cover
Contact Name
Frits Rupilele
Contact Email
fritsrupilele@gmail.com
Phone
+6285243351957
Journal Mail Official
fritsrupilele@gmail.com
Editorial Address
Universitas Victory Sorong Jl. Basuki Rahmat Km.11,5 Kota Sorong
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
J-DEPACE (Journal of Dedication to Papua Community)
ISSN : 26548356     EISSN : 26551799     DOI : 10.34124/jpkm
J-DEPACE (Journal of Dedication to Papua Community) Jurnal Pengabdian Masyarakat adalah jurnal yang mencakup kajian pengembangan dan penerapan IPTEKS, maka jurnal ini ditujukan untuk mempublikasikan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, yang mencakup konsep, model dan implementasinya sebagai upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2023): JUNI" : 6 Documents clear
USAHA HIJAB LOW BADGET DIJAMAN MODERN YANG NYAMAN DIGUNAKAN Pungki Pungki; Diki Wahyudi; Anugrah Riskullah R; Sapar Sapar; Samsinar Samsinar
J-DEPACE (Journal of Dedication to Papua Community) Vol 6, No 1 (2023): JUNI
Publisher : Universitas Victory Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34124/jpkm.v6i1.139

Abstract

Pemanfaatan tekstur Playcatton menjadi hijab yang laris. Program Kreativitas Mahasiswa – Kewirausahaan (PKM-K) ini bertujuan untuk menginspirasi mahasiswa menjadi pemilik usaha dengan mengubah kain playatton menjadi hijab wearable. Metode pelaksanaan program ini adalah input, proses (penciptaan), hasil, dan penilaian. Kesimpulan program PKM-K adalah dengan membuat hijab yang bisa dijual dapat mengajarkan siswa bagaimana tetap inovatif dan kreatif dalam mengolah kain playcotton, memberikan kesempatan untuk mempraktekkan kewirausahaan dengan pemahaman konsep kewirausahaan yang komprehensif, dan menginspirasi mereka untuk terus menjalankan usahanya. bisnis sendiri.
MENINGKATKAN KESADARAN ANAK TENTANG BAHAYA GAME ONLINE MELALUI KAMPANYE SOSIALISASI PADA SD NEGERI 23 KOTA SORONG Fensca F. Lahallo; Frits G. J. Rupilele; Santo Lartutul; Muh. Nanang Setiawan; Bonifasius Tortet
J-DEPACE (Journal of Dedication to Papua Community) Vol 6, No 1 (2023): JUNI
Publisher : Universitas Victory Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34124/jpkm.v6i1.138

Abstract

Banyak dari anak-anak yang telah memanfaatkan handphone baik milik sendiri atau milik orang tua sudah bukan lagi sesuai fungsi utamanya yaitu untuk saling berkomunikasi tetapi lebih banyak memanfaatkan untuk bermain game offline, game online maupun media sosial seperti tiktok, facebook, intagram, dan lain sebagainya. Ada diantara anak-anak tersebut yang mengungkapkan bahwa menghabiskan waktu hingga larut malam untuk bermain game online yang berakibat pada aktivitas di sekolah menjadi terganggu seperti terlambat datang kesekolah, lupa mengerjakan tugas sekolah, dan lain sebagainya. Dari permasalahan diatas, maka penting sekali dilakukannya sosialisasi sebagai bentuk menumbuhkan kesadaran anak-anak tentang bahanyanya game online dan pengaruh negatif terhadap perkembangan anak maupun perilaku secara individu dan sosial. Kampanye sosialisasi ini lebih menekankan pada pemberian edukasi mengenai pengaruh negatif yang umumnya dapat terjadi apabila anak-anak sudah kecanduan bermain game online. Terlalu sering bermain game online akan memicu sikap negatif anak (perilaku penyimpangan) seperti, ketidakjujuran, lupa waktu, penurunan prestasi dan kurangnya bersosialisasi. Selian itu, terjadi penurunan kesehatan maupun tingkat emosi anak menjadi tidak stabil. Pengaruh negatif tersebut dapat diminimalisir dengan memiliki komitmen yang kuat atau niat untuk mengurangi waktu bermain game, mengatur waktu dalam bermain game online. Atau dapat juga dengan mengalikan perhatian melalui berbagai kegiatan-kegiatan lain yang lebih bermanfaat dan menyenangkan. Dengan adanya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini, anak-anak lebih memahami dan memiliki wawasan tentang bahaya game online dan dapat dijadikan pembelajaran dari berbagai kasus yang terjadi karena adanya kecanduan game online sehingga anak-anak SD Negeri 23 Kota Sorong dapat mengurangi atau membatasi waktu untuk bermain game online dan meningkatkan prestasi belajar mereka.
PENGENALAN DASAR-DASAR KOMPUTER DI SD INPRES 1 KABUPATEN SORONG Irwan Soulisa; Juneth N. Wattimena; Agustinus G. Gifelem; Peter Manuputty
J-DEPACE (Journal of Dedication to Papua Community) Vol 6, No 1 (2023): JUNI
Publisher : Universitas Victory Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34124/jpkm.v6i1.142

