cover
Contact Name
-
Contact Email
perpussttmandala@gmail.com
Phone
+628978654259
Journal Mail Official
imashdt@gmail.com
Editorial Address
Jl. Seekarno-hatta No.597 Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Isu Teknologi
ISSN : 19794819     EISSN : 25991930     DOI : -
Jurnal Isu Teknologi Merupakan jurnal yang membahas tentang isu - isu teknologi saat ini. terutama yang berkaitan dengan teknik informatika, teknik sipil,teknik elektro,dan teknik mesin.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2014): Jurnal Isu Teknologi" : 6 Documents clear
MENINGKATKAN EFISIENSI KONVERTER DC-DC PENAIK TEGANGAN DENGAN TEKNIK ZERO VOLTAGE SWITCHING (ZVS) UNTUK KOREKSI FAKTOR DAYA BEBAN NONLINIER Anung Anung; Rahmad Hidayat
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 7 No. 1 (2014): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Efisiensi dari dc-dc konverter idealnya 100%, tapi kenyataanya kurang dari itu. Dengan rendahnya efisiensi dari konverter maka daya listrik yang dapat dimanfaatkan oleh beban akan berkurang. Untuk waktu yang lama, energi listrik yang hilang pada saklar semikonduktor tidak dapat diabaikan, apalagi dalam cakupan wilayah yang luas, misalnya untuk seluruh Indonesia. Untuk menghasilkan konverter dc-dc dengan kerapatan daya yang tinggi, maka frekuensi pensaklaran dinaikan. Naiknya frekuensi pensaklaran maka keperluan akan komponen reaktif menjadi kecil, akan tetapi akibatnya daya yang hilang pada saklar semikonduktor menjadi tinggi, terutama sewaktu turn-on dan turn-off. Metode yang digunakan untuk mengatasi permasalahan diatas pada penelitian ini adalah metode Zero Voltage Switching (ZVS). Metode ZVS ini menerapkan pensaklaran tegangan nol sewaktu turn-on, dengan bantuan komponen induktor resonansi Lr dan kapasitor resonansi Cr. Untuk memvalidasi metode yang diusulkan maka dilakukan simulasi dan pengujian subyek penelitian di Laboratoium Elektronika Daya STT Mandala Bandung. Kegiatan penelitian, mulai dari studi pustaka sampai pelaporan hasil penelitian dilakukan selama delapan bulan. Dari data hasil pengujian dan analisa menunjukan bahwa terjadi peningkatan rata-rata efisiensi konverter dc-dc penaik tegangan yang digunakan sebagai koreksi faktor daya beban nonlinier dengan penerapan metode Zero Voltage Switching (ZVS) sebesar 4%.
APLIKASI TEKNOLOGI PABRIKASI RUMAH MODULAR PADA KONSTRUKSI RUMAH TINGGAL Nurcawedha Riztria Adinda
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 7 No. 1 (2014): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi pabrikasi rumah modular merupakan salah satu inovasi kreatif dalam rangka pengembangan metoda kerja konstruksi untuk pencapaian efisiensi waktu dan biaya konstruksi serta pencapaian kualitas konstruksi yang meningkat. Teknologi pabrikasi rumah modular merupakan proses konstruksi non-konvensional yang melibatkan teknologi moderen dan dilakukan secara terpusat dan terintegerasi dalam sebuah wokshop, Penerapan teknologi pabrikasi rumah modular pada pembangunan rumah tinggal sudah dilakukan di berbagai negara di dunia. Lain halnya dengan proses konstruksi konvensional (on site) pembangunan rumah tinggal pada umumnya yang tidak efisien akan hal waktu dan biaya konstruksi, serta menghasilkan limbah proyek yang tidak sedikit, Penerapan teknologi pabrikasi rumah modular ini pada pembangunan rumah tinggal dapat memangkas waktu dan biaya konstruksi, buangan konstruksi, tanpa mengurangi kualitas dari fungsi bangunan.
