cover
Contact Name
Indrawan
Contact Email
jurnalcausalita@gmail.com
Phone
+6282130002860
Journal Mail Official
jurnalcausalita@gmail.com
Editorial Address
Jalan Belakang Olo No. 33 C Padang, Sumatera Barat
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Causalita: Journal of Psycology
ISSN : -     EISSN : 29882354     DOI : https://doi.org/10.62260/causalita.v2i1
Core Subject : Science, Education,
Causalita: Jurnal psikologi menerbitkan artikel ilmiah yang berkaitan dengan psikologi, berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian literatur. Jurnal ini menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
Articles 52 Documents
Hubungan Antara Hardiness dengan Exam Anxiety pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Padang Danny Kopales Kopales
CAUSALITA : Jurnal Psikologi Vol 1 No 1 (2023): Causalita : Jurnal Psikologi
Publisher : Causalita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62260/causalita.v1i1.1

Abstract

Mahasiswa dalam kesehariannya menghadapi berbagai tantangan seperti pembuatan bermacam tugas seperti laporan, makalah, hingga ujian, namun beberapa mahasiswa masih ada yang merasakan kecemasan saat menghadapi ujian (exam anxiety), salah satu cara untuk meredam hal tersebut yaitu dengan cara meningkatkan aspek-aspek yang terdapat pada hardiness. Penelitian ini termasuk dalam penelitian korelasional yang menghubungkan antara hardiness dengan exam anxiety pada mahasiswa psikologi Universitas Negeri Padang. Sampel pada penelitian ini yaitu 80 orang mahasiswa psikologi Universitas Negeri Padang angkatan 2013 dan 2014. Alat pengumpulan data menggunakan skala hardiness yang berjumlah 22 item dan skala exam anxiety yang berjumlah 30 item. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan linearitas serta uji korelasi roduct moment dari Karl Pearson menggunakan SPSS 16.0 for windows. Dari hasil penelitian terlihat bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara hardiness dan exam anxiety pada mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Padang. Terbukti dari hasil uji hipotesis didapatkan koefisien korelasi rxy sebesar -0,651 da p = 0,000 (p<0,05). Dengan demikian hipotesis kerja yang dikemukakan terdapat hubungan antara hardiness dengan exam anxiety pada mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Padang.
PSYCHOLOGICAL WELL BEING LANSIA YANG TINGGAL DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA Fadhilah Amelia
CAUSALITA : Jurnal Psikologi Vol 1 No 1 (2023): Causalita : Jurnal Psikologi
Publisher : Causalita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62260/causalita.v1i1.3

Abstract

Lansia mengalami penurunan pada kesehatan fisik, psikis dan hubungan sosial. Permasalahan dan perasaan tersebut cenderung memberikan pengaruh yang negatif terhadap kehidupannya, oleh karna itu para lansia menginginkan untuk mendapatkan perhatian lebih dari lingkungan sekitar serta memperoleh kasih sayang dan cinta dari keluarga, namun masih banyak lansia yang tidak memperoleh hal tersebut dan harus menghabiskan sisa hidupnya di panti sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat tingkat Psychological Well Being pada lansia yang tinggal di Panti Sosial Tresna Werdha Kasih Sayang Ibu, Batusangkar. Metode pada penelitian ini yaitu kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehingga didapatkan 30 subjek pada lansia yang tinggal di  panti sosial. Tingkat Psychological Well Being dikur menggunakan skala Psychological Well Being. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa tingkat psychological well being pada lansia yang tinggal di panti sosial tergolong tinggi.
HUBUNGAN IKLIM ORGANISASI DENGAN KOMITMEN PROFESI PADA GURU SMAN X Wildan Haru Pradani
CAUSALITA : Jurnal Psikologi Vol 1 No 1 (2023): Causalita : Jurnal Psikologi
Publisher : Causalita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62260/causalita.v1i1.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan iklim organisasi dengan komitmen profesi pada guru SMAN X. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis product moment. Subjek penelitian adalah seluruh guru SMAN X yang berjumlah 44 orang. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan skala komitmen profesi yang terdiri dari 8 item dan skala iklim organisasi yang terdiri dari 26 item. Dengan teknik pengumpulan data yang dipakai adalah teknik pengumpulan data berupa skala, yaitu skala dengan model jawaban Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara komitmen profesi dengan iklim organisasi pada guru SMAN X dengan nilai korelasi sebesar 0, 456 dan p= 0,002 (p<0,01). Terdapat hubungan positif antara komitmen profesi dengan iklim organisasi pada guru yang bekerja di SMAN X.
Fear Of Missing Out (FOMO) Pada Masa Dewasa Awal Ditya Tri Amelia
CAUSALITA : Jurnal Psikologi Vol 1 No 1 (2023): Causalita : Jurnal Psikologi
Publisher : Causalita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62260/causalita.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat peran fear of missing out media social (tiktok) pada dewasa awal. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu dengan menetapkan kriteria tertentu sebagai sampel penelitian. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 150 orang yang berada di kelompok usia dewasa awal. Sedangkan untuk metode pengambilan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan skala fear of missing out. Data dianalisis menggunakan studi deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peran fear of missing out sebesar 51,1% terhadap media sosial (tiktok) pada sampel penelitian. Hasil ini menunjukkan bahwa hampir setengah subjek dalam fase masa dewasa awal mengalami FOMO pada sosial media tiktok.
HUBUNGAN ANTARA BODY IMAGEDENGAN SELF ESTEEM PADA REMAJA DITINJAU DARI MOTIF MENGIKUTI LATIHAN FITNESS Arif Kurniawan
CAUSALITA : Jurnal Psikologi Vol 1 No 1 (2023): Causalita : Jurnal Psikologi
Publisher : Causalita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62260/causalita.v1i1.6

