cover
Contact Name
Endah Retnowati
Contact Email
jurnal_pmat@uny.ac.id
Phone
+6288238794975
Journal Mail Official
jurnal_pmat@uny.ac.id
Editorial Address
Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pedagogi Matematika
ISSN : -     EISSN : 29874386     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, teknologi, siswa, guru dan tenaga kependidikan, evaluasi, penilaian, pengembangan, dan kebijakan yang berkaitan dengan mata pelajaran matematika.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika" : 8 Documents clear
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI REACT DITINJAU DARI PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA Anisa Safitri; Ali Mahmudi
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v6i4.6973

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menguji  efektivitas  pembelajaran  kontekstual  dengan  strategi REACT  dan pembelajaran saintifik ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Sragen.Penelitian  ini  merupakan  quasi  experiment  dengan  desain  penelitian  pretest-posttest  group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII  MTs  Negeri 1 Sragen sebanyak 10 kelas dengan total 364 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VII F dengan 38  siswa  yang  mendapatkan  perlakuan  dengan  menggunakan  pembelajaran  saintifik  sebagai  kelas kontrol dan kelas VII G dengan 37 siswa yang mendapatkan perlakuan menggunakan pembelajaran kontekstual  dengan  strategi  REACT  sebagai  kelas  eksperimen.  Instrumen  yang  digunakan  dalam penelitian ini adalah intrumen tes untuk mengukur prestasi belajar matematika siswa, angket motivasi belajar,  dan  lembar  observasi  keterlaksanaan  pembelajaran.  Data  dianalisis  menggunakan  dua  cara yakni: 1) one sample t-test digunakan untuk menyelidiki Efektivitas Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi  REACT  dan  Pembelajaran  Saintifik;  dan  2)  Multivariate  Analysis  of  Variance  (Manova), digunakan untuk menyelidiki perbedaan Efektivitas Antara Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi REACT dan Pembelajaran Saintifik.Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa:  (1)  pembelajaran  kontekstual  dengan  strategi  REACT efektif ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Sragen, (2) pembelajaran saintifik efektif ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika siswa kelas VII di  MTs  Negeri  1  Sragen.  (3)  tidak  terdapat  perbedaan  signifikan  antara  pembelajaran  kontekstual dengan  strategi  REACT  dan  pembelajaran  saintifik  ditinjau  dari  prestasi  dan  motivasi  belajar matematika siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Sragen.Kata  Kunci:  Pembelajaran  Kontekstual, Strategi  REACT,  Pembelajaran  Saintifik,  Prestasi  Belajar, Motivasi Belajar
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN PROGRAM CONSTRUCT 2 PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SISWA SMP KELAS 8 Deary Putriani; Nur Hadi Waryanto
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v6i4.6969

Abstract

Penelitian  pengembangan  ini  bertujuan  untuk  mengembangkan  media  pembelajaran  berbasis  android dengan software Construct 2 pada materi bangun ruang yang berkualitas dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Berdasarkan hasil penilaian media oleh ahlidengan skor  rata-rata  3,89 (baik)  dan oleh  guru  didapatkan skor rata-rata sebesar  4,8 (sangat baik)  sehingga media  memenuhi  aspek  kevalidan.  Dari  hasil  angket  respon  siswa  didapatkan  skor  rata-rata  4,14 (baik)sehingga memenuhi aspek kepraktisan yang ditinjau dari aspek kesenangan, aspek motivasi, aspek kemudahan, dan  aspek  ketertarikan.  Ketuntasan  hasil  tes  belajar  siswa mencapai  82,6%  sehingga  memenuhi  aspek keefektifan.  Berdasarkan  hasil  analisis  tersebut  disimpulkan  bahwa  media  pembelajaran  yang  dikembangkan telah memenuhi kualitas dari aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan.Kata Kunci: media pembelajaran matematika, construct 2, bangun ruang, android.
THE ANALYSIS OF JUNIOR HIGH SCHOOL MATHEMATICS TEXTBOOK GRADE VII CURRICULUM 2013 Yudita Rasma Aminati; Ali Mahmudi
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v6i4.6975

