cover
Contact Name
Alpan Ahmadi
Contact Email
alpansori90@gmail.com
Phone
+6281337157471
Journal Mail Official
berugak.baca23@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Green Asia Blok P5, Bagik Polak
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin
Published by Lembaga Berugak Baca
ISSN : -     EISSN : 30257743     DOI : -
BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Berugak Baca. BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin diterbitkan dalam semangat berkhidmat mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan melalui publikasi ilmiah pada bidang pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, teknologi informasi, teknik sipil, dll. Jurnal BEGIBUNG berisi artikel yang dituangkan dari hasil pemikiran para ahli, ilmuwan, praktisi, mahasiswa, dan pemerhati ilmu pengetahuan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2023): Vol. 1 No. 3 (2023): BEGIBUNG : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Desember 2023" : 6 Documents clear
MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER SMP SANTA MARIA MAUMERE Mariana Sada
BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin Vol. 1 No. 3 (2023): Vol. 1 No. 3 (2023): BEGIBUNG : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Desember 2023
Publisher : Berugak Baca

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan persoalan penting bagi umat manusia, dimana dengan pendidikan menjadi tumpuan untuk pengembangan individu dan masyarakat serta digunakan untuk memajukan peradaban, mengembangan masyarakat dan membuat generasi yang mampu melakukan banyak hal untuk kepentingan bersama. Pentingnya kegiatan pendidikan karakter sangat memberi sadar dan menginginkan sistem pemberi rasa ingat untuk selalu berdiri sendiri tanpa sandaran cakupan dari pendidikan, pendidikan merupakan nilai menjadi satu kesatuan dengan cakupan tiap mata pelajaran yang ada diterapkan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Pendidikan Karakter di SMP Santa Maria Maumere. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode studi kasus dengan subjek penelitian yakni seluruh peserta didik SMP Santa Maria Maumere. Pelaksanaan penelitian ini selama 6 bulan pada semester genap di SMP Santa Maria Maumere dengan teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pendidikan karakter yang ada pada SMP Santa Maria Maumere perencanaan pendidikan karakter disusun sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah dengan melibatkan semua unsur sekolah, pengorganisasian pendidikan karakter di bawah bidang kesiswaan dengan dasar pembagian tugas dan tanggung jawab lebih pada kemampuan pendidik dalam bidang agama
A OPTIMALISASI STRATEGI PENANGANAN SINDROM PRAMENSTRUASI: STUDI KASUS DI DESA LARANGAN RT.15 RW.04 SIDOARJO: OPTIMALISASI STRATEGI PENANGANAN SINDROM PRAMENSTRUASI: STUDI KASUS DI DESA LARANGAN RT.15 RW.04 SIDOARJO arief wisaksono
BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin Vol. 1 No. 3 (2023): Vol. 1 No. 3 (2023): BEGIBUNG : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Desember 2023
Publisher : Berugak Baca

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Serangkaian gejala fisik yang biasanya muncul beberapa hari hingga satu minggu sebelum menstruasi dan hilang setelah menstruasi dikenal sebagai Sindrom Pramenstruasi (PMS). Dari 10 remaja putri yang terlibat dalam penelitian, 8 (80%) di antaranya pernah mengalami sindrom pramenstruasi, menurut data survei yang dilakukan di Desa Larangan Sidoarjo. Angka kejadian yang tinggi ini menunjukkan bahwa sindrom pramenstruasi masih merupakan masalah kesehatan remaja putri di desa tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang apa yang diketahui remaja putri tentang sindrom pramenstruasi dan bagaimana menanganinya. Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif dengan melibatkan semua remaja putri (15 orang) di Desa Larangan RT 15/RW 04. Variabel yang diamati termasuk pengetahuan tentang sindrom pramenstruasi dan pengobatan yang digunakan. Untuk mengumpulkan data, Google Form digunakan untuk menyebarkan kuesioner secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar remaja putri (53,3%) memiliki pengetahuan yang cukup tentang sindrom pramenstruasi. Selain itu, sebagian besar dari mereka (73,3%) melakukan penanganan ketika mengalami sindrom pramenstruasi, dan remaja putri yang melakukan penanganan lebih banyak (83,3%) menunjukkan pengetahuan yang kurang, sementara remaja putri yang tidak melakukan penanganan lebih banyak (37,7%) menunjukkan pengetahuan yang cukup. Hasil ini menunjukkan bahwa perlu ada upaya untuk meningkatkan pemahaman remaja putri tentang sindrom pramenstruasi dan cara penanganannya untuk mengurangi efek buruk dari kurangnya pengetahuan dan praktik penanganan yang salah
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SDN 3 SUKAMULIA Lia Rismawati; Arlian Dita Ariani
BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin Vol. 1 No. 3 (2023): Vol. 1 No. 3 (2023): BEGIBUNG : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Desember 2023
Publisher : Berugak Baca

