cover
Contact Name
Rojai Zhofir
Contact Email
rojaizho@gmail.com
Phone
+6285709037738
Journal Mail Official
jurnal.kenduri@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jaya Wijaya, Dusun Besar Kota Bengkulu
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
KENDURI
ISSN : 27769186     EISSN : 27769186     DOI : https://doi.org/10.62159/kenduri.XXXX
Core Subject : Humanities, Social,
The journal includes, but is not limited to the following fields: Teaching & Learning in Science Education Material Learning in Science Education Learning Media/Multimedia in Science Education Evaluation & Assessment in Science Education Higher Order Thinking Skills in Science Education Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education Integrating Islamic Values with Science Education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 3 (2022): Desember" : 5 Documents clear
Peranan Media Pembelajaran Berbasis Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipa Mi Kelas Iv D SDN 16 Kota Bengkulu Nadia Yuliarti; Risa Azizah Irawan; Devi Andika
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 2 No. 3 (2022): Desember
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada penelitian ini penulis bermaksud untuk melihat peranan media pembelajaran berbasis gambar untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA MI kelas IV D SDN 16 Bengkulu. Penelitian ini menggunakan Deskriptif kualitatif, dengan memakai teknik akumulasi data angket (kuesioner), observasi, dan wawancara. Teknik kajian data dalam penelitian ini iyalah pengerucutan data, penyajian data serta kesimpulan. Adapun temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran gambar masuk pada posisi sedang dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, sejalan dengan hasil wawancara wali kelas bahwa media gambar tidak seefektif penggunaannya untuk kelas bawah karena media gambar tidak cukup dalam menarik minat peserta didik kelas atas, tenaga pendidik diharus meningkatkan level media contohnya dengan menggunkan media audiovisual ataupun multimedia. Berdasarkan hasil temuan penelitian dapat diinferensikan bahwa media berbasis gambar sedikit kurang cocok untuk peserta didik kelas atas tanpa adanya improvisasi dari media lain karena media gambar kurang kuat dalam menarik minat peserta didik kelas atas untuk pembelajaran IPA.
Peningkatan Hasil Belajar IPA Tema 3 Subtema 2 Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas IV Elya Hasanah; Lola Delia; Anggun Azzahra
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 2 No. 3 (2022): Desember
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencapai hasil belajar Topik 3 Subtopik 2 siswa Kelas IV melalui model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian praktik kelas yang juga dilaksanakan dalam dua siklus setiap konferensi, dan terdapat tiga siklus.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN 60 Kota Bengkulu. Langkah selanjutnya adalah uji validitas hasil.Siklus 1 berjumlah 40 soal dan 20 soal valid dan Siklus 2 berjumlah 15 soal valid.Uji reliabilitas siklus 1 menghasilkan nilai terendah 59,62 dan lebih tinggi 92,31, dan siklus 2 menghasilkan nilai terendah 77,41. Kinerja pembelajaran yang dilakukan pada kondisi awal perilaku guru sebesar 75% dan perilaku siswa sebesar 70%.Pada siklus 1 perilaku guru dalam proses pembelajaran sebesar 80,12% pada pertemuan pertama dan 85% pada pertemuan kedua.25% perilaku siswa pada siklus I atau 73%.Pada sesi kedua siklus 2 sebesar 85%.Siklus 2 yang dilakukan guru pada sesi pertama sebesar 100% dan pada sesi kedua sebesar 100%. Perilaku siswa pada pelajaran pertama dan kedua 100% sesuai dengan hasil penelitian, menunjukkan peningkatan hasil belajar pada muatan IPA khususnya pada subtopik 2.Kondisi awal adalah 25% siswa mencapai standar kelulusan pada siklus 1, jumlah siswa yang lulus meningkat menjadi 75%, dan 100% lulus pada siklus 2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran problem based learning menjadikan siswa lebih aktif, memahami permasalahan, dan meningkatkan hasil belajar pada muatan IPA.
Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V SDN 60 Kota Bengkulu Inggit Ganarsih; Astri Maisa Putri; Galih Budiatna
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 2 No. 3 (2022): Desember
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka pada peserta didik memerlukan pemikiran dari seorang guru agar menyediakan pembelajaran yang menarik dan bermakna. Mata Pelajaran IPAS yang merupakan mata pelajaran baru bagi peserta didik kelas 5 SD perlu diberikan berbagai kegiatan dan tahapan sehingga peserta didik mendapatkan pengalaman langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara seorang guru dalam menerapkan kegiatan berdasarkan Kurikulum Merdeka dalam materi pelajaran IPAS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Tahunan Yogyakarta pada bulan Desember 2022. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas IV, dan Siswa Kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPAS sudah terealisasiakan dengan baik, dan terencana. Pelaksanaan pembelajaranya sudah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang disesuakan oleh kebutuhan siwa serta sudah menyususn evaluasi berupa assessment diagnostik, assessment formatif dan sumatif
Meningkatkan Motivasi Bisnis Melalui Pembuatan Jamu Temulawak (Curcuma Zanthorrhiza) Dalam Bentuk Sediaan Minuman Kesehatan Prasetyorini Prasetyorini; Oom Komala; E Mulyati Effendi; Moerfiah Moerfiah
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 2 No. 3 (2022): Desember
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu kebijakan pembangunan Desa Cibadak, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor yang masih menemui kendala adalah bidang ekonomi tepatnya pada aspek industri. Antara lain jumlah usaha ekonomi produktif yang masih sedikit. Hal ini disebabkan masih kurangnya kemampuan warga dalam menghasilkan produk rumah tangga yang bisa menjadi produk unggulan. Temulawak adalah tanaman asli Indonesia. Rimpang temulawak mengandung kurkuminoid, minyak atsiri, pati, protein, lemak, selulosa dan mineral, serta sudah dikenal banyak khasiatnya. Umumnya Ibu Rumah Tangga Desa Cibadak sudah mengenal temulawak. Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah memberikan penyuluhan dan pendampingan pembuatan jamu seduhan dan serbuk, serta memberi motivasi untuk penanaman temulawak bagi Kelompok Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Desa Cibadak, kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Metode pelaksanaan meliputi pelatihan, pembuatan, pengemasan sediaan jamu seduhan dan serbuk temulawak. Hasil iptek untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini disimpulkan bahwa pelatihan pembuatan jamu temulawak dapat meningkatkan motivasi untuk mengembangkan jamu temulawak 77,8%, meningkatakan motivasi untuk menjual produk temulawak 88,9%, baik jamu seduhan segar (44,4%) maupun serbuk (55,6%).
Peningkatan Bisnis Melalui Pelatihan Pembuatan Sediaan Bumbu Dapur Dalam Bentuk Serbuk Prasetyorini Prasetyorini; Oom Komala; E Mulyati Effendi; Moerfiah Moerfiah
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 2 No. 3 (2022): Desember
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Desa Cibadak adalah sebuah desa mitra binaan yang terletak di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Salah satu kebijakan pembangunan Desa Cibadak yang masih menemui kendala adalah di bidang ekonomi tepatnya pada aspek industri. Antara lain jumlah usaha ekonomi produktif yang masih sedikit. Hal ini disebabkan masih kurangnya kemampuan warga dalam menghasilkan produk rumah tangga yang bisa menjadi produk unggulan. Tujuan kegiatan pengabdian adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu rumah tangga yang tergabung pada Kelompok Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Desa Cibadak melalui pendampingan pembuatan bumbu dapur dalam bentuk serbuk sehingga bisa membuat produk industri rumah tangga yang diharapkan dapat meningkatan perekonomian keluarga. Metode pelaksanaan meliputi pelatihan, pembuatan, pengemasan sediaan serbuk aneka bumbu dapur (jahe, sereh, bawang putih, ketumbar, merica, dan kunyit). Hasil iptek untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini disimpulkan bahwa pelatihan pembuatan serbuk bumbu dapur pada ibu-ibu kelompok masyarakat industri rumah tangga Perum Dramaga Pratama RT06, Desa Cibadak kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor dapat meningkatkan pengetahuan ibu-ibu rumah tangga 80%. Dari hasil evaluasi diketahui bahwa pengetahuan membuat serbuk bumbu dapur ini sudah dimulai menjadi bisnis 50%

Page 1 of 1 | Total Record : 5