cover
Contact Name
Ahmad Ulil Albab Al Umar
Contact Email
ahmadulil.asfebi@gmail.com
Phone
+6282211345348
Journal Mail Official
jurnalcendekiailmiah@gmail.com
Editorial Address
Slendro rt 02/01,gesi,sragen
Location
Kab. sragen,
Jawa tengah
INDONESIA
J-CEKI
Published by CV ULIL ALBAB CORP
ISSN : -     EISSN : 28285271     DOI : 10.56799
Core Subject : Humanities, Social,
J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu Sosial: Ekonomi, Antropologi, Sosiologi, Psikologi, Geografi, Studi Budaya dan Etika, Studi Gender dan Seksualitas, Studi Area, Arkeologi, dan bidang terkait lainnya.
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 4: Juni 2022" : 19 Documents clear
Analisis Sistem Operasional Terhadap Ketekunan Kerja Staf Maupun Pegawai Pada BSI KCP Kampung Pajak Riky Dermawan Sipahutar; Ahmad Amin Dalimunthe
J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah Vol. 1 No. 4: Juni 2022
Publisher : CV. ULIL ALBAB CORP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jceki.v1i4.395

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah guna menganalisis bagaimana sistem operasional pada ketekunan kerja Bank Syariah Indonesia KCP Kampung Pajak; operasional dan kepintaran secara langsung kepada kinerja; dukungan pada kinerja; dan arahan kinerja karyawan,maupun pegawai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa operasional terhadap ketekunan kerja sangat baik dan berpengaruh positif terutama kepada nasabah. Dan Signifikan terhaap motivasi, kinerja berdampak signifikan dan positif pada kinerja kayawan. Sedangkan kompetensi,juga berdampak secaraa baik dan bagus pada kinerja kkaryawan; Ketekunan kerja memiliki dampak positif dan, perubahan terhadappkinerja; Serta Motivasi kerja dan kompetensi pada tim mempunyai dampak yang baik pada kinerja kayawan melalui dukungan. Studi kali ini menganjurkan supaya penelitian lebih lanjut tentang subtansi yang serupa didalam lingkup yang cukup luas. Dan tingkatan organisasi  lainnya harus diperhitungkan agar mendapatkan deskipsi pengembangan kontribusi. Ketekunan dan kualitas kinerja yang sangat kompetensi dan komprehensif pada dukungan kinerja kayawan . maupun pegawai kepemimpinan perbankan syariah dan perbankan syariah terkehusunya di Indonesia.
Pengaruh Biaya Pencegahan Dan Biaya Penilaian Terhadap Produk Cacat Digital Keyphone : (Studi Kasus Pada PT. J Ekstrim Tech Indonesia) Tyas Azmi Noviandini
J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah Vol. 1 No. 4: Juni 2022
Publisher : CV. ULIL ALBAB CORP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jceki.v1i4.413

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of cost prevention and simultaneously and also appraisal cost of defective products in PT. J Ekstrim Tech Indonesia Cikarang Bekasi. The research method used is quantitative approach with case study method. The data used are primary data and secondary data. The sampling technique used was purposive sampling and samples were taken for 36 months, in the period of January 2012 – December 2020. The data analytical tool in this study is multiple regression equation using the SPSS version 24 application. The result shows that the cost of prevention and appraisal simultaneously have a significant effect on defective products in PT. J Ekstrim Tech Indonesia Cikarang Bekasi simultaneously. Partially cost of prevention has a negative effect while cost of assessment has a positive effect significantly on defective products in PT. J Ekstrim Tech Indonesia Cikarang Bekasi. Partially the cost of appraisal has a negative and unsignificant effect on defective products in PT. J Ekstrim Tech Indonesia Cikarang Bekasi.
Pengaruh Sistem Kerja Kontrak Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Sakka.Id Ramdani Al Falah; Barin Barlian; Arga Sutrisna
J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah Vol. 1 No. 4: Juni 2022
Publisher : CV. ULIL ALBAB CORP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jceki.v1i4.437

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis sistem kerja kontrak, motivasi kerja dan kinerja karyawan pada Sakka.Id serta pengaruh sistem kerja kontrak dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada Sakka.Id. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, sedangkan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Objek pada penelitian ini adalah karyawan Sakka.Id, dengan tehnik penarikan sampel menggunakan metode sampling jenuh atau disebut juga dengan istilah sensus, dimana survey dilakukan kepada karyawan Sakka.ld. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian ini membuktikan bahwa sistem kerja kontrak dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada Sakka.Id.
Peran Pesantren dalam Melestarikan Jamu Tradisional: Studi Kasus di Madura Siti Muslichah
J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah Vol. 1 No. 4: Juni 2022
Publisher : CV. ULIL ALBAB CORP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jceki.v1i4.456