Abstract

The  research  is  qualitative-quantitative  descriptive  that aimed  to  know  the  quality  ofmathematics  textbook  using  text  book   research  instrument  which  includes material,  presentation, language, and graph aspects. The object of this research is junior high school mathematics textbooksecond semester of grade VII curriculum 2013 revised edition in 2016 that be used in SMP Negeri 5 Yogyakarta. The data collection technique by using a questionnaire to kno the quality of matematicsh textbook that be used in SMP Negeri 5 Yogyakarta. Based on the result of analysis, can be concluded that junior high school mathematics textbook second semester of grade VII curriculum 2013 revised edition in 2016 that be used in SMP Negeri 5 Yogyakarta showed good criteria in material aspect with a percentage score is 75% and presentation aspect with a percentage score is 75%, sufficient criteria in language aspect with a percentage score is 50% and graph aspect with a percentage score is 56,25% according to Standar Penilaian Badan Peneliti dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.Keywords: analysis, mathematics textbook, matery, presentation, language, graph.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP KELAS VII Siti Mufidah; Ariyadi Wijaya
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v6i4.6970

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menghasilkan  perangkat  pembelajaran  matematika  realistik berupa RPP dan LKS pada materi aritmatika sosial untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi  siswa  SMP  kelas  VII.  Selain  itu,  penelitian  ini  mendeskripsikan  kualitas  perangka t pembelajaran  ditinjau  dari  aspek  kevalidan,  kepraktisan,  dan  keefektifan.  Jenis  penelitian  yang dilakukan  adalah  penelitian  pengembangan  dengan  menggunakan  model  ADDIE,  yang  meliputi Analysis,  Design,  Development,  Implementation,  dan  Evaluation.  Instrumen  yang  digunakan  dalam penelitian  yaitu  lembar  penilaian  perangkat  pembelajaran  untuk  mengukur  kevalidan,  angket  respon guru dan angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan, dan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk  mengukur  keefektifan  perangkat  pembelajaran.   Perangkat  pembelajaran  dikatakan  valid  dan praktis jika minimal memenuhi kriteria baik, sedangkan dikatakan efektif jika persentase  ketuntasan siswa  yang  mencapai  KKM  lebih  dari  75%  dan  nilai  rata -rata  tes  siswa  lebih  dari  atau  sama denganKKM yang ditetapkan yaitu 70. Perangkat pembelajaran diimplementasikan di SMP Negeri 1 Galur dengan objek penelitian siswa kelas VII A.  Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa empat RPP dan satu LKS. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria  valid dengan skor ratarata 4,38 untuk RPP dan 4,34 untuk LKS dari skor maksimal 5,00. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria  praktisdengan  skor  rata-rata  3,70  untuk  angket  respon  guru  dan  3,48  untuk  angket  respon siswa  dari  skor  maksimal  4,00.  Berdasarkan  analisis  hasil  tes  kemampuan  berpikir  tingkat  tinggi, perangkat memenuhi kriteria efektif ditunjukkan dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 81,82% dan nilai signifikansi sebesar 0,037 (kurang dari nilai  = 0,05 ).Kata kunci: kemampuan berpikir tingkat tinggi, matematika realistik, perangkat pembelajaran
KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN CONTOH TERAPAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATHEMATICS WORD PROBLEM SISWA SMP Nur Dwi Laili Kurniawati; Jailani .
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v6i4.6977

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model problem based learning dengan contoh terapan  dan  model  saintifik  ditinjau  dari  kemampuan  pemecahan  masalah  serta mendeskripsikan pembelajaran yang lebih efektif di antara keduanya. Penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian adalah 68 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cepiring yang terbagi menjadi 34 siswa dalam kelas eksperimen dan 34 siswa dalam kelas kontrol. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji-t dengan α=5%. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata dan varians posttest kelas eksperimen 81,76 dan 66,13, sedangkan kelas  kontrol  77,77  dan  59,38.  Hasil  uji  hipotesis  menunjukkan  bahwa  model problem  based  learning dengan contoh  terapan  dan  model  saintifik  efektif  ditinjau  dari  kemampuan  pemecahan  masalah mathematics  word problem,  serta  model problem  based  learning dengan  contoh  terapan  lebih  efektif dibandingkan  dengan  model saintifik.Kata kunci: problem based learning, contoh terapan, pemecahan masalah mathematics word problem
PENGARUH STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA Ferida Dwi Prasetyoningrum; Ali Mahmudi
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v6i4.6971

