cover
Contact Name
Endah Retnowati
Contact Email
jurnal_pmat@uny.ac.id
Phone
+6288238794975
Journal Mail Official
jurnal_pmat@uny.ac.id
Editorial Address
Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pedagogi Matematika
ISSN : -     EISSN : 29874386     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, teknologi, siswa, guru dan tenaga kependidikan, evaluasi, penilaian, pengembangan, dan kebijakan yang berkaitan dengan mata pelajaran matematika.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DAN METODE MATEMATIKA SISWA KELAS X DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD Prawida Estiningtyas Prawida Estiningtyas; Marsigit Marsigit
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v5i2.686

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran dari aspek kevalidan,kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan perangkatpembelajaran matematika mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design(Desain/Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi).Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian kelayakan perangkat pembelajaran (RPP,modul dan LKS) untuk ahli materi, ahli media, dan guru; lembar observasi; pretest dan posttest serta angketkemampuan sikap matematika siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dapatdikategorikan layak berdasarkan aspek kevalidan RPP dan LKS memenuhi kriteria sangat baik dengan skor ratarata adalah 3,78 dan 3,51, sedangkan modul memenuhi kriteria baik dengan skor rata-rata adalah 3,29. Aspekkepraktisan ditinjau dari hasil observasi, dari 15 butir aspek yang diamati terdapat 14 butir aspek kemampuankooperatif terpenuhi dan 1 butir aspek kemampuan kooperatif yang belum terpenuhi. Jadi dapat disimpulkan bahwaketerlaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD termasuk baik/memuaskan. Hasil angket kemampuan sikapmatematika siswa menunjukkan bahwa siswa kelas X8 memiliki kemampuan sikap matematika siswa yang tinggidengan skor rata-rata 1,63. Uji t dependen satu ekor terhadap skor pre test dan post test menunjukkan bahwametode matematika siswa kelas X8 meningkat dengan nilai sehingga perangkat pembelajaranmemenuhi aspek keefektifan.
KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS MASALAH OPEN ENDED DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN RASA INGIN TAHU PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 2 WATES KULON PROGO Tri Rokhimah Tri Rokhimah; Djamilah Bondan W. Djamilah Bondan W.
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v5i2.691

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan saintifik berbasis masalah open ended danpendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu peserta didik sertaperbandingannya ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu peserta didik. Jenis penelitian inimerupakan kuasi eksperimen menggunakan pretest-posttest control group design dengan populasi seluruh pesertadidik kelas VII SMPN 2 Wates yang terdiri dari 4 kelas dan sampel diambil 2 kelas. Analisis data dilakukanmenggunakan uji beda rata-rata dan uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan dapatdisimpulkan bahwa pendekatan saintifik berbasis masalah open ended efektif ditinjau dari kemampuan berpikirkreatif dan rasa ingin tahu peserta didik; pendekatan saintifik tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatiftetapi efektif ditinjau dari rasa ingin tahu peserta didik; serta pendekatan saintifik berbasis masalah open endedlebih efektif daripada pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu pesertadidik.
THE EFFECT OF PROBLEM BASED LEARNING (PBL) COMBINED WITH COOPERATVE LEARNING JIGSAW IN TERMS OF MATHEMATICAL COMMUNICATION SKILL AND STUDENT'S ACHIEVEMENT GRADE 11TH SCIENCE SMA N 2 YOGYAKARTA Valeria Kartikaningtyas Valeria Kartikaningtyas; Heri Retnawati Heri Retnawati
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v5i2.693

Abstract

The aim of this study was to know about the effect of Problem Based Learning (PBL) combined withcooperative learning Jigsaw in terms of mathematical communication skill and student's achievement inmathematics grade 11th Science SMA Negeri 2 Yogyakarta. The research method is quasi experiment which usedone experiment group and one control group. The data were collected through a mathematical communication andstudent's achievement tests, questionnaire for oral communication in mathematics learning, and observation formfor learning activities and student's communication. The results of the study showed that (1) PBL-Jigsaw is notbetter than scientific approach in student's mathematical communication skill, (2) PBL-Jigsaw is not better thanscientific approach in student's achievement, and (3) there was a significant correlation, 0.618, betweenmathematical communication skills and student's achievement.
PENGEMBANGAN PERMAINAN MULTIMEDIA INTERAKTIF POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DAN SEGITIGA UNTUK SISWA SMP KELAS VII Silfia Yulianis Silfia Yulianis; Bambang Sumarno H. M. Bambang Sumarno H. M.
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v5i2.687

