cover
Contact Name
M Rusli B
Contact Email
mruslib@gmail.com
Phone
+6285242908070
Journal Mail Official
pusdig.id@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Griya Lumandi Permai Blok B19, Kec. Wara Selatan, Palopo
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 28087224     DOI : https://doi.org/10.54065/28087224
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat (IPMAS) merupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan Hilirisasi Hasil Penelitian, implementasi teknologi tepat guna, dan kebijakan tentang pemberdayaan masyarakat. Fokus Kajian & ruang lingkup, Seperti (1) Pelatihan dan Penerapan Teknologi Tepat Guna, (2) Pemberdayaan Masyarakat Mitra (Petani, Nelayan, UMKM, dll), (3) Pemberdayaan Masyarakat Mitra Non Profit (Sekolah, PKK, Komunitas, dll), (4) Pengembangan Desa/Wilayah Berbasis Science Techno Park, (5) Inovasi Kewirausahaan, Digital Marekting, E Commerece, (6) Pengembangan Produk Unggulan Daerah, dll
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus 2023" : 7 Documents clear
Pelatihan Pembelajaran Inovatif Abad 21 Bagi Guru SMP Negeri 2 Galesong Utara Muhiddin Palennari; Rachmawaty Rachmawaty; Saparuddin Saparuddin; Andi Rahmat Saleh; Asham Bin Jamaluddin
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus 2023
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.3.2.2023.272

Abstract

Pembelajaran inovatif di abad 21 merujuk pada framework for 21st century learning yang memerlukan pemahaman mengenai pemanfaatan perkembangan teknologi informasi dan komunisi dalam pembelajaran abad 21. Pembelajaran Abad 21 merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan literasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi. Pembelajaran yang dirancang harus mampu mengakomodasi kebutuhan peserta didik sesuai dengan perkembangan zaman. Implementasi Kurikulum Merdeka yang telah dicanangkan sejalan dengan perkembangan abad 21, sehingga seluruh pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan, khususnya guru harus mampu merancang pembelajaran inovatif dengan student centered (berpusat pada siswa).  Pelatihan ini diselenggaran di SMP Negeri 2 Galesong Utara yang diikuti oleh guru dari berbagai mata pelajaran. Metode pelaksanaan kegiatan ini dengan metode cerama, tanya jawab, pelatihan dan pendampingan merancang pembelajaran inovatif. Berdasarkan hasil pengamatan dalam pelaksanaan kegiatan ini, para peserta mendapatkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran inovatif serta memberikan respon yang sangat baik terhadap pelakasanaan keiatan yang telah dilakukan.
Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Sinjai Melalui Pengembangan Ekowisata Pulau Larea Rea (Edukasi Ecoprinting, Outbound Education, dan Digital Marketing) Mustamin Mustamin; Muhammad Azhar Nur
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus 2023
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.3.2.2023.296

Abstract

Ekowisata Pulau Larea Rea digagas untuk menyelamatkan Pulau Larea Rea sebagai salah satu objek wisata yang berperan vital dalam Pertanian dan berbagai sektor lainnya di wilayah Sinjai, dengan tujuan lain untuk memberdayakan masyarakat sekitar wisata alam. Kelompok Sadar Wisata Wana Abadi (Pokdarwis) telah memperkenalkan konsep Ekowisata untuk pengembangan ekonomi warga Desa Padaelo. Pelaksanaan program Kemitraan Masyarakat dimaksudkan untuk membantu memecahkan beberapa permasalahan yang saat ini dihadapi oleh Pokdarwis Wana Abadi, yaitu permasalahan manajemen dan permasalahan pemasaran dalam pengembangan ekowisata. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah tersebut antara lain pendampingan penyusunan renstra Pokdarwis Wana Abadi, merintis outbound education, pengembangan wisata edukasi ekowisata, pengembangan wisata edukasi ecoprint, dan pendampingan pemasaran ekowisata berbasis media sosial untuk menjadikan Ekowisata menjadi tujuan wisata unggulan di kota Sinjai. Hasil pelaksanaan rangkaian program kemitraan masyarakat antara lain adalah penyusunan Akta Organisasi Wana Abadi, meningkatnya minat berkunjung ke ekowisata Sinjai melalui penawaran wisata outbond dan wisata edukasi ecoprint, serta penerapan strategi pemasaran wisata berbasis media sosial.
Training on Making 3D Models of Augmented Reality Based Hydrology Education Tools for Teachers Siti Khaeratul Mukarramah; Ariani Amri; Ibnu Mansyur Hamdani
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus 2023
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.3.2.2023.297

Abstract

Augmented reality in its development in Indonesia has Lots used as an auxiliary medium classroom teaching for learning to become more interactive between teacher and student. Students get Study independent with an observed tool developed augmented reality display without need guided. However sadly Still how difficult development augmented reality application, making Not yet how many teachers can develop application based on augmented reality. on the basis problem such, he did activity devotion to public in form training creation of 3D models based on augmented reality followed by representatives from teachers from all over Palopo as many as 15 teachers. Activity training is shared into 3 sessions, ie session First through method lecture, session second guided tutorial methods and sessions final with practice. Result of implementation training This is a capable teacher making augmented reality application for free independent and capable tool display hydrology based on augmented reality that can be used for enrich classroom learning.
Training on the Use of the Independent Teaching Platform for Elementary School Teachers Erni Erni; Supriadi Supriadi; Usman Usman; Rusti Rusti
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus 2023
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.3.2.2023.299

