cover
Contact Name
-
Contact Email
imsya.lp2m@gmail.com
Phone
+6281276962930
Journal Mail Official
imsya.lp2m@gmail.com
Editorial Address
Jl. Soekarno Hatta, Kec. Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau Kontak : - Delima Afriyanti (0812-7696-2930) - Herdifa Pratama (0852-6532-7185) Email : imsya.lp2m@gmail.com http://ojs.stai-imsya.ac.id/index.php/jeijournal/index
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Islam
ISSN : -     EISSN : 30327016     DOI : https://doi.org/10.56184/jeijournal.v1i1.243
Jurnal Ekonomi Islam merupakan jurnal penelitian dalam disiplin ilmu ekonomi Islam dan isu-isu ekonomi syariah yang diharapkan dapat memberikan kontribusi baru atau state-of-the-art untuk pengembangan akademik atau aplikasi dunia nyata, atau keduanya. Jurnal ini memuat artikel penelitian asli, antara lain: Ekonomi Islam, Kewirausahaan Islam, Manajemen dan Keuangan Islam, Etika Bisnis Islam, Manajemen Investasi Islam, Manajemen Risiko Bank Islam, Pengelolaan Dana Bank Islam, Akuntansi Islam, Pembiayaan Bank Islam, Manajemen Zakat dan Wakaf, Pasar Modal Syariah.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL EKONOMI ISLAM" : 7 Documents clear
PENGARUH PROMOSI DAN SERTIFIKASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI KASUS PT. MAHKOTA SUKSES INDONESIA) Ahda Segati; Hilma Dina
JEI : Jurnal Ekonomi Islam Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL EKONOMI ISLAM
Publisher : LP2M STAI Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jeijournal.v1i2.277

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh promosi dan sertifikasi halal terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk MSI. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan kausalitas. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuensioner. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen MSI dan sample untuk responder penelitian diperoleh menggunakan pendapat sugiyanto (2011:91) dengan rumus unknown population (basra, 2014) yaitu 100 responder. Data dalam penelitian ini di peroleh menggunakan analisis regresi liner berganda dengan program SPSS versi 26. Teknik analisis penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara persial variabel promosi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. sedangkan sertifikasi halal (X2) tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Secara simultan promosi dan sertifikasi halal secara bersama berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Kedua variabel ini memiliki pengaruh sebesar 47,4% terhadap keputusan pembelian konsumen produk MSI dan sisanya 52,6% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak di bahas di penelitian ini.
PENGARUH METODE PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY (COD) PADA E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS KAMPUNG HARAPAN KELURAHAN BAGAN SINEMBAH KOTA) Ahda Segati; Rudi Edwaldo Jasmit; Irma Kurniati
JEI : Jurnal Ekonomi Islam Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL EKONOMI ISLAM
Publisher : LP2M STAI Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jeijournal.v1i2.283

Abstract

Di zaman modern ini terjadi peningkatan dalam sistem produksi, konsumsi, dan distribusi dengan berbagai bentuk yang disediakan dan mengandung nilai efisiensi salah satunya sistem COD pada E-Commerce. Sehingga terjadi peningkatan minat masyarakat dalam hal mengkonsumsi sesuatu khususnya masyarakat Kampung Harapan Kelurahan Bagan Sinembah Kota yang dibuktikan dengan hasil penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode pembayaran Cash On Delivery (COD) pada E-Commerce terhadap perilaku konsumsi masyarakat kampung harapan kelurahan bagan sinembah kota, dalam perspektif ekonomi islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif dan korelasional, dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment dan kemudian dilanjutkan dengan bantuan SPSS 29.0 dengan jumlah populasi penelitian sebanyak 234 orang, dan sampel yang digunakan sebanyak 70 orang, dan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket berbentuk Skala Likert yang dimodifikasi sesuai kegunaaan. Angket disusun berdasarkan variabel, variabel X 10 item dan variabel Y 8 item. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar kontribusi variabel X terhadap variabel Y adalah 30,1%, dan 69,99% ditentukan oleh yang lain. positif dan signifikan antara kedua variabel, terlihat bahwa nilai koefisien korelasi pada taraf signifikan 5% yaitu rhitung = 0,001 rtabel = 0,361, yang mana apabila r hitung < r tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Tinjauan Hukum Ekonomi Islam terhadap Sistem COD (Cash On Delivery) ini hukumnya dibolehkan, karena dalam jual beli ini tidak termasuk kedalam jual-beli yang dilarang dalam Islam, sistem ini juga telah mengikuti kompilasi hukum ekonomi Islam mengenai hak khiyar yang tersedia di dalamnya, dan ini termasuk ke dalam jenis bai’ut Taqsit.
EFEKTIVITAS STRATEGI PEMASARAN ONLINE DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA KURSUS MENJAHIT LUTHFIAH) Ahda Segati; Salsabila Azzahra
JEI : Jurnal Ekonomi Islam Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL EKONOMI ISLAM
Publisher : LP2M STAI Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jeijournal.v1i2.303

