cover
Contact Name
DEWI SITI MAHMUDAH
Contact Email
dewismahmudah@gmail.com
Phone
+6281259818947
Journal Mail Official
dewismahmudah@gmail.com
Editorial Address
JL. DUKUH KUPANG BARAT I NO. 216-218 SURABAYA, JAWA TIMUR 60225
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
YOS SOEDARSO ECONOMICS JOURNAL
ISSN : 26849720     EISSN : -     DOI : -
YOS SOEDARSO ECONOMICS JOURNAL (YEJ) Merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Yos Soedarso dengan ISSN: 2684-9720. YEJ mengkhususkan diri pada topik yang berkaitan dengan Pengembangan Ilmu Ekonomi & Manajemen Berdasarkan Hasil Penelitian. Kami mengundang dosen, peneliti, pelajar, praktisi dan akademisi untuk ikut berkontribusi pada jurnal tersebut. Kirimkan artikel Anda melalui sistem pengiriman online: https://ejurnal.uniyos.ac.id/ Informasi lebih lanjut: E-mail: yossoedarsoeconomicsjournal@gmail.com Website: https://ejurnal.uniyos.ac.id/ Alamat: Jl. Dukuh Kupang Barat I No. 216-218 Surabaya, 60225
Articles 86 Documents
PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK JASA PADA VILLA XYZ MALANG Eko Winarni; Nun Jamianto
Yos Soedarso Economic Journal (YEJ) Vol. 1 No. 1 (2019): April 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Yos Soedarso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan dunia bisnis jasa di Indonesia maju dengan pesat, banyak sekali bermunculan bisnis-bisnis baru dalam bidang jasa, yang salah satunya adalah jasa dalam sektor pariwisata. Semakin diminati sektor pariwisata tentu membuka peluang bisnis dalam bidang jasa penginapan karena salah satu hal yang paling dibutuhkan seseorang apabila melakukan kegiatan traveling adalah tempat untuk menginap dimana mereka dapat melepas lelah setelah melakukan aktifitas.Malang sebagai salah satu kota tujuan para wisatawan, tentu banyak penginapan mulai dari guest house sampai hotel berbintang. Hal ini dikarenakan semakin meningkatnya wisatawan yang datang ke kota Malang Bisnis perhotelan dan Villa salah satu bisnis di bidang jasa yang sedang menjamur di kota Malang. Sehingga usaha di bidang perhotelan mengalami persaingan ketat, dalam usaha meningkatkan tingkat hunian kamar. Untuk itu pengusaha yang bergerak dalam bisnis perhotelan dituntut untuk mampu bersaing agar dapat bertahan. Dalam industri perhotelan, hotel merupakan penyediaan sarana akomodasi, makanan dan minuman serta penyedia sarana lainnya yang sangat berperan dalam menentukan kepuasan pada pelanggan dalam melakukan aktifitasnya. Hotel pada prinsipnya adalah salah satu bentuk perdagangan jasa. Sebagai industri jasa setiap pengusaha hotel akan berusaha memberikan pelayanan yang maksimal bagi para tamunya. Dengan kata lain kekuatan usaha ini adalah bagaimana para pelaku usaha menawarkan jasa yang terbaik kepada para tamunya. Setiap hotel akan berusaha memberikan nilai tambah yang berbeda terhadap produk dan jasa serta pelayanan yang diberikan pelanggan.
Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Komitmen Karyawan Pada PT. Insan Krida Utama Hendro Rumpoko; A. Rochim Sidik
Yos Soedarso Economic Journal (YEJ) Vol. 1 No. 1 (2019): April 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Yos Soedarso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tercapainya tujuan organisasi relatif dipengaruhi oleh iklim organisasi, yang apabila iklim organisasi cukup kondusif, maka anggota organisasi akan memiliki komitmen terhadap organisasinya. Komitmen karyawan terhadap organisasi akan tercermin dari kepuasan mereka terhadap pekerjaan. Apabila kebutuhan karyawan terpenuhi, maka karyawan akan menunjukkan satu komitmen dan menggunakan seluruh kemampuannya secara optimal untuk perkembangan kemajuan perusahaan.  Berkenaan dengan hal tersebut, maka tujuan  dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh signifikan iklim organisasi terhadap komitmen karyawan.  Penelitian ini mengambil karyawan pada PT. Insan Krida Utama sebagai populasi, dan pengambilan sampling melalui teknik sensus pada 54 karyawan. Analisis pembuktian hipotesis dilakukan melalui teknik regresi linier. Hasil analisis menunjukkan nilai F= 4.182; p= 0,046 (p<0,05) berarti variabel iklim organisasi berpengaruh terhadap komitmen karyawan. Nilai R2= 0,077 menjelaskan bahwa iklim organisasi mampu memberikan sumbangan efektif terhadap komitmen  organisasi sebesar 7,7%, yang berarti terdapat faktor lain yang berpengaruh terhadap komitmen organisasi di luar variabel yang diteliti. Keywords :     iklim organisasi dan komitmen karyawan
PELATIHAN SELF EFFICACY DAN DAMPAKNYA TERHADAP N-ACH PADA ATLIT DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA SILAT PERISAI DIRI Jamianto Jamianto
Yos Soedarso Economic Journal (YEJ) Vol. 1 No. 1 (2019): April 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Yos Soedarso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seorang atlet tim prestasi dalam suatu persiapan pertandingan merupakan situasi yang membangkitkan kecenderungan kompetitif, tetapi di lain pihak juga membangkitkan motif untuk menghindari kegagalan menghadapi pertandingan. Beberapa penelitian mengungkapkan factor mental, terutama kecemasan yang bersifat situasional pada atlet pada masa persiapan menghadapi pertandingan adalah suatu hal yang banyak terjadi dan perlu mendapatkan perhatian dari para pelatih. Pelatihan yang dipandang efektif adalah menumbuhkan keyakinan dan kesanggupan (self efficacy) diri pada atlet. Untuk itu penelitian ini bertujuan membuktikan pengaruh pelatihan self efficacy terhadap kebutuhan berprestasi (N-Ach) pada atlet dalam persiapan pertandingan prestasi.Penelitian true eksperimental ini menggunakan model one design pre test – post test, dengan mengambil sampling 28 atlit silat di unit kegiatan mahasiswa sebagai kelompok yang mendapatkan perlakuan (pelatihan). Data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, model skala likert. Hasil analisis uji beda menunjukkan sebelum diberikan dan sesudah diberikan pelatihan mengalami peningkatan sebesar 3%. Hasil analisis Anava menunjukkan nilai F=5,036 dan p=0,029 (p<0,05) yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre test dan post test. Hal ini dapat dikatakan bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh pelatihan self efficacy terhadap efikasi diri atlit di unit kegiatan mahasiswa silat dapat diterima. Hasil analisis uji regresi diketahui nilai nilai F= 6,223 dan p= 0,019 (p<0,05) menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan self efficacy terhadap N-Ach, hal tersebut didukung dengan nilai koefisien determinasi yang menjelasakan bahwa self efficacy memberikan sumbangan efektif terhadap N-Ach sebesar 19,3%.   Kata Kunci: pelatihan, self effucacy, n-Achievement
ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH ASURANSI DI PT. ASURANSI BUMIPUTERA MUDA 1967 ( BUMIDA ) SURABAYA eny sulistyowati
