cover
Contact Name
Arief Firman
Contact Email
elzuhairy@polteksmi.ac.id
Phone
+6282213133945
Journal Mail Official
econeur@polteksmi.ac.id
Editorial Address
Jl. Babakan Sirna 25, Kota Sukabumi 43132, Jawa Barat, Indonesia
Location
Kab. sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship)
Published by Politeknik Sukabumi
ISSN : -     EISSN : 26555441     DOI : -
Peer-review journal providing original research papers, case studies, and articles review in economy and bussines fields. The journal can be used as an authoritative source of scientific information for researchers, researcher academia or institution, industrial engineer, and government agencies. Paper topics of ECONEUR focused on economics including economics science, bussines, entrepreneurship, administration, public servant, human resources, etc.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2023): Volume 10, Nomor 1, Juni 2023" : 5 Documents clear
Dampak Covid-19 terhadap Sektor UMKM Indonesia serta Strategi Penanganan yang Tepat Guna Pemulihan Resesi Lena Agustin
ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship) Vol 10, No 1 (2023): Volume 10, Nomor 1, Juni 2023
Publisher : ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada berbagai industri diseluruh dunia pandemi Covid-19 berdampak sangat besar, termasuk di Indonesia. Dari berbagai sektor/bidang yang ada, yang terpapar dampak paling parah yaitu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dampak sekaligus perbandingan yang signifikan dengan kondisi bisnis sebelum dan sesudah dampak Covid-19, khususnya bagi UMKM. Kajian ini dilakukan dengan metode studi literatur yang menghasilkan pandemi Covid-19 berdampak terhadap berbagai sektor termasuk UMKM di Indonesia. Pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan kinerja disisi permintaan (konsumsi dan daya beli masyarakat), yang akibatnya berdampak pada sisi penawaran, yaitu PHK dan risiko pembekuan kredit bagi UMKM. Pemerintah melakukan berbagai kebijakan dan strategi pemulihan untuk melindungi usaha mikro, kecil, dan menengah dari keterpurukan akibat Covid-19. Selain pemerintah, pelaku ekonomi juga menerapkan strategi untuk bertahan ditengah pandemi. Salah satunya adalah penggunaan e-commerce, karena strategi ini memudahkan untuk memperluas kegiatan pemasaran.
Pengaruh Penerapan Good corporate governance Terhadap Nilai Perusahaan: Sebuah Literatur Review Widy Muchamad; Lena Agustin
ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship) Vol 10, No 1 (2023): Volume 10, Nomor 1, Juni 2023
Publisher : ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to analyze the effect of good corporate governance (GCG) on company value through a literature review using a literature search in several electronic sources, including Google Scholar, Scopus, ScienceDirect and ACM Digital Library. Data obtained from 11 available studies (full text) published starting from 2018-2023. The results of the literature review show that the implementation of good corporate governance (GCG) partially and simultaneously has an influence on firm value. 
Analisa Pengaruh Pengunjung E-Commerce dan Transaksi E-Money Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Sri Farida Utami; Mohamad Alif Dzikry
ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship) Vol 10, No 1 (2023): Volume 10, Nomor 1, Juni 2023
Publisher : ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan melakukan analisis pengaruh pengunjung E-Commerce dan transaksi e-money terhadap pertumbuhan ekonomi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, menggunakan data sekunder dalam bentuk time series sejak tahun 2020 – 2021, jumlah data sebanyak 8 data diperoleh dari publikasi website Bank Indonesia, Badan Pusat Statistika dan Similarweb. Pengolahan data diiuji dengan aplikasi statistik melalui uji normalitas, heteroskedasatisitas, autokorelasi, regresi linier, korelasi pearson, korelasi pearson, koefisien determinasi, uji t dan uji f. 
Penerapan Strategi Segmenting, Targeting, dan Positioning Dalam Memasarkan Ayam Broiler Pada PT. Sarana Indonesia Maju Cabang Cianjur Reynold Gustaf; Elfa Nurmala
ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship) Vol 10, No 1 (2023): Volume 10, Nomor 1, Juni 2023
Publisher : ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Strategi pemasaran di sebuah perusahaan memegang peranan yang sangat penting. Tujuan dari strategi pemasaran adalah untuk menentukan dan dengan tujuan organisasi serta mengimplementasikan misinya. Salah satu strategi yang sering digunakan adalah strategi Segmenting, Targeting dan Positioning (STP). Strategi segmenting yang diterapkan oleh PT. Sarana Indonesia Maju Cabang Cianjur yaitu strategi penguasaan wilayah yaitu dengan cara membuka 12 (dua belas) kandang di wilayah Cianjur Selatan dan 1 Kandang di Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur, serta mengelompokkan konsumen ke dalam empat variabel yaitu variabel geografis, demografis, psikografis dan perilaku. Strategi targeting yang diterapkan oleh PT. Sarana Indonesia Maju Cabang Cianjur yaitu menggunakan strategi penetapan sasaran terkonsentrasi (Concentrated Targeting Strategy), PT. Sarana Indonesia Maju Cabang Cianjur hanya memusatkan pada satu kelompok pembeli saja yaitu broker. Strategi positioning yang diterapkan oleh PT. Sarana Indonesia Maju Cabang Cianjur yaitu menggunakan tiga elemen diantaranya harga, kualitas dan layanan.
Saluran Distribusi Pakcoy Pada Puspa Agro Farm Sukabumi Agis Meisa Shafarah; Ratih Hendraningsih
ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship) Vol 10, No 1 (2023): Volume 10, Nomor 1, Juni 2023
Publisher : ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the distribution channel used by Puspa Agro Farm. The research method used is descriptive method, namely analysis that aims to describe or describe an object of research through data that has been collected and then described and arranged into a format that is easier to understand. Then there were several obstacles that occurred in the distribution so this research was carried out. The conclusion of the research shows that Puspa Agro Farm uses three distribution channels namely, level zero distribution channels, first level distribution channels. Where the distribution channel is applied to help companies optimize market control. The zero-level distribution channel is implemented as an effort by the company to optimize its resources to satisfy customers who come directly to the plantations. The company's second- and second-tier channels reach a wider market to work with retailers, supermarkets and other wholesalers.

Page 1 of 1 | Total Record : 5