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pemasaran online ditinjau dari perspektif Ekonomi Islam serta manfaat dan kendala penggunaan strategi promosi online pada Kursus Menjahit Luthfiah. Penelitian ini bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan di bidang pemasaran, terutama mengenai strategi pemasaran online. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Kursus Menjahit Luthfiah menggunakan strategi pemasaran dengan sarana periklanan menggunakan media online. Dalam hal ini media yang digunakan adalah Instagram, WhatsApp, dan Google. Dengan menggunakan media online sebagai strategi pemasaran Kursus Menjahit Luthfiah berjalan efektif dikarenakan bertambahnya profit yang didapat oleh Kursus Menjahit Luthfiah. Terutama pada era globalisasi sekarang maka dengan strategi pemasaran online sangat membantu setiap perusahaan dalam mencapai tujuannya. Oleh karena itu, efektivitas strategi pemasaran online dalam meningkatkan profit dikatakan optimal. Kursus Menjahit Luthfiah telah sesuai dengan prinsip Ekonomi Islam yaitu Shiddiq, Amanah, Fathanah, dan Tabligh dengan menggunakan strategi pemasaran Islami yaitu keaslian produk, kesesuaian harga, menghindari promosi palsu, dan kesesuaian tempat. Terdapat manfaat pemasaran online yang meliputi jangkauannya luas, memudahkan berinteraksi, dan meningkatkan keuntungan. Kendala pemasaran online meliputi sumber daya manusia yang belum mumpuni dan terdapat fitur berbayar yang terbatas penggunaannya.
ANALISIS PENYEBAB DAN PENANGANAN KRISIS MONETER YANG DILAKUKAN PEMERINTAH PADA KRISIS GLOBAL: ANALISIS PENYEBAB DAN PENANGANAN KRISIS MONETER YANG DILAKUKAN PEMERINTAH PADA KRISIS GLOBAL Annisa Fadhilah Saleh
JEI : Jurnal Ekonomi Islam Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL EKONOMI ISLAM
Publisher : LP2M STAI Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jeijournal.v1i2.308

Abstract

Di era globalisasi, perekonomian semakin terintegrasi dengan kecepatan teknologi informasi. Dalam waktu yang sangat singkat, krisis finansial yang terjadi di Amerika menyebar dengan sangat cepat ke negara-negara lain, menjadi permasalahan yang cukup serius, berdampak pada perekonomian secara finansial. Krisis tahun 2008 merupakan krisis keuangan global terburuk dalam 80 tahun terakhir. Krisis awal yang disebabkan oleh subprime mortgage di Amerika Serikat terbukti berdampak internasional. Itu sebabnya para pemimpin negara berusaha meremehkan krisis ini dengan mengadakan pertemuan yang dihadiri oleh G20. G20 adalah sekelompok negara dengan perekonomian terkemuka di dunia.
KRISIS MONETER 2008: PERAN PEMERINTAH DAN KEBIJAKAN ISLAM Disyah Adelia; Ghina Rizki Zaidah; Maya Eka Rahma Sari
JEI : Jurnal Ekonomi Islam Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL EKONOMI ISLAM
Publisher : LP2M STAI Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jeijournal.v1i2.316

