cover
Contact Name
Arief Firman
Contact Email
elzuhairy@polteksmi.ac.id
Phone
+6282213133945
Journal Mail Official
econeur@polteksmi.ac.id
Editorial Address
Jl. Babakan Sirna 25, Kota Sukabumi 43132, Jawa Barat, Indonesia
Location
Kab. sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship)
Published by Politeknik Sukabumi
ISSN : -     EISSN : 26555441     DOI : -
Peer-review journal providing original research papers, case studies, and articles review in economy and bussines fields. The journal can be used as an authoritative source of scientific information for researchers, researcher academia or institution, industrial engineer, and government agencies. Paper topics of ECONEUR focused on economics including economics science, bussines, entrepreneurship, administration, public servant, human resources, etc.
Articles 33 Documents
Prosedur Pengelolaan Arsip Pada SMK Teknologi Al-Fath Di Kota Sukabumi Rusdi Irawan; Lia Liliawati
ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship) Vol 2, No 1 (2019): Volume 2 Nomor 1, Juni 2019
Publisher : ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengelolaan arsip SMK Teknologi Al-Fath Kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode, data primer yaitu data yang bersumber langsung dari perusahaan dengan cara menganalisis arsip masuk dan arsip keluar dari bulan Juli 2017 sampai dengan Juni 2018.
Dampak Covid-19 terhadap Sektor UMKM Indonesia serta Strategi Penanganan yang Tepat Guna Pemulihan Resesi Lena Agustin
ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship) Vol 10, No 1 (2023): Volume 10, Nomor 1, Juni 2023
Publisher : ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada berbagai industri diseluruh dunia pandemi Covid-19 berdampak sangat besar, termasuk di Indonesia. Dari berbagai sektor/bidang yang ada, yang terpapar dampak paling parah yaitu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dampak sekaligus perbandingan yang signifikan dengan kondisi bisnis sebelum dan sesudah dampak Covid-19, khususnya bagi UMKM. Kajian ini dilakukan dengan metode studi literatur yang menghasilkan pandemi Covid-19 berdampak terhadap berbagai sektor termasuk UMKM di Indonesia. Pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan kinerja disisi permintaan (konsumsi dan daya beli masyarakat), yang akibatnya berdampak pada sisi penawaran, yaitu PHK dan risiko pembekuan kredit bagi UMKM. Pemerintah melakukan berbagai kebijakan dan strategi pemulihan untuk melindungi usaha mikro, kecil, dan menengah dari keterpurukan akibat Covid-19. Selain pemerintah, pelaku ekonomi juga menerapkan strategi untuk bertahan ditengah pandemi. Salah satunya adalah penggunaan e-commerce, karena strategi ini memudahkan untuk memperluas kegiatan pemasaran.
PROSEDUR REKRUTMEN KARYAWAN PADA PT. CS2 POLA SEHAT BOGOR Ratih Hendra Ningsih
ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship) Vol 8, No 1 (2022): Volume 8 Nomor 1, Juni 2022
Publisher : ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rekrutmen adalah kegiatan untuk menarik sejumlah pelamar agar tertarik dan melamar ke perusahaan sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Prosedur Rekrutmen Karyawan, Kendala-kendala apa saja yang terjadi saat Rekrutmen Karyawan pada PT. CS2 Pola Sehat Bogor. Metode penelitian yang digunakan dalam proses penulisan Tugas Aakhir ini antara lain observasi, wawancara, dan studi pustaka. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa prosedur rekrutmen karyawan pada PT. CS2 Pola Sehat Bogor belum sesuai dengan apa yang diharapkan karena Berkas lamaran yang masuk ke HRD setelah publikasi lowongan pekerjaan cenderung sedikit dikarenakan publikasi yang tidak luas sehingga dalam seleksi administrasi HRD tidak memiliki banyak calon pegawai. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa adanya kendala dalam penarikan tenaga kerja, dikarenakan sulit mendapatkan calon karyawan yang sesuai dengan kriteria perusahaan dikarenakan hanya ada sedikit calon karyawan yang melamar. Kata Kunci: Prosedur, Rekrutmen
