cover
Contact Name
Adi Ekopriyono
Contact Email
garuda@apji.org
Phone
_6283108502368
Journal Mail Official
danang@stekom.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UNTAG Semarang Jl. Pawiyatan Luhur No. 1 Bendan Dhuwur Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Serat Acitya
ISSN : 08534748     EISSN : 29617030     DOI : 10.56444
Core Subject : Economy, Science,
bidang ilmu manajemen dan akuntansi antara lain manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia,termasuk perilaku organisasi, dan manajemen informasi, sistem pengendalian manajemen, audit manajemen, akuntansi keperilakuan, sistem informasi akuntansi, penganggaran, perpajakan, akuntansi manajemen, akuntansi keuangan dan biaya.
Articles 74 Documents
Keputusan Pembelian dalam E- Commerce Shopee di Kecamatan Gunungpati Semarang Heru Eko Prasetyo
Serat Acitya Vol. 10 No. 1 (2021): April: Jurnal Ilmiah Serat Acitya
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/sa.v10i1.537

Abstract

The purpose of this study was to determine the role of web site quality, security and online shopping confidence in purchasing decisions on shopee e-commerce in Gunung Pati District, Semarang. This study obtained data through questionnaires. The population in this study were users of shopee e- commerce sites in Gunung Pati District, Semarang. The sampling technique used was purposive sampling method with criteria for men and women aged 17 to 36 years in Gunung Pati Semarang District who had used and shop online at Shopee E-Commerce. Sample total was 100 respondents. The results of this study indicated that: (1) The quality of the website has a positive and significant effect on purchasing decisions, (2) Security has a positive and significant effect on purchasing decisions, (3) Trust has a positive and significant effect on purchasing decisions,
Mutu Layanan Pada UNTAG Semarang dalam Prespektif Mahasiswa M. Agus Baharuddin
Serat Acitya Vol. 10 No. 1 (2021): April: Jurnal Ilmiah Serat Acitya
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/sa.v10i1.538

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mutu pelayanan dan citra terhadap loyalitas konsumen. Di samping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel mediasi kepuasan pada hubungan antara mutu pelayanan dan citra terhadap loyalitas. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Unversitas 17 Agustus 1945 (UNTAG), Jl. Pawiyatan Luhur Bendar Duwur, Semarang yang berjumlah 4.652 mahasiswa. Sampel yang diambil 100 mahasiswa. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Mutu pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. 2). Citra berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. 3). Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. 4). Mutu pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. 5). Citra berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. 6). Kepuasan menjadi variabel intervening antara mutu pelayanan terhadap loyalitas. 7). Kepuasan menjadi variabel intervening antara citra terhadap loyalitas.
Gejolak Harga Saham Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018 Setyobudi Setyobudi
Serat Acitya Vol. 10 No. 1 (2021): April: Jurnal Ilmiah Serat Acitya
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/sa.v10i1.539

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari LDR,GCG,ROA, serta CAR terhadap Harrga Saham pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI tahun 2014-2018. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 45 perusahaan Perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2014-2018, namun setelah dilakukan seleksi menggunakan purposive sampling pada populasi maka terdapat 24 perusahaan Perusahaan Perbankan yang terdaftar di BEI 2014-2018 yang dapat dijadikan sebagai sampel. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa LDR berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Harga Saham pada perusahaan Perbankan. GCG berpengaruh negative signifikan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Perbankan. ROA berpengaruh positif signifikan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Perbankan. CAR berpengaruh negative signifikan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Perbankan.
Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2018-2019 dalam Perspektif Keragaman Manajemen Puncak Febri Yanti Siregar; Khamimah Khamimah
Serat Acitya Vol. 10 No. 1 (2021): April: Jurnal Ilmiah Serat Acitya
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/sa.v10i1.540