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Sukamulia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi Bangun Ruang Sederhana, dengan menggunakan metode Demonstrasi pada siswa kelas IV SDN 3 Sukamulia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 3 Sukamulia. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 3Sukamulia yang berjumlah 25 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 11 siswa dan perempuan berjumlah 14 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif, dan aspek psikomotorik .Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang sederhana siswa kelas IV SDN 3 Sukamulia. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, Terjadi peningkatan hasil belajar dalam setiap siklus, aspek kognitif siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 76% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 88%. Pada aspek afektif siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 36% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Pada aspek psikomotorik siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 64% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBASIS NEUROSAINS UNTUK MENCIPTAKAN WELLBEING DI SEKOLAH DASAR Neni Yuliani; Elsa Chaeratunnisa; Suroso Mukti Leksono
BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin Vol. 1 No. 3 (2023): Vol. 1 No. 3 (2023): BEGIBUNG : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Desember 2023
Publisher : Berugak Baca

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Belajar merupakan sebuah proses dimana siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, pemahaman, atau pengalaman baru. Hasil pengamatan saat proses pembelajaran sering dijumpai siswa yang merasa jenuh dengan materi-materi yang disampaikan. Sehingga proses pembelajaran yang disampaikan kurang efektif. Berdasarkan masalah tersebut maka guru perlu memperbaiki proses pembelajaran dengan mendeteksi permasalahan yang ada di kelas. salah satu permasalahan tersebut yaitu kejenuhan saat proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan oleh peneliti untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam mengatasi kejenuhan belajar. Guru harus mengetahui kajian sistem saraf di otak manusia atau dikenal sebagai neurosainsetiap. Karena pada proses pembelajaran yang dilakukan pasti melibatkan kinerja otak. Dalam proses pembelajaran, otak membutuhkan stimulasi yang bervariasi untuk tetap terlibat dan mencegah kejenuhan. Model pembelajaran yang lebih mendorong keaktifan, kemandirian dan tanggung jawab dalam diri siswa sesuai dengan model pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Pada pembelajaran kooperatif tipe TGT ini terlihat siswa antusias dan aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat mengatasi kejenuhan belajar siswa. Selain itu pembelajaran kooperatif tipe TGT juga dapat menciptakan menciptakan kejeahteraan dan kebahagiaan (Wellbeing).
Penyusunan Booklet Hasil Penelitian Etnozoologi di Pasar Tradisional Saik Kumai Hilir sebagai Sumber Belajar Biologi SMA Kelas X Materi Keanekaragaman Hayati Nuvia Dwi Astuti
BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin Vol. 1 No. 3 (2023): Vol. 1 No. 3 (2023): BEGIBUNG : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Desember 2023
Publisher : Berugak Baca

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pasar Saik Kumai Hilir adalah salah satu pasar yang terletak di Kecamata Kumai dan unik karena menjual lebih banyak jenis hewan dibandingkan pasar lainnya yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat dan hanya dibuka pada pukul 13.00-17.00. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis hewan yang digunakan untuk tradisi, jenis hewan yang memiliki makna filosofis, dan mengetahui kualitas booklet keanekaragaman jenis hewan di Pasar Saik Kumai Hilir sebagai sumber belajar biologi SMA kelas X. Hewan yang dijual di Pasar Saik Kumai Hilir didapatkan 32 spesies. Hewan yang dimanfaatkan untuk tradisi adalah nila, kakap kuning, kakap merah, ayam potong, ayam kampung, dan tenggiri. Hewan yang memiliki makna filosofis adalah ikan sisa nabi yang berarti “ikan sisa setelah nabi makan” dan ikan pempirang yang berasal dari kata pirang-pirang yang berarti “banyak sekali”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa booklet yang telah dinilai oleh ahli materi mendapatkan skor 79,86% dan ahli media mendapatkan skor 76,56% yang artinya booklet memiliki kualitas baik/menarik.
ANALISIS KETERAMPILAN TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMA NEGERI 1 PEMENANG Agus Nulhadi; Zakir Burhan
BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin Vol. 1 No. 3 (2023): Vol. 1 No. 3 (2023): BEGIBUNG : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Desember 2023
Publisher : Berugak Baca

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keterampilan teknik dasar permainan sepak bola pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Pemenang. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian deskriptif, penelitian deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi pada masa itu. Pemaparan dari hasil temuannya dilakukan secara sistematik dengan menekankan pada data faktual. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa Ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Pemenang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Dimana teknik ini merupakan teknik penentuan sampel yang apabila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hal ini sering dilakukan jika jumlah populasi relative kecil, kurang dari 30 orang, atau penelitian yang ingin membuat generalisasi dengan kesalahan yang sangat kecil. Berdasarkan keseluruhan tes keterampilan teknik dasar sepak bola pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Pemenang, menunjukan bahwa sebanyak 1 siswa termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, 5 siswa dalam kategori “Baik”, 13 siswa termasuk dalam kategori “Cukup”, 4 siswa dalam kategori “Kurang”, dan 2 siswa dalam kategori “Sangat Kurang”. Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat keterampilan teknik dasar permainan sepak bola pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Pemenang masuk dalam kategori “Cukup”.

Page 1 of 1 | Total Record : 6