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan antara body image dengan self esteem pada remajaditinjau dari motif mengikuti latihan fitness. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatifkorelasional komparatif. Populasi pada penelitian ini adalah remaja yang mengikuti latihan fitness,jumlah sampel sebanyak 110 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling.Subjek penelitian dibagi kedalam dua kelompok. Kelompok mengikuti latihan fitness dengan motifmenghilangkan berat lemak berjumlah 55 orang. Kelompok yang mengikuti latihan fitness denganmotif menambah berat tubuh yang bebas lemak berjumlah 55 orang. Penelitian ini menggunakan skalaself esteem yang berjumlah 48 butir pernyataan dengan nilai reliabilitas sebesar 0,962 dan skalaMultidimensional Body Self Relations Questionare-Appearance Scale (MBSRQ-AS) yang terdiri dari33 butir pernyataan, dengan reliabilitas 0,953. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu denganmenggunakan uji product momen dan t t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara body image dengan self esteem padaremaja ditinjau dari motif mengikuti latihan fitness, dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,715dan p = 0,000 (p<0,01). Pada motif menghilangkan berat lemak, hubungan body imagedengan self esteem pada remaja mengikuti latihan fitness memiliki koefisien korelasi (r) sebesar 0,633 dan p =0,000 (p<0,01). Pada motif menambah berat tubuh yang bebas lemak hubungan body image denganself esteem pada remaja mengikuti latihan fitness memiliki koefisien korelasi (r) sebesar 0,687 dan p = 0,000 (p<0,01). Penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara body image dengan self esteem pada remaja ditinjau dari motif mengikuti latihan fitness. Remaja dengan mengikuti latihanfitness dengan motif menurunkan berat lemak, memiliki body image yang negatif dan self esteem yangrendah, sedangkan Remaja dengan mengikuti latihan fitness dengan motif menambah berat tubuh yang bebas lemak, memiliki body imageyang positif dan self esteem yang tinggi.
KEDEKATAN ANAK DAN IBU DALAM SUKU MINANGKABAU: SEBUAH STUDI PSIKOLOGI INDIGENOUS Annysa Kurnia Sandra; Cut Sarha Airlangga; Muhammad Hafiz; Nurul Fadila; Puan Maharani
CAUSALITA : Jurnal Psikologi Vol 1 No 2 (2023): CAUSALITA: Journal of Psychology
Publisher : Causalita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62260/causalita.v1i2.10

Abstract

Minangkabau merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia yang menggunakan sistem kekerabatan matrilineal. Sistem kekerabatan matrilineal adalah di mana anak mengikuti garis keturunan ibu.  Ibu dianggap lebih memiliki kedekatan dengan anak dibandingkan sang ayah. Hal ini dikarenakan ibu memiliki peran yang lebih besar dalam memberikan pengasuhan. Peran orang tua dalam pengasuhan dapat dipengaruhi oleh aturan adat yang dianut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kedekatan anak dan ibu dalam suku Minangkabau. Penelitian ini melibatkan responden sebanyak 103 orang yang bersuku Minangkabau dengan usia maksimal 27 tahun. pengumpulan data dilakukan dengan open questionnaire yang kemudian datanya diolah dengan menggunakan pendekatan analisis tematik. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa ibu dan anak dalam suku Minangkabau memiliki hubungan yang sangat dekat.
PERBEDAAN KUALITAS PERSAHABATAN PADA MAHASISWA DI KOTA PADANG DI TINJAU DARI JENIS KELAMIN Audrey Shaquilla; Suci Rahma Nio
CAUSALITA : Jurnal Psikologi Vol 1 No 2 (2023): CAUSALITA: Journal of Psychology
Publisher : Causalita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62260/causalita.v1i2.11

