cover
Contact Name
Antuni Wiyarsi
Contact Email
jrpk@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jrpk@uny.ac.id
Editorial Address
Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
ISSN : -     EISSN : 30326885     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur penerbitan jurnal ini melalui peer-review dan menerapkan etika penerbitan ilmiah sebagaimana ditetapkan oleh COPE (Committee on Publication Ethics). Ruang lingkup jurnal ini meliputi hasil penelitian pembelajaran kimia dalam bidang kurikulum kimia sekolah menengah (SMA, MA dan SMK), strategi pembelajaran kimia, integrasi teknologi dalam pembelajaran kimia, penilaian pembelajaran kimia, media dan sumber pembelajaran kimia, serta pembelajaran kimia untuk masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 5 (2016): Volume 5, No 5 Edisi 5 Tahun 2016" : 6 Documents clear
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS STUDENT CENTERED UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA Sridovi Rarasasi; I Made Sukarna
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 5, No 5 (2016): Volume 5, No 5 Edisi 5 Tahun 2016
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v5i5.4577

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengembangkan dan (2)mengetahui kualitas lembar kerja siswa berbasis student centered untukpembelajaran kimia pada materi kesetimbangan kimia sebagai sumber belajarpeserta didik kelas XI SMA/MA.Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural, yaitumodel yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikutiuntuk menghasilkan produk. Produk awal lembar kerja siswa pada materikesetimbangan kimia ditinjau oleh dosen pembimbing sebagai ahli materi dan ahlimedia dan tiga orang peer reviewer dari jurusan pendidikan kimia 2012 yangmemberikan masukan dan saran untuk merevisi produk awal ini. Hasil revisiproduk tersebut kemudian dinilai oleh lima orang guru kimia SMA/MA selakureviewer. Penilaian kualitas lembar kerja siswa ini menggunakan instrumenpenilaian berupa angket yang mencakup 3 aspek penilaian, yaitu (1) aspekkelayakan lembar kerja siswa, (2) aspek kebahasaan, (3) aspek kegrafisan.Hasil penelitian pengembangan ini adalah lembar kerja siswa berbasisstudent centered pada materi kesetimbangan kimia yang terdiri dari empat materipokok. Lembar kerja siswa ini memiliki kualitas sangat baik (SB) dengan skorrata-rata 130,20, sehingga lembar kerja siswa ini layak digunakan sebagai sumberbelajar peserta didik kelas XI SMA/MA.
ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 PURWOREJO PADA PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN MODEL SIKLUS BELAJAR 5E Agus Ratriana Dewi; Eli Rohaeti
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 5, No 5 (2016): Volume 5, No 5 Edisi 5 Tahun 2016
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v5i5.4556

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan proses Sainsdan sebaran keterampilan proses Sains peserta didik dalam pembelajaran kimiakelas XI semester 2 di SMA N 1 Purworejo tahun ajaran 2013/2014 dengan modelsiklus belajar 5E.Penelitian ini penelitian deskriptif dengan rancangan satu sampel dan satuvariabel. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA di SMA N1 Purworejo sebanyak tujuh kelas dengan jumlah 224 peserta didik. Sampelpenelitian adalah peserta didik kelas XI IPA sebanyak tiga kelas dengan jumlah96 peserta didik, yaitu kelas XI IPA 5, IPA 6, dan IPA 7 yang diambil secarapurpossive sampling. Variabel bebas penelitian ini berupa model siklus belajar 5Eyang terdiri dari engaggment, exploration, explanation, elaboration, evaluation,sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan proses Sains peserta didikdengan 7 indikator keterampilan yang diamati, yaitu keterampilanmengomunikasi-kan, menerapkan konsep, menggunakan alat dan bahan,meramalkan, mengamati, menafsirkan, dan mengelompokkan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil keterampilan proses Sainspeserta didik secara keseluruhan dikategorikan baik dengan presentase sebesar70,37. Keterampilan proses Sains peserta didik untuk indikator keterampilanberkomunikasi, menerapkan konsep, menggunakan alat dan bahan, meramalkan,mengamati, menafsirkan, dan mengelompokkan dikategorikan baik denganpresentase berturut-turut sebesar 74,30%; 72,44%; 72,22%; 63,79%; 72,82%;68,86% dan 67,2%.
PENGARUH PEMBERIAN TUGAS RUMAH DENGAN MEMANFAAATKAN SUMBER BELAJAR MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR Aulia Istiqomah; Isana Supiah YL
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 5, No 5 (2016): Volume 5, No 5 Edisi 5 Tahun 2016
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v5i5.4558

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan perbedaan prestasi belajar kimia peserta didik yang diberi tugas rumah secara individual dengan memanfaatkan sumber belajar media teknologi informasi dengan tanpa perlakuan apabila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik.Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk memperoleh data pengetahuan awal dan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar. Analisis yang digunakan adalah analisis gain score dan analisis kovariansi.Berdasarkan hasil analisis diperoleh harga gain score rata-rata sebesar 10% yang menunjukkan ada pengaruh pemberian tugas rumah secara individual dengan memanfaatkan sumber belajar media teknologi informasi terhadap prestasi belajar kimia peserta didik. Hasil analisis kovariansi menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang diberi perlakuan pemberian tugas rumah dengan memanfaatkan sumber belajar media teknologi informasi dengan tanpa perlakuan dalam permbelajaran kimia. Jadi pengaruh pemberian tugas rumah secara individual dengan memanfaatkan sumber belajar media teknologi informasi dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.
HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN LABORATORIUM KIMIA DENGAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEWON BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Julia Dian Wijayanti; Indyah Sulistyo Arty
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 5, No 5 (2016): Volume 5, No 5 Edisi 5 Tahun 2016
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v5i5.4560

