cover
Contact Name
Rokimin
Contact Email
rokimin@darunnajah.ac.id
Phone
+6281213169703
Journal Mail Official
edukasiana@darunnajah.ac.id
Editorial Address
Jln. Ciledug Raya No. 01, RT.1 RW.3 Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12250
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Edukasiana : Journal of Islamic Education
Published by Universitas Darunnajah
ISSN : 29646979     EISSN : 28301625     DOI : 10.61159/edukasiana
Edukasiana specifications in the discourse of Islamic Education. Edukasiana invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related. That aims to encourage and promote the study of the Islamic Education from a wide range of scholarly perspectives. The journal focuses on Islamic Education. It covers the studies of Islamic Education accros different areas in the world (The Middle East, The West, Archipelago and other areas), Methodology of Islamic Education. This journal warmly welcomes to any contributions from scholars of the related disciplines.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 25 Documents
Analisis Manajemen Perpustakaan (Studi Kasus Di MTs Darunnajah 2 Cipining): (Studi Kasus Di MTs Darunnajah 2 Cipining) Nashiruddin Cholid; Mukhlisin; Wardani, Cici
Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Islamic Education
Publisher : Universitas Darunnajah Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61159/edukasiana.v1i1.1

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan di MTs Darunnajah 2 Cipining karena ditemukan bahwa pengelolaan perpustakaan yang kurang memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengunjung dalam hal pengelolaan dan ketersediaan fasilitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, mobilisasi dan supervisi pelayanan perpustakaan MTs Darunnajah 2 Cipining. Metode yang digunakan untuk penelitian studi pustaka adalah metode deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Manajemen perpustakaan yang ada di MTs Darunnajah 2 Cipining terkait dengan layanan perpustakaan masih belum sempurna karena empat hal yakni, (1) Perencanaan layanan perpustakaan terkait dengan perencanaan sebuah lembaga diantaranya visi perpustakaan, misi, dan tujuanya belum dilakukan sebagaimana mestinya, memfasilitasi peserta didik tidak semaksimal dengan apa yang diharapkan peserta didik, layanan yang dilakukan tidak dilakukan dengan efektif karena petugas perpustakaan hanya 2 orang; (2) Pengorganisasian layanan perpustakaan belum profesional, pembagian tugas yang lebih banyak di bebankan kepada Kepala Perpustakaan, staf perpustakaan yang memiliki jam mengajar dan lebih sering melakukan kegiatan diluar perpustakaan sehingga koordinasi antara kepala perpustakaan dengan staf perpustakaan kurang masimal; (3) penggerakan layanan perpustakaan masih kurang maksimal dilakukan antara Kepala Perpustakaan dan Staf perpustakaan, namun kepemimpinan yang dilakukan Kepala Sekolah dan Kepala Perpustakaan sudah baik dibuktikan dengan adanya pengarahan dan pemberian motivasi; (4) Bentuk pengawasan yang ada di MTs Darunnajah 2 Cipining hanya berupa pengawasan dari wakil kepala bidang kurikulum dan Kepala Sekolah namun tidak maksimal karena tidak dilakukan secara rutin. Sedangkan pengawasan dari pihak luar yaitu pembina perpustakaan kota juga tidak ada.
Implementasi Pendidikan Karakter Siswa (Studi Kasus Di Smpit Daarul Amiin Garut) Hasbu Marzuki; Irfan Shiddiq Al Fanani
Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Islamic Education
Publisher : Universitas Darunnajah Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61159/edukasiana.v1i1.2