ANALISIS PRODUKSI TEH HITAM JENIS BOP DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA VIII GOALPARA KABUPATEN SUKABUMI Herny Nurhayati
ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship) Vol 4, No 1 (2020): Volume 4 Nomor 1, Juni 2020
Publisher : ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses Produksi adalah jantung dari perusahaan karena dari proses produksi dapat terciptanya suatu produk yang dihasilkan. Produk dapat dikatakan baik apabila memenuhi suatu kebutuhan dan keinginan pelanggan dan produk tersebut dapat diterima oleh pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses produksi teh hitam jenis BOP, kendala-kendala yang dihadapi selama proses produksi teh hitam jenis BOP, serta solusi yang akan dilakukan saat menghadapi kendala-kendala dalam proses produksi teh hitam jenis BOP. Dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode wawancara, metode studi kepustakaan, dan metode observasi. Kesimpulan dari penelitian PT. Perkebunan Nusantara VIII Goalpara Kabupaten Sukabumi telah melakukan proses produksi dengan efektif, namun masih terdapat beberapa kekurangan dalam pelaksanaannya, adapun kendala-kendala yang dihadapi antara lain pendapatan bahan baku yang semakin berkurang, terdapat banyak sampah pada saat proses produksi, dan adanya mesin yang macet dan rusak sehingga dapat menghambat waktu proses produksi. Dan solusi yang dapat dilakukan antara lain dilakukannya quality control pada bahan baku/pucuk teh, sampah diambil secara manual dan ada secara otomatis menggunakan alat, dan mesin sebelum digunakan dilakukan proses pengecekan terlebih dahulu.
Pengaruh Finantial Ratio Analysis Terhadap Kinerja Perusahaan PT Indofood Sukses Makmur Tahun 2013-2017 Nida Auliana Umami
ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship) Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 Nomor 1, Desember 2018
Publisher : ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan di PT Indofood Sukses Makmur, Tbk. Menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan sesuai dengan sumber data sekunder. Dianalisis menggunakan rasio keuangan yang terdiri dari rasio likuiditas, solvabilitas, dan rentabilitas.  Hasil penelitian mendapatkan bahwa faktor yang menyebabkan kinerja perusahaan naik ialah karena kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba (rentabilitas) sangat baik terutama dalam meningkatkan income dan net sales. Sedangkan, faktor yang menyebabkan kinerja perusahaan turun ialah karena terjadinya peningkatan terhadap operating ratio dalam perolehan laba pada tiap tahunnya.
Pengaruh Jumlah Simpanan dan Jumlah Pinjaman Anggota terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) pada Koperasi Pegawai Universitas Muhammadiyah Sukabumi Lena Agustin
ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship) Vol 9, No 2 (2022): Volume 9, Nomor 2, Desember 2022
Publisher : ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The government has expressly stipulated that within the framework of national development, cooperatives must become the backbone and vessel for the people’s economy, this government policy is in accordance with the contents of the 1945 Constitution article 33 paragraph 1 which states that the economy is structured as a joint venture based on the principle of kinship. This study aims to determine the effect of the amount of saving and the number of loans of members on the remaining result of operations at the Muhammadiyah University of Sukabumi Employee Cooperative from 2008 to 2010. The variables used in this study are the amount of loans as independent variables and the residual income business as the Dependent Variable. The method used in descriptive associative method based on the analysis that has been done, the result is that partially saving and Loans have an effect on remaining operating result. And testing simultaneously using the ftest then found the result, namely Fcount 91,634 > Ftable 3.30. then HO is accepted. Which means that the independent variables in this case Savings and Loans jointly have an influence on the Remaining Result of Operations at the Muhammadiyah University of Sukabumi Employee Cooperative.