Yos Soedarso Economic Journal (YEJ) Vol. 1 No. 2 (2019): Agustus 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Yos Soedarso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK  ENY SULISTYOWATI, 2018 . “ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH ASURANSI DI PT. ASURANSI BUMIPUTERA MUDA 1967 ( BUMIDA ) SURABAYA” Kata kunci                   :  kemampuan (ability), sikap (attitude), penampilan (appearance),perhatian (attention), tindakan (action), tanggungjawab (accountability),  untuk kepuasan nasabah di  PT. Asuransi Bumiputera muda 1967 ( Bumida ) Surabaya Penelitian ini melakukan analisis beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen PT. Asuransi Bumiputera muda 1967 (Bumida) Surabaya. Tujuan penelitian yang akan dicapai dari penelitian ini : (1) Untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh faktor-faktor dimensi kepuasan nasabah yang terdiri atas kemampuan (ability) , sikap (attitude) , penampilan (appearance), perhatian (attention), tindakan (action), tanggungjawab (accountability) secara parsial terhadap kepuasan nasabah Asuransi di PT. Asuransi Bumida Surabaya (Y). (2) Untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh faktor – faktor,  kemampuan (ability), sikap (attitude), penampilan (appearance), perhatian (attention), tindakan (action), tanggungjawab (accountability) secara bersama – sama terhadap kepuasan Nasabah di PT. Asuransi Bumida Surabaya (Y), (3) Untuk menganalisis dan membuktikan manakah diantara faktor – factor kemampuan (ability), penampilan (appearance), perhatian (attention), tindakan (action), tanggungjawab (accountability) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan nasabah Asuransi di PT. Asuransi Bumida Surabaya (Y)Populasi dalam penelitian ini adalah semua nasabah di PT. Asuransi Bumida Surabaya sebanyak 100 orang. Besarnya sampel ditentukan sebanyak 100% dari populasi total sehingga besarnya sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang yang ditetapkan dengan teknik simple random sampling atau sampling acak sederhana. Dalam penelitian ini digunakan model analisis regresi linier berganda. Model ini dipilih karena ingin mengetahui seberapa besar pengaruh variable bebas terhadap kepuasan Nasabah Asuransi pada PT. Asuransi Bumida Surabaya (Y) secara serempak maupun secara parsial.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) faktor – factor kemampuan (ability), sikap (attitude), penampilan (appearance), perhatian (attention), tindakan (action), tanggungjawab (accountability) secara serempak mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan Nasabah Asuransi di PT. Asuransi Bumida Surabaya (Y), (2) Seluruh faktor – faktor kemampuan (ability), sikap (attitude), penampilan (appearance), perhatian (attention), tindakan (action), tanggungjawab (accountability) secara parsial mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap kepuasan Nasabah di PT. Asuransi Bumida Surabaya (Y), (3) Faktor yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan nasabah Asuransi di PT. Asuransi Bumida Surabaya (Y) adalah tindakan (action)
EFFECT OF TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP AND JOB SATISFACTION OF ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR AND ORGANIZATIONAL COMMITMENT (Study of Employee Dr. Soetomo University Surabaya) Suyanto Suyanto
Yos Soedarso Economic Journal (YEJ) Vol. 1 No. 1 (2019): April 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Yos Soedarso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The importance of organizational commitment will have an impact on organizational performance, and for the organization need to foster organizational citizenship behavior, which is influenced by the presence of the behavior of transformational leadership and job satisfaction of employees. For this study aims to determine the effect of transformational leadership and organizational citizenship behavior satisfaction and organizational commitment.Gathering of date through questionnaires given to 105 employees at the University Dr. Soetomo by purposive sampling. The results show the value of F = 8,275 and p = 0,000 (p<0,01) proves that there is simultaneous effect of transformational leadership and job satisfaction on organizational citizenship behavior . The results obtained by the partial analysis of the value of t test = 1,067 and p = 0,288 (p> 0,05) which means that transformational leadership has no effect on organizational