cover
Contact Name
Dodi Herdiana
Contact Email
dh@masterdoy.com
Phone
+6282321715797
Journal Mail Official
jurnaled@jurnaledu.com
Editorial Address
IPI Garut
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan
ISSN : -     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.9876
Journal of Education (JOE) adalah wadah bagi peneliti pendidikan yang ingin mempublikasikan hasil dari penelitiannya. Artikel yang kami himpun adalah artikel-artikel ilmiah dari berbagai jenis baik itu PTK, Skripsi, Tesis, Disertasi atau pun penelitian lainnya yang membahas tentang disiplin pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2024): Artikel Pendidikan Bag.1" : 9 Documents clear
PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH : DEFINISI, LANDASAN, DIMENSI, PRINSIP, KOMPONEN, SUMBER, MODEL DAN IMPLEMENTASI dodi, Dodi
Journal Of Education Vol 1 No 1 (2024): Artikel Pendidikan Bag.1
Publisher : Journal of Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0001/

Abstract

Pendidikan di Indonesia merupakan komponen penting suatu negara dalam upaya meningkatkan kualitas warganya. Pendidikan memiliki suatu komponen utama bahkan sering disebut jantungnya yang dapat mewujudkan dari tujuan pendidikan yang ingin dicapai, dan ini disebut kurikulum. Kurikulum merupakan acuan, pedoman atau seperangkat rencana pendidikan dalam mewujudkan peserta didik mencapai tujuan pendidikan. Sejalan dengan perubahan dan perkembangan zaman, kurikulum dalam pendidikan pun mengalami pengembangan. Pengembangan kurikulum merupakan bagian yang sangat penting (essensial) dalam segenap aktivitas pendidikan. Pengembangan kurikulum memberikan dampak terhadap ruang lingkup pendidikan secara mikro yaitu pembelajaran. Dalam penelitian studi pustaka ini penulis mencoba menggambarkan unsur-unsur dalam pengembangan kurikulum yaitu landasan kurikulum, dimensi kurikulum, prinsip kurikulum, komponen kurikulum, sumber kurikulum, model kurikulum dan implementasi kurikulum.
RANCANGAN PEMBELAJARAN BERLANDASKAN TEORI KONSTRUKTIVISME DAN HUMANISTIK dodi, Dodi
Journal Of Education Vol 1 No 1 (2024): Artikel Pendidikan Bag.1
Publisher : Journal of Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0001/

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi atau hubungan timbal balik antara pendidik dengan peserta didik dalam suatu ekosistem belajar yaitu lingkungan, sehingga menghasilkan suatu perubahan perilaku atau afektif selain kognitif dan psikomotor pada keduanya. Mohamad Surya (2015:111) pembelajaran ialah suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh suatu perubahan perilaku secara menyeluruh sebagai hasil dari interaksi individu dengan lingkungannya. Untuk menghasilkan perubahan perilaku yaitu perilaku yang disadari, kontinu, fungsional, positif, aktif, permanen dan bertujuan yang terarah, maka pembelajaran harus di desain atau dirancang dengan baik. Artinya pembelajaran harus disiapkan dan didukung  oleh beberapa komponen atau bahan lain seperti model, metode, teknik, taktik, strategi, pendekatan, media dan bahan ajar. Rancangan merupakan suatu upaya perencanaan dalam upaya mewujudkan instruksional yang efektif, efisien dan berkualitas. Para ahli membuat sebuah rancangan atau desain mengacu pada beberapa pendekatan teori yang sebelumnya telah berkembang misalnya teori behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, dan humanistik. Dalam jurnal ini akan digambarkan bagaimana prinsip, karakteristik, dan rancangan pembelajaran dilihat dari pendekatan teori kondtruktivisme dan humanistik.
ANALISIS KETERKAITAN NEUROSAINS DENGAN PEMBELAJARAN choe1982, UCU KOSWARA; Herdiana, Dodi
Journal Of Education Vol 1 No 1 (2024): Artikel Pendidikan Bag.1
Publisher : Journal of Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0001/wmjxxv08