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Keberagaman Gender, Keberagaman Kebangsaan, Dan Pendidikan Dewan Komisaris Dan Direksi terhadap Corporate Social Responsibility (CSR). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan laporan tahunan (annual report) seluruh perusahaan manufaktur yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia periode 2018-2019. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 150 perusahaan manufaktur. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satu bentuk komitmen yang diberikan perusahaan kepada lingkungan sekitarnya. Corporate Social Responsibility (CSR) mengacu pada kepedulian sosial perusahaan untuk kepentingan masyarakat sekitar, sehingga perusahaan dapat menjaga citra perusahaan di masyarakat. Tidak hanya mencari keuntungan terbaik, tetapi juga menjaga kondisi lingkungan sosial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Keberagaman Gender tidak berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility (CSR). Variabel Keberagaman Kebangsaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Corporate Social Responsibility (CSR). Dan Pendidikan Dewan Komisaris Dan Direksi tidak berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility (CSR).
E-Service Quality dan Pengguna GoCar di Kota Semarang Joko Riyanto
Serat Acitya Vol. 10 No. 1 (2021): April: Jurnal Ilmiah Serat Acitya
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/sa.v10i1.541

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-service quality terhadap kepuasan pengguna, untuk mengetahui pengaruh kemudahan terhadap kepuasan pengguna. Selain itu, untuk mengetahui pengaruh e-service quality terhadap niat penggunaan ulang, untuk mengetahui pengaruh kemudahan terhadap niat penggunaan ulang, dan untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap niat penggunaan ulang. Pendekatan penelitian dengan metode kuantitatif, sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah quota sampling yaitu teknik untuk menentukan sampel dari populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu sampai jumlah (kuota) yang diinginkan yaitu 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepuasan pengguna dapat mediasi atau menajdi penghubung antara variabel e-service quality terhadap niat penggunaan ulang. dapat dilihat dari nilai pengaruh tidak langsung e-service quality terhadap niat penggunaan ulang melalui kepuasan pengguna lebih besar jika dibandingkan pengaruh langsung e-service quality terhadap niat penggunaan ulang. Artinya bahwa kepuasan pengguna dapat menjadi variabel intervening. Kepuasan pengguna dapat mediasi atau menajdi penghubung antara variabel kemudahan terhadap niat penggunaan ulang. dapat dilihat dari nilai pengaruh tidak langsung kemudahan terhadap niat penggunaan ulang melalui kepuasan pengguna lebih besar jika dibandingkan pengaruh langsung kemudahan terhadap niat penggunaan ulang.
Transportasi Becak dalam Persepsi Masyarakat (Studi Kasus di Daerah Perumnas Tlogosari Semarang) Siti Aminah
Serat Acitya Vol. 10 No. 1 (2021): April: Jurnal Ilmiah Serat Acitya
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/sa.v10i1.542

Abstract

Penelitian ini bertujuan,mengacu pada uraian di atas, adalah “untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh dan hubungan angkutan penumpang dokar dan becak dalam pengoperasiannya? dan mengetahui perbandingan antara angkutan penumpang dokar dengan angkutan penumpang becak dalam pengoperasian di Kota Semarang” Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 50 penarik Dokar dan becak. Teknik analisis yang digunakan regresi linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Waktu Tempuh berpengaruh positif dan signifikan terhadap Jarak Tempuh Dokar, sebagaimana Waktu Tempuh berpengaruh positif dan signifikan terhadap Jarak Tempuh Becak. Bahwa Ongkos Penumpang berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Jarak Tempuh Dokar, hal ini berarti berbeda dengan Ongkos Penumpang berpengaruh positif dan signifikan terhadap Jarak Tempuh Becak. Bahwa Kecepatan Dokar Meter/jam berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Jarak Tempuh Dokar, hal ini berarti berbeda Kecepatan Becak Meter/jam berpengaruh positif dan signifikan terhadap Jarak Tempuh Becak. Jumlah Penumpang berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Jarak Tempuh Dokar Jarak Tempuh Dokar, hal ini berarti tidak berbeda Jumlah Penumpang berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Jarak Tempuh Becak.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Pasar Tradisional Semarang Camilus Isidorus Ikut
Serat Acitya Vol. 11 No. 1 (2022): April: Jurnal Ilmiah Serat Acitya
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/sa.v11i1.543

