cover
Contact Name
Asri Diah Susanti
Contact Email
asridiahsusanti@staff.uns.ac.id
Phone
+6285643255552
Journal Mail Official
jppakuns@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS Gedung B FKIP UNS Jalan Ir. Sutami 36 A Kentingan Jebres Surakarta
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal pengembangan pendidikan akuntansi dan keuangan
ISSN : -     EISSN : 28076575     DOI : Prefix 10.20961
Core Subject : Economy, Education,
JPPAK : Jurnal Pengembangan Pendidikan Akuntansi dan Keuangan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Sebelas Maret University. Jurnal ini merupakan media komunikasi ilmiah di bidang akuntansi dan pendidikan yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun. JPPAK diharapkan menjadi wadah berharga yang menampung hasil pemikiran dan penelitian di bidang pendidikan akuntansi dan keuangan. Sub bidang pendidikan akuntansi dan keuangan kami meliputi akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi publik, sistem informasi akuntansi, auditing, perpajakan, akuntansi syariah, akuntansi perbankan, inovasi dalam pembelajaran akuntansi dan pendidikan akuntansi, Akuntansi UKM.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2022): JPPAK" : 6 Documents clear
PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DASAR KELAS X AKUNTANSI DI SMK X Liana Fahrunisa; Sri Sumaryati; Lies Nurhaini
Jurnal Pengembangan Pendidikan Akuntansi dan Keuangan (JPPAK) Vol 3, No 2 (2022): JPPAK
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jppak.v3i2.84584

Abstract

Abstract This study aims to determine the procedure for developing accounting digital comics learning media. The accounting digital comic learning media will be developed at SMK X in class X Accounting. This research is an R&D (Research & Development) research using the ADDIE development model with 5 stages of Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluation. The data sources of this research include learning events, informants (basic accounting teachers and students of class X AK I and II) and documents (syllabus, lesson plans). The results of the study are at the analysis stage, the use of learning media has not been maximally utilized by teachers and students in achieving learning objectives. In the design stage, teachers need learning media in the form of learning videos and students like media in the form of videos that have many colors and images, so that the Digital Accounting Comics media will be developed. In the development stage, the media is declared suitable for use. This is evidenced by the assessment of media experts by 84%, from material experts by 87%, and from educators by 87%. In the implementation phase, the results of one-on-one trials are 95%, and the results of small group trials are 92%. The results of this study conclude that digital accounting comics are suitable for use in accounting learning. Keywords: digital comics, accounting learning, learning media Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran komik digital akuntansi. Media pemebelajaran komik digital akuntansi tersebut akan dikembangkan di SMK X pada kelas X Akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research & Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluation. Sumber data penelitian ini meliputi peristiwa pembelajaran, informan (guru akuntansi dasar dan siswa kelas X AK I dan II) dan dokumen (silabus, RPP). Hasil penelitian adalah pada tahap analisis, penggunaan media pembelajaran belum maksimal dimanfaatkan guru dan siswa dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Tahap desain, guru membutuhkan media pembelajaran berupa video pembelajaran dan peserta didik menyukai media yang berbentuk video yang memiliki banyak warna dan gambar, sehingga media komik digital akuntansi akan dikembangkan. Tahap pengembangan, media dinyatakan layak untuk digunakan. Hal ini dibuktikan penilaian dari ahli media sebesar 84%, dari ahli materi sebesar 87%, dan dari pendidik sebesar 87%. Tahap implementasi, hasil uji coba satu -satu sebesar 95%, dan hasil uji coba kelompok kecil sebesar 92%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa komik digital akuntansi layak digunakan dalam pembelajaran akuntansi. Kata Kunci: komik digital, pembelajaran akuntansi, media pembelajaran
PENGARUH FRAUD PENTAGON TERHADAP TINGKAT KECURANGAN AKADEMIK SISWA SMK Irfani Dwi Agustina; Muhtar Muhtar; Nurhasan Hamidi
Jurnal Pengembangan Pendidikan Akuntansi dan Keuangan (JPPAK) Vol 3, No 2 (2022): JPPAK
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jppak.v3i2.84585

