cover
Contact Name
Aspandi
Contact Email
saintifika.islamica@uinbanten.ac.id
Phone
+6281385529992
Journal Mail Official
saintifika.islamica@uinbanten.ac.id
Editorial Address
Jalan Jenderal Sudirman No. 30, Serang - Banten 42118
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman
Core Subject : Religion, Social,
FOCUS : Religious Studies and Islamic Education SCOPE : Development of Democracy and Moderation of Islam in Indonesia Globalization and Contemporary Religious Social Phenomena Islamic spirituality, religious values, and local wisdom issues Islamic Education Evaluation, Policy and Curriculum Islam, Humanitarian, Philosophy, and Justice Gender Relations Islamic Economic Systems, pre modern muslim thought in criticism and disputes on economy, property, markets, banking and finance Scientific Development in Islamic Higher Education Science, Social, Technology and Islam Integration Syaria Law, Bahstul Masail and contemporary Islamic Juridisprudence (fiqh) Review The Book of Turas and the Ancient Manuscript of the Archipelago Islamic Scholars
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2017): Januari - Juni 2017" : 6 Documents clear
PEMAHAMAN HADITS GHADIR KHUM Utang Ranuwijaya
Saintifika Islamica Vol 4 No 1 (2017): Januari - Juni 2017
Publisher : Program Pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Jalan Jenderal Sudirman No. 30, Serang - Banten 42118

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengungkapkan asbab wurud hadits Ghadir Khum, (2) mengungkapkan takhrij hadits Ghadir Khum, (3) mengungkapkan pemahaman hadits Ghadir Khum versi Syiah, dan (4) mengungkapkan pemahaman hadits Ghadir Khum versi Sunni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif kajian pustaka dengan teknik analisis isi. Fokus penelitian ini adalah pemahaman hadits Ghadir Khum dalam versi Syiah dan versi Sunni, yang dirinci menjadi beberapa subfokus, yaitu (1) asbab wurud hadits Ghadir Khum, (2) takhrij hadits Ghadir Khum, (3) pemahaman hadits Ghadir Khum versi Syiah, dan (4) pemahaman hadits Ghadir Khum versi Sunni. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian ini adalah (1) Syiah telah menjauhkan peristiwa Ghadir Khum dari konteksnya. Hadis Ghadir Khum tidak ada hubungannya sama sekali dengan Imamah atau Khilafah, dan jika tidak demikian, maka tidak ada yang menghalangi Nabi SAW untuk menyatakan dengan jelas dari menggunakan kata “mawla” yang dikenal oleh semua orang bermakna “sahabat tercinta”, (2) Lebih-lebih lagi, Ghadir Khum terletak 250 km dari Mekah, jika Nabi SAW bermaksud untuk mencalonkan Ali RA maka semestinya dia akan melakukan hal itu pada pertemuan yang lebih besar di puncak Gunung Arafat selama Khotbah Perpisahan di depan semua kaum muslimin dari setiap penjuru kota, dan (3) Paradigma Syiah secara keseluruhan didasarkan pada ide sekilas dan mudah disangkal bahwa Ghadir Khum adalah lokasi sentral di mana semua umat Islam akan berkumpul bersama sebelum berpisah dan pergi ke rumah masing-masing. Padahal, hanya Muslim yang menuju ke Madinah yang akan melewati Ghadir Khum, bukan Muslim yang tinggal di Mekah, Taif, Yaman, dll.Kata Kunci: Ghadir Khum, Syiah, Sunni, Maula, dan Ahlul Bait.
MAKNA KONOTATIF LA`IB DAN LAHWU DALAM KONSEP AL-QURAN Nurfitriyani Hayati
Saintifika Islamica Vol 4 No 1 (2017): Januari - Juni 2017
Publisher : Program Pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Jalan Jenderal Sudirman No. 30, Serang - Banten 42118

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kata la’ib dan lahwudalam konsep al-Qur`an yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti bermain-main dan bersenda gurau ini seringkali dijadikan sebagai penggambaran kehidupan dunia. Bahkan kedua kata tersebut diasosiasikan sebagai bentuk kebiasaan orang-orang kafir. sehingga dalam konsep al-Qur`an kedua kata tersebut memiliki konotasi lainselain makna dasar yang dimilikinya. Untuk memahami lebih jauh makna konotatif dalam kedua kata tersebut penulis menggunakan pendekatan referensial semantik guna mengetahui acuan yang digunakan oleh kata la’ib dan lahwuitu sendiri dalam konsep al-Qur`an. Adapun hasil yang ditemukan penulis adalah kata la’ib dan lahwumemiliki gejala pengonotasian karena adanya acuan dari hasil pengamatan terhadap fakta yang dimiliki al-Qur`an perihal dunia dan orang-orang kafir. Dalam konsep al-Qur`an, kata la’ib dan lahwu diasosiasikan sebagai kebiasaan orang-orang kafir dan pengibaratan atas kehidupan dunia dengan jangka waktu pendeknya. Kata la’ib dan lahwu mengacu pada kegiatan yang sia-sia dan hanya membuat pelakunya lengah terhadap hal yang lebih penting, sehingga kedua kata ini memiliki makna konotatif yang negatif dalam al-Qur’an. Kata Kunci: Konotatif, referensial, al-Qur`an, la’ib, dan lahwu
MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERDASARKAN PERSPEKTIF MULTIKULTURAL Naf'an Tarihoran
Saintifika Islamica Vol 4 No 1 (2017): Januari - Juni 2017
Publisher : Program Pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Jalan Jenderal Sudirman No. 30, Serang - Banten 42118

