Mukarromah; Wiranda Bayu Aditama; Ahmad Mujaddid
Journal of Science and Education Research Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Model pembelajaran IPA berbasis masalah (Problem Based Learning) dalam hasil penelitian diduga dapat mampu memberikan suatu stimulus kepada peserta didik untuk dapat meningkatkan kemampuan dalam berpikir kritis serta motivasi belajar mereka dalam suatu pembelajaran IPA. Model pembelajaran yang digunakan ini memberikan pandangan serta menghadapkan peserta didik pada permasalahan yang ada di dunia nyata sebagai bentuk dari sarana belajar bagi peserta didik agar dapat belajar dan mampu berpikir kritis apabila dihadapkan untuk dapat menyelesaikan suatu permasalahan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu pertama, agar dapat memberikan penjelasan tentang ada atau tidaknya suatu pengaruh pada model pembelajaran IPA yang berbasis masalah (problem based learning) terhadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Kedua, untuk dapat memberikan penjelasan terkait ada atau tidaknya pengaruh yang ditimbulkan pada penggunaan model pembelajaran IPA berbasis masalah (problem based learning) terhadap motivasi belajar peserta didik ketika pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Rancangan penelitian ini menggunakan quasy experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Populasinya adalah seluruh peserta didik di kelas V MIN 2 Lombok Tengah yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas VA dan kelas VB. Teknik pengambilan sampel dengan cara total sampling. Kelas eksperimennya adalah kelas V B dengan model pembelajaran problem based learning dan kelas V A kemudian sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan berupa tes, angket, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan uji independent sample t-test pada variabel kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai signifikansi 0,245 > 0,05 yang memiliki arti bahwa tidak adanya pengaruh yang ditimbulkan pada model pembelajaran IPA berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen (16,68) lebih tinggi dari pada kelas kontrol yang mencapai (14,91). Sedangkan hasil uji independent sample t-test pada variabel motivasi belajar diperoleh nilai signifikansi 0,716 > 0,05 yang artinya tidak ada pengaruh model pembelajaran IPA berbasis masalah terhadap motivasi belajar peserta didik dengan niali rata-rata pada kelas eksperimen (73,20) lebih tinggi dari kelas kontrol (72,29).
Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Matematika Melalui Supervisi Klinis Pada Madrasah Aliyah di Kecamatan Kopang Kab. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021 Wahab Wahab; Muhammad Syamsussabri
Journal of Science and Education Research Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan penerapan pendekatan konstruktivisme melalui supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi profesional guru Matematika pada Madrasah Aliyah di Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kepengawasan, yang dilakukan secara bertahap sampai mendapatkan hasil yang diharapkan. Subjek dalam penelitian ini adalah semua guru Matematika pada Madrasah Aliyah di Kecamatan Kopang Tahun Pelajaran 2020/2021, berjumlah 16 orang. Tindakan dilaksanakan dalam 3 siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan (2x45’). Adapun alur penelitian tindakan kepengawasan terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi kelas dan refleksi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa : Kompetensi profesional guru Matematika dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme melalui supervisi klinis meningkat dan berpengaruh positif. Peningkatan kompetensi profesional guru matematika terlihat pada peningkatan ketuntasan klasikal dan peningkatan hasil tes pada tiga siklus, yaitu siklus I sebesar 18,75% dan 65, 4; siklus II sebesar 56,25% dan 70,1; siklus III sebesar 93,75% dan 81,3. Kesimpulannya bahwa pendekatan konstruktivisme melalui supervise klinis dapat meningkatkan profesional guru matematika di Madrasah Aliyah di kecamatan Kopang, kabupaten Lombok Tengah.

Page 1 of 4 | Total Record : 34