Abstract

Pesantren dikenal tidak hanya sebagai lembaga pendidikan dan keagamaan, namun juga punya peran besar dalam pengembangan masyarakat. Pesantren juga punya sejarah panjang dalam hal kedekatan dengan masyarakat, sebagai tempat konsultasi dan mempengaruhi arah masyarakat di sekitar pesantren karena peran Kyai yang sangat dihormati dan ditaati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pesantren dalam melestarikan jamu Madura dengan mengambil area di Guluk-guluk, Sumenep Madura. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan cara wawancara terbuka terhadap responden terpilih yang terdiri dari pengurus pesantren, kepala desa, tokoh masyarakat, dan alumni pesantren An Nuqayah Guluk-guluk sebanyak 15 orang. Selain itu dilakukan pengumpulan data dari studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan seluruh responden menyatakan peran pesantren dalam pelestarian jamu Madura sangat besar. Beberapa hal yang dilakukan pesantren misalnya melakukan pelatihan pembutan jamu pada santri dan petugas kesehatan pesantren, mengenalkan jenis tanaman obat dan khasiatnya, dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai cara pembuatan jamu baik jamu cair maupun instan. Alumni menggunakan ketrampilan membuat jamu untuk kegiatan bisnis baik secara mandiri maupun dalam kelompok masyarakat. Sebagian mengajarkan pembuatan jamu kepada murid-murid di sekolah. Apa yang dilakukan pesantren Annuqayah bisa menjadi contoh bagi lembaga pendidikan yang lain di Madura untuk bisa berperan melakukan konservasi keberadaan obat tradisional Madura agar tetap terjaga.
Pengaruh Islamic Branding, Label BPOM Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Konsumen Milenial Pada Produk Kosmetik Di Kabupaten Nganjuk Mustika Aulia; Muhammad Aswad
J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah Vol. 1 No. 4: Juni 2022
Publisher : CV. ULIL ALBAB CORP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jceki.v1i4.464

Abstract

Banyaknya produk kosmetik di pasaran mempengaruhi keputusan pembelian, khususnya pada generasi milenial. Pada umumnya mereka memiliki pertimbangan yang matang sebelum melakukan pembelian produk kosmetik terutama dalam hal Islamic branding, label BPOM dan word of mouth. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh Islamic branding, label BPOM dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada konsumen milenial di Kabupaten Nganjuk. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi milenial Kabupaten Nganjuk yang menggunakan produk kosmetik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 96 orang dengan karakteristik responden yang bertempat tinggal di Kabupaten Nganjuk, memiliki usia 20-35 tahun dan pernah menggunakan produk kosmetik. Instrumen penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner yang disebarkan kepada responden, bertujuan untuk mengumpulkan data dari setiap variabel yang ada. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa secara parsial (1) Islamic branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada konsumen milenial di Kabupaten Nganjuk, (2) label BPOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada konsumen milenial di Kabupaten Nganjuk, (3) word of mouth berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada konsumen milenial di Kabupaten Nganjuk, (4) secara simultan Islamic branding, label BPOM dan word of mouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada konsumen milenial di Kabupaten Nganjuk.
Hubungan Antara Kesepian Dan Nomophobia Pada Mahasiswa Perantau Universitas Negeri Makassar Sry Susilawati Irham; Nurfitriany Fakhri; Ahmad Ridfah
J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah Vol. 1 No. 4: Juni 2022
Publisher : CV. ULIL ALBAB CORP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jceki.v1i4.483

Abstract

Mahasiswa perantau rentan mengalami kesepian, salah satu cara untuk mengalihkan perasaan kesepian dengan penggunaan smartphone sehingga smartphone akan menjadi penting dan menyebabkan timbulnya perasaan takut yang berlebihan apabila tidak dapat menggunakan smartphone yang disebut dengan nomophobia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesepian dengan nomophobia pada mahasiswa perantau Universitas Negeri Makassar. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling. Subjek pada penelitian ini berjumlah 202. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan uji Spearman rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kesepian dannomophobia pada mahasiswa perantau Universitas Negeri Makasssar (p = 0,001 < 0,05). Koefisien korelasi variabel kesepian dengan nomophobia sebesar 0,377 dan tergolong lemah. Penelitian ini juga menemukan bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat kesepian dan nomophobia berdasarkan jenis kelamin. Implikasi penelitian ini dapat menjadi evaluasi bagi mahasiswa perantau pada penggunaan smartphone guna meminimalisir munculnya perilaku nomophobia.
Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian : (Survei Pada Konsumen Kedai Fullhopper Tasikmalaya) Annisa Sajdah Maulana
J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah Vol. 1 No. 4: Juni 2022
Publisher : CV. ULIL ALBAB CORP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jceki.v1i4.484

