cover
Contact Name
Risky R. Sarapung
Contact Email
riskyrichlossarapung@gmail.com
Phone
+6285398915733
Journal Mail Official
riskyrichlossarapung@gmail.com
Editorial Address
Jln. Siswa Darame Kec. Morotai Selatan Kab. Pulau Morotai
Location
Kab. pulau morotai,
Maluku utara
INDONESIA
Jurnal Pasifik Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 2828125X     DOI : https://doi.org/10.51135/jukip
Core Subject : Education,
Cakupan dari Jurnal Pasifik Pendidikan meliputi : 1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2. Pendidikan Bahasa Inggris 3. Pendidikan Bahasa Indonesia 4. Pendidikan Matematika 5. Pendidikan Fisika 6. Pendidikan Biologi 7. Pendidikan Kimia 8. Pendidikan Geografi 9. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 10. Pendidikan IPA 11. Pendidikan IPS 12. Pendidikan Olahraga
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 3 (2022): Oktober" : 5 Documents clear
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN NILAI TANGGUNGJAWAB AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI II PULAU MOROTAI Abd Sarman Sibua
JURNAL PASIFIK PENDIDIKAN Vol 1 No 3 (2022): Oktober
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasifik Morotai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51135/jukip.v1i3.15

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mengembangkan tanggung jawab akademik untuk siswa kelas VIII SMP Negeri II Pulau Morotai, (2) Tingkat tanggung jawab akademik siswa kelas VIII SMP Negeri II Pulau Morotai. (3) Mengetahui kecenderungan disiplin belajar siswa di SMP Negeri 2 Pulau Morotai. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Instrumen Non Tes). Setelah instrumen dikompilasi diikuti oleh proses pengembangan instrumen yang memenuhi syarat. kemudian dilanjutkan dengan uji reliabilitas, dan pengukuran terakhir nilai tanggung jawab akademik siswa dengan instrumen akhir. Instrumen pengukuran nilai tangungjawab siswa telah memenuhi persyaratan validitas butir, validitas konstruk dan reliabilitas, dan menghasilkan 25 kuesioner, dan memiliki nilai Kaiser-Meyer-Olkin (KMO) sebesar 0,752 dengan Probabilitas uji Bartlents 0,000 dengan reliabilitas 0,742 (4) Berdasarkan hasil pengukuran tanggung jawab akademik siswa kelas VIII SMP Negeri II Pulau Morotai. memperoleh skor rata-rata 81,25, dan dinyatakan termasuk kategori tinggi.
PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 2 MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 2 KABUPATEN PULAU MOROTAI Fahmi Jaguna
JURNAL PASIFIK PENDIDIKAN Vol 1 No 3 (2022): Oktober
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasifik Morotai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51135/jukip.v1i3.17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana guru menerapkan pembelajaran tematik mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian yang ditemui oleh guru kelas 2 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Kab. Pulau Morotai dalam menerapkan pembelajaran tematik. Dalam penerapan pembelajaran tematik di kelas 2 MIN 2 Kabupaten Pulau Morotai berdasarkan hasil penelitian sudah memakai kurikulum 2013 dan dimana sudah dapat berjalan dengan baik, hal tersebut dapat dibuktikan dengan guru selalu melakukan perencanaan sebelum mengajar, guru selalu menyiapkan dan menggunakan media pada saat pembelajaran, guru juga menggunakan metode yang variatif sehingga peserta didik tidak merasa bosan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Kabupaten Pulau Morotai. Adapun jenis penelitan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini antara lain: (1) Hasil temuan peneliti di di kelas 2 MIN 2 Kabupaten Pulau Morotai guru sudah menerapkan ketiga kegiatan pembelajaran. Dalam pembelajaran menurut standar proses yaitu pelaksanaan pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. (2) Berdasarkan hasil wawancara, guru menjelaskan bahwa penilaian dalam pembelajaran menggunakan penilaian autentik dan meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. (3) Dalam proses pembelajaran hal ini desebabkan karena kemampuan siswa yang tidak merata, buku pembelajaran belum terpenuhi. Guru kreatif dan inovatif dalam menyikapi kendala tersebut guru mencari sendiri buku pembelajaran yang sesuai dan mendownload di internet.
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH V PULAU MOROTAI Fitria Husain; M. Rais Salim
JURNAL PASIFIK PENDIDIKAN Vol 1 No 3 (2022): Oktober
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasifik Morotai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51135/jukip.v1i3.18

