cover
Contact Name
ANDI MULAWAKKAN FIRDAUS
Contact Email
andi.mulawakkan@gmail.com
Phone
+6285255901665
Journal Mail Official
andi.mulawakkan@gmail.com
Editorial Address
Tamarunang Indah 2
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Penalaran dan Riset Matematika
Published by Almeera Education
ISSN : 29618134     EISSN : 29624150     DOI : 10.62388
Core Subject : Education,
Jurnal Penalaran dan Riset Matematika adalah jurnal nasional, akses terbuka, multidisiplin, double-blind peer-review yang diterbitkan secara online dua kali dalam setahun (April, Oktober). Fokus dan ruang lingkup jurnal adalah Pendidikan Matematika Realistik, Penelitian Desain/Pengembangan Pendidikan Matematika, Soal PISA, Kemampuan Matematika, TIK dalam Pendidikan Matematika, Lesson Study dan Etnomatematika. Naskah harus merupakan penelitian asli, ditulis dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia, dan tidak dikirimkan secara bersamaan ke jurnal atau konferensi lain. Jurnal PRISMA diterbitkan oleh Almeera Education.
Articles 23 Documents
PENGARUH PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII Dewi Sartika
Jurnal Penalaran dan Riset Matematika Vol. 1 No. 1 (2022): April 2022
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/prisma.v1i1.84

Abstract

Metode Tutor Sebaya yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan cara memberdayakan kemampuan siswa yang memiliki daya serap yang tinggi, siswa tersebut mengajarkan materi/latihan kepada teman-temanya yang belum paham. Pemahaman matematis merupakan kemampuan seseorang dalam menyerap dan menyampaikan kembali ide-ide matematika. Pemahaman matematis dapat dipengaruhi oleh cara yang dimiliki seseorang dalam menerima, menyerap, dan menyampaikan kembali informasi yang diterimanya. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Tutor Sebaya terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 15 Bulukumba. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan pretest dan pasttest. Sampel pada penelitian adalah siswa Kelas VIII SMPN 15 Bulukumba sebanyak 34 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah RPP dan lembar tes yang berupa soal tes uraian yang disusun berdasarkan indicator Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Hasil Penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan yang signifikan kemampuan pemahaman matematis siswa yang diberikan perlakuan menggunakan Metode Tutor Sebaya dari pada siswa yang tidak diberi perlakuan.Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang belajar matematika menggunakan metode Tutor Sebaya dengan siswa yang belajar dengan menggunakan metode konvensional.
DESKRIPSI METAKOGNISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA PADA MATERI SPLDV KELAS VII Taufiq
Jurnal Penalaran dan Riset Matematika Vol. 1 No. 1 (2022): April 2022
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/prisma.v1i1.85

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari pola asuh orang tua. Subjek yang dideskripsikan pada penelitian ini terdiri dari 4 siswa yang masing-masing merupakan pola asuh orangtua tipe authoritative, authoritarian, permissive, dan rejecting/neglecting. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian 1 tes pemecahan masalah dan wawancara. Untuk menguji kredibilitas data dilakukan dengan triangulasi sumber dan waktu. Berdasarkan hasil pemberian tes dan wawancara diperoleh kesimpulan: (1) Keterampilan Metakognisi subjek berpola asuh orangtua tipe authoritative adalah keterampilan perencanaan, keterampilan prediksi, keterampilan monitoring, dan keterampilan evaluasi; (2) Keterampilan Metakognisi subjek berpola asuh orangtua tipe authoritarian dan tipe permissive adalah keterampilan perencanaan, keterampilan prediksi, dan keterampilan monitoring; (3) Keterampilan Metakognisi subjek berpola asuh orangtua tipe permissive adalah keterampilan perencanaan dan keterampilan prediksi.
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII Wasilatul Murtafiah; Andi Mulawakkan Firdaus
Jurnal Penalaran dan Riset Matematika Vol. 1 No. 1 (2022): April 2022
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/prisma.v1i1.86