Abstract

ABSTRAK Pendidikan karakter sebagai pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang, yaitu tingkah laku yang baik, jujur, bertanggung jawab, adil, menghormati hak orang lain, kerja keras dan lain sebagainya. Begitupun pendidikan yang dilakukan oleh SMPIT Daarul Amiin Garut untuk membentuk karakter siswa/i nya. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode deskriptif yang didukung melalui teknik-teknik pengumplan data berupa observasi dan dokumentasi serta wawancara dengan kepala sekolah dan guru SMPIT Daarul Amiin Garut. Berdasarkan hasil penenlitian yang dilakukan bahwa Pendidikan karakter yang diterapkan di SMPIT Daarul Amiin Garut untuk membentuk karakter siswa adalah melalui tiga program unggulan, yaitu: pertama program akademik yang difokuskan pada empat mata pelajaran, kedua program tahfidzul qur’an dan ketiga Program tiga bahasa (inggris, arab dan indonesia). Selain itu kegiatan atau program lainnya yang ada di SMPIT Daarul Amiin adalah ekstrakulikuler (pramuka, paskibra, pencak silat, marawis) untuk mengembangkan bakat kemampuan dan kedisiplinan siswa. Program bahasa dan tahfidz untuk membangun karakter siswa agar memliki kepribadian yang Islami (berjiwa qurani) dan dirinya selalu dekat dengan sang Ilahi. Bertani, kuliner dan IT untuk mengembangkan bakat dan pribadi siswa sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing. Membiasakan untuk melakukan budaya yang baik seperti shalat berjamaah, shalat tahajud dan duha, bakti sosial, Daber (Daarul Amiin bersih). Evaluasi implementasi pendidikan karakter ini dilakukan secara rutin/terjadwal (seminggu dan sebulan sekali) dan ini juga dilakukan dengan cara bekerja sama dengan para orang tua siswa untuk mengetahui perkembangan pribadi siswa agar menjadi insan kamil.
Hubungan Antara Lingkungan Kerja Dengan Semangat Kerja Guru Smp Al-Farisi Tapos Bogor Jawa Barat tarpin; Nurhadi; Adawiyah
Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Islamic Education
Publisher : Universitas Darunnajah Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61159/edukasiana.v1i1.3

Abstract

Abstrak Penelitian dilakukan di SMP Al-Farisi Tapos Bogor karna melihat lingkungan kerja yang kurang kondusif sehingga akan mempengaruhi semangat kerja guru. Dalam meningkatkan semangat kerja Guru diantaranya ditentukan oleh Lingkungan Kerja yang kondusif, jika lingkungan kerja kurang kondusif maka semangat guru dalam melaksanakan tugasnya tidak akan berjalan dengan baik. Oleh karna itu lingkungan kerja guru sangat berpengaruh dalam menentukan semangat kerja guru dalam melaksanakan tugasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui adanya lingkungan kerja terhadap semangat kerja guru. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan populasi tenaga pendidik (guru) SMP Al-Farisi Tapos Bogor sebanyak 30 tenaga pendidik (guru) dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Adapun teknik pengumpulan data yakni menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi dan korelasi sederhana berupa analisis deskriftif, analisis inferensial, dan uji persyaratan analisis. Hasil penelitian ini bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara Lingkungan Kerja (X) dengan Semangat Kerja Guru (Y) di SMP Al- Farisi Tapos Bogor, terbukti dengan Ryx = 0,470 yang mempunyai tingkat hubungan yang cukup dalam rentang (0,400-0,600), nilai signifikan dan nilai koefisien determinasinya sebesar 24,6% dan 74,4% dipengaruhi faktor lain. berhubungan dengan faktor lain. Seperti pendidikan, keterampilan, motivasi, gaji, kesehatan, teknologi, kesempatan berprestasi dan lain-lain.
Konsep Pendidik Dalam Perspektif Al-Qur’an (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darunanjah Jakarta) Rokimin; Moh. Rofiq
Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Islamic Education
Publisher : Universitas Darunnajah Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61159/edukasiana.v1i1.4