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui, (1) upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas II SD Muhammadiyah V Pulau Morotai, (2) Faktor-faktor yang menyebabkan sehingga siswa kelas II SD Muhammadiyah V Pulau Morotai belum bias membaca. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian adalah upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca di sekolah Muhammadiyah V Pullau Morotai sudah cukup baik yaitu kerja guru yang mengajar sudah melaksanakan tugasnya secara professional berdasarkan bidangnya masing-masing, memberikan pelajaran tambahan kepada siswa, dengan bentuk les, memberikan tugas dan selalu mengulangi setiap pelajaran yang telah dipelajari. Sedangkan faktor pendukung dalam rangka mengatasi kesulitan membaca yaitu antara lain guru selalu mengawasi setiap anak yang belum lancar membaca untuk ditingkatkan belajar. Faktor penghambat dalam mengatasi kesulitan membaca terkadang guru sudah mengajar dengan baik tetapi sarana prasarana yang tidak mendukung, kemudian minat anak kurang dalam mendukung.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIFE TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS IV MIN II MOROTAI KECAMATAN MOROTAI SELATAN Subhan Hayun
JURNAL PASIFIK PENDIDIKAN Vol 1 No 3 (2022): Oktober
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasifik Morotai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51135/jukip.v1i3.19

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh terdapatnya berbagai sumber permasalahan dalam pembelajaran PKn, dengan materi pokok bahasan “Hidup Rukun”.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar PKn pada materi pokok bahasan “Hidup Rukun” dengan menggunakan model pembelajarancooperatife tipe make a matchpada siswa kelas IV MIN II Morotai Kecamatan Morotai Selatan Kabupaten Pulau Morotai.Model penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian tindakan kelas (PTK) yang di adakan pada siswa kelas IV MIN II Morotai, dengan jumlah keseluruhan adalah 19 siswa yang terdiri dari 4 laki-laki dan 15 perempuan. Hasil penelitian tes pada siklus ke-I siswa yang tuntas berjumlah 5 siswa (26,32%) dari jumlah keseluruhan (19 siswa), sementara 14siswa (73,68%) di nyatakan belum berhasil pada siklus ke-I. Pada siklus ke-II terjadi adanya peningkatan hasil belajar mencapai(58,21%), sehingga siswa yang di nyatakan berhasil pada siklus ke-II berjumlah 16 siswa (84,21%) dan adapun siswa yang di nyatakan belum berhasil pada siklus ke II adalah berjumlah 3 siswa ( 15,7%).
PERAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV-D SD NEGERI UNGGULAN 1 PULAU MOROTAI Risky R. Sarapung; Siti Mariam Mahmud; Gullyt Karlos Papingka
JURNAL PASIFIK PENDIDIKAN Vol 1 No 3 (2022): Oktober
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasifik Morotai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51135/jukip.v1i3.20

Abstract

Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV-D SD Negeri Unggulan 1 Pulau Morotai sebanyak 27 siswa terdiri dari 11 Laki-laki dan 16 Perempuan. Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui media gambar pada mata pelajaran IPA dengan materi Rangka Manusia, Fungsi dan Pemeliharaannya. Hasil penelitian pada siklus I, siswa yang tuntas berjumlah 10 orang (37%) dari jumlah keseluruhan (27 siswa), sementara 17 siswa (63%) belum berhasil. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar sebesar (44%), sehingga siswa yang berhasil pada siklus II berjumlah 22 siswa (81%) dan yang belum berhasil 5 siswa (19%). Penelitian tentang peran media gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa telah memberikan dampak yang sangat baik, terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA.

Page 1 of 1 | Total Record : 5