Abstract

Penerapan komputer bukan hanya pada dunia pemerintahan ataupun instansi – instansi besar, tetapi juga pada dunia pendidikan. Padahal tanpa disadari pengetahuan tentang komputer sangat penting dalam dunia persaingan saat ini. Semakin teknologi berkembang, komputer merupakan salah satu media yang digunakan dalam pelaksanaan ujian nasional. Menghindari pembelajaran komputer yang tidak terarah, maka proses belajar dapat dilakukan pada anak-anak melalui Sekolah Dasar. Penguasaan komputer yang tepat dapat dimulai dari adanya pembelajaran dasar – dasar komputer dan pengenalan komputer sejak dini di Sekolah Dasar (SD). Belajar komputer pada anak-anak di SD Inpres 1 Kabupaten Sorong masih kurang, karena hanya diberikan bagi siswa yang merupakan kelas persiapan dalam menghadapi ujian nasional. Pembelajaran komputer dapat dilakukan supaya anak – anak di SD Inpres 1 Kabupaten Sorong dapat mengetahui, mengenal, dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Simpulan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan adalah berjalan dengan lancar dan sangat disambut baik serta antusias dari masing-masing peserta. Selain itu, peserta kegiatan dapat menambah wawasan tentang perangkat komputer dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
PRODUKSI 140 VIDEO MUSIK ROHANI DAN ANIMASI KATOLIK UNTUK ANAK-ANAK ASMAT, PAPUA Kevin Sanly Putera
J-DEPACE (Journal of Dedication to Papua Community) Vol 6, No 1 (2023): JUNI
Publisher : Universitas Victory Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34124/jpkm.v6i1.131

Abstract

Animasi berupa gerak dan lagu menjadi kekhasan dalam pengajaran untuk usia anak, tidak terkecuali dalam pengajaran iman Katolik. Selain menjadi sarana pembelajaran yang efektif, gerak dan lagu juga termasuk metode pewartaan iman klasik yang konsisten digunakan dalam Gereja Katolik. Sebagai lembaga keagamaan, Keuskupan Agats-Asmat menyadari kebutuhan pengadaan video gerak dan lagu Katolik baik bagi para pengajar ataupun anak-anak sehingga pengajaran animasi tidak terbatas ruang dan waktu. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memfasilitasi produksi video musik rohani dan animasi Katolik untuk anak-anak Asmat, Papua. Bekerja sama dengan Keuskupan Agats-Asmat, rangkaian aktivitas ini berlangsung di penjuru Kabupaten Asmat selama hampir setahun dan menghasilkan 140 video. Video-video ini lantas disebarluaskan baik secara luar jaringan ataupun dalam jaringan untuk menjadi sarana pengajaran iman baru bagi anak-anak Katolik di Kabupaten Asmat, sambil memperkenalkan latar budaya Asmat kepada audiens internet. Apresiasi dibuktikan dari jumlah view di kanal Youtube tempat video tersebut diunggah hingga 375% dan masih dipakai secara berkelanjutan di seluruh kelompok SEKAMI Keuskupan Agats-Asmat.
PENERAPAN DAN PELATIHAN SISTEM INFORMASI PENDUDUK PADA DESA PENFUI TIMUR KABUPATEN KUPANG Neang P. Atamani; Redy A. Lelan; Zenonisya G. Batara; Yosefina R. Tey Seran; Natalia M. R. Mamulak
J-DEPACE (Journal of Dedication to Papua Community) Vol 6, No 1 (2023): JUNI
Publisher : Universitas Victory Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34124/jpkm.v6i1.130

