cover
Contact Name
Marianus Hendrilensio Sanga
Contact Email
marianus.sanga@pnk.ac.id
Phone
+6285333078033
Journal Mail Official
marianus.sanga@pnk.ac.id
Editorial Address
Jln. Adisucipto, Kota Kupang, 85258, Indonesia
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Bisnis Dan Manajemen: Bisman
ISSN : 24772801     EISSN : 30476747     DOI : https://doi.org/10.32511/bisman.v8i1
Core Subject : Economy,
As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in management and science, especially in business administration (MBA). The journal welcomes original theoretical and empirical investigations about business and management. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. The major criteria in the review and the selection process concern the significance of the contribution to the area of business and management. 1) Finance & Accounting 2) Operations and Information management 3) Marketing Management 4) Strategic management/ Organizational 5) Human resource management 6) Entrepreneurship 7) Digital Business
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2022): Desember" : 7 Documents clear
Ekuitas Merek dan Keputusan Pembelian Konsumen pada Air Mineral Aqua di SMA Negeri 5 Kupang Yosias Yonatan Polin
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 7 No 2 (2022): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/bisman.v7i2.1008

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen pada air mineral Aqua di SMA Negeri 5 Kupang. Data di kumpulkan melalui metode kuesioner pada 79 orang responden yang pernah melakukan pembelian produk Aqua pada siswa-siswi SMA Negeri 5 Kupang. Penelitian mengunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan SPSS 16, dimana semua item pernyataan pada kuesioner dinyatakan valid dan reliabel. Hasil, ekuitas merek berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian air mineral Aqua.
Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Uang Saku terhadap Minat Investasi Mahasiswa di Pasar Modal Melalui Persepsi Risiko Marianus Hendrilensio Sanga; Wilhelmina Muni
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 7 No 2 (2022): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/bisman.v7i2.1126

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan investasi dan uang saku terhadap minat investasi di pasar modal melalui persepsi risiko pada mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Penarikan sampel penelitian menggunakan metode probability sampling dengan banyaknya sampel ditentukan berdasarkan rumus Slovin. Sampel berjumlah 203 dari 412 populasi mahasiswa Diploma IV Manajemen Perusahaan dan Diploma III Administrasi Bisnis yang sedang dan telah menempuh mata kuliah manajemen keuangan. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan software Smart PLS versi 3. Hasil penelitian ini menunjukkan pengetahuan investasi dan uang saku berpengaruh positif signifikan terhadap minat investasi, uang saku berpengaruh positif dan signifikan pada persepsi risiko, persepsi risiko berpengaruh positif signifikan terhadap minat investasi, persepsi risiko memediasi parsial dalam uang saku mempengaruhi minat investasi.
Analisis Pendidikan dan Pengalaman Kerja serta Pengaruhnya terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Maria C.B. Manteiro
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 7 No 2 (2022): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/bisman.v7i2.1024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pendidikan dan pelatihan terhadap produktivitas kerja karyawan secara parsial dan simultan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif . Data dikumpulkan dengan metode pengamatan,wawancara dan kuesioner, data dianalisis dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kolom coefficients diproleh nilai koefisien atau parameter regresi linear berganda = -18,054, b1= 0,690, dan b2= 1,257.Persamaan regresi yang diproleh adalah sebagai berikut: Y = -18,054 + 0,690X1 + 1,257X2. Diketahui nilai b1 = 0,690, dan nilai sig = 0,044 < 0,05, berarti dapat disimpulkan bahwa pengalaman kerja berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja. Diketahui nilai b2 = 1,257,dan nilai sig = 0,000 < 0,05, berarti dapat disimpulkan bahwa pendidikan berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja. Berdasarkan autput hasil uji koefisien determinasi diatas diketahui nilai R Square sebesar 0,575, hal ini mengandung arti bahwa variabel pendidikan (X1) dan pengalaman kerja (X2) secara simultan berpengaruh terhadap variabel produktivitas kerja (Y) adalah sebesar 57,5%. Sedangkan sisanya 42,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar.
Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Minyak Goreng Bimoli pada Kelurahan Oeba Kota Kupang Genoveva D. Lanngoday
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 7 No 2 (2022): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/bisman.v7i2.969

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah adanya pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dalam mengkonsumsi minyak goreng bimoli pada RT 002/RW 001 Kelurahan Oeba Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey.Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 30 responden. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah jenis data kuantitatif dan kualitatif serta sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian adanya pengaruh positif antara kepuasan pelanggan dan loyalitas dengan nilai R square sebesar 73%. Kesimpulan variabel kepuasan memiliki pengaruh sebesar 73% terhadap variabel loyalitas, sedangkan sisanya sebesar 27% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Analisis Strategi Penentuan Lokasi Ekspansi Pasar Isabela Tanki Maria Gratiana Yudith Tallo
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 7 No 2 (2022): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/bisman.v7i2.1037

