cover
Contact Name
Rohmad Prio Santoso
Contact Email
bimafeunhasy@gmail.com
Phone
+628125992106
Journal Mail Official
bimafeunhasy@gmail.com
Editorial Address
Kantor Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Jl.Irian Jaya No.55 Tebuireng Jombang. Kec. Diwek. kab. Jombang Kode Pos, 61471.
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
BIMA : Journal of Business and Innovation Management
ISSN : -     EISSN : 27454290     DOI : https://doi.org/10.33752/bima
Core Subject : Economy,
aims to publish original research to contribute theoretically and practically to the fields of functional areas of 1. Knowledge management 2. Management information system 3. Marketing management 4. Human resource management 5. Management Business 6. Economic Business 7. Management digital 8. Enterpreneurship 9. Intenational business 10. Financial Management 11. Business ethics and sustainable 12. Small and medium entreprise
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2020): Oktober" : 9 Documents clear
Peran High Performance Work System Terhadap Employee Engagement dan Employee Resilience: Studi Literatur
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 3 No. 1 (2020): Oktober
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/bima.v3i1.5466

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sistem kerja berkinerja tinggi pada keterlibatan karyawan dan ketahanan karyawan serta pengaruh keterlibatan karyawan terhadap ketahanan karyawan. Studi literatur didasarkan pada 23 jurnal internasional dan data dikumpulkan menggunakan metode mesin pencari. Hasil dari penelitian menunjukkan sistem kerja kinerja tinggi memiliki dampak positif pada keterlibatan karyawan dan ketahanan karyawan serta ketahanan karyawan memainkan peran penting dalam mendukung pengaruh ini. Jika sistem kerja kinerja tinggi (HPWS) diterapkan dengan benar, faktor-faktor yang mempengaruhinya dipertimbangkan, serta ada keseimbangan antara tujuan karyawan dan organisasi, maka partisipasi karyawan sejalan dengan tujuan perusahaan dalam membangun keunggulan perusahaan.
Hubungan Antara Job Demand Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Burnout
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 3 No. 1 (2020): Oktober
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/bima.v3i1.5468

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permintaan pekerjaan, kinerja karyawan, dan burnout. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literatur dengan sejumlah jurnal dari peneliti sebelumnya, dan mendapatkan hasil bahwa permintaan akan pekerjaan memiliki efek positif pada kelelahan. Ini menunjukkan bahwa permintaan pekerjaan dapat menyebabkan kelelahan dengan berbagai sindrom awal sesuai dengan tingkat permintaan pekerjaan yang diterima oleh masing-masing individu. Permintaan pekerjaan berdampak negatif pada kinerja karyawan. Permintaan akan pekerjaan yang dialami dapat memicu individu untuk mengimplementasikan potensi mereka sendiri. Jika tuntutan pekerjaan tidak dikelola dengan benar, itu dapat memperburuk kinerja, sehingga pelatihan keterampilan dan kemampuan diperlukan untuk meningkatkan kinerja karyawan. Burnout memiliki efek negatif pada kinerja. Burnout yang dialami dapat dikendalikan karena setiap individu memiliki kemampuan atau kompetensi. Permintaan pekerjaan memiliki efek positif pada kinerja karyawan melalui kelelahan. Ini berarti bahwa burnout dapat memediasi pengaruh langsung permintaan pekerjaan terhadap kinerja karyawan. Keterbatasan dalam penelitian ini hanya tinjauan literatur sehingga perlu untuk melakukan penelitian dan analisis yang lebih dalam terkait dengan variabel permintaan pekerjaan, kinerja karyawan dan kelelahan. Melihat perbedaan dan keterbatasan dalam hasil penelitian sebelumnya, adalah mungkin untuk memeriksa dan melakukan penelitian lebih lanjut tentang hubungan antara variabel-variabel ini dalam penelitian selanjutnya. Penelitian selanjutnya dilakukan penelitian kuantitatif dengan sumber data primer melalui kuesioner dan wawancara langsung, sehingga untuk mengetahui bagaimana hubungan antara permintaan kerja dan kinerja karyawan melalui burnout.
Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan: Sebuah Studi Literatur
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 3 No. 1 (2020): Oktober
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/bima.v3i1.5469

Abstract

Dalam mencapai tujuan utama perusahaan dilihat dari kemampuan dan pencapaian kinerja karyawan. Prestasi ini melibatkan kecerdasan emosional serta kecerdasan spiritual di tempat kerja. Kinerja pada studi kecerdasan emosional serta kecerdasan spiritual telah dilaksanakan banyak peneliti, tetapi hasilnya bervariasi. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mempelajari serta menganalisis bidang organisasi industri dari studi sebelumnya, terkait pendekatan studi meta-analisis. Pelaksanaan studi meta-analisis meninjau 16 studi atas dasar pemilihan nilai korelasi r, koefisien reliabilitas, karakteristik subjek penelitian, serta studi utama. Atas dasar hasil analisis yang dilaksanakan, secara empiris literatur dengan meta-analisis hasil studinya dapat menjawab sambil menekankan peneliti jikaa kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual adalah hal yang paling penting dalam peningkatan partisipasi mereka pada pengambilan keputusan serta mengaktifkan suasana kerja.
Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja : Studi Literatur
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 3 No. 1 (2020): Oktober
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/bima.v3i1.5470