Abstract

Penguasaan teknologi informasi dan komunikasi menjadi penting karena setiap pihak yang terlibat di dalamnya dituntut mampu berpartisipasi secara aktif dan terus meningkatkan kemampuan berkompetisi. Teknologi Informasi dan Komunikasi sudah menjadi kebutuhan primer bagi banyak kalangan. Dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi, suatu proses dan kegiatan dapat dilakukan dengan lebih cepat, mudah dan efisien.Pendataan penduduk pada Desa Penfui Timur dilakukan dengan cara pengarsipan pada Microsoft office (word dan excel), untuk penamaan file belum ada format baku sehingga sering terjadi pendobelan data jika dilakukan oleh tenaga administrasi yang berbeda. Hal ini mengakibatkan pendataan tidak akurat dan efisien. Perkembangan era digital saat ini menuntut agar semua pekerjaan administrasi desa dapat dikelola secara terkomputerisasi, dengan memanfaatkan sistem informasi. Salah satunya adalah sistem informasi data penduduk pada Desa Penfui Timur. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan adalah penerapan dan pelatihan sistem informasi penduduk pada Desa Penfui Timur dengan harapan agar desa memiliki aplikasi pendataan penduduk dan perangkat desa dapat melakukan pendataan dengan akurat dan efisien.
PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MULTIMEDIA BAGI GURU SAINS DI SMP DAN SMA CITRA BAKTI Maria Yuliana Kua; Fransiskus Xaverius Dolo; Ngurah Mahendra Dinatha; Afrianus Gelu; Prisko Yanuarius Djawaria Pare; Ni Wayan Suparmi; Dimas Qondias
J-DEPACE (Journal of Dedication to Papua Community) Vol 6, No 1 (2023): JUNI
Publisher : Universitas Victory Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34124/jpkm.v6i1.134

Abstract

Dampak dari merebaknya pandemi COVID-19 telah mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan manusia. Tidak berbeda pula dengan para peserta didik dari tingkat SD sampai Perguruan Tinggi yang turut merasakan dampak pandemi ini. Kegiatan pembelajaran daring menjadi salah satu alternatif untuk memberikan pelayanan kegiatan pembelajaran yang praktis dan fleksibel. Namun demikian, pengembangan kegiatan pembelajaran daring yang efektif dan efisien masih menjadi tantangan tersendiri bagi para guru. Menyikapi permasalahan ini, dosen dan mahasiswa STKIP Citra Bakti melakukan kegiatan pengabdian dalam bentuk pelatihan dan pendampingan pelaksanaan pembelajaran menggunakan multimedia power point dan bandicam bagi guru sains di SMP dan SMA Citra Bakti. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada para guru terkait penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran daring. Kegiatan ini melibatkan dua guru SMP Citra Bakti dan empat guru SMA Citra Bakti yang didampingi oleh lima orang dosen serta dibantu oleh lima mahasiswa program studi pendidikan IPA STKIP Citra Bakti. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan pemahaman kemampuan guru dalam menggunakan multimedia pada proses pembelajaran daring yang dibuktikan dengan hasil angket pemahaman guru yang menunjukkan adanya peningkatan presentase dari 58% menjadi 88,6%

Page 1 of 1 | Total Record : 6