citizenship behavior. Partial analysis also prove the existence of a significant effect of job satisfaction on organizational citizenship behavior with a value of t test= 3,106 and p = 0,002 (p<0,05). The results of the regression analysis testing also proved the influence of organizational citizenship behavior on organizational commitment obtained value F = 38,167 and p = 0,000 (p<0,01). Coefficient of determination known simultaneous transformational leadership and job satisfaction able to contribute effectively to organizational citizenship behavior by 14%, while organizational citizenship behavior able to contribute effectively to organizational commitment by 27% . Keywords:  transformational leadership, job satisfaction, organizational citizenship behavior, organizational commitment
PENGARUH KEMAMPUAN, WORK LIFE BALANCE, KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KARYAWAN BMT PERMATA JAWA TIMUR A. Rochim Sidik
Yos Soedarso Economic Journal (YEJ) Vol. 1 No. 1 (2019): April 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Yos Soedarso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemampuan,work-life balance, kepuasan kerjasecara simultan dan signifikanterhadap kinerja karyawan di BMT Permata Jatim dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemampuan,work-life balance, kepuasan kerjasecara parsial dan signifikanterhadap kinerja karyawan di BMT Permata JatimJenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan wanita yang bekerja pada Kantor BMT Permata Jatim yang telah bekerja lebih dari dua tahun, Karyawan wanita yang telah menikah, Karyawan wanita yang telah memiliki anakyang berjumlah 30 orangBerdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan dalam penelitian ini, maka peneliti mengambil kesimpulan sebagai berikut : Berdasarkan hasil pengujian signifikan parsial atau uji t, diperoleh bahwa kemampuan berpengaruh positif dan sigifikan terhadap kinerja karyawan di BMT Permata Jatim. Berdasarkan hasil pengujian signifikan parsial atau uji t, diperoleh bahwa work life balance berpengaruh negatif terhadap kinerja karyawan di BMT Permata Jatim. Berdasarkan hasil pengujian signifikan parsial atau uji t, diperoleh bahwa kepuasan kerja berpengaruh positif dan sigifikan terhadap kinerja karyawan di BMT Permata Jatim. Berdasarkan hasil pengujian signifikansi simultan atau uji F antara pengaruh variabel kemampuan, work life balance, dan kepuasan kerja terhadap kinerja maka diperoleh hasil bahwa kemampuan, work life balance, dan kepuasan kerja berpengaruh secara simultan, positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di BMT Permata Jatim. Keyword :  kemampuan,work-life balance, kepuasan kerja dan kinerja karyawan
PELUANG BISNIS KATERING PADA WISATA RELIGI WALI 5 Erik Bisri Alamsyah; Eny Rochmatulaili
Yos Soedarso Economic Journal (YEJ) Vol. 1 No. 2 (2019): Agustus 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Yos Soedarso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Pilgrimage Tourism is Always a Phenomenon. This Condition Continues In Ramadan. Pilgrimage of the Guardian's Tomb 5 So far Can Bring a Big Tourist, There is a Very Promising Economic Turnover in a Year. Referring to the 2014 Minister of State's Data, Walisongo's Grave Can Attract Many Tourists for Pilgrimage. Within a Year the Total Visit of Pilgrimage Archipelago Tourists Reaches 12.2 Million People, More Attractive There Are 3,000 Foreign Tourists Who Also Visit Walisongo's TombThis study uses a qualitative approach in which the writer tries to explore the depth of data obtained from interviews with Respondents so that the data obtained becomes valid for analysis. The location of this study is a place of religious tourism in Sunan Ampel Religious Tourism Park. The research data includes three data, namely primary data, secondary data, and tertiary data. After the data is obtained, then it will be analyzed by descriptive-qualitative analysis techniques.The results of the questionnaire show that most consumers feel interested in catering to handle requests from consumers. This is evidenced by the results of interpretation of the demand for catering with a score of 70%.
