cover
Contact Name
Elan Jaelani
Contact Email
redaksi.penerbitwidina@gmail.com
Phone
+628157000699
Journal Mail Official
redaksi.penerbitwidina@gmail.com
Editorial Address
Komp. Puri Melia Asri Blok C3 No. 17 Kec. Solokan Jeruk Kab. Bandung. Provinsi Jawa Barat, Indonesia
Location
Kab. bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Tijarah
Published by CV Widina Media Utama
ISSN : -     EISSN : 28305183     DOI : https://doi.org/10.59818/tijarah
Jurnal Ekonomi Syariah (TIJARAH) adalah jurnal dengan ISSN (2830-5183) yang dikelola oleh penerbit widina di bawah badan hukum CV. Widina Media Utama. Tijarah merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan temuan penelitian baru yang signifikan oleh seluruh insan akademik, paratisi, intelektual ataupun mahasiswa dengan spesifikasi penelitian bidang ekonomi islam,adpaun cakupan artikel meliputi konsep pemikiran (conceptual idea), Penelaahan Literatur (review of the literature), dan (Pengalaman Praktis dan Studi Lapangan) practical experience. Adapun ruang lingkup TIJARAH terbatas pada Ekonomi islam, Perbankan dan keuangan islam, Manajemen ekonomi islam, Hukum ekonomi islam, Manajemen zakat, infaq, shodaqoh, dan wakaf, Kewirausahaan dan bisnis islam, Pemikiran ekonomi islam, Asuransi islam dan Akuntansi islam.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2024): Tijarah: Jurnal Ekonomi Syariah" : 4 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK USAHA JASA SASIRANGAN RECOLOR CENTER PADA MASYARAKAT KOTA BANJARMASIN UTARA Mutia Meina; Iman Setya Budi; Abdul Wahab; Parman Komarudin
Tijarah: Jurnal Ekonomi Syariah Vol 3, No 1 (2024): Tijarah: Jurnal Ekonomi Syariah
Publisher : Tijarah: Jurnal Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/tijarah.v3i1.454

Abstract

Marketing is one of the most important things in all activities in the company to face competitors. Companies must compete to get consumers as the main goal. Companies should apply it in a product by paying attention to price, product quality and promotion on purchasing decisions. The research problem is: how does the effect partially (each) and simultaneously (together) between variable X on variable Y. With the aim of knowing the effect individually and jointly between variable X on variable Y the product of the Sasirangan recolor center service business. This type of quantitative research uses a survey method. Sampling used incidental sampling where the sample size was taken using the slovin formula with 100 people/person as respondents. The data collection technique was in the form of a questionnaire which was processed using SPSS 24 for windows. While the analysis uses instrument test, classical assumption test, multiple linear regression analysis, hypothesis testing (t test and F test. Based on the test results show that: 1) product quality, promotion and price variables individually influence the purchasing decision of recolor sasirangan business product center service. 2) Taken together, product quality, promotion, and price variables influence product decisions in the Sasirangan recolor center service business with an Fcount of 61.373 with a significance value of F = 0.000 (p0.1). ABSTRAKPemasaran merupakan salah satu hal terpenting dalam semua kegiatan yang ada di perusahaan untuk menghadapi competitor. Perusahaan harus berlomba-lomba untuk mendapatkan konsumen sebagai tujuan utama. Sebaiknya perusahaan terapkan dalam sebuah produk dengan memperhatikan harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian. Permasalahan penelitian, yaitu: bagaimana pengaruh secara parsial (masing-masing) dan secara simultan (Bersama-sama) antara variabel X terhadap variabel Y. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh secara individu dan secara Bersama-sama antara variabel X terhadap Variabel Y produk usaha jasa sasirangan recolor center. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode survey. Sampel menggunakan sampling insidental yang besar sampel diambil menggunakan rumus slovin dengan responden sebanyak 100 jiwa/orang. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang diolah menggunakan SPSS 24 for windows. Sedangkan analisis menggunakan uji instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis (uji t dan F. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa: 1) variabel kualitas produk, promosi dan harga secara individu mempengaruhi keputusan pembelian produk usaha jasa sasirangan recolor center. 2) secara Bersama-sama variabel kualitas produk, promosi, dan harga mempengaruhi keputusan produk usaha jasa sasirangan recolor center dengan nilai Fhitung sebesar 61,373 dengan nilai signifikansi F = 0,000 (p 0,1).
MANAJEMEN RISIKO PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT MANDIRI SEJAHTERA CABANG SUGIO LAMONGAN Farid Ardyansyah
Tijarah: Jurnal Ekonomi Syariah Vol 3, No 1 (2024): Tijarah: Jurnal Ekonomi Syariah
Publisher : Tijarah: Jurnal Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/tijarah.v3i1.143