Abstract

Platform Merdeka Mengajar (PMM) is a form of work technology advancement that makes it easier for internal teachers to teach, learn and be creative. Teachers can get references, inspiration and understanding in implementing the Independent Teaching Curriculum. This morning app is very useful for driving teachers. In fact, there are many teachers who still can't even access the application even though they already have an ID (special teacher ID). The aim of this service is to provide socialization and training on the use of the Merdeka Mengajar Platform as well as providing socialization and understanding of the Pancasila P5 Profile to PSP 3 Elementary School Teachers, Sidrap Regency. The methods of devotion are gaze, face and presentation. The target of the activity is the teachers of the Sidrap Regency Education Service. After the activity, the teachers understood and recognized the benefits of using the Merdeka Mengajar Platform and felt the benefits of the P5 Pancasila knowledge material
Pendampingan Penyusunan Kebijakan dan Peraturan Desa Tanarajae Untuk Mendukung Pengembangan Potensi Ekowisata A. Zam Immawan Alam; A. Aztri Fithrayani Alam; Herman Alimuddin
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus 2023
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.3.2.2023.300

Abstract

Tanarajae merupakan satu dari sepuluh desa wisata di Kabupaten Pangkep yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi desa ekowisata. Namun potensi tersebut belum maksimal karena tata kelola pemerintah desa untuk mendukung pengembangan potensi desa masih kurang memadai. Salah satu hal yang krusial dalam pemerintahan desa adalah adanya payung hukum berupa peraturan desa yang aspiratif dan responsif untuk mengakomodir kepentingan masyarakat. Terhadap urgensi pembentukan kebijakan dan peraturan desa, perlu dilakukan kegiatan pendampingan dengan melibatkan partisipasi seluruh masyarakat. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas perangkat desa, badan permusyawaratan desa (BPD), dan masyarakat dalam menyusun peraturan desa. Hasil Pelaksanaan Kegiatan PKM memberikan capaian berupa (1) Adanya Peningkatan kesadaran dan tanggung jawab dalam penyusunan kebijakan dan peraturan desa yang mendukung potensi desa ekowisata, dan (2) Pemerintah desa dan tokoh masyarakat pada umumnya telah pengetahuan yang cukup tentang peraturan desa. Metode yang digunakan bersifat Participatory Action Research (PAR) melalui tiga tahapan kegiatan yaitu kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Seluruh kegiatan berjalan dengan lancar, dan masyarakat sasaran antusias mengikuti kegiatan tersebut, sehingga meningkatkan kemampuan sasaran dalam membuat dan menyusun peraturan desa.
Pengembangan Desa Bantimutung Sebagai Desa Wisata Kreatif melalui Promosi Potensi Berbasis Media Sosial Ahmad Budi Sutrisno; Sri Wahyuni Syukur
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus 2023
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.3.2.2023.303

Abstract

Desa Bantimutung memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan lebih lanjut sebagai sumber pendapatan daerah. Potensi tersebut antara lain taman air, produk berbasis madu, dan tempat mendaki dan berkemah. Namun selama ini pemasaran potensi tersebut masih minim dan tidak terorganisir. Oleh karena itu, tim pengabdian masyarakat mengembangkan Desa Bantimutung Sebagai Desa Wisata Kreatif melalui Promosi Potensi Berbasis Media Sosial, dengan tiga kelompok tersebut di atas sebagai mitra, untuk lebih mempromosikan potensi mereka. Untuk itu, tim pengabdian kepada masyarakat melakukan penyederhanaan prinsip dasar dalam copywriting yaitu prinsip Fitur-Advantage-Benefit, Problem-Agitation-Solution (PAS), dan identifikasi audiens dalam branding, mengadakan workshop untuk memperkenalkan prinsip-prinsip yang telah disederhanakan tersebut dan mendalami prinsip-prinsip tersebut. potensi diri, membuat akun Instagram, dan memberikan pendampingan melalui grup WhatsApp. Berdasarkan upaya yang dilakukan, tim pengabdian masyarakat menemukan bahwa tim kreatif kini mengetahui bahwa mereka perlu mulai menggali keunggulan dan manfaat dari produk masing-masing dan target pasarnya sebelum dapat mempromosikannya ke masyarakat.  
Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Edutainment Untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru Sekolah Dasar Candra Abdillah; Purwati Yuni Rahayu Rahayu
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus 2023
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.3.2.2023.305

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pelatihan guru dalam kegiatan program kemitraan khususnya bagi guru sekolah dasar di Kabupaten Jepara. Subyek pelatihan ini adalah 20 orang guru SDN 1 Nalumsari. Metode pelaksanaan dalam pelatihan ini meliputi kegiatan demonstrasi, tanya jawab, ceramah, dan diskusi. Hasil pelatihan ini memberikan kontribusi dalam media pembelajaran inovatif berbasis edutainment yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengembangan keprofesian guru berkelanjutan. Selanjutnya disusun lima video pembelajaran berbasis edutainment yang dapat diakses oleh semua pengguna situs YouTube, khususnya bagi pelajar. Berdasarkan kegiatan pelatihan pengembangan media ini diketahui bahwa guru memiliki kemampuan yang sangat baik dalam membuat inovasi media pembelajaran berupa video yang bervariasi. Dalam konfirmasi angket terbuka, ternyata para guru yang ingin berinovasi namun sibuk dalam kegiatan administrasi, dan kesempatan yang tersedia sedikit. Masalah lain yang muncul adalah terkait kendala guru mengoperasikan TIK padahal guru secara sadar menyadari perlunya mengikuti kecepatan generasi milenial saat ini

Page 1 of 1 | Total Record : 7