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor yang ada dalam diri siswa terhadap hasil belajarnya. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika Siswa Kelas VIII SMP Unismuh Makassar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh individu yang akan dijadikan objek penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Unismuh Makassar Kelas VIII. Jumlah populasi adalah 135 siswa. Untuk menetukan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Isaac and Michael, peneliti menentukan tingkat kesalahan 5%, sehingga jumlah sampel dengan populasi 135 adalah 100 sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen-instrumen yaitu tes dan angket. Tes dilakukan untuk memperoleh infomasi tentang hasil belajar matematika siswa dan pengisian angket digunakan untuk mengukur kecerdasan emosional siswa berdasarkan indikator masing-masing variabel tersebut. Dan hasil penelitian ini memperoleh nilai konstan sebesar 25,504, berarti jika nilai kecerdasan emosi siswa adalah 0, maka nilai hasil belajar matematika siswa adalah 25,504. Koefisien regresi untuk variabel kecerdasan emosi adalah 0,614 yang berarti setiap kenaikan 1 unit skor kecerdasan emosional akan diikuti kenaikan hasil belajar 0,614 sehingga diperoleh persamaan regresi sederhana Y = 25,504+0,614X. Untuk menjawab hipotesis dlihat nilai dari thitung variabel kecerdasan emosi sebesar 0,00 menunjukkan H0 diterima yang berarti kecerdasan emosi berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Kemudian nilai probabilitas F (F-hitung) sebesar 0,00<0,05 dengan demikian model persamaan regresi linear berdasarkan data penelitian adalah signifikan, artinya model regresi linear memenuhi kriteria linearitas. Dengan kata lain, kecerdasan emosi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN PADA SISWA KELAS VIII Nursakiah; Rezki Ramdani
Jurnal Penalaran dan Riset Matematika Vol. 1 No. 1 (2022): April 2022
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/prisma.v1i1.88

Abstract

Pada kenyataannya pemahaman siswa terhadap masalah matematika yang di berikan terutama pada kemampuan menganalisa soal cerita dan menentukan model matematika masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan semester ganjil siswa kelas VIII menunjukkan bahwa terdapat 11 siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM (<72). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel pada siswa laki-laki dan perempuan kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pemilihan subjek pada penelitian ini dengan mengambil 1 siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan tinggi berdasarkan tes kemampuan pemecahan masalah. instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian jawaban siswa laki-laki dijawab dengan benar, hanya saja subjek cenderung mengabaikan memeriksa kembali hasil jawaban. Pada jawaban subjek berjenis kelamin perempuan menyelesaikan masalah yang diberikan sesuai dengan strategi yang telah direncanakan mulai dari hal yang diketahui hingga hasil akhir ditemukan Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa perempuan lebih baik dari pada siswa laki-laki.
PENGARUH MODEL SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX Nurbaya
Jurnal Penalaran dan Riset Matematika Vol. 1 No. 1 (2022): April 2022
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/prisma.v1i1.89

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization and Intellectualy), karena pada tiap tahapan pada model ini melibatkan siswa secara keseluruhan dan guru hanya bertindak sebagai fasilitator. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian ini dengan tujuan adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan metode pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelectual terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas IX SMP Negeri 2 Pa’jukukang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian One Group Pre Test Post Test Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas IX SMP Negeri 2 Pa’jukukang tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 2 kelas sebanyak 30 siswa, sedangkan sampel terdiri dari 1 kelas sebanyak 15 siswa, 15 siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes bentuk essay, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji kesamaan dan uji-t. Hasil uji persyaratan analisis data diproleh dikelas sampel berdistribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebesar 87% yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 83,02 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 71,22. Pengujian uji-t diproleh Karena thitung > ttabel (5,8 > 2,008) maka terdapat pengaruh signifikan penggunaan metode pembelajaran somatic auditory visual intellectual terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan di kelas IX SMP Negeri 2 Pa’jukukang.
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP Herwandi
Jurnal Penalaran dan Riset Matematika Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/prisma.v1i2.208

Abstract

This study aims to analyze the effect of TGT type cooperative learning model on mathematics learning outcomes of students in grade VIII junior high school. This type of research is Pre-experimental with One-Group Pretest Posttest Design model. Data collection techniques used math learning outcomes test data collection techniques (pretest and posttest), and documentation. The research sample was students of class VIII.1 SMP Muhammadiyah Limbung with 35 students. Based on data processing using t-test, it is concluded that there is an effect of TGT type cooperative model on the learning outcomes of VIII grade students. The results showed that: the effect of improving student learning outcomes after being given the TGT model was 23.3%.
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE VAK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA Sumarni Susilawati
Jurnal Penalaran dan Riset Matematika Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/prisma.v1i2.209