Abstract

Abstrak Pendidik sebagai komponen yang terpenting di dunia pendidikan menjadi figur di lingkungannya dalam mengantarkan anak-anak didiknya pada ranah kehidupan masa depan yang lebih cerah. Pendidik sebagai ujung tombak dalam memberangus kebodohan dan kemaksiatan, tentunya harus memiliki karakteristik Qur’ani dengan jalan yang persuasif dan konstruktif. Apabila dalam Al-Qur’an setidaknya disebutkan empat klasifikasi pendidik, namun pada dasarnya memiliki “kesamaan” dalam pembinaan terhadap anak didik sesaui dengan obyeknya masing-masing dan berujung kepada penegakan kalimatullah. Sedangkan menyangkut keikhlasan pendidik dalam Al-Qur-an, untuk tidak mengharapkan apa-apa dalam mentransefer ilmunya kepada orang lain, tentunnya hal ini perlu ditanamkan seorang pendidik dari sejak dini. Namun sebagai pendidik, ia mempunyai dua kewajiban yang bersamaan. Satu sisi pendidik mempunyai kewajiban untuk menyampaikan ilmunya, mencerdaskan masyarakat, sedangkan sisi lain ia mempunyai kewajiban menyambung hidupnya. Sehingga dua kewajiban yang bersamaan ini semestinya harus terpenuhi tanpa mengurangi keikhlasan yang dianjurkan dalam Al-Qur’an. Dengan demikian pendidik dalam Al-Qur’an adalah sebagai penentu kebaikan generasi muda masa depan, karena ditangan pendidiklah generasi muda akan menjadi generasi yang tangguh dan siap melanjutkan estafet kepemimpinan masa dengan yang lebih damai sejahtera sesuai dengan ajaran Al-Qur’an.
Peningkatan Komitmen Organisasi melalui Lingkungan Kerja dan Komunikasi Interpersonal Dudun Ubaedullah
Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Islamic Education
Publisher : Universitas Darunnajah Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61159/edukasiana.v1i1.5

Abstract

Abstrak Komitmen kerja pendidik kepada lembaga dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perkembangan organisasi ke depan. Hanya lembaga pendidikan yang dapat berkembang yang dapat memenangkan persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lingkungan kerja dan komunikasi interpersonal sebagai faktor penentu komitmen organisasi. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Kuesioner disebarkan kepada 27 responden di MTs. Al-Fathimiyah Karawang dengan teknik total sampling pada Agustus 2019. Hasil penelitian menunjukkan lingkungan kerja memberikan pengaruh terbesar dalam upaya peningkatan komitmen kerja dengan komunikasi interpersonal sebagai variabel intervening. Oleh karena itu, perbaikan fasilitas kerja, kenyamanan ruang kerja dan dibantu dengan keterbukaan diri, ketegasan, dukungan ekspresif, dan kedekatan pendidik MTs. Al-Fathimiyah Karawang dapat mendorong komitmen organisasi yang kuat.
Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di Pondok Pesantren Manahijussadat Banten Anas Fauzi; Fauzan
Journal of Islamic Education Vol. 2 No. 1 (2023): Journal of Islamic Education
Publisher : Universitas Darunnajah Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61159/edukasiana.v2i1.6

Abstract

Abstract The curriculum has an important role in the quality of education. Curriculum implementation in Indonesia is centered on the government but is the authority of each madrasah, because this type of curriculum implementation model, which is called top down up, is used in our country. The 2013 curriculum is now a reference that is considered effective for student behavior, so the government will implement it in all educational institutions in Indonesia, both public and private schools. Madrasah are private schools under the auspices of the department of religion, often madrasah are neglected by the government's appreciation, but we need to know that madrasah have carried out many innovations and evaluations of the 2013 curriculum. In this way the author discusses things that can be evaluated on factors that support the implementation of the curriculum 2013 at the Manahijussadat Islamic Boarding School, especially at the Manahijussadat Islamic Boarding School Madrasah Aliyah. In this research, researchers used qualitative descriptive methods with data collected using participant observation, in-depth interviews and documentation. This research resulted that an evaluation of curriculum implementation at the Manahijussadat Islamic boarding school was carried out covering aspects of teacher preparation, facilities and infrastructure, principal management, school environment, community and financing. Curriculum evaluation on these aspects has been carried out well and the evaluation results are used as a basis for improving the quality of the learning curriculum for the next school year.
Konsep Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Ghozali Curug Gunung Sindur Bogor Manaf, Sofwan; Cholid, Nashiruddin; Rachmadianty, Nadia
Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 2 (2022): Journal of Islamic Education
Publisher : Universitas Darunnajah Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61159/edukasiana.v1i2.14

