cover
Contact Name
Mochamad Fariz Irianto
Contact Email
mochamadfarizirianto@gmail.com
Phone
+6285806808392
Journal Mail Official
jurnalpengabdiansosial@gmail.com
Editorial Address
Amirul Bangun Bangsa Publishing Jalan Terusan Mergan Raya No. 11 Tanjungrejo Sukun Kota Malang Telp : 0858-0680-8392 email : jurnalpengabdiansosial@gmail.com
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Sosial
ISSN : -     EISSN : 30310059     DOI : https://doi.org/10.59837
Jurnal Pengabdian Sosial published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, Economics, Health, Farm, Food, Agriculture, education, and information technology etc, which published by Amirul Bangun Bangsa Publishing
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 39 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 7 (2024): Mei" : 39 Documents clear
Pelatihan Penjualan Produk Menggunakan E-Commerce Tiktok Affiliate Pada Ibu-Ibu PKK Kampung Jaya Tinggi, Way Kanan Kartika S; Vio Wahyu Permana; Anggi Sri Intan
Jurnal Pengabdian Sosial Vol. 1 No. 7 (2024): Mei
Publisher : PT. Amirul Bangun Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59837/qfhc6t32

Abstract

TikTok merupakan platform baru yang memiliki program untuk menunjangbisnis penggunanya yaitu TikTok Affiliate/Afiliasi TikTok. Program afiliasiTikTok ialah kerja sama antara seller/penjual dengan affiliator untuk memasarkanproduk yang akan dijual, dimana Affiliator akan mendapatkan imbalan berupakomisi jika produk yang dipromosikan berhasil terjual. Dengan adanya tiktok affiliate maka masyarakat Kampung Jaya Tinggi, Kecamatan Kasui, Kabupaten Way Kanan, Lampung diharapkan mampu mendapatkan pengahasilan tambahan melalui internet. Metode pengabdian masyarakat yang dilakukan dengan cara memberikan pelatihan praktek secara langsung dengan mendaftar akun tiktok sebagai afiliasi. Hasil dari pengabdian masyarakat ini, diharapkan Ibu-ibu PKK kampung Jaya Tinggi memiliki akun afiliasi tiktok serta meningkatkan pengetahuan ibu-ibu PKK terhadap peluang bisnis afiliasi sosial media tiktok.
Sosialisasi Pengenalan Chromebook Untuk Digitalisasi Kegiatan Belajar Mengajar Pada SDN 03 Kasui Pasar Helma Maraliza; Desmalia Fitri; Faradiya Amartiyana Sukarno; Mayang Saskia Anggraini; Sonia Novitasari Gustama
Jurnal Pengabdian Sosial Vol. 1 No. 7 (2024): Mei
Publisher : PT. Amirul Bangun Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59837/2dkd7258

Abstract

Sebagai lembaga pendidikan, SDN 03 Kasui Pasar Way Kanan tanggap dengan perkembangan teknologi. Dengan dukungan SDM yang di miliki sekolah ini siap untuk berkompetisi dengan sekolah – sekolah lainnya dalam pelayanan informasi publik. Teknologi Informasi, menjadi sarana bagi SDN 03 Kasui Pasar Way Kanan untuk memberi pelayanan informasi secara cepat, jelas, dan akuntable. Dari layanan ini pula, sekolah siap menerima saran dari semua pihak yang akhirnya dapat menjawab Kebutuhan masyarakat. Target dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah mengedukasi kepada tenaga pengajar serta para siswa tentang pemanfaatan Chromebook, proses kegiatan belajar mengajar lebih menarik dan meningkatkan inovasi serta kolaborasi antara siswa dan guru,membuat digital classroom menjadi lebih personal dan menarik. Sejak pandemi covid- 19, aktifitas belajar mengajar di SDN 03 Kasui Pasar Way Kanan memang dihentikan sementara dan baru digelar kembali namun masih terbatas, hal ini membuat Pemerintah melakukan transformasi kedalam system manajer berbasis teknologi dengan meluncurkan perangkat Chromebook, Sehingga membuat kami tertarik untuk memperkenalkan dan memperlihatkan fitur fitur yang ada didalam Chromebook ini, agar siswa dan siswi SDN 03 Kasui Pasar Way Kanan paham bilamana program pemerintah ini terselenggarakan. Karena Cara belajar yang dapat dengan mudah diserap adalah yang melibatkan penglihatan, pendengaran, dan gerakan.
Edukasi Bersosial Media bagi Pelajar Sekolah Dasar di Era Society 5.0 Annisa Putri Siregar; Amanda Sari Nasution; Siti Jabeda Siregar; Muhammad Afandi; Nurul Husna
Jurnal Pengabdian Sosial Vol. 1 No. 7 (2024): Mei
Publisher : PT. Amirul Bangun Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59837/dpyjfs73