Abstract

There are still some problems and risks that occur in financing at BMT Mandiri Sejahtera Sugio Branch. The risk that occurs in BMT Mandiri Sejahtera Sugio Branch is bad credit, which is a risk due to the failure of members to pay financing installments. This risk arose because most of the member's income decreased due to the market stand that was empty of customers. The focus of this research is on how to apply risk management in financing as well as the causes and solutions. The research method used is a qualitative approach and uses a case study strategy. Then the data collection was carried out by connecting the questions from the data obtained with the conclusions from interviews with several parties from BMT Mandiri Sejahtera Sugio Branch. In addition to the risks that occur in murabahah financing, the results of the study also explain the analysis practiced by BMT Mandiri Sejahtera Sugio Branch in order to minimize risk with 5C principles which are inseparable from Sharia principles. Efforts made by BMT Mandiri Sejahtera Sugio Branch in dealing with the risk of non-performing financing are by approaching, rescheduling, reconditioning, restructuring and creating a collection group. ABSTRAKTerdapat beberapa permasalahan juga risiko yang terjadi dalam pembiayaan di BMT Mandiri Sejahtera Cabang Sugio. Risiko yang terjadi pada BMT Mandiri Sejahtera Cabang Sugio ini yaitu kridit macet, yang merupakan risiko akibat kegagalan anggota untuk membayar angsuran pembiayaan. Timbulnya risiko ini karena sebagian besar pendapatan anggota yang menurun akibat stand pasar yang sepi pelanggan. Fokus dari penelitian ini yaitu pada bagaimana penerapan manajemen risiko dalam pembiayaan sekaligus penyebab juga solusinya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan menggunakan strategi studi kasus. Lalu pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menghubungkan antara pertanyaan dari data yang diperoleh dengan kesimpulan hasil wawancara beberapa pihak dari BMT Mandiri Sejahtera Cabang Sugio. Selain mengenai risiko yang terjadi dalam pembiayaan murabahah, hasil penelitian juga menjelaskan mengenai analisis yang dipraktikan oleh BMT Mandiri Sejahtera Cabang Sugio guna meminimalkan risiko dengan prinsip 5C yang tidak terlepas pada prisnsip Syariah. Upaya yang dilakukan BMT Mandiri Sejahtera Cabang Sugio dalam menghadapi risiko terhadap pembiayaan bermasalah yaitu dengan melakukan pendekatan, rescheduling, reconditioning, restructuring serta pembuatan grup penagihan.
PEMIKIRAN AL- WALIULLAH AL-DAHLAWI DALAM MEMBANGUN PERADABAN EKONOMI UMAT ISLAM IRTIFAQAT SHAH Muhammad Satriana Ilham; Udin Saripudin
Tijarah: Jurnal Ekonomi Syariah Vol 3, No 1 (2024): Tijarah: Jurnal Ekonomi Syariah
Publisher : Tijarah: Jurnal Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/tijarah.v3i1.127