Abstract

Students' mathematical understanding ability at SMA Muhammadiyah Makassar is in the low category. This is based on the results of preliminary observations that researchers conducted at the school, students were unable to relate new material to previous material that had been learned. This is also indicated by the low test scores of class X students, namely with an average below the KKM score. An alternative is needed to choose the right learning model, one of which is the Visual Auditory Kinesthetic (VAK) learning model. The purpose of this study was to determine the effect of Visual Auditory Kinesthetic (VAK) type cooperative learning model on the ability to understand mathematical concepts of grade X students of SMA Muhammadiyah Makassar. The research approach used was a quantitative approach with the type of pre-experiment research and the research design was a one group pretest-posttest design. The research sample was determined using a random sampling technique (sample random sampling), namely not all populations were used as sample members. The population in this study were all students of class X SMA Muhammadiyah Makassar. The sample used in the study was social studies class students as many as 9 people. The research instrument is a questionnaire, pretest and posttest in which there are indicators of mathematical understanding. The tests used were in the form of descriptions. Research hypothesis testing using paired samples t-test on SPSS system. Based on the results of hypothesis testing with a significance level of
DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SUNGGUMINASA Yusril Chikal Ashabulkahfi; Nursakiah
Jurnal Penalaran dan Riset Matematika Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/prisma.v1i2.210

Abstract

The ability to think creatively can be seen from the process of solving problems in various ways. Student creativity in learning mathematics becomes a reference for students in solving mathematical problems using their own way of solving them. Information was obtained that students were less creative in the process of working on questions, students tended to get confused and tried to see answers from their friends compared to thinking for themselves what the answers to these questions were. This study aims to determine students' creative thinking skills in solving flat shape problems in class VIII students of SMP Negeri 3 Sungguminasa. This research is a descriptive study using qualitative research methods which will provide an overview of the creative thinking abilities experienced by students in solving flat shape problems in class VIII SMP Negeri 1 Sungguminasa. The data collection technique used was in the form of giving written tests and interviews. The indicators of creative thinking skills used in this study are fluency, flexibility, and novelty. Based on processed data, it was found that subjects with high abilities met all indicators of creative thinking ability, namely fluency, flexibility and novelty. Subjects with moderate abilities were only able to fulfill two indicators of creative thinking ability, namely fluency and flexibility. Subjects with low abilities were only able to meet one indicator of creative thinking ability, namely fluency.
ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH KELAS IX MATA PELAJARAN MATEMATIKA Habiba Ulfahyana
Jurnal Penalaran dan Riset Matematika Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/prisma.v1i2.212

Abstract

The study aims to examine the quality of the items of school examination for grade IX in Mathematics Subject at SMPN 2 Unggulan Maros (a distinguished school) in academic year of 2021/2022 based on the content validity, internal criteria validity, difficulty level, discriminating power, distractor effectiveness, and reliability. The type of this study is descriptive quantitative research. The data collection technique employed documentation technique by citing the school examination result data of grade IX in Mathematics subject at SMPN 2 Unggulan Maros in academic year 2021/2022. The results of the study reveal that the content validity is valid based on the content validity measure; the validity of the internal criteria has one invalid out of 30 questions tested; the differentiating power is 40% which has very good discriminating power, 30% has good discriminatory power, 16% has poor discriminatory power, and 13% has worse discriminatory power; the level of difficulty has a disproportionate distribution of difficulty levels with a ratio of difficult: medium : easy are 7% : 30% : 63% respectively; the effectiveness of distractors generally has a functional distractor because out of 30 questions tested, there are 22 questions (73%) with effective distractor options and 8 items (27%) with ineffective distractor option; and the reliability os obtains the test reliability coefficient at 0.830 so the test instrument is confirmed as consistent.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA SMP Rezki Ramdani
Jurnal Penalaran dan Riset Matematika Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/prisma.v1i2.214

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of learning mathematics through the application of the Numbered Head Together (NHT) cooperative model in class IX-G students of SMP Negeri 21 Makassar. Criteria for the effectiveness of learning can be seen from the increased student learning outcomes and classical learning mastery, at least 75%, the average percentage of student activity in learning mathematics and students who give a positive response to learning mathematics reaches 75%. This type of research is pre-experimental involving one class as the experimental class. The experimental class that became the sample in this study was selected using the Cluster Random Sampling technique. The research design used was the One Group Pretest-Posttest Design. This research was conducted for 6 (six) meetings. The data collection technique used was a mathematics learning achievement test to measure student learning outcomes before and after learning mathematics through the application of the Numbered Head Together (NHT) cooperative model, student activity observation sheets to see student activity during the learning process, and student response questionnaires to knowing students' responses to the implementation of learning mathematics by using the cooperative learning model of the Numbered Head Together (NHT) type. The results of this study indicate that, 1) The results of students' mathematics learning after the application of the Numbered Head Together (NHT) cooperative learning model are categorized as "Increasing" and "Completed" classically, 2) Student activities in learning mathematics are categorized as "Active", and 3) Student responses to learning mathematics are categorized as "positive". Based on the results of this study, students have met the criteria for the effectiveness of learning mathematics, so it can be concluded that learning mathematics is effectively implemented through the application of the Numbered Head Together (NHT) cooperative model in class IX-G students of SMP Negeri 21 Makassar.

Page 1 of 3 | Total Record : 23