KEAMANAN PADA JARINGAN WIRELESS Yudi Herdiana
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 7 No. 1 (2014): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir kebutuhan akses wireless data semakin meningkat . Karena teknologi wireless memanfaatkan frekuensi tinggi untuk menghantarkan sebuah komunikasi, maka kerentanan terhadap keamanan lebih tinggi dibanding dengan teknologi komunikasi yang menggunakan kabel. Berbagai tindakan pengamanan dapat dilakukan melalui perangkat komunikasi yang digunakan oleh user maupun oleh operator yang memberikan layanan komunikasi. Kelemahan jaringan wireless secara umum dapat dibagi menjadi 2 jenis, yakni kelemahan pada konfigurasi dan kelemahan pada jenis enkripsi yang digunakan. Secara garis besar, celah pada jaringan wireless terbentang di atas empat layer di mana keempat lapis (layer) tersebut sebenarnya merupakan proses dari terjadinya komunikasi data pada media wireless. Keempat lapis tersebut adalah lapis fisik, lapis jaringan, lapis user, dan lapis aplikasi. Model- model penanganan keamanan yang terjadi pada masing-masing lapis pada teknologi wireless tersebut dapat dilakukan antara lain yaitu dengan cara menyembunyikan SSID, memanfaatkan kunci WEP, WPA-PSK atau WPA2-PSK, implementasi fasilitas MAC filtering, pemasangan infrastruktur captive portal.
Perhitungan Lintas Ekuivalen Kendaraan Berbasis Kelas Jalan Samun Haris
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 7 No. 1 (2014): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam proses perencanaan tebal struktur perkerasan lentur jalan, data Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR), memberikan kontribusi dan diperlukan sebagai dasar, berkaitan dengan beban rencana yang akan dilayaninya. Berkenaan dengan diperlukannya kesesuaian antara kemampuan menerima beban dari struktur perkerasan lentur jalan, dengan beban lalu lintas yang disesuaikan dengan kelas jalan yang ditetapkan, maka pertimbangan standar beban dan konfigurasi sumbu kendaraan dalam perhitungan lintas ekuivalen, berpedoman kepada Jumlah Berat yang Diizinkan (JBI) dan Jumlah Berat Kombinasi yang Diizinkan (JBKI). Maksud penulisan ini adalah dalam rangka studi literatur atas Buku Pedoman Survai Pencacahan Lalu Lintas Dengan Cara Manual. Tujuan penulisan adalah untuk menyusun perhitungan lintas ekuivalen kendaraan, berbasis pendekatan kelas jalan yang ditetapkan, Hasil simulasi perhitungan lintas ekuivalen kendaraan pada ruas jalan antara Kota A ke Kota B dengan beban sumbu kendaraan rencana sesuai ketentuan kelas jalan eksisting yaitu kelas III, menghasilkan jumlah kumulatif ekuivalen sebesar 3.608.503,82. Sedangkan hasil simulasi perhitungan lintas ekuivalen kendaraan pada ruas jalan antara Kota A ke Kota B dengan beban sumbu kendaraan rencana sesuai ketentuan kelas jalan baru yaitu kelas II, menghasilkan jumlah kumulatif ekuivalen sebesar 5.792.434,43.