Abstract

The monetary crisis in the United States in 2008 was caused by credit problems in the property sector which resulted in several financial institutions going bankrupt. This problem has an impact on the global economy. The aim of this research is to analyze monetary events in 2008 and the solutions provided by the government, as well as solutions that can be applied from an Islamic perspective. This research uses library research, so the method used is library research. Literature study searches using journals, books, documents, magazines and other sources without any field research. The research results show that the government's role is very necessary in overcoming the monetary crisis. With this, the government and central bank are making efforts to overcome the crisis by reallocating the budget, reducing the prices of basic commodities which have become expensive. Meanwhile, the solution if a monetary crisis occurs is not to apply an interest system in financing and to apply zakat to overcome economic problems.
ANALISIS KEBIJAKAN MONETER TERHADAP KRISIS MONETER 1997-1998 DI INDONESIA Elvira Khairunnisa; Dwi Maisyaroh; Kinanti Tasya Putri
JEI : Jurnal Ekonomi Islam Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL EKONOMI ISLAM
Publisher : LP2M STAI Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jeijournal.v1i2.317

Abstract

Krisis moneter 1997-1998 dimulai dari adanya kebijakan pemerintah Thailand yang melakukan devaluasi terhadap mata uang negara tersebut yaitu Bath. Akibatnya nilai rupiah merosot tajam terhadap dollar AS. Krisis ini berdampak pada tingginya harga bahan-bahan pokok dan aktivitas ekonomi yang menurun drastis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab dan dampak krisis moneter tahun 1997-1998 untuk mengetahui peran Pemerintah, Bank Indonesia, dan IMF dalam mengatasi krisis tersebut. Penulisan jurnal ini bersifat deskriptif analisis. Metode ini mendeskripsikan, menggambarkan, menjelaskan dan menganalisis suatu objek permasalahan dari sudut pandang penulis berdasarkan hasil telaah pustaka yang menunjang (studi literatur). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan respon yang diambil pemerintah pertama kali adalah kebijakan terpadu yang mencakup kebijakan moneter, fiskal dan sektoral. Krisis bantuan ekonomi yang berkepanjangan disebabkan oleh pemerintah baru yang meminta IMF setelah nilai tukar rupiah sangat terdepresiasi. IMF fokus pada strategi untuk mengembalikan kepercayaan pada mata uang rupiah dan memprioritaskan program reformasi sektor perbankan.
PENGARUH PERTUMBUHAN JUMLAH USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN PELALAWAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM Landes Yuanda; Tara Shinta
JEI : Jurnal Ekonomi Islam Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL EKONOMI ISLAM
Publisher : LP2M STAI Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jeijournal.v1i2.352

Abstract

Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) play a crucial role in the national economic growth, yet they face challenges such as capital constraints and a lack of quality management. This study analyzes the impact of MSME growth on the economic development in Pelalawan Regency, considering the perspective of Sharia economics. Using a mixed qualitative and quantitative descriptive approach, the data reveals that each 1 Rupiah increase in MSMEs can lead to a Rp60,278 growth in the economy. The Islamic economic perspective also has a significant impact on this relationship. The results of the determinism test indicate that 92.3% of economic growth is influenced by MSME growth, while other factors account for the remainder. Through hypothesis testing, there is evidence that the growth of MSMEs significantly affects the economic development of Pelalawan Regency, and the Sharia economic perspective also contributes significantly to this relationship. These findings provide insights for the government and industrial stakeholders to empower MSMEs in their economic development based on Sharia economic principles. Thus, collaborative efforts to overcome capital constraints, regulations, and market access can enhance the role of MSMEs in local economic growth.

Page 1 of 1 | Total Record : 7