Abstract

Sosial media merupakan jejaring internet yang melayani penggunanya dalam berkomunikasi, mendapatkan informasi, membuka usaha sehingga berpeluang menciptakan blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Dalam perkembangannya sosial media digunakan oleh setiap kaumnya baik yang tua hingga yang muda. Kegiatan yang dilaksanakan berupa edukasi terkait penggunaan bersosial media bagi kalangan pelajar sekolah dasar dengan metode ceramah. Solusi alternatif kepada peserta didik untuk menghindari penyalahgunaan sosial media seperti program no gadget time, merupakan pembatasan waktu dalam memakai gawai harus lebih diterapkan untuk menghindari kemungkinan terburuk. Hal ini akan sukses dengan adanya kerjasama antara orang tua dan anak. Solusi selanjutnya yaitu pemanfaatan media sosial untuk edukasi. Media sosial menjadi dunia ke dua khususnya bagi generasi muda saat ini.
Pendampingan Ekstrakulikuler dalam Menumbuhkan Kemandirian Peserta Didik SMKS Mitra Mandiri Panyabungan Latifah Hannum Batubara; Lailan Nur Rangkuti; Nur Aliah Nst
Jurnal Pengabdian Sosial Vol. 1 No. 7 (2024): Mei
Publisher : PT. Amirul Bangun Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59837/qyt84w15

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler dapat di lakukan di sekolah maupun di luar sekolah tergantung dengan kebutuhan dan kesesuaian jenis kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler tidak hanya membutuhkan peran aktif antara kepala sekolah, guru, pembinaan atau pembimbing maupun dana dan fasilitas saja, akan tetapi juga keinginan atau minat siswa. Jika siswa kurang berperan aktif atau kurang minat dalam kegiatan ekstrakurikuler, maka kegiatan itu tidak berjalan dengan baik. Karena kegiatan ekstrakurikuler dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap siswa agar bisa menumbuhkan kemandirian siswa. Adapun hasil dari Pembinaan Ekstrakurikuler dalam Menumbuhkan Kemandirian Siswa di SMKS Mitra Mandiri Panyabungan adalah di setiap kegiatan ekstrakurikuler harus disiplin dan profesional, pembina juga dihimbau supaya dapat melatih siswa agar saling kerja sama dalam setiap kegiatan, dan juga dengan memberikan kebebasan untuk siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikulernya sesuai dengan bakat dan minat siswa. Selanjutnya kendala dalam pembinaannya ialah masih kurangnya kedisiplinan pembina kegiatan ekstrakurikuler dengan waktu yang sudah ditentukan pihak sekolah dan juga kurangnya para pembina kegiatan ekstrakurikuler. Adapun langkah dalam mengatasi permasalahan yang ada yaitu dengan pihak sekolah merekrut tenaga pembina kegiatan ekstrakurikuler yang nantnya ditempatkan pada setiap kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah supaya lebih menunjang kegiatan yang efektif.
Sosialisasi UMKM Go Digital, Foto Produk dan Optimalisasi Media Sosial di Desa Mangkupadi Kab. Bulungan Rumah Sentra IKM Olahan Pangan Hasil Laut Syahran Syahran; Ahmad Juliana; Ferawati Usman; Santi Santi; Iis Latifah; Elia Jones
Jurnal Pengabdian Sosial Vol. 1 No. 7 (2024): Mei
Publisher : PT. Amirul Bangun Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59837/9qcgwp84

Abstract

Perkembangan teknologi informasi berkembang dengan pesat. Sebagaian aktivitas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memanfaatkan teknologi informasi untuk menjalankan usahanya. Semakin banyaknya pesaing menjadi pertimbangan bagi pelaku usaha untuk melakukan inovasi dalam memenangkan persaingan tersebut. Strategi komunikasi pemasaran yang tepat digunakan untuk bisa meraih pangsa pasar yang dituju sehingga dapat meningkatkan penjualan. Metode pengabdian Masyarakat yang dilakukan adalah sosialisasi dan pelatihan UMKM Go digital, Foto produk dan optimalisasi media sosial di Desa Mangkupadi Kab. Bulungan Rumah Sentra IKM Olahan Pangan Hasil Laut. Dengan diimplementasikannya hasil pengetahuan dari kegiatan pengabdian ini, sehingga anggota IKM dapat meningkatkan produk jualnya dalam mendukung perekonomian di Desa Mangkupadi.
Pengenalan Pencatatan Keuangan Sederhana Untuk Pedagang Pasar Sahrul Hi. Posi; Irsad Muhammad
Jurnal Pengabdian Sosial Vol. 1 No. 7 (2024): Mei
Publisher : PT. Amirul Bangun Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59837/c28h7b17