Abstract

One contribution in the concept of socio-economic or commonly referred to as al-Irtifaqat is Shah Waliullah al Dahlawi, a Delhi scholar born in the 18th century. According to him there are at least four concepts in the development of civil society, namely; (1) Beginning with the lives of primitive communities that are only oriented to meeting basic needs. (2) Humans rise to the level and start thinking about how to get a decent life. (3) The level of city life, and (4) the final stage is how humans reach the peak of civilization. Using qualitative methods and analyzed descriptively through a historical-normative-philosophical approach this article tries to describe Shah Waliullah al-Dahlawi’s contribution in building the modern world civilization today, which in broadly outlines his ideas more on giving ideas about the concept of economic cooperation, taxation and responsibility state answer in the economy and so on. ABSTRAKSalah satu kontribusi dalam konsep sosio ekonomi atau biasa disebut dengan istilah al-Irtifaqat yaitu Shah Waliullah al Dahlawi seorang ulama Delhi yang lahir pada abad ke 18. Menurut beliau setidaknya ada empat konsep tahapan berkembangnya masyarakat madani yaitu; (1) Diawali dari kehidupan masyarakat primitif yang hanya berorientasi untuk memenuhi kebutuhan dasar. (2) Manusia naik setingkat dan mulai memikirkan bagaimana mendapatkan kehidupan yang layak. (3) Taraf kehidupan kota, dan (4) tahap akhir yaitu bagaimana manusia mencapai puncak peradaban. Dengan mengunakan metode kualitatif dan dianalisa secara deskriptif melalui pendekatan historisnormatif-filosofis artikel ini mencoba memaparkan kontribusi Shah Waliullah al-Dahlawi dalam membangunan peradaban dunia modern saat ini, yang secara garis besar pemikirannya lebih pada pemberian ide tentang konsep kerjasama ekonomi, pajak dan tanggung jawab negara dalam perekonomian dan lain sebagainya.
TINJAUAN FIKIH TERHADAP AKAD JUAL BELI TANPA DIIKUTI PEMINDAHAAN KEPEMILIKAN DALAM KAJIAN ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI DAN AKSIOLOGI Raden Hasnan Muhamad Rizki
Tijarah: Jurnal Ekonomi Syariah Vol 3, No 1 (2024): Tijarah: Jurnal Ekonomi Syariah
Publisher : Tijarah: Jurnal Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/tijarah.v3i1.118

Abstract

This study examines the foundations and principles of sharia economics which are the foundation of the practice of muamalah in Islam, especially regarding the concept of buying and selling contracts. In sharia economics, buying and selling transactions are declared valid through an agreement between two parties which is expressed verbally or non-verbally. This study highlights the importance of a deep understanding of muamalah fiqh which includes ethics, Islamic economic values, and sharia principles that support economic transactions. The methodology used is qualitative with a descriptive analysis approach, aimed at understanding and describing the phenomenon of muamalah transactions in the context of Islamic jurisprudence which is regulated through contracts. This research shows that a comprehensive understanding of contracts and the legal conditions for transactions can support stability and justice in sharia economic practices, in line with the Islamic prohibition against usury and the emphasis on fair and transparent transactions. By studying further the muamalah contract and fiqh, this research contributes to the development of an Islamic economy based on sharia values, strengthening the foundation for more ethical and sustainable economic practices. ABSTRAKStudi ini mengkaji landasan dan prinsip ekonomi syariah yang menjadi pondasi praktek muamalah dalam Islam, khususnya mengenai konsep akad jual beli. Dalam ekonomi syariah, transaksi jual beli dinyatakan sah melalui kesepakatan antara dua belah pihak yang diungkapkan secara verbal atau non-verbal. Kajian ini menyoroti pentingnya pemahaman mendalam tentang fikih muamalah yang mencakup etika, nilai ekonomi Islam, dan prinsip-prinsip syariah yang mendukung transaksi ekonomi. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif, bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan fenomena transaksi muamalah dalam konteks fikih Islam yang diatur melalui akad. Penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman yang komprehensif tentang akad serta syarat-syarat sah transaksi dapat mendukung kestabilan dan keadilan dalam praktek ekonomi syariah, sejalan dengan larangan Islam terhadap riba dan penekanan pada transaksi yang adil dan transparan. Dengan mengkaji lebih lanjut tentang akad dan fikih muamalah, penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan ekonomi Islam yang berlandaskan pada nilai-nilai syariah, menguatkan pondasi bagi praktik ekonomi yang lebih etis dan berkelanjutan.

Page 1 of 1 | Total Record : 4