Abstract

Friendship is a relationship in which two people spend a lot of time together, interact in a variety of situations, and provide each other with emotional support. Friendship is not always done with the same sex, but friendship can be done with individuals of different sexes. The purpose of this research is to see the quality of friendship in terms of gender. This study uses a type of comparative quantitative research. The sample consisted of 272 participants (161 women and 111 men) using a purposive sampling technique. The Friendship Quality Scale was used as a data collection method. Data analysis uses product moment correlation. The results of the hypothesis obtained the value of F = 3.741 with p = 0.00 (p <0.05), it can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted. These results indicate that there are significant differences in friendship quality between average friendships between men, between women, and between men and women.
HUBUNGAN FATHERLESS TERHADAP KENAKALAN REMAJA PADA SISWA SMA X BENGKULU UTARA Fadila Zulkarnaini; Suci Rahma Nio
CAUSALITA : Jurnal Psikologi Vol 1 No 2 (2023): CAUSALITA: Journal of Psychology
Publisher : Causalita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62260/causalita.v1i2.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan fatherless terhadap kenakalan remaja pada siswa SMA X Bengkulu Utara. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMA X Bengkulu Utara dan sampel yang digunakan berjumlah 82 orang subjek. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi dengan menggunakan teknik total sampling. Pada metode pengambilan data menggunakan dua skala, yaitu skala kenakalan remaja yang berjumlah 26 item dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,841 dan skala fatherless berjumlah 25 item dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,941. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pearson product moment. Hasil analisis data menggunakan analisis product momen didapatkan koefisien korelasi (r) = 0, 471 dengan nilai signifikan sebesar p=0,00 (p<0,05) artinya tedapat hubungan yang positif signifikan antara kenakalan remaja terhadap fatherless pada siswa SMA X Bengkulu Utara. Sehingga dapat disimpulkan semakin tinggi kondisi fatherless maka semakin tinggi pula perilaku kenakalan remaja pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian mengenai hubungan fatherless terhadap kenakalan remaja pada siswa di SMA X Bengkulu Utara maka di dapatkan kesimpulan dalam penelitian ini yaitu gambaran kondisi fatherless dan gambaran perilaku kenakalan remaja pada penelitian ini berada pada kategori rendah serta terdapat hubungan positif signifikan antara fatherless dengan kenakalan remaja pada siswa SMA X Bengkulu Utara.
PENGARUH SELF-REGULATION DAN LONELINESS TERHADAP PERILAKU CYBERLOAFING PADA ANGGOTA KEPOLISIAN POLRES X DI SUMATERA BARAT Fabio Duta Armada; Anindra Guspa
CAUSALITA : Jurnal Psikologi Vol 1 No 2 (2023): CAUSALITA: Journal of Psychology
Publisher : Causalita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62260/causalita.v1i2.14

Abstract

Banyak instansi yang sudah mulai menggunakan kemajuan teknologi dengan memfasilitasi pekerja dengan komputer dan akses internet setiap harinya sehingga adanya peningkatan pada tahun ke tahun dalampenggunaan internet di Indonesia. Salah satu instansi yang menfasilitasi karyawan dengan perangkat komputer dan internet adalah POLRI. Penggunaan internet diharapkan akan memudahkan karyawan dalam bekerja dan berkomunikasi antara karyawan. Cyberloafing merupakan kegiatan penggunaan internet saat jam kerja namun diperuntukan untuk melakukan aktivitas pribadi seperti bermain sosial media, chatting atau bertukar email pribadi. Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain korelasional yang digunakan untuk melihat seberapa besar pengaruh self-regulation dan loneliness terhadap perilaku cyberloafing pada anggota Kepolisian Polres X di Sumatera Barat. Sampel penelitian ini berjumlah 103 anggota kepolisian yang diambil dengan teknik purposive sampling dengan kriteria-kriteria tertentu. Datadalam penelitian ini dianalisis dengan mengunakan uji statistik analisis regresis sederhana. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapat nilai F sebesar 0.132 dan nilai p = 0.717. Hasil penelitian inimenyatakan tidak ada Pengaruh Self-Regulation Dan Loneliness Terhadap Perilaku Cyberloafing Pada Anggota Kepolisian Polres X Di Sumatera Barat
HUBUNGAN WORK-LIFE BALANCE DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN RADIO CLASSY FM PADANG Genia Yevandrest Bantar; Suci Rahma Nio
CAUSALITA : Jurnal Psikologi Vol 1 No 2 (2023): CAUSALITA: Journal of Psychology
Publisher : Causalita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62260/causalita.v1i2.15

Abstract

This study aims to look at the relationship between work life balance and organizational citizenship behavior on employees of Radio Classy FM Padang. This study uses a quantitative method with a correlational approach. The population in this study are all employees of Radio Classy FM Padang. Researchers used a total sampling technique, amounting of 33 respondences. The instrument in this study uses the work life balance scale and organizational citizenship behavior scale which have been tested for validity and reliability based on previous research. The work life balance scale is the scale developed by Disti (2018) based on Fisher, Bulger, and Smith (2009). Meanwhile, the organizational citizenship behavior is a scale developed by Dewi (2021) based on Organ (1994). Data analysis was performed using product moment analysis with SPSS 21 for windows and a correlation coefficient (r) = 0.507 was obtained with a significance value of p = 0.003 (p <0.05), meaning that there is a positive relationship between work life balance and organizational citizenship behavior. Where it can be concluded that the greater the work life balance, the greater the occurrence of organizational citizenship behavior in employees.