Abstract

Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yakni dapat memberikan gambaran terkait dengan pentingnya pengetahuan akan pencatatan keuangan sederhana bagi pedagang. Pencatatan keuangan pelaku usaha/pedagang dapat dikatakan baik apabila pemahaman pengelolaan keuangan yang dibuat sesuai dengan standar yang berlaku. Proses kegiatan PkM diawali dengan mengidentifikasi  masalah  dapat  memberikan solusi kongkrit kepada pedagang pasar di Desa Soma Kecamatan Malifut, Kabupaten Halmahera Utara. Metode pelaksanaan kegiatan pengenalan pencatatan keuangan sederhana bagi pedagang Pasar berupa ceramah, diskusi dan evaluasi. Hasil yang dicapai dari kegiatan PkM ini adalah meningkatkan pengetahuan mitra terkait dengan pencatatan keuangan sederhana bagi pedadang pasar dan perubahan persepsi bahwa pemahaman akuntansi sangat penting dalam pengembangan usaha. Hal ini terbukti dengan dilakukan  pre-test  dan  post-test.
Penerapan Konsep Psikologi Pendidikan Dalam Pembelajaran Di Sekolah Islam Terpadu Pipih Muhopilah; Ridha Habibah; Mima Resmayanti; Zalzabila Karina Indriani; Tika Nur Islah Holifah
Jurnal Pengabdian Sosial Vol. 1 No. 7 (2024): Mei
Publisher : PT. Amirul Bangun Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59837/m67qxj35

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan manusia yang diperlukan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Pendidikan akan membantu manusia yang belum matang dan dewasa dari segi jasmani, akal dan rohaninya menjadi dapat difungsikan dalam melakukan aktivitas. Pelaksanaan pendidikan secara umum juga tidak terlepas dari kata lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan merupakan tempat dilakukannya aktivitas pendidikan berupa belajar dan mengajar. Aktivitas belajar mengajar akan terjadi jika dilakukan oleh dua pelaku pendidikan yaitu guru dan siswa. Guru merupakan pelaku utama dalam melakukan pengajaran. Dalam praktiknya, pengajaran tidak dapat dilakukan dengan mudah, harus dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dalam pengajaran. Maka guru harus memiliki ilmu dan keterampilan yang berkaitan dengan pengajaran termasuk mengetahui potensi dan psikis siswanya. Oleh karena itu, Psikologi Pendidikan Islami akan membantu guru dalam proses pengajaran untuk mengetahui potensi dan psikis dari siswanya sebagai bentuk persiapan mengajar dikelas.
Pendampingan Program Papan Bahasa untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Santriwati Pondok Pesantren Darul-Ulum melalui Praktik Pengalaman Lapangan dan Praktikum Agus Salim Pulungan; Ainun Mardiah; Nur Hayati; Nur Hidayah; Nur Padilah; Novia Eriza; Siti Aulia Aisyah; Nelmi Hayati
Jurnal Pengabdian Sosial Vol. 1 No. 7 (2024): Mei
Publisher : PT. Amirul Bangun Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59837/kz1pm432

Abstract

Bahasa Arab memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia, terutama dalam konteks agama Islam. Namun, kemampuan bahasa Arab santriwati di Pondok Pesantren Darul-Ulum masih rendah karena kesulitan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari dan kurangnya pemahaman terhadap pembelajaran. Program papan bahasa menjadi langkah efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab santriwati dengan memperluas kosakata bahasa Arab, terutama dalam konteks keagamaan. Program kerja PPL dan Praktikum mahasiswa STAIN Mandailing Natal juga turut berkontribusi dalam meningkatkan kosa kata bahasa Arab Santriwati. Dampak positif dari program papan bahasa telah terlihat dalam penelitian, serta perubahan sudut pandang santriwati tentang pentingnya pendidikan. Sehingga, penggunaan papan bahasa menjadi salah satu cara efektif dalam mengembangkan kemampuan bahasa Arab santriwati di Pondok Pesantren Darul-Ulum.
Pengembangan Desa Penerokan untuk Mendukung Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Bambang Irawan; Siti Kurniasih; Rahmi Dianita; Richard RP Napitupulu; Gina Fauzia; Mirawati Yanita
Jurnal Pengabdian Sosial Vol. 1 No. 7 (2024): Mei
Publisher : PT. Amirul Bangun Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59837/yws3eh19