Analisis Pengaruh Faktor Harga Tiket, Fasilitas Rekreasi, Hiburan Music Live, Promosi Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Taman Rekreasi Oleng Sibuttong, Di Desa Biting, Arjasa, Jember Pada Tahun Baru 2017 (Tanggal 1-1-2017) Eko Raharjanto
Yos Soedarso Economic Journal (YEJ) Vol. 1 No. 2 (2019): Agustus 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Yos Soedarso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF THE TICKET PRICE, RECREATION FACILITIES, LIVE MUSIC ENTERTAINMENT, PROMOTIONS AND SERVICES ON THE VISITTING DECISION TO OLENG SIBUTTONG RECREATION PARK, AT BITING VILLAGE, DISTRICT OF ARJASA, THE REGION OF JEMBER IN NEW YEAR 2017(DATE ON THE 1ST OF JANUARY 2017(Case study on  UMKM,a Tourism Micro Companies Unit in The Region of Jember)The purpose of the research is to study  whether TheTicket Price, RecreationFasilities, Live Music Entertainment, Promotion and Services  influence visitting decision.The research was conducted on the people of Jember that visit Oleng Sibuttong Recreation Park in the new year 2017 (the date on the 1st  of January 2017) . Data was collected using questionnaires, sampling using purposive sampling where researcher have certain criterias corresponding research purposes. Samples were taken of 40 people.                                                     It can be suggested that the company should pay more attention to the ticket price. With the result that the better price ticket can increase the visitting decisions of visitors. In addition the company also must maintain and provide receation fasilities because the better fasilities will make the visitting decision increased and in addition the company also must provide live music entertainment because the attractive live music entertainment will make the visitting decision increased. Furthermore vigorous campain conducted by Oleng Sibuttong Recreation Park and services also effect the visitting decision. Here the company suggested to create interesting promotions and advertisements as well as easy to remember and improve services getting better. Especially in the holliday such as in the happy new year the company must improve the music live entertainment and so the promotion as well, because these variables are very significant and dominan on desicion of visitting of Jember society at Oleng Sibuttong Recreation Park. Keyword :Ticket Price, Recreation fasilities, Live music entertainment, Promotion, Services and visitting decision
Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen J&C Cookies di Surabaya Sosio Prastiwi
Yos Soedarso Economic Journal (YEJ) Vol. 1 No. 3 (2019): Desember 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Yos Soedarso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of marketing mix on consumer loyalty of J&C Cookies in Surabaya. To find out the variables of the marketing mix (product, price, promotion and place) simultaneously, partially and dominantly affect consumer loyalty in Surabaya. While the method used is multiple linear regression analysis and hypothesis testing. Based on the analysis there is a significant influence of marketing mix (product, price, promotion and place) on consumer loyalty of J&C Cookies in Surabaya. The most dominant variable influencing consumer loyalty is the promotion of the reason consumers can easily see their products in various media that can be accessed throughout Indonesia and even the world. Keywords: Product; Price; Promotion; Place; Customer Loyalty
Potensi Pesantren Sebagai Destinasi Wisata Halal Baru di Indonesia Lailatul Qadariyah
Yos Soedarso Economic Journal (YEJ) Vol. 1 No. 3 (2019): Desember 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Yos Soedarso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pesantren is the oldest religious education institution in Indonesia. The education system and method applied are the strengths to produce experts in the field. In recent years the pesantren has not only focused on the study of religious knowledge but also other fields so it is not surprising that public interest continues to increase and not a few people are increasingly curious about the pesantren. This then becomes one of the reasons why pesantren should be considered as a tourist destination. Therefore the study of the potential of pesantren that can be "sold" as a tourist spot becomes quite important to be held. This research is a qualitative study which is to obtain data from interviews with caregivers, religious teachers and students and with observations. This study concludes that in order to become a tourist destination, pesantren has fulfilled 3 (three) things, namely Attraction, Facilities and Amenities as a basic requirement of developing tourist destinations. The results of this study will provide input for related parties to formulate the pesantren tourism model that is owned. Keywords: Potency; Boarding School; Halal Tourism