cover
Contact Name
Alhidayatullah
Contact Email
alhidayatullah@ummi.ac.id
Phone
+62082114290902
Journal Mail Official
jurnalsurya@ummi.ac.id
Editorial Address
Jl. R. Syamsudin, SH. No 50. Kota Sukabumi
Location
Kab. sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
Surya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 25484397     DOI : https://doi.org/10.37150/jsu.v4i2
Surya : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (eISSN: 2548-4397, pISSN: 2460-576X ) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) sejak tahun 2016, dan terbit dua kali dalam setahun, bulan Mei dan November. Jurnal ini menerbitkan tulisan hasil penelitian dengan fokus pada bidang Pengabdian kepada Masyarakat. Setiap naskah yang diterbitkan di Surya : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat melewati proses peer review dengan sistem double blind review, artinya penulis tidak mengetahui siapa yang menilai naskahnya dan reviewer tidak mengetahui siapa penulis naskah tersebut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Surya Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dari segala rumpun ilmu (Multidisiplin).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 39 Documents
PELATIHAN KEORGANISASIAN MUHAMMADIYAH BAGI PENGURUS PCM DAN PCA DI KECAMATAN GEGERBITUNG DAN SUKARAJA ojsnew
Jurnal Surya Vol 1 No 1 (2015): Jurnal Seri Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37150/jsu.v1i1.2

Abstract

Muhammadiyah and 'Aisyiyah are similar Islamic organization, both as religious movement is static and as social stewardness movement is dynamics. Muhammadiyah statement is "The main ideas could be the best implementation and successful with organized movement. Organization is best way to struggle as well as possible". Based on the statement, there is an important thing to give the training of organization for Muhammadiyah and 'Aisyiyah Community. The training is to improve how to run the organization well and make community know better about Muhammadiyah's spirit and movement as well as possible base on AD/ART. In this case, the training did for Muhammadiyah and 'Aisyiyah Community in Geger Bitung and Sukaraja. It could be affect Muhammadiyah and 'Aisyiyah in Sukabumi better in the future.
IbM KAMPUNG BUDAYA DI DESA SUKAMAJU ojsnew
Jurnal Surya Vol 1 No 1 (2015): Jurnal Seri Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37150/jsu.v1i1.3

Abstract

IbM Kampung Budaya berlokasi di Kampung Lembur Tengah, Dusun Sukamaju dan Lebaksiuh, Desa Sukamaju Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah lemahnya kemampuan berbahasa Inggris, tidak memiliki kemampuan pengelolaan pariwisata dan tidak memiliki pengetahuan pemanfaatan Website untuk promosi. Metode pemecahan masalah yang dihadapi oleh mitra ini adalah dengan memberikan pelatihan Bahasa Inggris, pelatihan manajemen pariwisata dan pelatihan dan workshop pembuatan website. Hasil dari kegiatan IbM adalah masyarakat pengelola kampung budaya terampil berbahasa Inggris, tersusunnya paket-paket wisata, dan terbentuknnya website untuk promosi Kampung Budaya dengan alamat www.kampungbudayasukabumi.com.
IBM AIR BERSIH DI DESA SIRNARASA ojsnew
Jurnal Surya Vol 1 No 1 (2015): Jurnal Seri Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37150/jsu.v1i1.4

Abstract

IbM Air Bersih ini berlokasi di Desa Adat Sirnarasa Kecamatan Cikakak, KabupatenSukabumi. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah kurang sadar akan pentingnya penggunaan air bersih yang memenuhi standar untuk konsumsi dan kebutuhan sehari-hari. Mitra tidak memiliki pengetahuan pembuatan instalasi penyaringan air sederhana untuk mendapatkan air bersih layak pakai. Metode penyaringan yang digunakan adalah Metode Gravity Fed Filtering System. Metode pemecahan masalah yang dihadapi oleh mitra ini adalah dengan memberikan penyuluhan, pelatihan pembuatan instalasi penyaringan air model Gravity Fed Filtering System. Hasil dari kegiatan ini diharapkan sebagian besar masyarakat Desa Sirnarasa bisa mendapatkan air bersih yang layak untuk kebutuhan sehari-hari mereka
MENGEMBANGKAN POTENSI WIRAUSAHA SISWA SMK 2 MUHAMMADIYAH MELALUI PENGELOLAAN BUSINESS CENTER ojsnew
Jurnal Surya Vol 1 No 1 (2015): Jurnal Seri Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37150/jsu.v1i1.5

Abstract

Makalah ini berisi tentang upaya mengembangkan potensi wirausaha siswa di SMK 2 Muhammadiyah Cibadak melalui pembentukan dan pengelolaan business center. Business Center yang dimaksud merupakan wadah praktik siswa dalam pemasaran. Program ini meliputi pembentukan Business Centre tahap awal ditandai dengan terbentuknya kantin, serta pengelolaannya dimulai dari pelatihan workshop IT, pelatihan pembuatan proposal anggaran, produksi dan pemasaran produk unggulan hasil karya siswa, serta pengelolaan kantin melalui pelatihan administrasi (pembukuan). Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini diantaranya: 1) terbentuknya jiwa wirausaha siswa yang terlihat melalui terciptanya produk unggulan sekolah yang dihasilkan, yaitu jamur crispy dan keripik singkong; 2) terlatihnya siswa dalam administrasi pembukuan kantin, dan 3) terkelolanya business center dengan baik.
PHBD PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PANEN PADI PADA SAWAH RAWAN KEKERINGAN ojsnew
Jurnal Surya Vol 1 No 1 (2015): Jurnal Seri Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37150/jsu.v1i1.6