Abstract

This study aims to analyze the influence of brand image and service quality on purchase decisions (survey of Tasikmalaya fullhopper store consumers). The research method used is quantitative descriptive method with a survey approach with a sample of 100 respondents. Data analysis in this study used multiple linear regression analysis, correlation, and coefficient of determination using SPSS software. The results of his research show that brand image has a positive relationship and has a significant effect on purchasing decisions. While the quality of service has a positive relationship and does not have a significant effect on purchasing decisions.
Pengaruh Media Sosial, Modernitas, Dan Kualitas Layanan Online Terhadap Minat Beli : (Survei Terhadap Pengguna Marketplace Shopee Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2018-2021 Universitas Perjuangan Tasikmalaya) Rifki Agung Pratama
J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah Vol. 1 No. 4: Juni 2022
Publisher : CV. ULIL ALBAB CORP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jceki.v1i4.514

Abstract

The purpose of this research is to measure and determine the effect of social media, modernity, and quality of online services on buying interest (Survey of Shopee Marketplace Users on Management Department Students Class of 2018-2021 Universitas Perjuangan Tasikmalaya). This study uses a quantitative approach to survey methods, the population in this study is students from the Department of Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Perjuangan Tasikmalaya, amounting to 1,229 students. This sample collection uses Probability Sampling using a Simple Random Sampling approach to 302 students. The data used in the form of primary data, in determining the number of samples the researchers used the Slovin formula and 5% as the level of error. In collecting data the researchers used a questionnaire. The analytical tool used with the help of SPSS 25.0, based on the results of the study showed that based on the correlation analysis of social media, modernity, and online service quality had a moderate influence on buying interest partially social media did not have a significant effect on buying interest, partially modernity and The quality of online services has a significant effect on buying interest. Simultaneously, social media, modernity, and the quality of online services have a significant effect on buying interest.
Pengaruh Brand Image Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian: (Survei pada Konsumen Toko QueenzaBella Fashion Ciawi Tasikmalaya) Risma Shafitri
J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah Vol. 1 No. 4: Juni 2022
Publisher : CV. ULIL ALBAB CORP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jceki.v1i4.515

Abstract

This study aims to determine the simultaneous and partial effect of Brand Image and Price Perception on Purchase Decisions at the Queenzabella Fashion Ciawi Tasikmalaya Store. The method used in this research is descriptive and quantitative methods. The population studied were 100 respondents. The data collected in the form of primary data and secondary data. Data analysis in this study used multiple regression analysis using SPSS 24 software. The results showed that brand image and price perception simultaneously had a significant effect on purchasing decisions at the Queenzabella Fashion Ciawi Tasikmalaya Store. Brand image partially has a significant effect on purchasing decisions at the Queenzabella Fashion Ciawi Tasikmalaya store. Price perception partially has a significant effect on purchasing decisions at the Queenzabella Fashion Ciawi Tasikmalaya Store.
Analisis Peramalan Permintaan Cireng Untuk Menentukan Jumlah Produksi Yang Optimal Dengan Metode Time Series: (Studi Kasus Pada Usaha Cireng Aneka Rasa Banjarnegara) Desky Arlintyanda
J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah Vol. 1 No. 4: Juni 2022
Publisher : CV. ULIL ALBAB CORP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jceki.v1i4.516

Abstract

The purpose of this study was to determine the difference between demand forecasting to determine the optimal production amount without the Time Series Method using the Time Series Method at the Cireng Aneka Rasa Banjarnegara Business. The research method used is a combination method approach. The data used are primary and secondary data obtained directly from the owner of the Cireng Aneka Rasa Banjarnegara business. In the form of product demand data for the period January 2018 - December 2020. The calculation analysis of this study uses the Moving Average, Exponential Smoothing method with the help of the POM-QM for Windows V5 application so that it is known which method to determine the optimal amount of production for the company. The results of the comparative analysis of the exponential smoothing method are recommended for companies because it has the lowest error rate compared to the moving average method. Based on the results of the study, it is known that there is no significant difference between without the Time Series method and using the Time Series method. Therefore, the owner of the Cireng Aneka Rasa Banjarnegara business must be able to predict the amount of production so that it is optimal.

Page 1 of 2 | Total Record : 19