Abstract

PUI-PT BLasTS fokus melaksanakan penelitian, pengembangan dan diseminasi yang mengarah kepada sinkronisasi atau formulasi jalan tengah pengelolaan sumberdaya alam berbasis lahan yang lestari secara produksi, ekologi dan sosial serta menghormati hak-hak sosial masyarakat. PUI-PT BLasTS didirikan tidak hanya bermodalkan pemahaman bahwa rekonsiliasi fungsi ekologi, sosial dan produksi harus dicapai pada suatu pengelolaan sumberdaya alam berbasis lahan yang lestari tetapi telah memiliki berbagai kriteria untuk menjadi PUI-PT yang berorientasi pada sains (PUIPTOS). Pada tahun 2022 dan 2023, PUI-PT BLasTS mendapatkan pendanaan Program Peningkatan Ekosistem Riset Dan Inovasi Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Modalitas berupa pengetahuan, teknologi, infrastuktur, jaringan kerjasama (networking) yang dimiliki oleh PUI-PT BLasTS tersebut selayaknya cukup untuk membawa PUI-PT BLasTS sebagai PUI-PTOS yang diakui secara nasional guna mempercepat transformasi PUI-PT BLasTS menjadi salah satu Science and Technology Campus di Indonesia. Untuk meningkatkan peran PUI-PT BLasTS dan mendukung capaian  IKU sekaligus mendukung capaian IKU PUI-PT BLasTS. PUI-PT BLasTS mengusulkan kegiatan kegiatan diseminasi dan pengembangan kelembagaan pada level nasional dan pembangunan kampus Lapangan untuk mendukung MBKM. Pelaksanaan kegiatannya adalah survey pendahuluan, rekognisi mata kuliah dan pembekalan mahasiswa MBKM yang diikuti oleh mahasiswa dari 3 Program Studi yaitu Agribisnis, Agroekoteknologi dan Kehutanan. Hasilnya adalah semua kegiatan berjalan dengan lancar.
Pelatihan Manajemen Resiko Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Keamanan dan Efisiensi Operasional di Lembaga Pendidikan Yusra Fadhillah; Muhammad Noor Hasan Siregar; Heri Dia Anata Batubara; Novita Aswan; Ferawati Artauli Hasibuan
Jurnal Pengabdian Sosial Vol. 1 No. 7 (2024): Mei
Publisher : PT. Amirul Bangun Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59837/kzfd6m50

Abstract

Di era teknologi informasi yang semakin berkembang, institusi pendidikan sangat bergantung pada teknologi informasi untuk mendukung berbagai bagian operasional mereka, seperti manajemen data, administrasi, dan pembelajaran online. Namun, ketergantungan ini membawa risiko keamanan data dan masalah operasional yang dapat mengganggu proses pendidikan. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah untuk melatih karyawan dan manajemen lembaga pendidikan YPKS Padansidimpuan dalam manajemen risiko teknologi informasi (TI) untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi operasional. Peserta akan mendapatkan pemahaman dasar tentang manajemen risiko TI dalam sesi pelatihan dan workshop. Mereka juga akan mempelajari metode untuk mengidentifikasi dan menganalisis risiko serta teknik mitigasi untuk mengurangi risiko yang telah ditemukan. Program ini juga mencakup langkah-langkah untuk menerapkan kebijakan keamanan data, pemantauan risiko, dan evaluasi berkelanjutan untuk memastikan keamanan data sensitif dan kelancaran operasional. Diharapkan hasilnya adalah peningkatan kesadaran akan pentingnya manajemen risiko TI, dokumen yang jelas tentang identifikasi dan rencana mitigasi risiko, peningkatan keamanan, dan peningkatan efisiensi operasional. Oleh karena itu, institusi pendidikan dapat menciptakan lingkungan digital yang lebih aman dan lebih siap untuk menangani insiden TI. Diharapkan bahwa program ini akan memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan keamanan dan efisiensi sistem pendidikan di era komputer dan internet.

Page 1 of 4 | Total Record : 39