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini adalah hasil penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan model silabus bahasa Inggris yang berperspektif multikultural. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan mengambil Mahasiswa sebagai responden yang dipilih secara acak. Data diambil dengan menggunakan angket, wawancara dan analisis dokumen silabus. Angket diberikan kepada mahasiswa dan wawancara terstruktur dilakukan kepada Dosen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik kualitatif dan teknik analisis isi. Hasil Penelitian ditemukan bahwa silabus bahasa Inggris yang digunakan di menggunakan silabus gramatikal, dan pembelajaran berfokus pada grammatikal. Pengajaran bahasa Inggris di PAI lebih ditekankan pada bentuk pengajaran gramatika bahasa. Berdasarkan hasil analisis isi dokumen silabus dan kebutuhan mahasiwa, maka dikembangkan silabus bahasa Inggris dengan mengintekrasikan persfektif multikultural dalam topik, materi ajar dan kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa mahasiswa, dosen dan pakar memiliki persamaan persepsi positif terhadap silabus yang dikembangkan dan dapat meningkatkan keahlian bahasa Inggris mahasiswa. Kata Kunci: Multikultural, Silabus dan Pembelajaran Bahasa Inggris
URGENSI PENDIDIKAN ADAB DALAM ISLAM Hanafi Hanafi
Saintifika Islamica Vol 4 No 1 (2017): Januari - Juni 2017
Publisher : Program Pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Jalan Jenderal Sudirman No. 30, Serang - Banten 42118

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan belajar adab terlebih dahulu sebelum belajar ilmu, (2) mendeskripsikan kedudukan adab dalam Islam, dan (3) mendeskripsikan pendidikan adab dalam Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif kajian pustaka. Fokus penelitian ini adalah urgensi pendidikan adab dalam Islam, yang dirinci menjadi tiga subfokus, yaitu (1) Belajar adab terlebih dahulu sebelum belajar ilmu, (2) Kedudukan adab dalam Islam, dan (3) Pendidikan adab dalam Islam. Hasil penelitian ini adalah (1) Para ulama salaf lebih mendahulukan adab dibandingkan dengan ilmu dan mereka amat sangat menjaga adab Islami dalam pikiran, ucapan, dan perbuatan mereka, (2) Dalam Islam, masalah adab dan akhlak mendapat perhatian serius yang tidak didapatkan pada tatanan mana pun, dan (3) Bagi umat Islam pendidikan karakter saja tidak cukup namun perlu juga pendidikan adab. Oleh karena itu, putra-putri kaum muslimin harus mendapatkan pendidikan adab sebelum mereka mempelajari ilmu lebih jauh sehingga mereka akan tetap tawaddu dan berakhlak mulia walaupun telah berilmu tinggi. Kata Kunci: adab, pendidikan, akhlak mulia.
HARNESSING SOCIAL MEDIA FOR ONLINE LEARNING IN HIGHER EDUCATION PROGRAM Jamridafrizal Jamridafrizal
Saintifika Islamica Vol 4 No 1 (2017): Januari - Juni 2017
Publisher : Program Pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Jalan Jenderal Sudirman No. 30, Serang - Banten 42118

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Social media tools are harnessed to communicate and increase engagement of users which would have strong and positive effects. Many Lecturers and Students in colleges have used social media for sharing information with their students, but this media has not been used for the purpose of formal learning. It seems to throw off the huge potential already provided by social media to make it easier for everyone to deliver messages for educational purposes. This research is based on library research. This paper offers a thought on how social media can be laveraged with the design of learning environment in such a way to deliver instruction in higer education, so that lecturers and students can interact whenever and wherever they are without being disturbed by their physical absence in the classroom. Keyword: Social Media, Higher Education, Online Collaborative Learning,Web 2.0
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN Khaeruman Khaeruman; Muhammad Saleh
Saintifika Islamica Vol 4 No 1 (2017): Januari - Juni 2017
Publisher : Program Pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Jalan Jenderal Sudirman No. 30, Serang - Banten 42118

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan Kualitas Pendidikan. (2) Mendeskripsikan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan (3) mendeskripsikan Kendala Dan Solusi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif, dengan pendekatan kualitatif, data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan metode analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, karena pada penelitian ini penulis mendiskripsikan manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMP PGRI Ciruas Kabupaten Serang. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa Kualitas pendidikan di SMP PGRI Ciruas Kabupaten Serang tergolong baik. Dilihat dari proses pendidikannya yang berjalan dengan lancar dan lengkapnya fasilitas pendidikan di kelas atau di luar kelas, baik dalam konteks kurikuler maupun ekstra-kurikuler, dalam lingkungan substansi yang akademis maupun yang non akademis yang mendukung proses belajar mengajar. Kata Kunci: Manajemen Sumber Daya Manusia, Kualitas Pendidikan

Page 1 of 1 | Total Record : 6