Abstract

Kota Kupang yang merupakan ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur sering dijuluki dengan kota karang, karena 80% dari wilayah ini tersusun dari batu karang. Kondisi cuaca yang kurang stabil, membuat kota ini sering mengalami kemarau panjang, dan berdampak pada krisis air. Krisis air juga disebabkan oleh ketidakpastian jadwal distribusi air dari PDAM Kota Kupang, sehingga masyarakat sering melakukan kritik terhadap pihak PDAM. Usaha ini berlokasi di Perumahaan BTN Baumata. Namun, ternyata dalam menjalankan usaha ini terdapat tantangan dimana setelah usaha ini beroperasi, beberapa warga ikut membeli mobil tanki, sehingga menjadikan mereka sebagai kompetitor dari Isabela Tanki. Karena mulai bermunculan kompetitor yang ada pada lokasi BTN Baumata, maka usaha ini harus melakukan ekspansi pasar yang masih berdekatan dengan lokasi utama. Berdasarkan hasil analisis Metode Factor Rating, maka lokasi yang di tentukan adalah Nasipanaf. Faktor-faktor utama yang dipertimbangkan antara lain jarak lokasi dengan sumber air, pendapatan masyarakat di lokasi tersebut, jumlah penduduk, dan banyaknya kompetitior yang ada di lokasi tersebut. Lokasi yang baru ini diharapkan dapat menambah pendapatan yang lebih bagi usaha ini.
Analisis Kesehatan Keuangan dari Aspek Likuiditas pada Bank Perkreditan Rakyat Tanaoba Lais Manekat Kupang Marlis E. Lassa
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 7 No 2 (2022): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/bisman.v7i2.970

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesehatan keuangan ditinjau dari aspek likuiditas pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Tanaoba Lais Manekat Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Loan to Deposit Ratio, current ratio dan cash ratio. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan bank tahun 2015-2017. Hasil, pada loan to deposit ratio menunjukan kesehatan keuangan yang berada dalam keadaan cukup sehat, yakni tahun 2016 persentasenya sebesar 92,77%, tahun 2017 sebesar 90,70% dan tahun 2018 sebesar 90,75%. Untuk hasil penilaian rasio lancar berada dalam kondisi cukup baik untuk tiga tahun terakhir, yakni rasio lancar pada tahun 2016 sebesar 110,50%, tahun 2017 sebesar 107,64% dan tahun 2018 sebesar 109,59%. Untuk rasio kas tiga tahun terakhir, yakni di tahun 2016 menunjukan persentase sebesar 4,65%, tahun 2017 sebesar 6,81% dan di tahun 2018 menunjukan kondisi sebesar 4,21%, maka keadaan rasio kas dikatakan berada dalam kondisi yang kurang baik.
Analisis Model Antrian Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang Theresia Novita Rato
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 7 No 2 (2022): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/bisman.v7i2.1007

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui karakteristik sistem pelayanan pada Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang, 2) menemukan model antrian yang dapat diterapkan pada sistem pelayanan di Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang, dan 3) mengidentifikasi tingkat pelayanan pada Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi pustaka, dokumentasi, dan kuesioner. Sampel penelitian berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Convenience Sampling. Untuk menganalisis masalah pertama yaitu dengan melakukan pengamatan terhadap karakteristik sistem pelayanan yang terjadi di Koperasi Kredt Swasti Sari Kupang. Untuk menganalisis masalah kedua menggunakan model antrian, dari keempat model tersebut dipilih salah satu model yang paling cocok dengan teknis pelaksanaannya. Sedangkan untuk masalah ketiga yaitu dengan menghitung karakteristik operasi sistem pelayanan serta menghitung biaya fasilitas dan biaya antri yang kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus tingkat pelayanan optimal. Hasil, karakteristik sistem pelayanan di koperasi terdiri dari karakteristik kedatangan, karakteristik antrian, dan karakteristik fasilitas pelayanan. Hasil pengujian terhadap empat model antrian dengan teknis pelaksanaannya di lapangan diketahui bahwa model antrian yang paling sesuai adalah model antrian Single Channel – Multi Phase. Hasil pegujian tingkat pelayanan diketahui bahwa tingkat pelayanan Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang belum optimal karena tingkat rata-rata pelayanan (μ) saat ini lebih kecil yaitu hanya 7,80 nasabah per jam, bila dibandingkan dengan kondisi idealnya sebesar 9,38 orang per jam, dengan nilai tingkat pelayanan optimal (μ optimal) yaitu sebesar 83,17% dari kapasitas pelayanan optimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 7