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran untuk materi segiempat dansegitiga berbentuk permainan multimedia interaktif. Media pembelajaran dideskripsikan karakteristiknya danditinjau kelayakannya dari hasil evaluasi media oleh guru, respon siswa, dan hasil tes belajar. Modelpengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation).Dari hasil penelitian didapatkan bahwa media layak digunakan dengan hasil evaluasi oleh guru sebesar 97,62%untuk kualitas isi dan tujuan, 90,28% untuk kualitas instruksional, dan 91,52% untuk kualitas teknis, yang masingmasing termasuk dalam kategori kelayakan sangat baik. Skor respon siswa terhadap media yang dikembangkansebesar 89,31% yang termasuk dalam kategori sangat positif dan hasil tes menunjukkan bahwa ketuntasan belajarmencapai 81,8%. Media pembelajaran yang dikembangkan memiliki karakteristik berikut: (1) kelengkapankomponen media pembelajaran, (2) kejelasan tujuan pembelajaran, (3) ketepatan dan kebenaran materi, (4)kemudahan penggunaan media, (5) ketersediaan evaluasi, (6) kualitas tampilan media, (7) terpenuhinya komponenpermainan, dan (8) bersifat interaktif.
STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP Umar Syahid Umar Syahid; Tuharto Tuharto
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v5i2.692

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP, mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP, serta mendeskripsikan manakah yang lebih efektif antara model pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan saintifik dan model pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan kontekstual ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs AlMahali Pleret kelas VIII yang terdiri atas empat kelas dengan sampel penelitian dua kelas di MTs AlMahali Pleret yang dipilih secara non acak (purposive sampling) yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 1 dengan pendekatan saintifik dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 2 dengan pendekatan kontekstual. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes. Validitas instrumen menggunakan validitas isi oleh para ahli (judgement experts) dengan hasil layak dengan revisi. Metode pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji one sample t-test, uji anova dan uji lanjut. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: 1) model pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP, 2) model pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP, 3) tidak ada perbedaan efektifitas antara model pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik dan model pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP.
PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR Suseno Mahardiko Suseno Mahardiko; Tuharto Tuharto
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v5i2.690

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar, (2) Mengetahui besar pengaruh penggunaan pendekatan contextual teaching and learning pada pembelajaran terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design dan dilaksanakan pada dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dari hasil penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan tahapan yang terdiri dari: (1) mendeskripsikan data, (2) uji asumsi analisis, dan (3) pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pembelajaran dengan pendekatan contextualteaching and learning berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi volume dan luas permukaan bangun ruang sisi datar, 2) pembelajaran kontekstual berpengaruh untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan rata-rata peningkatan nilai 49,25 lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dengan rata-rata peningkatan nilai 41,3125 pada materi volume dan luas permukaan bangun ruang sisi datar.
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) PADA MATERI PERBANDINGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) BAGI SISWA SMP KELAS VIII SESUAI KURIKULUM 2013 Sumbaji Putranto Sumbaji Putranto; Atmini Dhoruri Atmini Dhoruri
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v5i2.689

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada materi perbandinganmenggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) bagi siswa SMP kelas VIII sesuaiKurikulum 2013. Selain itu juga untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefekti fan dari LKS yangdikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang meliputi5 tahap, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation(Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian pengembagan ini menunjukkan bahwa: (1)LKS yang dikembangkan dinyatakan valid, mendapatkan rata -rata skor 4,58 dengan klasifikasi sanga tbaik oleh ahli materi dan rata-rata skor 4,14 dengan klasifikasi baik oleh ahli media. (2) LKS dinyatakanpraktis, mendapatkan rata-rata skor 4,54 dengan klasifikasi sangat baik melalui angket respon guru danrata-rata skor 4,01 dengan klasifikasi baik m elalui angket respon siswa (3) LKS dinyatakan efektif denganpersentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 84,375% sehingga diklasifikasikan sangat baik.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP YANG BERORIENTASI PADA KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR Soleh Uzain Soleh Uzain; Djamilah Bondan W. Djamilah Bondan W.
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v5i2.688

Abstract

" Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatansaintifik berbasis problem based learning berorientasi pada kemandirian dan prestasi belajar materi perbandingankelas VII SMP serta mengetahui kualitas perangkat pembelajaran berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dankeefektifan. Pengembangan dilakukan dengan model ADDIE dengan langkah analysis (analisis), design(perancangan), development (pengembangan), implemention (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrumentyang digunakan berupa lembar penilaian RPP, lembar penilaian LKS, angket respon guru dan siswa, lembarobservasi keterlaksanaan pembelajaran, tes prestasi belajar dan angket kemandirian belajar. Perangkatpembelajaran yang telah dihasilkan diujicobakan di SMP PGRI Semanu pada tanggal 6 April 2015 sampai 30 April2015. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari kevalidan memenuhi kriteria sangat valid denganskor rata-rata 3,64 dari skor maksimal 4,00 untuk RPP dan 2,75 dari skor maksimal 4,00 untuk LKS. Perangkatpembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari kepraktisan memenuhi kriteria sangat praktis dengan skor rata-ratarespon siswa 3,50 dari skor maksimal 4,00, skor rata-rata guru 3,70 dari skor maksimal 4,00 dan hasil observasiketerlaksanaan pembelajaran dengan persentase rata-rata 94,23. Perangkat pembelajaran yang dikembangkanefektif ditinjau dari prestasi belajar dan kemandirian belajar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar0,000 (kurang dari α = 0,05) untuk prestasi belajar dan nilai signifikan sebesar 0,000 (kurang dari α = 0,05) untukkemandirian belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 8