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pilihan Pasar tradisional Kendala yang dihadapi pada pasar tradisional mengalami kesulitan dalam memenuhi kontinuitas barang, lemah dalam penguasaan teknologi dan manajemen sehingga melemahkan daya saing. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Pada Pasar Tradisional Semarang).. Dalam penelitian ini menggunakan atribut indikator faktor kualitas produk, harga, lokasi, promosi, pelayanan.sebagai variabel independen yang akan diteliti dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada 100 konsumen. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik accidental sampling. Analisa terhadap data analisa kuantitatif meliputi uji validitas, reliabilitas dan analisa Faktor. Hasil analisa tehadap 13 komponen indikator menghasilkan empat meliputi faktor 1: Harga terjangkau, Lokasi strategis, Potongan harga dan Hadiah atau bonus, faktor2: Kesesuaian harga, Lokas Mudah diketahui, Lokasi terjangkau, dan Iklan, faktor 3: Layanan ramah, Layanan cepat dan Memberi informasi dan faktor 4: Durabel dan Tampilan
Pengaruh PAD, DAU, DAN DAK Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Di Kota Semarang Satmaka Srasa Saswatata; Parju Parju
Serat Acitya Vol. 11 No. 1 (2022): April: Jurnal Ilmiah Serat Acitya
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/sa.v11i1.544

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Alokasi Khusus (DAK) terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada Kota Semarang selama tahun 2015-2019. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari laporan realisasi bulanan PAD, DAU, DAK, DAN IPM, sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 60 data. Penelitian ini menggunakan cara pengumpulan data dengan metode dokumentasi dengan sifat datanya adalah data kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Alokasi Khusus (DAK) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pembangunan manusia.
Analisis Pengelolaan Keuangan UMKM Di Kecamatan Ungaran Timur Khamimah Khamimah; Filaelatul Retni Aji
Serat Acitya Vol. 11 No. 1 (2022): April: Jurnal Ilmiah Serat Acitya
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/sa.v11i1.545

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh literasi keuangan, kompetensi sumber daya manusia dan sikap love of money terhadap pengelolaan keuangan UMKM di Kecamatan Ungaran Timur. Populasi yang digunakan yaitu 93 responden yang merupakan seluruh usaha kuliner yang ada di Kecamatan Ungaran Timur. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode sampel jenuh atau nama lainnya adalah metode sensus yang menggunakan seluruh anggota populasi untuk digunakan menjadi sampel. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel literasi keuangan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap pengelolaan keuangan, kompetensi sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan dan sikap love of money berpengarh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan UMKM di Kecamatan Ungaran Timur.
Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Capital Adequacy Ratio, dan Return On Asset Terhadap Penyaluran Kredit Pada Sektor Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020 Ghea Ayu Noviarvanty; Siti Aminah
Serat Acitya Vol. 11 No. 1 (2022): April: Jurnal Ilmiah Serat Acitya
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/sa.v11i1.546

Abstract

This study aimed to determine the effect of Third Party Funds (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), and Return On Assets (ROA) on credit distribution at banking sector listed in Indonesian Stock Echange for the 2018-2020 period. The population used in this study is all financial statements of commercial banks listed on the Indonesia Stock Exchange during 2018 - 2020, and the size of the sample used is 87 observational data, with the sampling technique using the census method that data was secondary data. The method of data collection was documentation. The data analysis technique used was multiple linear regression analysis. The results showed that Third Party Funds had a significant positive effect on lending, the Capital Adequacy Ratio had an insignificant negative effect on lending, and Return On Asser had a positive but not significant effect on lending. The value of the coefficient of determination is 0.702, meaning that the variables of Third Party Funds, Capital Adequacy Ratio and Return On Assets can explain the variation in lending variables of 70.2%.