Abstract

Tujuan peneltian ini yakni mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kinerja, kompetensi terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja terhadap kinerja, serta kompetensi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja. Studi literatur didasarkan pada penelitian studi empiris dari jurnal nasional dan internasional. Hasil penelitian mengatakan jika kompetensi menunjukkan pengaruh positif signifikan terhadap kinerja, kompetensi berpengaruh positif signifikan pada kepuasan kerja, kepuasan kerja menunjukkan pengaruh positif signifikan pada kinerja, serta kompetensi menunjukkan pengaruh positif signifikan pada kepuasan kerja melalui kepuasan kerja.
Pengaruh Perceived Organizational Support Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Employee Engagement: Sebuah Studi Literatur
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 3 No. 1 (2020): Oktober
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/bima.v3i1.5471

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi dukungan organisasi terhadap kinerja karyawan melalui. Studi literatur didasarkan pada 15 jurnal nasional dan jurnal internasional dan data dikumpulkan menggunakan metode mesin pencari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi dukungan organisasi memiliki dampak positif terhadap kinerja karyawan dan keterikatan karyawan memainkan peran penting dalam mendukung pengaruh ini. Jika rasa persepsi dukungan organisasi tinggi maka akan menambah rasa keterikatan karyawan yang akan semakin berdampak positif bagi kinerja karyawan.
Hubungan Job Crafting Terhadap Keterikatan Kerja Melalui Kepuasan Kerja
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 3 No. 1 (2020): Oktober
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/bima.v3i1.5472

Abstract

Tujuan penelitian guna mengetahui hubungan job crafting, keterikatan kerja dan kepuasan kerja. Studi literatur ini didasarkan 20 studi empiris jurnal nasional serta internasional. Data dikumpulkan dengan mesin pencari. Hasil menyatakan jika job crafting mempunyai hubungan positif dengan keterikatan kerja serta kepuasan kerja. Menyatakan jika semakin tinggi job crafting yang dilakukan oleh karyawan, semakin tinggi pula keterikatan kerja. Job crafting memiliki peran penting terhadap tingkat kepuasan kerja karyawan, karena dengan melakukan crafting akan lebih mempermudah karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya. jika, semakin tinggi job crafting dan rasa engaged karyawan dalam pekerjaannya maka akan memberikan rasa puas pada karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan. Melalui kepuasan kerja, karyawan akan cenderung melakukan crafting dalam pekerjaannya yang dapat mempermudah dan meningkatkan kemampuan dalam bekerja sehingga dapat meningkatkan keterikatan kerja karyawan.
Pengaruh Motivasi Keja dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan di Pabrik Gula Modjopanggoong Tulungagung
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 3 No. 1 (2020): Oktober
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/bima.v3i1.5473

Abstract

Pabrik gula Modjopanggong adalah perusahaan yang bergerak pada industri gula bergerak pada bidang penggilingan tebu (pembuatan gula pasir) yang menjadi lokomotif ekonomi daerah maupun nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh motivasi keja dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja karyawan di PG Modjopanggoong Tulungagung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dan menggunakan pendekatan kausal atau sebab akibat. Jumlah sampel sebanyak 136 karyawan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji Hipotesis menggunakan uji t, uji R dan uji F . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Motivasi Kerja berpengaruh secara parsial terhadap produktivitas kerja karyawan di PG Modjopanggoong Tulungagung Disiplin kerja berpengaruh secara parsial terhadap produktivitas kerja di PG Modjopanggoong Tulungagung (3) Motivasi keja dan disiplin kerja berpengaruh secara simultan terhadap produktivitas kerja di PG Modjopanggoong Tulungagung
Pengaruh Presepsi Dukungan Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Wisata Bale Tani Jombang Dias Eksa Cendekia
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 3 No. 1 (2020): Oktober
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/bima.v3i1.5474

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh presepsi dukungan organisasi dan motivasi kerja terhadap produktvitas kerja (study kasus pada Bale Tani Jombang). Jumlah sampel sebanyak 64 karyawan wisata Bale Tani Jombang menggunkan teknik sampel jenuh . teknik pengumplan data penelitian ini menggunakan kuesioner. Uji hipotesis mengunakan uji t, uji R dan uji F Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)Presepsi Dukungan Organisasi memiliki pengaruh secara parsial dan simultan terhadap Produktivitas kerja karyawan pada Wisata Bale Tani Jombang. Artinya jika Dukungan organisasi yang diberikan baik maka produktivitas karyawan akan meningkat atau (2)Motivasi kerja berpngaruh secara simultan terhadap Produktivitas kerja karyawan Wisata Bale Tani Jombang. Artinya motivasi kerja berpengaruh untuk meningkatkan Produktivitas kerja karyawan. (3)Presepsi dukungan organisasi dan motivasi kerja memiliki pengaruh bersamaan (simultan) terhadap produktivitas kerja karyawan Wisata Bale Tani Jombang.
Pengaruh Dimensi Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan di Mulyo Redjo Jombang
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 3 No. 1 (2020): Oktober
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/bima.v3i1.5475

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah menguji ada atau tidaknya pengaruh antara sense, feel, think, act dan relate dengan kepuasan pelanggan di Mulyo Redjo Jombang. Menggunakan metode penelitian kuantitatif dan dengan pendekatan kausal atau sebab akibat. Jumlah sampel 100 responden menggunakan teknik non probability sampling melalui metode Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sense berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan di Warung Lesehan Mulyo Redjo Jombang, (2) Feel tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan di Warung Lesehan Mulyo Redjo Jombang, (3) Think berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan di Warung Lesehan Mulyo Redjo Jombang, (4) Act berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan di Warung Lesehan Mulyo Redjo Jombang, (5) Relate tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan di Warung Lesehan Mulyo Redjo Jombang, (6) Sense, feel, think, act, dan relate berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan di Warung Lesehan Mulyo Redjo Jombang.

Page 1 of 1 | Total Record : 9