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian survey dengan metode penelitian kuantitatif.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) ada atau tidaknya hubungan yang positifdan signifikan antara pengetahuan tentang laboratorium kimia dengan kemampuanpsikomotorik peserta didik; 2) besarnya sumbangan efektif pengetahuanlaboratorium kimia terhadap kemampuan psikomotorik; 3) kriteria pengetahuanlaboratorium kimia; dan 4) kriteria kemampuan psikomotorik peserta didik kelasXI SMA Negeri 1 Sewon Bantul tahun ajaran 2015/2016 dalam praktikum kimia.Populasi penelitian ini adalah peserta didik di 5 kelas XI IPA SMA Negeri1 Sewon Bantul dengan jumlah 163 peserta didik. Sampel penelitian ini adalahpeserta didik dari 2 kelas dengan jumlah 63 peserta didik yang diambil denganteknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes danobservasi. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda tentang pengetahuanlaboratorium, dan lembar observasi kemampuan psikomotorik yang dilengkapidengan rubrik penilaian. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresisatu prediktor, pengetahuan laboratorium sebagai variabel bebas dan kemampuanpsikomotorik sebagai variabel terikat.Hasil analisis data menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikanantara pengetahuan laboratorium kimia terhadap kemampuan psikomotorik pesertadidik, dengan koefisien korelasi 0,519. Sumbangan efektif pengetahuanlaboratorium terhadap kemampuan psikomotorik sebesar 26,9%. Rata-ratapersentase pengetahuan laboratorium peserta didik sebesar 80,38% dengan kriteriasangat baik. Rata-rata persentase kemampuan psikomotorik peserta didik sebesar75,35% dengan kriteria baik.
Hubungan antara Pengetahuan Laboratorium dengan Sikap Peserta Didik Kelas XI dalam Praktikum Kimia di SMA Negeri 1 Pleret Bantul Tahun Ajaran 2015/2016 Lailanny Noor Savitri; Indyah Sulistyo Arty
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 5, No 5 (2016): Volume 5, No 5 Edisi 5 Tahun 2016
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v5i5.4561

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian survei bertujuan untuk mengetahui: 1) adatidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan laboratoriumdengan sikap peserta didik, 2) besarnya sumbangan efektif yang diberikanpengetahuan laboratorium terhadap sikap peserta didik, 3) persentase rata-rata dankriteria pengetahuan laboratorium peserta didik, 4) Persentase rata-rata dankriteria sikap peserta didik kelas XI dalam praktikum kimia di SMA Negeri 1Pleret Bantul.Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri1 Pleret Bantul yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 86 orang. Sampelpenelitian ini adalah peserta didik dari 2 kelas dengan jumlah 56 orang yangdiambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan denganteknik tes, pengamatan langsung, dan angket. Metode analisis yang digunakanyaitu uji normalitas, linieritas, regresi satu prediktor serta penentuan persentasedan kriteria pengetahuan laboratorium dan sikap peserta didik.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) tidak ada hubungan positifdan signifikan antara pengetahuan laboratorium dengan sikap peserta didik, 2)sumbangan efektif yang diberikan pengetahuan laboratorium terhadap sikappeserta didik sebesar 1,6%, 3) persentase rata-rata pengetahuan laboratoriumsebesar 72,93% (kriteria baik) dan 4) persentase rata-rata sikap peserta didiksebesar 84,61% (kriteria sangat baik).
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATERI KIMIA LARUTAN BERBASIS POTENSI LOKAL PENGOLAHAN LIMBAH DAERAH BANTUL Sri Edi Putro Santoso; senam senam
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 5, No 5 (2016): Volume 5, No 5 Edisi 5 Tahun 2016
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v5i5.4574

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dibidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menentukan kualitas Lembar Kerja Siswa materi kimia larutan berbasis potensi lokal pengolahan limbah Daerah Bantul.Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang mengadopsi model Borg Gall. Pada produk awal Lembar Kerja Siswa diberi masukan oleh ahli media, ahli materi, dan peer review. Selanjutnya produk Lembar Kerja Siswa dinilai kualitasnya oleh 5 orang guru kimia. Instrumen penilaian berupa angket yang berisi 6 aspek penilaian dengan butir penilaian sebanyak 38. Penilaian dilakukan oleh 5 orang guru kimia SMA di Kabupaten Bantul.Hasil penelitian ini adalah produk berupa Lembar Kerja Siswa materi kimia larutan berbasis potensi lokal pengolahan limbah Daerah Bantul. Berdasarkan penilaian dari 5 orang guru kimia SMA, Lembar Kerja Siswa ini memiliki kategori kualitas sangat baik (SB) dengan skor rata-rata 161 (persentase keidealan 84,74%). Oleh karena itu, Lembar Kerja Siswa ini layak digunakan sebagai sumber belajar materi kimia larutan untuk siswa SMA.

Page 1 of 1 | Total Record : 6