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi metakognitif, mengetahui apakah terdapat  perbedaan  signifikan  dalam  hal  kemampuan  pemecahan  masalah  matematis  siswa  yang mengikuti pembelajaran matematika dengan strategi metakognitif dan yang  mengikuti  pembelajaran dengan  strategi  ekspositori,  serta  mengetahui pengaruh  strategi  metakognitif  terhadap  kemampuan pemecahan  masalah  matematis  siswa. Penelitian ini  merupakan  penelitian quasi eksperimen dengan desain  penelitian pretest  posttest  control  group  design.  Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Yogyakarta, dengan sampel penelitian yang dipilih secara acak yaitu kelas VIII  E  sebagai  kelas  kontrol  dengan  strategi  ekspositori  dan  kelas VIII  F  sebagai  kelas  eksperimen dengan  strategi  metakognitif.  Instrumen  yang  digunakan  untuk  mengumpulkan  data  adalah  tes dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Uji statistik yang digunakan adalah uji one sample ttest dan independent  sample  t-test.  Berdasarkan  uji  hipotesis  menggunakan  taraf  signifikansi  0,05 dapat  disimpulkan  bahwa  (1)  strategi  metakognitif dalam  pembelajaran  matematika  efektif ditinjau dari  kemampuan  pemecahan  masalah  matematis  siswa,  (2)  terdapat  perbedaan  signifikan  dalam  hal kemampuan  pemecahan  masalah  matematis  siswa  yang  mengikuti  pembelajaran  dengan  strategi metakognitif dan yang mengikuti pembelajaran dengan strategi ekspositori, (3) strategi metakognitif berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Kata kunci: strategi metakognitif, strategi ekspositori, kemampuan pemecahan masalah matematis
CARA-CARA GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA KABUPATEN MALINAU Areani Eka Putri; Murdanu .
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v6i4.6972

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  cara-cara  guru  mata  pelajaran  matematika dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa SMA. Penelitian ini merupakan studi eksplorasi dengan  jenis  penelitian  deskriptif.  Subjek  dalam  penelitian  ini  adalah  15  guru  matematika.  studi eksplorasi  ini  dikumpulkan  dengan  pedoman  observasi,  pedoman  wawancara  dan  angket.  Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara-cara guru mata pelajaran matematika dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar SMA Kabupaten Malinau : a) Guru  mengajar  dengan  sepenuh  hati;  b)  Guru  melakukan  persiapan  dengan  tepat  waktu;  c)  Guru menggunakan  berbagai  metode;  d)  Guru  selalu  membimbing  siswa  secara  personal  maupun kelompok.Kata Kunci : Cara mengajar, minat, prestasi belajar
DEVELOPING THE LEARNING SET FOR THE TOPIC OF PYTHAGOREAN THEOREM USING PROBLEM SOLVING APPROACH REFERS TO THE LEARNING TRAJECTORY WITH PROBLEM SOLVING STUDENT’S ABILITY ORIENTATION Afifah Nur Indah Sari; Ariyadi Wijaya
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v6i4.6974

Abstract

This study aims to produce learning set that includes Lesson Plan and Student Worksheet for the topic of Pythagorean theorem which are valid, practical and effective. Learning set that are developed using problem solving approach refers to the learning trajectory with problem solving ability oriented to junior high school students of class VIII. Type of the research was research and development with ADDIE  model  consisting of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. This research paradigm is mixed method research by using embedded mixed method design. The instruments used in this research were validation sheets for measuring the validity of the learning set, student’s  and  teacher’s  questionnaire  for  measuring  the  practicality,  and  test  to measure  the effectiveness of learning set. The results of this research are lesson plan and student worksheets using problem  solving  approach  refers  to  the  learning  trajectory.  Based  on  the  results  of  validation assessment, the lesson  plan was  very  valid  with a score  of  4,24  on  a  scale  5.  While  validation assessment of student worksheets obtained a score of 4,15 on a scale 5 with “valid” category. Based on practicality assessment  results of student’s questionnaire obtained a score of 3,01 on a scale 4 with “practical”  category  and  teacher’s questionnaire obtained  a  score  of  3,45  on  a  scale  4  with  “very practical” category. Effectiveness assesment using test obtained the level of completeness is 84.34%. Then,  the average  test  score  of  the  class  obtained  of  81.81  which  indicates  greater  than minimum accomplishment criteria i.e. 75. So that, the learning set is effective.Keyword: learning set, problem solving, learning trajectory

Page 1 of 1 | Total Record : 8