Abstract

Abstract The objectives of this research are to investigate (1) the influence of pressure on the level of student academic fraud in online learning; (2) the influence of opportunity on the level of academic fraud in online learning; (3) the influence of rationalization on the level of academic fraud in online learning; (4) the influence of competence on the level of academic fraud in online learning; (5) the influence of arrogance on the level of academic fraud in online learning; (6) the influence of pressure, opportunity, rationalization, competence, arrogance on the level of academic fraud in online learning. This research used descriptive quantitative method with a causality approach. The population in this study were students majoring in accounting for class XII SMK in Kendal. The sample of this study were 138 students using the proportional random sampling technique. Data collection techniques using a questionnaire. Multiple regression was used to analyze the data. The results of research show that (1) there was a positive and significant influence of pressure on the level of academic fraud in online learning; (2) there was a positive influence of opportunity but not significant on the level of academic fraud in online learning; (3) there was a positive and significant influence of rationalization on the level of academic fraud in online learning; (4) there was a positive and significant influence of competence on the level of academic fraud in online learning; (5) there was a negative influence of arrogance but not significant on the level of academic fraud in online learning; (6) there was a significant influence of pressure, opportunity, rationalization, competence, arrogance on the level of academic fraud in online learning. The regression equation model is Y = -0.905 + 0.299X1 + 0.040X2 + 0.442X3 + 0.291X4 – 0.083X5. Keywords: pressure, opportunity, rationalization, competence, arrogance, academic fraud Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) pengaruh tekanan terhadap tingkat kecurangan akademik pada pembelajaran daring; (2) pengaruh kesempatan terhadap tingkat kecurangan akademik pada pembelajaran daring; (3) pengaruh rasionalisasi terhadap tingkat kecurangan akademik pada pembelajaran daring; (4) pengaruh kompetensi terhadap tingkat kecurangan akademik pada pembelajaran daring; (5) pengaruh arogansi terhadap tingkat kecurangan akademik pada pembelajaran daring; (6) pengaruh tekanan, kesempatan, rasionalisasi, kompetensi, arogansi secara bersama-sama terhadap tingkat kecurangan akademik pada pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa jurusan akuntansi kelas XII SMK di Kendal. Sampel penelitian ini sebanyak 138 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan tekanan terhadap tingkat kecurangan akademik pada pembelajaran daring; (2) terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan kesempatan terhadap tingkat kecurangan akademik pada pembelajaran daring; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan rasionalisasi terhadap tingkat kecurangan akademik pada pembelajaran daring; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi terhadap tingkat kecurangan akademik pada pembelajajaran daring; (5) terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan arogansi terhadap tingkat kecurangan akademik pada pembelajaran daring; (6) terdapat pengaruh tekanan, kesempatan, rasionalisasi, kompetensi, arogansi secara bersama-sama  terhadap tingkat kecurangan akademik pada pembelajaran daring; Model persamaan regresi untuk ketujuh variabel tersebut adalah Y = -0.905 + 0.299X1 + 0.040X2 + 0.442X3 + 0.291X4 – 0.083X5. 
HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN KOMPETENSI KARIER DENGAN PERENCANAAN KARIER MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI DI SURAKARTA Yurinda Kanifah; Siswandari Siswandari; Nurhasan Hamidi
Jurnal Pengembangan Pendidikan Akuntansi dan Keuangan (JPPAK) Vol 3, No 2 (2022): JPPAK
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jppak.v3i2.84586