Abstract

Neurosains adalah ilmu yang secara khusus mempelajari sel saraf, sedangkan neurosains pembelajaran adalah ilmu pengetahuan tentang hubungan sistem saraf dengan pembelajaran dan perilaku. Jika ditinjau dari perspektif neurosains, konsep pembelajaran merupakan pembelajaran yang memberdayakan kemampuan otak dengan cara menciptakan lingkungan belajar yang menantang, menyenangkan, bermakna, dan mendorong siswa agar lebih aktif. Dengan demikian, maka sebaiknya dalam pembelajaran perlu mengembangkan strategi ataupun metode yang sesuai dengan perilaku, kepribadian, perkembangan, serta kemampuan otak anak. Neurosains memberikan gambaran atau pengetahuan dasar kepada guru dan orangtua tentang bagaimana menstimulan anak agar dapat belajar dan berkembang sesuai dengan yang tahap perkembangannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka yaitu mengkaji berbagai literatur baik itu buku, artikel, atau jurnal-jurnal yang berkaitan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan tentang neurosains sebagai salahsatu bahan kajian dalam memahami perkembangan otak yang berkaitan dengan pembelajaran. Dengan memahami pembelajaran neurosains diharapkan guru dan orangtua sebagai ujung tombak pendidikan dapat mengaplikasikannya sesuai dengan apa yang dideskripsikan dalam pembelajaran neurosains.
SCIENCE AND THEORY: HUMAN LEARNING(TEORI, PRINSIP, HUKUM, KEYAKINAN, DAN TEORI PEMBELAJARAN MANUSIA) dodi, Dodi
Journal Of Education Vol 1 No 1 (2024): Artikel Pendidikan Bag.1
Publisher : Journal of Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0001/6paf0952

Abstract

Tugas makalah ini adalah tugas pemenuhan Ujian Akhir Semester (UAS) mata kuliah Pasca Sarjana IPI Garut, khususnya mata kuliah Teori Pembelajaran yang diampu oleh Dosen Prof. Dr. Uman Suherman AS., M.Pd. Tugas makalah ini diharapkan dapat meningkatkan daya literasi dan daya analisis mahasiswa yang ada di IPI Garut khususnya penulis. Makalah ini menggambarkan beberapa teori pembelajaran manusia dan beberapa teori belajar dan pembelajaran. Ini bukan tugas makalah yang lengkap tentang teori belajar atau pembelajaran, namun beberapa yang berkaitan dengan materi yang diberikan yaitu “science and theory: Human Learning”. Metode penyusunan tugas makalah ini berdasarkan studi pustaka (Research Library) atas satu bab dari sebuah buku dan diperkaya dari beberapa sumber yang relevan. Tugas makalah ini tersusun atas 4 Bab yaitu Bab I Pendahuluan yang berisi Latar belakang, deskripsi, rumusan masalah dan tujuan , Bab 2 Isi Bab 3 analisis dan Bab 4 kesimpulan dan rekomendasi. Hasil dari studi pustaka dalam tugas makalah ini adalah suatu teoritis psikologi belajar, pembelajaran, sains, perbedaan teori, prinsip, hukum dan keyakinan, teori-teori pembelajaran dan pembelajaran manusia
TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN wildan, Wildan Nugraha; Herdiana, Dodi
Journal Of Education Vol 1 No 1 (2024): Artikel Pendidikan Bag.1
Publisher : Journal of Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0001/yrn34s35

Abstract

Sistem pendidikan secara dinamis berubah-ubah seiring dengan perkembangan zaman sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran yang tepat. Salah satu yang menjadi tren akhir ini adalah teori belajar konstruktivisme. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pembelajaran konstuktivisme dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah studi pustaka, yang mengumpulkan sumber referensi untuk dianalisis kemudian ditarik kesimpulan. Hasil sumber yang ditemukan yaitu pembelajaran konstruktivisme adalah model pendekatan alternatif yang mampu menjawab kekurangan paham behavioristik yang beranggapan bahwa pengetahuan merupakan konstruksi (bentukan) dari kita yang menganalisis dan simpulkan. Ciri khas dari karakteristik konstruktivisme yaitu; (1) belajar aktif, (2) bersifat otentik dan situasional, (3) menarik dan menantang, (4) pengaitan pengetahuan lama dengan informasi baru, (5) merefleksikan pengetahuan, (6) guru dapat memberi bantuan dalam menempuh proses belajar. Kata Kunci: Pembelajaran, Konstruktivisme
PENGARUH KEMAMPUAN SELF REGULATION TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Agustina, Agustina Mulyani; Herdiana, Dodi
Journal Of Education Vol 1 No 1 (2024): Artikel Pendidikan Bag.1
Publisher : Journal of Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0001/bjy88j21

