cover
Contact Name
Edi Elisa
Contact Email
edelchems@unja.ac.id
Phone
+6281271184167
Journal Mail Official
jisic@unja.ac.id
Editorial Address
Jl. Lintas Sumatera Jl. Jambi - Muara Bulian No.Km. 15, Mendalo Darat, Kec. Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi 36122
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Published by Universitas Jambi
ISSN : 20851715     EISSN : 26215543     DOI : https://online-journal.unja.ac.id/jisic
Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry (JISIC) accepts unpublished, high quality, and original research manuscripts in either English or Indonesian; resulting primarily from quantitative, qualitative, or mixed research in sync with Chemistry education. These issues include, but not limited to, practices, policies, and research in Chemistry education covering the area of: 1. Chemical Education, Lesson Study or Classroom Action Research 2. Source/Material/Learning Education for Chemistry 3. Curricullum of Chemical Education 4. Chemical Laboratory Management 5. Evaluation of Chemical Education 6. Educational Profession, specially teachers of Chemistry Subject JISIC will not accept research articles or manuscripts submitted for publication elsewhere. JISIC does not publish book reviews, program evaluations or research articles merely explaining programs, courses, or personal experiences.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 14 No. 1 (2022): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry" : 7 Documents clear
Kosmeseutikal dengan Zat Aktif dalam Sistem Liposom Nur Zakiyah Darajat; Anis Yohana Chaerunnisa; Marline Abdassah
Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 14 No. 1 (2022): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Publisher : Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jisic.v14i1.13989

Abstract

Cosmeceutical  with Active Substances in the Liposomal System Kosmeseutikal merupakan produk kosmetika yang mengandung bahan aktif biologis yang memiliki manfaat terapeutik pada permukaan yang diterapkan. Sistem liposom dalam sediaan kosmeseutikal berguna untuk mempermudah penetrasi zat aktif sediaan ke dalam kulit, sehingga telah banyak pengembangan formulasi kosmeseutikal dengan sistem liposom. Sediaan kosmeseutikal yang paling umum digunakan dalam bentuk semi padat seperti gel dan krim. Review artikel ini bertujuan untuk menjelaskan produk kosmeseutikal yang dapat digunakan dalam sistem liposom. Implikasi review artikel ini penting untuk kosmeseutikal yang mengandung zat aktif dalam sistem liposom. Pembuatan review artikel ini menggunakan jurnal yang diakses melalui Google Scholar, NCBI, dan Science Direct yang terpublikasi dalam 10 tahun terakhir. Bentuk sediaan yang dapat digunakan sebagai kosmeseutikal dalam sistem liposom berdasarkan dari hasil pencarian beberapa jurnal dan artikel antara lain krim, gel, dan serum. Dari beberapa bentuk sediaan tersebut, terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga pemilihan bentuk sediaan untuk produk kosmeseutikal dalam sistem liposom dapat digunakan dengan menyesuaikan kebutuhan dan tujuan produk tersebut.
Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Terintegrasi Augmented Reality dan Unity of Sciences Materi Stoikiometri Lenni Khotimah Harahap; Deni Ebit Nugroho
Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 14 No. 1 (2022): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Publisher : Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jisic.v14i1.15962

Abstract

Development of the Mobile Learning Based on Augmented Reality and Unity of Sciences at Stoichiometry Lessons Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang dikembangkan. Pada penelitian pengembangan ini, materi stoikiometri diintegrasikan dengan Augmented Reality dan Unity of Sciences. Untuk menguji kelayakan dilakukan oleh 3 validator yakni ahli materi dan ahli media. Instrumen yang digunakan adalah angket. Angket tersebut meliputi angket kelayakaan dari segi media dan angket kelayakan dari segi materi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa presentase untuk aspek tampilan yakni 81,94%, presentase aspek pemrograman yakni 80,00% dan presentase pada aspek keterpaduan isi materi yakni 82,77%. Sehingga rata-rata persentase kelayakan baik dari penilaian aspek media dan materi adalah 81,77% dengan kategori sangat layak.
Pengembangan E-Book Materi Gas Ideal Berbasis Multipel Representasi Menggunakan 3D Pageflip Wilda Syahri; Yusnaidar Yusnadar
Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 14 No. 1 (2022): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Publisher : Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jisic.v14i1.16506