Abstract

Desa Tanjung Sari Kecamtan Jampang Tengah Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu wilayah yang senantiasa terancam kekeringan setiap musim kemarau datang. Kondisi ini diperparah dengan penggunaan bahan kimia dalam aktivitas pertanian seperti pupuk kimia dan pestisida yang terus meningkat. Akibat yang mulai terasa dari aktivitas pertanian yang kurang ramah tersebut adalah menurunnya produktivitas hasil panen padi setiap tahunnya. Kerugian petani semakin besar dengan semakin meningkatnya harga pupuk kimia. Tujuan dari pengabdian ini melalui Program Hibah Bina Desa Tahun 2013 adalah meningkatkan kemampuan teknis petani melalui metode SRI (System of Rice Intencification) dan pertanian organik untuk meningkatkan produktivitas hasil panen padi di Desa Tanjung Sari Jampang Tengah Sukabumi. Dalam merealisasikan tujuan tersebut dibuat program pembinaan dan pelatihan yang terdiri dari sosialisasi kegiatan, Workshop SRI dan pengelolaan pasca panen. Setelah itu dilanjutkan dengan praktek melalui program sekolah lapang dengan materi teknik pengolahan lahan yang baik dan benar, pembuatan MOL (Mikro Organisme Lokal), pembuatan kompos, pembibitan SRI dan penanamannya, pengenalan jenis pestisida nabati dan cara penggunaannya, serta manfaat melakukan pertanian organik. Dari program ini didapat peningkatan hasil panen padi pada sistem SRI sebesar 20 % dari sebelumnya (sistem konvensional). Kemampuan teknis petani dalam pertanian sistem SRI-Organik telah mampu mengatasi kekurangan pupuk, air, serta menekan penggunaan pestisida.
PENGUATAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMP MUHAMMADIYAH 3 KADUDAMPIT ojsnew
Jurnal Surya Vol 1 No 1 (2015): Jurnal Seri Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37150/jsu.v1i1.7

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pogram Pengabdian Masyarakat (PPM) ini adalah: 1 ) meningkatkan pemahaman guru tentang implementasi kurikulum 2013, 2) meningkatkan pemahaman guru tentang implementasi pendekatan saintifik, 3) melatih guru mengembangkan perangkat pembelajaran dengan mengimplementasikan kurikulum 2013 dan 4) melatih guru mengembangkan instrumen penilaian berdasarkan kurikulum 2013. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi empat tahap, yaitu: perencanaan program, pelaksanaan program, observasi dan evaluasi. Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 10 orang guru SMP Muhammadiyah Cipetir. Berdasarkan data yang diperoleh dari kegiatan evaluasi kegiatan yang dilakukan diperoleh informasi bahwa terdapat peningkatan pemahaman guru tentang konsep kurikulum 2013 dan pendekatan saintifik. Selain itu kemampuan guru mengembangkan perangkat pembelajaran dan alat evaluasi berdasarkan kurikulum 2013 menjadi meningkat.
PEMBINAAN TK 'AISYIYAH DI KABUPATEN SUKABUMI ojsnew
Jurnal Surya Vol 1 No 1 (2015): Jurnal Seri Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37150/jsu.v1i1.8

Abstract

TK 'Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA) di Kabupaten Sukabumi memiliki permasalahan yang hampir sama yakni kurang memiliki daya saing, kurangnya tata administrasi yang baik, serta kurangnya pemahaman guru terhadap pengembangan media pembelajaran Anak Usia Dini. Tujuan kegiatan ini adalah untuk ; 1) Menguatkan dan memberdayakan sekolah melalui penerapan program MBS (Manajemen Berbasis Sekolah), 2) Melaksanakan promosi terintegrasi sekolah,3) Memberikan pelatihan berupa pembuatan Alat Permainan Edukatif sesuai dengan Kurikulum dan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini/TK „'Aisyiyah Bustanul Athfal. Sasaran kegiatan adalah pengelola 3 TK ABA yang berlokasi di Kecamatan Kadudampit, Sukaraja, dan Lengkong. Metode yang digunakan berupa penyampaian materi, tanya jawab dan diskusi, workshop dalam kelompok kecil, pelatihan pembuatan Alat Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini (AUD). Hasil yang didapatkan adalah terlaksananya program Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), program promosi terintegrasi sekolah serta meningkatnya pemahaman guru-guru terhadap pembuatan Alat Permainan Edukatif bagi Anak Usia Dini. Kegiatan ini mendapatkan apresiasi yang baik dari pihak sekolah TK ABA dan guru-gurunya serta memiliki makna strategis berkaitan dengan peningkatan kualitas TK ABA di Kabupaten Sukabumi.
PROGRAM PENGUATAN CABANG DAN RANTING MUHAMMADIYAH DI SUKABUMI ojsnew
Jurnal Surya Vol 1 No 1 (2015): Jurnal Seri Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37150/jsu.v1i1.9