Abstract

Abstract The research aimed to examine: (1) the relationship between self-concept and career planning for accounting education students in Surakarta (2) the relationship between career competencies and career planning for accounting education students in Surakarta (3) the relationship between self-concept and career competencies and career planning for accounting education students in Surakarta. The research method used in this research was a descriptive quantitative method. The population in this study were 305 students of accounting education at Sebelas Maret University and Muhammadiyah University of Surakarta class of 2020 and 2021. Proportional stratified random sampling technique was chosen to draw 170 students as a sample. The data collection technique in this study was used questionnaire. The results of this study showed that: (1) there was a positive and significant relationship between self-concept and career planning for accounting education students in Surakarta.; (2) there was a positive and significant relationship between career competencies and career planning for accounting education students in Surakarta. (3) there was a positive and significant relationship between self-concept and career competencies and career planning for accounting education students in Surakarta. The relationship model between the three variables is Y = 2,363 + 0,372 X1 + 0,479 X2. Keywords: Self-Concept, Career Competencies, Career Planning. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) hubungan konsep diri dengan perencanaan karier mahasiswa pendidikan akuntansi di Surakarta. (2) hubungan kompetensi karier dengan perencanaan karier mahasiswa pendidikan akuntansi di Surakarta. (3) hubungan konsep diri dan kompetensi karier dengan perencanaan karier mahasiswa pendidikan akuntansi di Surakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret dan Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2020 dan 2021 sebanyak 305 mahasiswa. Sampel sebanyak 170 mahasiswa diambil dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menyimpulkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dengan perencanaan karier mahasiswa pendidikan akuntansi; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi karier dengan perencanaan karier mahasiswa pendidikan akuntansi; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dan kompetensi karier dengan perencanaan karier mahasiswa pendidikan akuntansi. Model hubungan antara ketiga variabel tersebut adalah Y = 2,363 + 0,372 X1 + 0,479 X2. Kata Kunci: Konsep Diri, Kompetensi Karier, Perencanaan Karier
STRATEGI PENGEMBANGAN BUMDES UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA Aninda Megasari; Siswandari Siswandari; Nurhasan Hamidi
Jurnal Pengembangan Pendidikan Akuntansi dan Keuangan (JPPAK) Vol 3, No 2 (2022): JPPAK
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jppak.v3i2.84587

Abstract

ABSTRACT The purpose of the study is to find out the existence of 1) the development strategy of BUMDes in Karanganyar to improve the economic welfare of the people of Village; 2) inhibiting factors and supporting factors for the development strategy of BUMDes to improve the economic welfare of the people of Village; 3) the solution of factors inhibiting the development strategy of BUMDes. This research is a descriptive qualitative research. The data sources used in this study are primary data sources and secondary data sources with a total of 8 informants. Data collection techniques using observation, interview, and documentation methods. The data analysis techniques used in this study are data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The data validity test in this study used source triangulation, engineering triangulation, and time triangulation. The results of the research conducted showed: 1) there are three processes of the BUMDes development strategy in improving the economic welfare of the people of Village, namely the first process of strategy formulation, the process of implementing strategies, and the process of evaluating strategies. 2) there are inhibiting factors and supporting factors in the BUMDes development strategy to improve the economic welfare of the people of Village 3) there is a solution to the inhibiting factors in the development strategy of BUMdes to improve the economic welfare of Village. Keywords: Economic welfare, development strategies, BUMDes ABSTRAK Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui adanya 1) strategi pengembangan BUMDes di Karanganyar untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat ; 2) faktor penghambat dan faktor pendukung strategi pengembangan BUMDes untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa; 3) solusi faktor penghambat strategi pengembangan BUMDes. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder dengan jumlah informan sebanyak 8 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan: 1) terdapat tiga proses strategi pengembangan BUMDes dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa yaitu proses yang pertama proses perumusan strategi, proses penerapan strategi, dan proses pengevaluasian strategi. 2) terdapat faktor penghambat dan faktor pendukung dalam strategi pengembangan BUMDes untuk meningkatkan kesejahateraan ekonomi masyarakat Desa 3) adanya solusi pada faktor penghambat dalam strategi pengembangan BUMdes untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi Desa. Kata kunci: Kesejahteraan ekonomi, strategi pengembangan, bumdes
UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK MENGGUNAKAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN QUIZIZZ Ira Sukma Maryuni; Sigit Santoso; Binti Muchsini
Jurnal Pengembangan Pendidikan Akuntansi dan Keuangan (JPPAK) Vol 3, No 2 (2022): JPPAK
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jppak.v3i2.84588