Abstract

Learning management is a process of managing, which includes planning, organizing, implementing, and evaluating activities. Activities related to the process of learning students by involving various factors in it, in order to achieve educational goals and seek to improve the quality of education. This research uses descriptive qualitative research methods. The method used to collect data is through interviews, observation, documentation. The results showed that the planning of the Tahfidz Al-Qur'an learning program at the Al-Ghozali Islamic Boarding School Curug Gunung Sindur Bogor was carried out by selecting or determining the vision, mission, organizational goals and determining strategies, policies, projects, programs, procedures, methods, systems, budgets, and standards needed to achieve goals. And the evaluation of the Tahfidz Al-Qur'an learning program at the Al-Ghozali Islamic Boarding School, Curug Gunung Sindur, Bogor is carried out by conducting an assessment and at the same time making corrections if necessary so that what is being done by the relevant parties can be directed to the right path with the aim of achieving the goals that have been set. redrawn.
Implementasi Pembinaan Kompetensi Profesional Guru Studi Kasus Di MTs Darunnajah Cipining Bogor Rokimin, Rokimin; Marzuki, Hasbu
Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 2 (2022): Journal of Islamic Education
Publisher : Universitas Darunnajah Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61159/edukasiana.v1i2.15

Abstract

The development of teacher professional competence is the need for assistance in the form of professional services, which are provided by school principals through supervision, quality assurance with the aim of improving the quality of learning processes and outcomes so that the planned educational goals can be achieved. The method used in qualitative descriptive research, namely research by means of interviews to answer the formulation of the problem, but not to test the hypothesis. Thus, the main data of this study can be clearly identified from the descriptive analysis. Based on the results of the study, it was stated that the Implementation of Teacher Professional Competence Development that the school in this case had run it quite well, especially the principal who directly participated in controlling educators and education in the process of activities at school. The implementation of the coaching carried out includes: first, regular coaching, which includes spiritual coaching, discipline, as well as coaching outside of school and an annual evaluation. second, the guidance carried out by the principal is to provide motivation to teachers and provide input to teachers in the learning development unit.
Manajemen Dalam Penanganan Konflik Dalam Lembaga Pendidikan Surya Pratama, Muhammad Adi; Setiawan, Farid; Andriana, Ellyka; Maziya, Tsalisa
Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 2 (2022): Journal of Islamic Education
Publisher : Universitas Darunnajah Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61159/edukasiana.v1i2.16

Abstract

Conflict management is a process of parties involved in conflict or parties who can devise conflict strategies and use them to control conflicts to generate a way out of the desired problem. Conflict is one of the foundations of human life and development that has different characteristics and attitudes. Conflict will always occur in the world as it happens in a social that can be called a state, nation, organization, company, school, even often occurs also in the smallest social consisting of a family, friendships and conflicts in yourself, surely a conflict will occur. The method used in compiling this research is a method of literature studies. The study of literature is taken from several sources such as scientific articles, the internet, and also documentation books. The material studied comes from national and international journal books and articles relevant to the theme of the discussion, namely Conflict Management in Educational Institutions. Conflict comes from the word confligere, conflictuan which means clashing with each other. All clashing, collisions, different, opposition, fights. Conflict is the opposition to a person's desires that is different from what is desired, whether between individuals, groups or organizations. In the discussion discussing knowledge of conflict, types of conflicts, causes, sources, impacts will help leaders in finding ways to form conflict management strategies appropriately and correctly.
Perkembangan, Kesiapan Dan Masalah Yang Dihadapi Oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) Sebagai Lembaga Akreditasi Mandiri Khalilah, Khalilah
Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 2 (2022): Journal of Islamic Education
Publisher : Universitas Darunnajah Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61159/edukasiana.v1i2.17

Abstract

As imposed by National Acreditation Agency of Higher Education’s (BAN PT) regulation No.9, year 2020, Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) is grated as a new accredication institution to acredidate the educational-related study programs. This article examines the degree to which did LAMDIK evolve and is being ready as an independent accreditation instution and what types of challenges it faces to do so. Having adopted the qualitative case study method, this article reveals that being facilitated by the Ministry of Education and Culture and BAN PT, two subsequent associations established LAMDIK in 2019s. They are association of educational scholars and association of the educational-related study programs. While striving to improve its institutional capacities, LAMDIK encountered the following issues, which are: total number of the existing educational-related study programs that should be facilitated by LAMDIK are too many (a), LAMDIK needs competent assessors that understood the characteristics of these educational-related study programs (b), most of LAMDIK’s assessors have no enough time and resources to facilitate accreditation processes of these educational-related study programs (c), which are located in diverse and romote area of this country (d) and not all of these educational-related study programs are really ready to be accredited by LAMDIK (e).

Page 1 of 3 | Total Record : 25