Abstract

Kegiatan ini merupakan implementasi kerjasama program dengan Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting (LPCR) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dengan perguruan tinggi, dalam hal ini program diadaptasi oleh Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) dan Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) di Desa Sukamaju dalam hal pengelolaan administrasi dan organisasi secara terpadu. Sasaran kegiatan adalah pengurus PCM dan PRM di 3 dusun di Desa Sukamaju Kecamatan Kadudampit. Metode pelaksanaan program dengan menggunakan teknik ceramah, tanya jawab dan diskusi serta pelatihan. Hasil yang diperoleh adalah ; 1) unsur Pimpinan PCM dan PRM beserta anggotanya lebih paham tata cara berorganisasi di Muhammadiyah, 2) meningkatnya kemampuan PCM dan PRM dalam mengelola arsip dan administrasi organisasi Muhammadiyah sesuai pedoman di Muhammadiyah, serta 3) terselenggaranya pendampingan pelatihan dalam melaksanakan Musyawarah Cabang dan Ranting sebagai dasar pelaksanaan kegiatan tersebut selanjutnya. Pelaksanaan kegiatan ini memiliki arti yang strategis bagi PCM dan PRM, mahasiswa peserta KKN, tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat UMMI dalam melaksanakan kegiatan pengembangan cabang dan ranting Muhammadiyah di Kabupaten Sukabumi.
PELATIHAN BAHASA INGGRIS BAGI WARGA DESA CIWARU ojsnew
Jurnal Surya Vol 1 No 1 (2015): Jurnal Seri Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37150/jsu.v1i1.10

Abstract

Pelatihan bahasa Inggris bagi warga Desa Ciwaru bertujuan untuk mengembangkankan kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris yang diarahkan kepada kepiawaian pesertanya melakukan berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris. Setiap peserta dilatih untuk berbicara dan menulis dengan menggunakan Bahasa Inggris. Metode yang digunakan yaitu penugasan dan latihan, dimana para peserta ditugaskan untuk berlatih berbicara bahasa Inggris mengenai percakapan dengan wisatawan asing dan menulis dalam Bahasa Inggris. Pelatihan Bahasa Inggris ditekankan pada kemampuan peserta menyatakan ide dengan kata-kata, atau kemampuan mengingat suatu konsep, atau prinsip tertentu dan menyatakan kembali dengan kata-kata yang terangkai dalam sebuah kalimat.
Gunung Padang Cianjur : Pelestarian Situs Megalitikum Terbesar Warisan Dunia: (Gunung Padang Cianjur : Preservation Of The Largest Megalithic And World Heritage) Sutarman -; Haryono Edi Hermawan; Cecep Hilman
Jurnal Surya Vol 2 No 1 (2016): Jurnal Seri Pengabdian Masyarakat
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37150/jsu.v2i1.50

Abstract

ABSTRAKGunung Padangmerupakan situsmegalitikumyang terbesar dan di Asia Tenggara.Lokasi Situs Gunung PadangdiDesa Karya Mukti Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur berjarak 30 km dari Kota Cianjur dan 90 km dariJakarta.Pelestarian Situs Gunung Padang diawali dengan melakukan inventarisasi benda-benda atau artefaksejarah yang berada di lokasi. Kegiatan ini dilakukan oleh berbagai pihak terkait, termasuk melibatkanmasyarakat setempat. Dalam kegiatan ini dilakukan inventarisasi terhadapserangkaianbatu persegi panjangberbentuk bangunan pundenberundak dengan partisi batu trotoar dan pintu masuk gerbang, berbagai gundukanbatu dan berserakan. Identifikasi batuan alam pembentuk benda antara lain ; batuan andesituntuk basaltik,pilar atau blok columnar ukuran dan berat balok batubervariasi. Beberapa balok yang memiliki sebuah profilkasar persegi atau poligonal, sebenarnya jauh lebih besar ukurannya, dengan bobot melebihi 600 kilogramyangmempunyai limastruktur teras yang terpisah, atau halaman, masing-masing dihubungkan oleh tangga danberdiri pilar, teras ini naik kelangkahberikutnyasampai ketinggian sekitar 960 meter di atas permukaan laut.Area inventarisasi seluas 900 meter persegi. Hasil kegiatan yang telah dilakukan adalah ; inventarisasi bendasejarah untuk dijadikan dokumen Situs Gunung Padang Cianjur, pemasang kelengkapan sarana prasarana yangdiperlukan oleh pengunjung dan pembinaan mengenai layanan kunjungan bagi komunitas yang ada di sekitarlokasi sasaran.

Page 1 of 4 | Total Record : 39