Abstract

Abstract This study aims to increase the accounting learning interest of vocational students in Accounting and Financial Institutions expertise program using a team games tournament with quizizz learning media. This research is a classroom action research which consists of two cycles. Each cycle was carried out in two meetings. The research procedure for each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. The data in this study were obtained from questionnaires, observations, and documentation. The results showed that students' interest in learning could be increased by using a team games tournament combined with quizizz. This can be seen from the results of the average student learning interest questionnaire before being given action, which is 70.71%, increasing to 73.62% in the first cycle and again increasing to 78.85% in the second cycle. These results have met the set targets for success. The conclusion in this study is that the accounting learning interest of Vocational School students in Accounting and Finantial Institutions expertise program can be increased using the teams games tournament with the quizizz learning media. This is evidenced by the results of the student learning interest questionnaire and supported by the results of observations and documentation during the study. Keywords: Student Interest in Learning, Teams Games Tournament, Quizizz Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar akuntansi siswa SMK program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dengan media pembelajaran quizizz. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Prosedur penelitian setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data pada penelitian ini diperoleh dari angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dengan media pembelajaran quizizz. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata angket minat belajar siswa sebelum diberi tindakan yaitu 70,71%, mengalami peningkatan menjadi 73,62% pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 78,85% pada siklus II. Hasil tersebut sudah memenuhi target capaian keberhasilan yang ditetapkan. Simpulan dalam penelitian ini adalah minat belajar akuntansi siswa SMK program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dengan media pembelajaran quizizz, yang dibuktikan dengan hasil angket minat belajar siswa dan didukung oleh hasil observasi dan dokumentasi selama penelitian. Kata Kunci: Minat Belajar Siswa, Teams Games Tournament, Quizizz
FAKTOR–FAKTOR YANG MEMENGARUHI SIKAP PEMBELAJAR SEJATI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI Yoanita Intan Palupi; Sudiyanto Sudiyanto; Asri Diah Susanti
Jurnal Pengembangan Pendidikan Akuntansi dan Keuangan (JPPAK) Vol 3, No 2 (2022): JPPAK
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jppak.v3i2.84589

Abstract

Abstract The objective of this research is to examine factors that affect learners’ attitudes toward lifelong learning. A quantitative approach with a correlation design is used in this research. Stratified proportional random sampling was employed to determine its samples. They consisted of 194 students of Accounting Education from 2017-2021. Data Analysis used confirmatory factor analysis with structural equation modeling technique by means of the Lisrel 8.80 program. The results of the research show that (1) the family factor had a significant effect on the lifelong learner attitude of the students as indicated by t -statistic value of 2.60; (2) the school factor did not have a significant effect on the lifelong learner attitude of the students as specified by the t-statistic value of 0.59; (3) the social factor did not have a significant effect on the lifelong learner attitude as pointed out by the t-statistic value of 0.07; and (4) the individual factor had a significant effect on the lifelong learner attitude of the students an implied by the tstatistic value of 2.60. Next researchers are recommended to conduct further qualitative research to identify school and social factor indicators that are able to improve the lifelong learner attitude of students expecially in Indonesia. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi sikap mahasiswa terhadap pembelajaran sepanjang hayat. Pendekatan kuantitatif dengan desain korelasi digunakan dalam penelitian ini. Teknik sample yang digunakan adalah stratified proportional random sampling, dengan jumlah 194 mahasiswa dari angkatan 2017-2021. Analisis data yang digunakan adalah analisis faktor konfirmatori dengan teknik structural equation modeling menggunakan program Lisrel 8.80. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) faktor keluarga berpengaruh signifikan terhadap sikap pembelajar sejati dengan nilai t-statistik 2.60; (2) faktor sekolah tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap pembelajar sejati dengan nilai t-statistik 0.59; (3) faktor sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap pembelajar sejati dengan nilai t-statistik 0.07; dan (4) faktor individu berpengaruh signifikan terhadap sikap pembelajar sejati dengan nilai t-statistik 2.60. Peneliti selanjutnya direkomendasikan melakukan studi kualitatif lebih lanjut untuk mengidentifikasi indikator faktor sekolah dan sosial yang dapat meningkatkan sikap pembelajar sejati mahasiswa khususnya di Indonesia. . Keywords : lifelong learner attitude, family factor, school factor, social factor, individual factor, SEM-LISREL Kata Kunci : sikap lifelong learner, faktor keluarga, faktor sekolah, faktor sosial, faktor individu, SEM-LISREL

Page 1 of 1 | Total Record : 6