Abstract

Mata kuliah Kimia Fisika I di Prodi Pendidikan Kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang bersifat abstrak seperti materi Gas Ideal. Karakteristik materi Gas Ideal yang bersifat abstrak membuat mahasiswa tidak dapat melihat secara langsung proses yang terjadi pada sistem Gas Ideal. Oleh karena itu, dipandang perlu untuk mengembangkan suatu e-Book Materi Gas Ideal Berbasis Multipel Representasi Menggunakan 3D Pageflip yang dapat membantu mahasiswa untuk dapat secara mandiri mempelajari dan memahami materi Gas Ideal, sehingga memberikan keleluasaan dan keluwesan bagi mahasiswa. Melalui e-Book Materi Gas Ideal Berbasis Multipel Representasi ini, akan dapat menggali kemampuan individual mahasiswa serta menimbulkan daya tarik, sehingga diharapkan dapat melahirkan motivasi bagi mahasiswa dalam meningkatkan prestasi dan hasil belajarnya. Hasil dari penelitian ini akhirnya adalah e-Book Materi Gas Ideal Berbasis Multipel Representasi pada level makroskopik, mikroskopik dan simbolik menggunakan aplikasi 3D pageflip tentang Gas Ideal yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan juga sesuai dengan kaidah-kaidah pendidikan serta mengandung unsur edukasi.
PENGGUNAAN PjBL TERINTEGRASI STEAM DAN LIFE SKILL MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA ANORGANIK Ngatijo Ngatijo; Restina Bemis; Ratih Dyah Puspitasari
Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 14 No. 1 (2022): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Publisher : Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jisic.v14i1.16615

Abstract

The Use Of PjBL Integrated STEAM and Students Life Skills in Inorganic ChemistryLearning ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk menerapkan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) yang terintegrasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) dan hubungannya dengan life skill Mahasiswa dalam pembelajaran Kimia Anorganik.  Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan pre-test dan post-test, project assessment pembuatan Batik serta presentasi Kelompok dari tugas Kelompok dalam LKM (Lembar Kerja Mahasiswa) pada Mata Kuliah Kimia Anorganik III. Tugas Kelompok yang berkaitan dengan Senyawa Koordinasi dan Isomer Senyawa Koordinasi yang dilustrasikan ke dalam Motif Batik Jambi. Art atau seni batik motif “Angso Duo” sebagai ilustrasi isomer levo dan dextro etilendiammintetraasetatokobaltat(III) dimana gugus etilen sebagai ilustrasi pada bagian ekor binatang Angsa. Engineering atau rekayasa dikembangkan melalui bahan pewarna Batik menggunakan bahan alami. Hasil Uji korelasi diperoleh 0,57 nilai signifikasi diperoleh F hitung sebesar 0,006 yang berarti lebih kecil dari 0,05 sebagai F teori. Uji determinasi diperoleh R2 sebesar 0,374 atau l=0,37 % yang menunjukkan bahwa kesesuaian penggunaan model pembelajaran PjBL terintegrasi STEAM dengan life skill mahasiswa pada praktikum pembuatan Batik dengan menggunakan Teori Kimia Anorganik III tergolong kuat (37.4%) dan sisanya dipengaruhi oleh variabel luar (62,6 %).  Berdasarkan dari hasil penelitian bahwa diperoleh hasil yang baik,  jika pembelajaran PjBL diintegrasikan dengan model STEAM dan dapat diketahui hubungannya dengan life skill yang dikembangkan mahasiswa. Batik dibuat dalam rangka Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM) untuk bahan baju dengan ukuran 90 x 200 cm sebagai produk karya mahasiswa. Kata Kunci: kimia anorganik, life skill, motif batik jambi, PjBL, STEAM, terintegrasi.
Peningkatan Keterampilan Dasar Laboratorium Kimia Teknik melalui Praktikum Mandiri Berbantukan Media Laboratorium Virtual di Masa Pandemi Convid 19 Edi Elisa; Zurweni Zurweni; I Gede Wiratmaja; I Nyoman Pasek Nugraha; Gede Widayana
Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 14 No. 1 (2022): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Publisher : Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jisic.v14i1.16837

Abstract

[Improving the Basic Skills of Chemical Engineering Laboratories through Independent Practicum Assisted Using Virtual Laboratory Media during the Convid 19 Pandemic] Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan dan mengetahui efektivitas media pembelajaran laboratorium virtual kimia teknik dalam upaya meningkatkan keterampilan dasar laboratorium mahasiswa pada saat belajar mandiri dirumah selama pandemi covid 19. Jenis penelitian yang digunakan termasuk kedalam penelitian tindakan dengan tahap penelitian seperti yang dikemukakan oleh (Susman & Evered, 1978) yang terdiri dari 5 tahap penelitian yang berbentuk siklus. Yang menjadi subjek penelitian yaitu mahasiswa S1 disalah satu program studi di Undiksha yang mengambil mata kuliah kimia teknik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan menggunakan instrumen lembar pengamatan keterampilan dasar laboratorium kimia teknik. Data kuantitatif dan kualitatif dianalisis dengan metode  mixed method menggunakan desain explanatory. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pada siklus ke 2 mahasiswa telah mampu menunjukkan keterampilan dasar laboratorium kimia teknik setelah melaksanakan praktikum secara mandiri menggunakan laboratorium virtual kimia teknik yang telah dikembangkan. Peningkatan keterampilan dasar laboratorium kimia dapat diketahui terjadi pada setiap aspek keterampilan dasar laboratorium berdasarkan hasil pengamatan.
IMPROVING SCIENCE PROCESS SKILLS AND COLLABORATION ON THE LESSON REACTION RATE USING ELECTRONIC STUDENT WORKSHEET ASSISTED WITH LIVEWORKSHEETS WEBSITE Anita Anggrahini; Rusmini Rusmini
Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 14 No. 1 (2022): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Publisher : Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jisic.v14i1.17859