Abstract

ABSTRAK Proses pembelajaran sangat memengaruhi hasil pembelajaran siswa, banyak hal yang mendukung proses pembelajaran dikelas menjadi lebih optimal, salah satunya self regulation yang baik. Pegaturan Diri (Self-Regulation) adalah proses yang digunakan pembelajar untuk secara sistematis memusatkan pikiran, perasaan, dan tindakannya pada pencapaian tujuan mereka (Zimmerman, 2000). Motivasi adalah suatu pendorong yang mengubah energi dalam diri seseorang kedalam bentuk aktivitas nyata untuk mencapai tujuan tertentu (Djamarah 2011:148) . Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah kemampuan pengendalian diri dapat berdampak pada keinginan siswa untuk belajar lebih banyak dan Untuk mengetahui bagaimana kemampuan self regulation dapat berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Dalam jurnal ini menjelaskan pengertian self regulation dan motivasi serta memaparkan bagaimana selfregulation bisa meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode analisis yang dilakukan dalam jurnal ini adalah studi pustaka, dengan cara mencari beberapa sumber yang telah diterbitkan oleh penulis/peneliti terkait self regulation dan motivasi. Kata kunci : Self-Regulation, Pengaturan Diri, regulasi diri motivasi  
EFEKTIVITAS TEORI BELAJAR BEHAVIORISME TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA: SEBUAH TINJAUAN LITERTUR yusup, Firman; Herdiana, Dodi
Journal Of Education Vol 1 No 1 (2024): Artikel Pendidikan Bag.1
Publisher : Journal of Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0001/rs7ggg68

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berupaya untuk menyelidiki keampuhan teori belajar behaviorisme dalam kaitannya dengan hasil belajar siswa melalui analisis komprehensif terhadap literatur yang ada. Behaviorisme merupakan sebuah metodologi pembelajaran yang menekankan modifikasi perilaku yang dapat diamati, telah menjadi subjek penelitian yang menonjol di bidang pendidikan selama jangka waktu yang cukup lama. Dengan mengkaji literatur yang ada, kami menganalisis secara kritis banyak penelitian yang mengkaji dampak penggunaan teori behaviorisme terhadap hasil belajar. Hasil tinjauan literatur menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran behaviorisme dapat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap topik tertentu, terutama bila disesuaikan dengan kebutuhan individu dan konteks pembelajaran.Namun demikian, beberapa penelitian juga menekankan kendala pendekatan ini, yaitu ketidakmampuannya menilai pemahaman topik secara komprehensif. Kata kunci : belajar, behaviorisme, hasil belajar
PEMAHAMAN KOMPREHENSIF TENTANG PEMBELAJARAN MANUSIA Fariza, Fariza Zulfalillah; Herdiana, Dodi
Journal Of Education Vol 1 No 1 (2024): Artikel Pendidikan Bag.1
Publisher : Journal of Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0001/qhswbc17

Abstract

Humans as learners are required to actively participate in learning activities so that they can acquire knowledge, skills, and attitudes that can improve themselves.  Since the 19th century, many theories about learning have been created, and each theory has a different perspective, foundation, epistemology, and content. This research focuses on providing an understanding of learning, learning theories according to experts, factors that influence learning, and challenges faced in learning. These things need to be studied more deeply by an educator to gain knowledge that can help in providing good learning and providing a memorable learning experience. The research method used is library research by collecting literature sources in the form of books and journals related to the topic of human learning. Key words: learning, human learning
Relevansi Teori Sosial Pembelajaran Wenger untuk Pendidikan Modern: Perspektif dari Indonesia Rahmat, Rahmat Diana; Herdiana, Dodi
Journal Of Education Vol 1 No 1 (2024): Artikel Pendidikan Bag.1
Publisher : Journal of Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0001/z55bk253

Abstract

Teori sosial pembelajaran Wenger menawarkan perspektif baru tentang bagaimana pembelajaran terjadi dalam masyarakat modern. Wenger berpendapat bahwa pembelajaran bukan hanya proses individual, tetapi juga proses sosial yang terjadi melalui interaksi dan partisipasi dalam komunitas praktik.Komunitas praktik adalah kelompok orang yang berbagi minat dan tujuan bersama dan yang belajar dari satu sama lain.Selain itu, teori Wenger dapat digunakan untuk mengembangkan komunitas praktik di antara para pendidik sendiri. Komunitas praktik pendidik dapat menjadi tempat bagi para pendidik untuk berbagi praktik terbaik, belajar dari satu sama lain, dan berkolaborasi dalam mengembangkan kurikulum dan program pendidikan yang lebih baik. Teori sosial pembelajaran Wenger memiliki relevansi yang signifikan untuk pendidikan modern di Indonesia. Teori ini menawarkan kerangka kerja yang inovatif untuk mengatasi berbagai tantangan dan memanfaatkan peluang dalam pendidikan modern. Penerapan teori Wenger secara efektif dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan modern di Indonesia dan mempersiapkan siswa untuk masa depan yang lebih cerah.

Page 1 of 1 | Total Record : 9