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA PT. PLN (PERSERO) AREA SUKABUMI – RAYON SUKABUMI KOTA Rudi Afriyadi; Putri Rahma Anggreyany
ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship) Vol 6, No 1 (2021): Volume 6 Nomor 1, Juni 2021
Publisher : ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di PT. PLN (Persero) Rayon Sukabumi Kota – Area Sukabumi. PT PLN (Persero) merupakan perusahaan listrik Negara yang mengelola tenaga listrik untuk disalurkan kepada masyarakat di Indonesia. Perusahaan ini menyediakan layanan pasang baru, perubahan daya, migrasi listrik prabayar, penyambungan kembali dan pengaduan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan di PT. PLN (Persero) Rayon Sukabumi Kota – Area Sukabumi dengan memperhatikan lima dimensi yaitu tangible, empathy, reliability, responsiveness, dan assurance. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang tercatat di PT. PLN (Persero) Rayon Sukabumi Kota – Area Sukabumi dengan total jumlah pelanggan 140.214 orang dan sampel yang digunakan adalah 100 orang.Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa dari kelima dimensi yang terdiri dari tangible, empathy, reliability, responsiveness, dan assurance memperoleh nilai rata-rata diatas 3.00 yang artinya kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT. PLN (Persero) Area Sukabumi – Rayon Sukabumi Kota sudah cukup baik. Dimensi dari kualitas pelayanan yang memiliki nilai rata-rata paling tinggi adalah dimensi tangible, sedangkan untuk dimensi dengan nilai rata-rata terendah adalah dimensi empathy.
Analisis Perbandingan Penjualan dengan Laba Bersih pada Waserda Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Warga Husada Dinas Kesehatan Kota Sukabumi Herny Nurhayati
ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship) Vol 2, No 1 (2019): Volume 2 Nomor 1, Juni 2019
Publisher : ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk mengetahui analisis laporan keuangan selama 5 tahun yaitu tahun 2014 sampai dengan 2018 dengan menggunakan data penjualan dan laba bersih pada waserda KPRI Warga Husada Dinas Kesehatan Kota Sukabumi. Hasil yang dapat diketahui bahwa penjulan tertinggi terjadi pada tahun 2016 sebesar Rp. 263.368.292,- dan penjualan terendah sebesar Rp. 66.927.300,- pada tahun 2018. Laba tertinggi terjadi pada tahun 2015 yaitu sebesar Rp. 26.028.823,-, sedangkan pada tahun 2018 mengalami profit loss sebesar Rp 23.270.591,-. Perbandingan penjualan dengan laba bersih selama 5 tahun yaitu -15,8 % dengan rata-rata pertahun sebesar -3,16 %, sehingga dapat kita ketahui rasio perbandingan penjualan dengan laba bersih selama 5 tahun sebesar -4 % dan rata-rata pertahun sebesar 0.8 %.
Pengaruh Penerapan Good corporate governance Terhadap Nilai Perusahaan: Sebuah Literatur Review Widy Muchamad; Lena Agustin
ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship) Vol 10, No 1 (2023): Volume 10, Nomor 1, Juni 2023
Publisher : ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to analyze the effect of good corporate governance (GCG) on company value through a literature review using a literature search in several electronic sources, including Google Scholar, Scopus, ScienceDirect and ACM Digital Library. Data obtained from 11 available studies (full text) published starting from 2018-2023. The results of the literature review show that the implementation of good corporate governance (GCG) partially and simultaneously has an influence on firm value. 
PROSEDUR PENANGANAN KELUHAN DAN GANGGUAN PELANGGAN PADA PT. PLN (PERSERO) RAYON SUKARAJA SUKABUMI JAWA BARAT lia liliawati
ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship) Vol 8, No 1 (2022): Volume 8 Nomor 1, Juni 2022
Publisher : ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. PLN (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT. PLN (Persero) merupakan satu-satunya perusahaan yang memberikan pelayanan berupa penyediaan jasa tenaga listrik kepada pelanggan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur penangan keluhan pelanggan, apa saja kendala yang dialami dalam penanganan keluhan dan gangguan pelanggan, dan untuk mengetahui solusi apa yang dilakukan dalam menangani kendala yang dihadapi. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tipe deskriptif dan kualitatif yaitu dengan cara pengumpulan data observasi, wawancara secara langsung dan dokumentasi, serta dilengkapi dengan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa prosedur penanganan keluhan dan gangguan pelanggan PT. PLN (Persero) Rayon Sukaraja terdapat beberapa proses yang harus dilewati agar sesuai dengan prosedur adapun proses yang tidak sesuai prosedur atau waktu yang telah ditetapkan serta persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemohon. Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa dalam melaksanakan prosedur penanganan keluhan dan gangguan pelanggan pada PT. PLN (Persero) Rayon Sukaraja tidak selalu berjalan dengan lancar ada beberapa kendala baik dari pihak instansi maupun pemohon. Kata Kunci : Prosedur Penanganan Keluhan dan Gangguan 

Page 1 of 4 | Total Record : 33