PENGARUH SATURASI INTI DARI BEBAN SISTEM ELEKTROMAGNETIK TERHADAP PERFORMANCE ARUS LISTRIK Yakob Liklikwatil; Robi Rohman
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 7 No. 1 (2014): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peralatan elektromagnetik seperti transformator dan motor listrik merupakan peralatan yang sangat penting dalam sebuah sistem tenaga listrik. Sesungguhnya peralatan seperti itu tergolong dalam peralatan nonlinear yang juga merupakan penyebab distorsi pada arus sumber, karena inti besi magnetik yang mempunyai sifat jenuh dan pemberian tegangan yang melebihi ratingnya maka performance arus listrik menjadi tidak sisusoida dan cacat. Pencatuan tegangan yang melebihi rating maksimum alat itu mengakibatkan bentuk gelombang tegangan atau arus gerak magnet (agm) menyerupai kotak (dengan puncak gelombang yang terpotong), sehingga alat beropersi dalam daerah yang melewati titik jenuhnya dan bisa merusakan alat ini sendiri., seperti yang terjadi pada pengaturan tegangan yang dilakukan pada sebuah ototransformer dalam rangka menormalkan tegangan di beban oleh karena tegangan turun akibat beban bertambah besar. Oleh karena itu tulisan ini membahas analisis sejauh mana pengaruh tegangan dan tegangan lebih terhadap gejala atau performance arus listrik saluran. Hasil pengujian laboratorium memberikan suatu gambaran yang benar bahwa peralatan trafo dan motor listrik terutama dalam keadaan saturasi inti magnetik menyebabkan perfoma arus tidak sinusoida. Sebagai objek pembahasan beban sistem elektromagnetik hanya dua peralatan saja yaitu transformator ukuran kecil dan motor induksi satu fasa. Data diambil melalui perconaan dilaboratorium dibatasi pada besaran tegangan dan arus sumber, dan analisa dilakukan dengan metoda Deret Fourier. Hasil percobaan menunjukkan bahwa saturasi inti sistem elektromagnetik terjadi pada tegangan diatas 220 volt dan arus mengalami distorsi dengan THD 62,32%, dengan kesimpulan bahwa pengaruh kejenuhan inti sistem elektromagnetik cukup signifikan terhadap arus sumber .
PENGARUH KANDUNGAN BIOETHANOL PADA CAMPURAN PREMIUM TERHADAP TORSI DAN DAYA POROS PADA SEPEDA MOTOR 180 cc Rosyidin Sufyani; Anas Yuwana
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 7 No. 1 (2014): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahan bakar etanol adalah etanol (etil alkohol) dengan jenis yang sama dengan yang ditemukan pada minuman beralkohol dengan penggunaan sebagai bahan bakar. Etanol seringkali dijadikan bahan tambahan bensin sehingga menjadi biofuel. Ada banyak macam campuran bahan bakar etanol umum yang digunakan di seluruh dunia. Penggunaan etanol murni dalam mesin pembakaran dalam hanya bisa dipakai jika mesin itu didesain atau dimodifikasi agar bisa menggunakan bahan bakar tersebut. Etanol anhidrat dapat dicampur dengan bensin dalam perbandingan yang beragam sehingga dapat digunakan di mesin bensin biasa. Mesin bensin dengan sedikit perubahan (minor) dapat menggunakan bahan bakar bensin dengan campuran etanol lebih besar.Dalam penelitian ini, penulis mengadakan eksperimen dengan campuran ethanol dengan bensin premium mulai prosentase 15 %, 20% dan 25% & dengan menggunakan mesin sepeda motor 180 cc, kemudian dicatat sebearapa besar pengaruh kandungan bioethanol terhadap torsi dan daya dari mesin tersebut. Dari hasil penelitian, didapat bahwa secara empiric maupun analisis menunjukan bahwa kandungan E 25 mempunyai torsi dan daya yang terbesar dibanding campuran dengan komposisi yang lain Hasil dari penelitian ini dapat di gunakan sebagai salah satu acuan atau rujukan untuk penggunaan ethanol sebagai campuran premium guna mengurangi beberapa persen penggunaan BBM dan meningkatkan torsi dan daya poros mesin. Disamping itu, hasil dari penelitian ini dapat juga dijadikan sebagai salah satu acuan pengembangan penelitian khusunya penggunaan ethanol sebagai campuran premium, serta dapat dijadikan sebagai salah satu acuan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khusunya pada bahan bakar alternatif.

Page 1 of 1 | Total Record : 6