Abstract

Improving Science Process Skills And Collaboration On The Lesson On Reaction Rate Using Electronic Student Worksheet Assisted With Liveworksheets Website This study aimed to assess the feasibility of the usage of electronic student worksheets assisted with liveworksheets website to improve science process skills and collaboration on the lesson on reaction rate in terms of validity, practicality, and effectivity. The present study utilized the Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation (ADDIE) development model. Data collected were through interviews, questionnaires, observations, and tests. Data analysis methods used in this study comprised both qualitative and quantitative analysis techniques. Qualitative analysis techniques were carried out descriptively, while quantitative analysis techniques were performed by percentage analysis, normality test (one sample Shapiro-Wilk test), paired sample t-test, and n-gain analysis. The validity test showed an average percentage of 87% with very valid criteria. The practicality test included the results of student responses according to questionnaires and observations of student activities, and the results are an average percentage of 92% and 100%, respectively, which are categorized as very good. The effectivity test comprised the results of the pretest-posttest cognitive and science process skills. The results of the n-gains are 0,46 and 0,61, respectively, with moderate criteria, while the results of questionnaires and observation of collaboration skills are an average percentage of 94% and 83%, respectively, with very good criteria. Electronic student worksheets assisted with liveworksheets website to improve science process skills and collaboration is essential to be developed as an effort to train 21st-century skills.
Isolasi Senyawa Turunan Kuinon dari Ekstrak Aseton Daun Perepat (Sonneratia Alba) dan Uji Aktivitas Terhadap Staphylococcus Aureus Muhaimin Muhaimin; Dwi Wahyu Ramadhan; Madyawati Latief
Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 14 No. 1 (2022): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Publisher : Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jisic.v14i1.18213

Abstract

[Isolation of Quinone Derivative Compound from Acetone Extract of Perepat Leaves (Sonneratia alba) and Activity Testing Against Staphylococcus aureus] Staphylococcus aureus merupakan salah satu patogen paling umum yang menyebabkan infeksi nosokomial. Kemudian dengan cepatnya perkembangan resistensi yang ditunjukkan S. Aureus terhadap antibiotik yang ada, maka pengembangan terus dilakukan baik secara sintesis maupun dari bahan alam. Berdasarkan beberapa penelitian terdahulu S. Alba memiliki aktivitas antimikroba yang baik dari beberapa bagian tumbuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk isolasi senyawa dari ekstrak aseton daun S. alba dan pengujian aktivitasnya terhadap pertumbuhan bakteri S. aureus. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi skrining fitokimia, isolasi senyawa dengan menggunakan kromatografi vakum dan kromatografi grafitasi dan karakterisasi dengan spektrofotometri UV-vis dan FTIR serta uji antibakteri dengan metode difusi kertas cakram. Hasil isolasi diperoleh isolat F.5.2 menunjukkan hasil positif pada uji kuinon dan triterpenoid. Berdasarkan karakterisasi spektrofotometri UV-Vis diperoleh pita serapan maksimum pada 257 nm dan 301,2 nm yang menandakan gugus kromofor C=O terkonjukasi dan berdasarkan spektrum FTIR diperoleh beberapa serapan pada bilangan gelombang 3264,57 cm-1 (ulur O-H), 2921,06 cm-1 (C-H alifatik), 1692,80 cm-1 (C=O), 1611,28 cm-1 (ulur C=C) dan 1315,93 cm-1 (C-O). Berdasarkan uji antibakteri terhadap S. aureus oleh ekstrak aseton daun S. Alba dan isolat F.5.2 menunjukkan adanya aktivitas penghambatan pertumbuhan bakteri S. aureus

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 15 No. 2 (2023): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 15 No. 1 (2023): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 14 No. 2 (2022): JISIC (Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry) Vol. 14 No. 1 (2022): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 13 No. 2 (2021): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 13 No. 1 (2021): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 12 No. 2 (2020): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 12 No. 1 (2020): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 11 No. 2 (2019): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 11 No. 1 (2019): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 10 No. 2 (2018): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 10 No. 1 (2018): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 9 No. 2 (2017): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 9 No. 1 (2017): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 8 No. 2 (2016): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 8 No. 1 (2016): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 7 No. 2 (2015): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 7 No. 1 (2015): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 6 No. 2 (2014): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 6 No. 1 (2014): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 5 No. 2 (2013): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 1 No. 1 (2009): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry More Issue